Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Serum (SRM) Cryptocurrency

Mengenal Apa Itu Serum (SRM) Cryptocurrency
Mengenal Apa Itu Serum (SRM) Cryptocurrency

Serum (SRM) merupakan salah satu platform pertukaran derivatif terdesentralisasi (DEX), cryptocurrency, dan ekosistem DeFi yang sedang berkembang saat ini. Serum berusaha untuk menghadirkan pertukaran terdesentralisasi yang memiliki kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan biaya transaksi yang rendah ke keuangan terdesentralisasi.

Untuk membantu anda mengenal lebih lanjut tentang apa itu Serum (SRM) cryptocurrency. Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah menyiapkan rangkuman artikelnya untuk anda para pembaca setia.


Apa Itu Serum (SRM) Cryptocurrency?

Screenshot Website Serum (SRM) Cryptocurrency
Screenshot Website Serum (SRM) Cryptocurrency

Serum (SRM) adalah adalah pertukaran derivatif terdesentralisasi (DEX), cryptocurrency, dan ekosistem DeFi yang dibangun di atas blockchain Solana di mana cryptocurrency dapat dibeli dan dijual oleh pedagang. Seperti yang perlu anda ketahui, Solana (SOL) adalah platform blockchain yang bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas pengguna melalui waktu penyelesaian transaksi yang lebih cepat. Dengan ditempatkan di Solana, Serum dapat sepenuhnya memanfaatkan kecepatan dan efektivitas biaya transaksi yang diselesaikan di blockchain-nya.

Serum menyederhanakan pembuatan DEX dan adopsi DeFi melalui strategi pasarnya yang unik. Pengguna serum dapat membuat DEX yang dinamis dan sangat responsif menggunakan sejumlah sumber daya pengembang dan banyak lagi. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang Serum (SRM) dan mengapa ia terus melihat peningkatan adopsi dari pengembang dan pengguna.

Serum memiliki tujuan untuk untuk mengoperasikan jenis baru pertukaran terdesentralisasi yang bermaksud untuk menyaingi yang dibangun menggunakan pembuat pasar otomatis (AMM) seperti Uniswap , Sushi  dan Bancor.

Selain itu Serum juga menawarkan dukungan lintas rantai, artinya pedagang dapat memperdagangkan token yang dibangun di platform lain seperti Ethereum atau Polkadot.


Sejarah Dan Pendiri Serum

Serum adalah proyek open source yang dibuat oleh konsorsium mitra termasuk FTX, Alameda Research, dan Solana Foundation.

Whitepaper nya secara resmi diterbitkan pada Juli 2020. Bulan berikutnya, para pengembang menunjukkan sifat inovatif mereka dengan secara bersamaan menjadi tuan rumah dua penawaran pertukaran awal (IEO) untuk proyek tersebut. Acara ini diadakan di FTX dan BitMax dan keduanya berakhir dengan sukses.

Sam Bankman-Fried, pendiri FTX dan Serum, memilih untuk membangun pertukaran terdesentralisasi di Solana karena memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan lebih murah dibandingkan dengan blockchain lainnya.

Saat ini perkembangan proyek Serum didukung oleh Serum Foundation, yang didukung oleh sekelompok ahli dalam cryptocurrency, perdagangan, dan keuangan terdesentralisasi. Proyek ini meminjam banyak desain dan kepemimpinan pemikirannya dari sejumlah besar perusahaan di industri cryptocurrency dan keuangan.


Apa Saja Keunggulan Yang Ditawarkan Serum?

Serum mengubah konsep DEX dengan memperkenalkan lebih banyak fleksibilitas ke dalam persamaan. Pengembang dapat membuat DEX dengan fitur mendalam seperti CEX (pertukaran terpusat). Fitur seperti stop order dan limit order adalah opsi reguler untuk CEX tetapi belum tersedia untuk sebagian besar pengguna DEX.

Integrasi ini membawa kenyamanan pertukaran terpusat ke DeFi. Ini juga membantu mengurangi hambatan teknis yang terkait dengan lompatan dari CEX ke DEX, seperti tidak ada buku pesanan. Dengan membuat migrasi lebih akrab, lebih banyak pengguna dapat beralih ke DEX tanpa kecemasan dan kebingungan.

Skalabilitas

Serum Derivatives DEX dibuat untuk memberikan waktu penyelesaian transaksi yang lebih cepat daripada kompetisi. Pengembang telah mencatat jaringan pada 65.000 tps (transaksi per detik). Tarif tps ini lebih dari dua kali lipat dari pemroses pembayaran utama seperti VISA dan MasterCard.

Pengembang dapat membangun DEX yang sangat cepat dengan lebih responsif menggunakan Serum. Jaringan ini juga mendukung integrasi opsi DeFi populer lainnya melalui blockchain Solana. Bersama-sama, protokol ini meningkatkan tata letak DEX tradisional secara signifikan.

Biaya Rendah

Struktur teknis Serum memungkinkannya memberikan biaya yang lebih rendah daripada jaringan Proof-of-Work seperti Bitcoin atau Ethereum. Selain itu, pengguna dapat mentransfer sejumlah nilai secara global dalam hitungan detik untuk sen menggunakan protokol. Biaya transaksi jaringan saat ini adalah 0,00001. Struktur biaya rendah ini menjadikan Serum pilihan cerdas untuk Dapps kompleks dan sistem komputasi berat lainnya.

Perdagangan Lintas Rantai

Serum juga mendukung perdagangan lintas rantai. Perdagangan lintas rantai lebih murah dan lebih aman daripada berdagang melalui pihak ketiga seperti pertukaran kustodian. Pengguna Serum menikmati pengalaman perdagangan lintas jaringan tanpa izin dan transparan menggunakan Serum.

Deflasi

Fitur keren lainnya dari Serum adalah taktik deflasinya. Jaringan mengambil 80% dari semua biaya DEX dan menempatkannya pada strategi beli dan bakar yang agresif. Beli dan bakar semakin populer karena setiap pembelian meningkatkan nilai pasar dan aspek pembakaran membantu melawan inflasi yang menjadi perhatian utama jaringan DeFi.


Bagaimana Cara Kerja Serum?

Jaringan dan desain Serum dimaksudkan untuk memfasilitasi transaksi dengan cara yang mirip dengan pertukaran tradisional.

Dengan terintegrasi dalam jaringan Solana, Serum mendapat manfaat dari kecepatan dan efektivitas biaya transaksi, dan memungkinkan mereka untuk diselesaikan di blockchain-nya. 

Order Books

Dalam pertukaran tradisional, Order Book atau buku pesanan mengacu pada daftar pesanan beli dan jual yang diatur oleh tingkat harga dan dikelola oleh entitas pusat. Pertukaran terdesentralisasi Serum bertujuan untuk mengotomatiskan proses ini secara berantai dengan mencocokkan penjual dan pembeli berdasarkan pesanan mereka.

Tidak seperti pembuatan pasar otomatis, di mana pedagang membeli dan menjual cryptocurrency dari kumpulan likuiditas, Serum memberi peserta mereka kendali penuh atas pesanan mereka. Ini memberi mereka kemampuan untuk memilih harga yang ingin mereka beli dan jual aset mereka dan kemampuan untuk memilih ukuran pesanan apa pun yang mereka inginkan. 

Seperti dalam pertukaran apa pun, ada biaya yang terkait dengan setiap perdagangan, dalam mata uang SRM. Serum bertujuan agar semua biaya bersih masuk ke model beli dan bakar, artinya token yang digunakan untuk biaya transaksi dihapus dari peredaran.

Pertukaran Rantai Lintas

Salah satu utilitas utama Serum adalah kemampuannya untuk membawa pertukaran lintas rantai ke pertukarannya, memungkinkan setiap peserta untuk memperdagangkan token yang ada di platform lain. 

Menggunakan pertukaran rantai silang antara token Ethereum (ERC-20) sebagai contoh, mekanisme pertukaran rantai silang terjadi setelah kedua pihak mengirim ETH ke kontrak pintar sebagai jaminan. Jika pengirim mengirimkan token mereka ke penerima sebagai ganti token mereka, kedua belah pihak akan menerima kembali jaminan ETH mereka. 

Jika terjadi perselisihan, kontrak pintar yang memegang agunan menentukan siapa yang benar dengan memeriksa buku besar blockchain. Kontrak cerdas kemudian mengirimkan aset kembali kepada siapa pun yang mereka anggap benar, ditambah sebagian dari jaminan orang lain, yang bertujuan untuk mendorong perilaku yang baik.

Smart Contract

Serum menggunakan kontrak pintar canggih untuk menghapus semua intervensi manusia dari proses inti sistem. Jaringan memberdayakan pengembang melalui dukungan dan inisiatif komunitas. Pengguna dapat menghemat perdagangan mereka dan mempromosikan adopsi DeFi ketika mereka bergabung dengan ekosistem Serum.


Apa yang Membuat SRM Unik?

Buku pesanan batas pusat atau Order Book dan mesin pencocokan serum DEX di rantai menyediakan likuiditas dan pencocokan prioritas harga-waktu untuk pedagang dan menyusun proyek. Pengguna mendapat manfaat dari model pertukaran ini melalui kemampuan untuk memilih harga, ukuran, dan arah perdagangan mereka. Proyek penyusunan mendapat manfaat dari arsitektur Serum yang ada, likuiditas bootstrap, dan layanan pencocokan.


Bagaimana Jaringan Serum Diamankan?

Serum dibangun di atas Solana dan benar-benar tanpa izin. Solana adalah blockchain skala web yang dapat mencapai 50.000 transaksi per detik dan waktu blok 400ms. Ini dicapai melalui fungsi penundaan yang dapat diverifikasi, yang dikenal sebagai rantai hash SHA 256. Desain Serum dimaksudkan untuk memastikan bahwa DeFi dapat bersaing dengan layanan terpusat.


Apa Itu Token SRM?

Gambar Token SRM
Gambar Token SRM

SRM adalah token utilitas dari Serum. Menariknya SRM adalah token SPL yang yang hidup di blockchain Solana (SOL) dan juga terdaftar di blockchain Ethereum (ETH) sebagai token ERC-20.

SRM memainkan peran penting dalam operasi Serum. Pengguna atau pemegang token ini dapat mengirim nilai, mendapatkan diskon, membayar biaya, dan berpartisipasi dalam proses tata kelola platform menggunakan token ini.

Seperti banyak cryptocurrency lainnya, pasokan SRM terbatas, artinya menurut aturan perangkat lunak hanya akan ada 10 miliar token SRM. Pasokan awal adalah 1 miliar token SRM dan ada 50 juta token yang beredar saat ini. Token yang tersisa dijadwalkan untuk rilis tertunda melalui kunci likuiditas berjangka waktu. Uniknya, pengembang Serum memilih untuk menyimpan 91,25% dari semua token dalam periode pembukaan kunci jangka panjang untuk memastikan desentralisasi seiring kemajuan proyek.


Mega Serum (MSRM)

Unik untuk Serum adalah token MegaSerum (MSRM), yang dapat dimiliki peserta jika mereka mengunci 1 juta SRM bersama-sama, membantu mereka menerima hadiah sedikit lebih banyak daripada 1 juta token SRM. 

Pengguna dapat mengunci 1.000.000 SRM bersama-sama untuk membuat 1 MSRM. Aset langka ini memberikan peningkatan utilitas bagi ekosistem. Khususnya, Anda dapat menebus 1 MSRM untuk 1.000.000 kapan saja.


Berapa Harga SRM dan Dimana Membelinya?

Harga Live dari token SRM saat artikel ini dibuat adalah $7,60 USD. Berdasarkan dari peringkat di situs CoinMarketCap, saat ini Serum (SRM) cryptocurrency berada di urutan ke-108 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $1.012.462.182 USD. Adapun jumlah koin SRM yang saat ini beredar adalah sebanyak 133.231.781 koin SRM dengan jumlah maksimal pasokan koin yang dibatasi hanya sampai 10.161.000.000 koin SRM.

Jika Anda ingin tahu di mana membeli Serum, bursa teratas untuk perdagangan Serum saat ini adalah Binance, Mandala Exchange, OKEx, FTX  dan CoinTiger.


Bagaimana Cara Membeli Token SRM?

Cari platform pertukaran yang mendukung pertukaran mata uang fiat dan cryptocurrency untuk menyederhanakan pembelian Serum (SRM).

1. Buka akun di bursa yang mendukung SRM.

Langsung ke instruksi kami untuk mempelajari cara menjembatani, ingatlah bahwa menggunakan DEX bisa rumit dan mungkin lebih berisiko daripada menggunakan CEX.

2. Setor dana ke akun Anda.

Danai akun Anda dengan transfer bank, bayar dengan kartu kredit atau debit, atau setor mata uang kripto dari dompet kripto untuk membeli Serum.

3. Beli Token SRM

Selesaikan pembelian Serum Anda lalu temukan dompet terbaik untuk menyimpan SRM.


Sekian dulu artikel kali ini dari Budak Duit Indonesia yang membahas tentang apa itu Serum (SRM) Cryptocurrency. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan dan referensi anda tentang dunia investasi cryptocurrency lebih jauh lagi. Terima kasih sudah membaca.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Serum (SRM) Cryptocurrency"