Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Efinity (EFI) Cryptocurrency: Beli Atau Tidak?

Mengenal Apa Itu Efinity (EFI) Cryptocurrency
Mengenal Apa Itu Efinity (EFI) Cryptocurrency

Efinity (EFI) cryptocurrency saat ini secara resmi sudah dapat ditransaksikan di bursa kripto Indodax. Melalui blog resmi Indodax, komoditas kripto Efinity (EFI) dan Kin (KIN) mulai bisa ditransaksikan per Kamis, 25 November 2021 pukul 14:00 WIB.

Sebelum anda membeli suatu aset kripto sudah pasti anda perlu mengetahui terlebih dahulu untuk meminimalisir resiko kerugian. Oleh karena itulah pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkum sebuah artikel yang membahas tentang apa itu Efinity (EFI) untuk membantu anda mengenali lebih jauh lagi tentang komoditas kripto ini.


Apa Itu Efinity (EFI)?

Tampilan Screenshot Website Efinity (EFI) Cryptocurrency
Tampilan Screenshot Website Efinity (EFI) Cryptocurrency

Efinity (EFI) blockchain generasi berikutnya yang dikembangkan oleh Enjin yang bertujuan untuk memfasilitasi segata transaksi Token Non-Fungible (NFT) di semua industri besar.

Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah adanya hambatan signifikan untuk adopsi NFT adalah biaya tinggi Ethereum dan waktu transaksi yang lama . Seorang pengguna harus memiliki ETH dan cukup paham teknologi untuk menyiapkan dompet MetaMask yang dibiayai dengan Ethereum untuk membeli NFT, yang dapat dikenakan biaya hingga $100 tergantung pada kemacetan blockchain. Semua hambatan untuk masuk ini menyulitkan konsumen biasa untuk membeli dan terlibat dengan NFT.

Untuk menjawab permasalahan diatas lahirlah Efinity yang dirancang oleh Enjin untuk menjadi blockchain NFT lintas rantai yang memungkinkan interoperabilitas ekosistem, insentif bagi orang-orang yang terlibat dengan NFT, dan pengalaman pengguna yang konsisten.

Enjin, perusahaan di balik Enjin Coin (ENJ), bercita-cita ingin menjadikan Efinity (EFI) sebagai  blockchain generasi berikutnya untuk NFT , dengan biaya dan penghargaan minimal untuk pemegang ENJ, berkat teknologi Polkadot (DOT).


Apa Itu Parachain Efinity (EFI)?

Enjin merancang Efinity di Polkadot bersama dengan Yayasan Web3. Blockchain Efinity adalah parachain dengan algoritma konsensus berdasarkan validator Rantai Relay Polkadot, yang memungkinkan Efinity memiliki kerangka kerja, data, dan status ekonominya sendiri.

Transaksi ditangani oleh node collator parachain Efinity, dan jaringan mendistribusikan EFI ke pemangku kepentingan. Keamanan, di sisi lain, ditangani oleh validator Rantai Relay Polkadot, yang menyiratkan bahwa pengguna Efinity tidak dikenakan biaya untuk validasi.


Bagaimana Cara Efinity (EFI) Bekerja?

Di ekosistem Polkadot, blockchain Efinity akan berfungsi sebagai parachain. Ini menyiratkan bahwa Efinity akan menjadi salah satu dari seratus blockchain yang dapat berkomunikasi satu sama lain karena teknologi interkoneksi Polkadot, memungkinkan pengembang parachains lain untuk memasukkan Efinity NFT ke dalam ekosistem mereka sambil mengetahui bahwa mereka juga akan bekerja di blockchain lain. 

Enjin juga mengembangkan paratoken, yang akan sebanding dengan token ERC-1155 yang mereka kembangkan untuk Ethereum. EFI pada kenyataannya akan menjadi paratoken pertama. Dengan periode konfirmasi enam detik, blockchain Efinity akan dapat memproses sekitar 700 transaksi per detik.

Efinity akan berfungsi sebagai titik sentral untuk semua token yang dapat dipertukarkan dan tidak dapat dipertukarkan. Token dari rantai lain, seperti standar ERC-721, ERC-1155 dan ERC-20 yang menonjol, diterima oleh standar paratoken.

Karena akan menghasilkan efek jaringan dengan menarik semakin banyak transaksi, jaringan yang mengatasi masalah memungkinkan penetapan harga dan pertukaran NFT pasti akan memperoleh daya tarik.

Untuk mendapatkan tawaran, token tidak perlu diiklankan untuk dijual atau bahkan ada di jaringan. Pada kenyataannya, pengguna dapat diberi imbalan karena memulai pesanan penawaran atau permintaan permintaan dan meningkatkan pemanfaatan jaringan dengan memulai transaksi yang dapat diselesaikan oleh pengguna lain. 

Dengan mendorong pengguna untuk memulai transaksi, metode ini secara otomatis akan mendorong pembeli dan penjual untuk bergabung dalam jaringan dan menghasilkan efek jaringan. Aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan transfer di dalam platform lain seperti game atau yang berfungsi sebagai pasar NFT, diharapkan dapat memperluas kemampuan ini.


Apa Yang Menjadikan Efinity (EFI) Unik?

Tujuan Efinity adalah untuk berfungsi sebagai jalan raya NFT daripada blockchain komputasi tujuan umum. Jaringan memprioritaskan pembuatan token, transfer, dan pembelian.

Ethereum dan blockchain lainnya telah tumbuh sangat mahal. Untuk memindahkan satu token, pengguna biasa mungkin harus membayar $7 atau lebih.

Biaya transaksi Efinity dimaksudkan untuk menjadi jauh lebih kecil, memungkinkan pengguna untuk fokus pada item favorit mereka tanpa memikirkan cara kerja jaringan.


Fitur Efinity (EFI)

Efinity menawarkan fitur yang hanya ditawarkan oleh segelintir pasar NFT.  Adapun fitur-fitur populer diantaranya adalah: 

1. Transaksi Cepat & Biaya Rendah

Sesuai dengan whitepaper resmi EFI , Efinity akan menangani hingga 700-1.000 transaksi per detik (jaringan Ethereum saat ini memproses sekitar 15 TPS). TPS dapat ditingkatkan di masa mendatang ketika kode runtime Efinity dan Polkadot dioptimalkan. Transaksi diverifikasi dalam waktu kurang dari enam detik, memungkinkan waktu reaksi cepat yang dibutuhkan oleh aplikasi utama. 

Sebelum disiarkan, suatu transaksi mungkin berisi tanda tangan pembayar biaya, yang memungkinkan orang lain untuk mengakui tanggung jawab atas biaya melalui tanda tangan. Ini terbukti menguntungkan bagi bisnis dan produsen yang ingin mengurangi biaya transaksi bagi pelanggan mereka.

2. Fuel Tanks

Fuel Tanks adalah rekening terpisah yang hanya digunakan untuk membayar biaya transaksi. Dengan menempatkan token EFI ke dalam Fuel Tanks yang mereka kendalikan, pengembang dapat mensubsidi pengeluaran untuk konsumen mereka. Token, tag, jenis transaksi, atau individu tertentu dapat dimasukkan ke daftar putih untuk digunakan oleh Fuel Tanks. Dalam setiap transaksi, ID Fuel Tanks dapat diberikan. Jika kriteria Tangki Bahan Bakar yang dipilih terpenuhi, biaya transaksi akan ditanggung. 

3. Efinity Swap

Efinity Swap adalah mekanisme konversi otomatis yang meningkatkan efisiensi pertukaran paratoken dengan memungkinkan konversi otomatis paratoken tanpa gesekan menjadi paratoken lain untuk memenuhi pesanan bid dan ask saat ini. Pertukaran ini dimungkinkan oleh penawaran dan permintaan pesanan yang ada. Jaringan memungkinkan pertukaran otomatis ini untuk paratoken yang memenuhi ambang minimal pesanan Penawaran dan Permintaan.

4. Pemegang EFI Dapat Mengambil Bagian dalam Kegiatan Tata Kelola

Proposal dapat diajukan oleh siapa saja, dan pemegang token EFI dapat memberikan suaranya. Setiap dua minggu, modul tata kelola blockchain akan mengevaluasi suara pada proposal dan referendum yang ada. Ini memberikan setidaknya dua minggu untuk meninjau, lalu dua minggu lagi untuk memilih untuk menyelesaikan seluruh proses. Proposal yang ada akan diterima dan ditambahkan ke blockchain, atau ditolak. Sebuah suara yang berakhir dengan dasi yang tepat disebut sebagai suara negatif.


Apa Itu Token EFI?

Gambar Token EFI
Gambar Token EFI

EFI adalah token asli dari jaringan Efinity, blockchain generasi berikutnya untuk aset digital seperti token non-fungible (NFT).

Di jaringan Efinity, Token EFI digunakan untuk semua pembayaran biaya transaksi. Jenis transaksi menentukan harga dan distribusi biaya transaksi. Setiap pesanan yang dipenuhi akan dikenakan biaya 2,5 persen, yang akan dibagi di antara empat kelompok. Pengembang yang mencetak NFT dapat mengenakan biaya untuk pesanan pasar. Ini dapat diatur hingga maksimum 25% dari total harga. Selain itu ini juga digunakan untuk membayar biaya transaksi, memberikan suara dalam acara tata kelola, memfasilitasi likuiditas, dan memberi penghargaan kepada peserta jaringan.

EFI memiliki jumlah total 2.000.000.000 token. Untuk staking dan pool nominator, 15% dari seluruh persediaan disisihkan. Token ini diberikan sebagai bentuk penghargaan karena telah membantu mengelola parachain selama 8-10 tahun pertama.

Pada genesis, 3% pergi ke kumpulan perbendaharaan yang terdesentralisasi. 15% dari total pasokan EFI disisihkan untuk memberikan penghargaan secara otonom kepada kolaborator dan kumpulan atas kontribusi penting mereka ke jaringan, termasuk pemeliharaan jaringan, pemrosesan transaksi, dan pembuatan modul dan inisiatif baru untuk memperluas jaringan. Bagian ini akan dibuka secara bertahap selama beberapa tahun sampai seluruh persediaan token habis.


Berapa Harga Token EFI Dan Tempat Untuk Membelinya?

Harga dari Token EFI saat artikel ini dibuat adalah $1,51 USD dengan volume perdagangan 24 jam $21,769,901 USD. Berdasarkan data peringkat cryptocurrency dari situs CoinMarketCap, saat ini Efinity (EFI) berada di urutan ke-294 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $255.845.598 USD. Adapun jumlah koin EFI yang beredar dan ditransaksikan saat ini adalah sebanyak 169.857.481 koin EFI dengan suplai maksimal koin yang dibatasi hanya sampai 2.000.000.000 koin EFI.

Jika Anda ingin tahu di mana dapat membeli Efinity Token , pertukaran cryptocurrency teratas untuk perdagangan saham Efinity Token saat ini adalah OKEx, Gate.io, ZT, Crypto.com Exchange dan Uniswap (V3). Sedangkan untuk bursa kripto lokal, saat ini anda bisa membelinya di marketplace kripto Indodax.


Prediksi Harga Efinity (EFI) Di Masa Depan Menurut Wallet Investor

Berdasarkan data historis dari Efinity (EFI), algoritma situs Wallet Investor memberikan rating "A+" untuk komoditas kripto ini. Mereka berpendapat bahwa token EFI sangat baik untuk investasi jangka panjang atau dalam periode 1 tahun keatas.

Situs ini berpendapat bahwa EFI bisa menjadi pilihan investasi yang menguntungkan. Harga Efinity sama dengan 1,520 USD pada 23-11-2020. Jika Anda membeli Efinity seharga 100 dolar hari ini, Anda akan mendapatkan total 65.774 EFI. 

Berdasarkan perkiraan Wallet Investor, peningkatan jangka panjang diharapkan, prognosis harga untuk 2026-11-21 adalah 2,814 Dolar AS. Dengan investasi 5 tahun, pendapatan diharapkan sekitar +85,13%. Investasi $100 Anda saat ini mungkin mencapai $185,13 pada tahun 2026.


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas tentang apa itu Efinity (EFI) Cryptocurrency. Semoga artikel kali ini bisa membantu anda dan menambah wawasan anda lebih jauh lagi tentang dunia investasi dan koin-koin cryptocurrency.








Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Efinity (EFI) Cryptocurrency: Beli Atau Tidak?"