Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Basic Attention Token (BAT) Cryptocurrency

Mengenal Apa Itu Basic Attention Token (BAT)
Mengenal Apa Itu Basic Attention Token (BAT)

Basic Attention Token, atau BAT, adalah token yang menggerakkan platform periklanan digital berbasis blockchain baru yang dirancang untuk memberi penghargaan yang adil kepada pengguna atas perhatian mereka, sambil memberikan pengembalian yang lebih baik kepada pengiklan atas pembelanjaan iklan mereka.

Token BAT sendiri cukup sering ditransaksikan di bursa kripto loka seperti Indodax dan Tokocrypto. Oleh karena itu pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkum sebuah artikel yang dibuat untuk mengenal lebih lanjut apa itu Basic Attention Token (BAT) Cryptocurrency.


 Apa Itu Basic Attention Token (BAT)?

Screenshot Website Basic Attention Token (BAT)
Screenshot Website Basic Attention Token (BAT)

Basic Attention Token (BAT) adalah cryptocurrency yang diciptakan dengan tujuan untuk menciptakan siklus yang baik seputar periklanan digital yang adil bagi pengguna, penerbit, dan pengiklan.

Berjalan di jaringan Ethereum (ETH) dan terintegrasi secara native di browser web khusus yang disebut Brave, token BAT dapat dipertukarkan antara pengiklan, penerbit, dan pengguna internet berdasarkan aktivitas web mereka, dan dimaksudkan untuk merampingkan perdagangan antara ketiga grup.

Pengembang Basic Attention Token percaya bahwa dengan melacak cara pengguna berinteraksi dengan konten iklan digital dan menyimpan informasi itu dalam buku besar yang didistribusikan, mereka akan dapat meningkatkan pengalaman periklanan digital bagi pengiklan, penerbit, dan pengguna.

Pengguna akan mengalami lebih sedikit iklan dan konten yang disesuaikan dengan mereka dengan lebih baik. Penerbit akan menemukan sumber pendapatan baru. Dan pengiklan akan dapat menargetkan pengguna tertentu dengan lebih baik berdasarkan preferensi dan minat konten pengguna yang terdokumentasi. Mereka juga akan dapat menghindari penipuan dengan lebih efisien.


Siapa Pendiri Attention Token (BAT)?

Pendiri Brave Software adalah Brendan Eich, yang resumenya mencakup pembuatan bahasa pemrograman JavaScript dan salah satu pendiri browser web Firefox. 

Pada tahun 2017, Brave menyelesaikan penawaran koin awal (ICO) untuk BAT, mengumpulkan $35 juta dalam 30 detik dengan menjual 1 miliar BAT. Pada saat itu, 500 juta BAT dicadangkan oleh Brave Software. 

Dari total itu, 200 juta BAT disisihkan untuk tim Brave, dengan 300 juta BAT dicadangkan untuk dijual di kemudian hari untuk mempromosikan platform. 


Bagaimana Cara Kerja Basic Attention Token (BAT)?

Semua transaksi BAT diselesaikan di Ethereum, blockchain publik yang memungkinkan pengembang untuk membuat dan menyebarkan cryptocurrency dan aplikasi khusus. 

1. Browser Brave

BAT beroperasi pada browser web yang disebut Brave, yang dikembangkan oleh tim yang membuat token. Brave adalah browser gratis, yang mengklaim memuat 3-6 kali lebih cepat daripada penawaran pesaing, karena hanya menayangkan iklan jika pengguna memilih untuk melihatnya.

Pengguna browser Brave dapat mendaftar untuk program Brave Rewards, yang memungkinkan mereka dibayar di BAT untuk melihat iklan atau mengirim BAT ke pembuat konten yang karyanya ingin mereka dukung. 

Pengaturan default Brave adalah untuk memblokir pelacak dan iklan. Itu hanya menyalakan iklan jika pengguna memilih. Brave kemudian menayangkan iklan asli dari mitra terpercaya, yang mana pengguna diberi imbalan dalam BAT untuk melihatnya. 

2. Brave Micropayments Ledger

Untuk melacak pergerakan BAT, Brave menggunakan Brave Micropayments Ledger.

Idenya adalah bahwa Brave Micropayments Ledger akan memungkinkan pengiklan, penerbit, dan pembaca untuk masuk ke dalam kontrak cerdas untuk memindahkan pembayaran antara satu sama lain.

Brave sedang menjajaki penggunaan bukti tanpa pengetahuan untuk blockchain-nya, dengan tujuan memberikan anonimitas kepada pemangku kepentingan dalam transaksi media online.


Apa Yang Membuat Basic Attention Token Unik?

Kasus penggunaan utama untuk Token Perhatian Dasar adalah sebagai token pembayaran untuk menjalankan kampanye iklan melalui Iklan Brave. Mulai November 2020, pengiklan harus berkomitmen pada pembelanjaan iklan minimum $2.500 per bulan untuk dapat meluncurkan kampanye mereka, tetapi platform layanan mandiri dengan batas yang berpotensi lebih rendah saat ini sedang dalam proses.

Saat ini, anggaran iklan ini harus dibayar seluruhnya dalam Token Perhatian Dasar, yang dapat diperoleh pengiklan dari berbagai platform pertukaran pihak ketiga. Dari sini, Brave mengambil komisi kecil, dan sisanya didistribusikan ke penerbit dan pengguna.

Salah satu fitur pembeda utama tentang Basic Attention Token dan ekosistem Brave Browser adalah kapasitas untuk memberi penghargaan (tip) kepada pengguna yang belum menjadi bagian dari jaringan — ini termasuk situs web dan pengguna Twitter individu. Pengguna ini kemudian dapat dengan aman mendaftar ke platform untuk mengumpulkan tip yang telah mereka kumpulkan.

Baik Basic Attention Token dan Brave Browser telah mencapai penyerapan pengguna yang signifikan sejak diluncurkan. Pada Oktober 2020, Brave Browser memiliki total 20,5 juta pengguna aktif bulanan, sedangkan Basic Attention Token sekarang dipegang oleh total lebih dari 368.000 dompet unik.


Apa Itu Token BAT?

Gambar Token BAT
Gambar Token BAT

BAT adalah token utilitas asli yang digunakan dalam ekosistem Basic Attention Token. Token ini beroperasi pada web browser Brave. BAT sendiri menggunakan standar token ERC-20 yang berjalan dan didistribusikan pada jaringan Ethereum (ETH).

Para pengguna akan dihargai dengan BAT untuk melihat konten iklan yang muncul pada browser Brave. Pengguna juga dapat memegang BAT, menukarnya dengan fiat atau cryptocurrency lainnya, atau membayarnya untuk mendukung pembuat konten favorit mereka.

BAT juga merupakan aset yang terbatas, dengan hanya  1.500.000.000 koin BAT yang beredar. Selanjutnya, tidak ada token baru yang akan dibuat setelah Brave mendistribusikan 300 juta BAT yang disisihkan untuk mendorong pertumbuhan pengguna. 

Ini berarti investor dapat yakin bahwa token mereka mewakili persentase yang diketahui dari total pasokan BAT.


Berapa Harga Token BAT?

Berdasarkan data yang didapatkan dari situs CoinMarketCap saat artikel ini dibuat, harga dari satu buah koin kripto BAT adalah $0.976202 USD. Saat ini Basic Attention Token (BAT) cryptocurrency berada di urutan ke-81 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $1.456.327.617 USD. Adapun jumlah koin BAT yang beredar saat ini adalah sebanyak 1.491.829.868 koin BAT dengan jumlah suplai maksimal koin yang dibatasi hanya sampai 1.500.000.000 koin BAT.


Dimana Tempat Membeli Token BAT?

ika Anda ingin tahu di mana membeli Basic Attention Token , bursa teratas untuk berdagang di Basic Attention Token BAT saat ini adalah Binance  Mandala Exchange, OKEx, Upbit dan FTX. Anda dapat menemukan orang lain yang menjual token BAT.


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas tentang Basic Attention Token (BAT) Cryptocurrency. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu anda untuk mengenal lebih jauh lagi tentang dunia investasi cryptocurrency. Terima kasih sudah membaca.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Basic Attention Token (BAT) Cryptocurrency"