Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Orbit Chain (ORC) Cryptocurrency

Gambar Logo Orbit Chain (ORC)
Mengenal Apa Itu Orbit Chain (ORC) Cryptocurrency

Selain merilis Near Protocol (NEAR) dan Belt Finance (BELT), tim manajemen Indodax juga ikut menyertakan  Orbit Chain (ORC) juga untuk bisa ditransaksikan di marketplace Indodax.

Orbit Chain (ORC) adalah rantai hub yang menyediakan saluran transaksi dari semua rantai publik yang dikembangkan untuk mengatasi isolasi dan skalabilitas terbatas dari rantai publik yang ada. Orbit Chain akan terus terhubung dengan semua rantai publik dan menyediakan konektivitas dan skalabilitas ke rantai publik yang terhubung. Ini akan membentuk kumpulan bersama dari berbagai layanan untuk mengatasi masalah likuiditas yang rendah dari layanan terdesentralisasi.

Untuk mengetahui secara detail tentang apa itu Orbit Chain (ORC) Cryptocurrency, pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkumnya untuk anda para pembaca setia.


Apa Itu Orbit Chain (ORC) Cryptocurrency

Screenshot Website Orbit Chain (ORC)
Screenshot Website Orbit Chain (ORC)

Orbit Chain (ORC) adalah Orbit-chain adalah blockchain multi-aset yang menyimpan, mentransfer, dan memverifikasi informasi dan aset yang ada di berbagai blockchain publik melalui Inter Blockchain Communication (IBC) yang terdesentralisasi. Salah satu manfaat terbesar menggunakan IBC dari Orbit Chain adalah memungkinkan rantai publik yang terisolasi untuk terhubung ke blockchain publik satu sama lain.

Orbit Chain dioperasikan oleh algoritma konsensus Orbit yang didasarkan pada algoritma Byzantine Fault Tolerance (BFT). Konsensus berbasis Proof-of-Stake (DPoS) yang didelegasikan memastikan pembuatan blok yang cepat dengan finalitas instan dan kinerja transaksi yang tinggi.

Ada dua masalah umum yang dihadapi rantai publik saat ini:

  1. Bagaimana cara terhubung dengan blockchain publik lainnya
  2. Bagaimana memastikan skalabilitas sambil memaksimalkan utilitasnya. 

Untuk mengatasi kedua masalah tersebut, rantai publik berusaha mengembangkan sidechain sendiri untuk terhubung dengan rantai publik lainnya. Namun, masalah isolasi muncul karena kurangnya interoperabilitas. Dengan Orbit IBC sebagai rantai hub dari rantai publik, hampir semua blockchain dapat dihubungkan satu sama lain.


Visi Orbit Chain

Orbit Chain adalah rantai hub yang menyediakan saluran transaksi dari semua rantai publik yang dikembangkan untuk mengatasi isolasi dan skalabilitas terbatas dari rantai publik yang ada. Pemutusan hubungan antara rantai mengisolasi mereka dan menghambat perkembangan. 

Orbit Chain akan terus terhubung dengan semua rantai publik dan menyediakan konektivitas dan skalabilitas ke rantai publik yang terhubung. Ini akan membentuk kumpulan bersama dari berbagai layanan untuk mengatasi masalah likuiditas yang rendah dari layanan terdesentralisasi.


Use Case

Adapun kehadiran dari Orbit Chain untuk memecahkan masalah-masalah berikut, diantaranya adalah:

Interoperabilitas

Data dan aset di blockchain biasanya terbatas pada rantainya sendiri yang mengakibatkan akses terbatas ke data dan aset di blockchain lain. Jika beberapa blockchain membangun pendekatan terpusat untuk menangani data dan aset tersebut, masalah keamanan dan verifikasi dapat muncul.

Namun, Orbit Chain telah membangun protokol IBC terdesentralisasi yang berfungsi penuh yang berjalan dengan tata kelola Validator berbasis Staking, yang andal dan aman. Semua aset dan data diverifikasi dan disimpan di blockchain dan semua proses itu terbuka secara transparan untuk semua orang.

Skalabilitas

Blockchain berbasis Proof of Work (PoW) biasanya memiliki masalah pada skalabilitas, kecepatan, dan biaya yang mahal.

Namun, Orbit Chain bekerja dengan konsensus BFT berbasis Staking oleh grup Validator yang akan memberikan IBC yang jauh lebih terukur dan andal. Semua informasi termasuk aset dan data dari rantai publik dengan cepat dipindahkan ke Rantai Orbit. Orbit akan mendukung konektivitas paralel antara Orbit Chain dan Public Chains untuk memberikan kecepatan transaksi yang lebih cepat.

Kegunaan

Blockchain yang ada hanya mendukung satu koin asli. Selain itu, mengembangkan dan mengkomersialkan layanan Dapp pada beberapa blockchain adalah proses yang sulit dan membosankan. Pengembang layanan Dapp harus mengembangkan untuk setiap blockchain untuk tujuan ini yang menghabiskan banyak sumber daya dan mengarah pada manajemen yang buruk dan tidak dapat diandalkan.

Orbit sebagai blockchain multi-aset memungkinkan pengembang Dapp untuk terhubung dengan rantai publik melalui Orbit SDK dan mengembangkan menggunakan REST yang ada dan yang sudah dikenal, dan API sistem WebSocket, yang mengurangi konsumsi sumber daya yang tidak perlu dan membantu pengembang berfokus pada layanan Dapp mereka untuk mengembangkan high- layanan berkualitas.

Desentralisasi

Blockchain yang ada belum menerapkan platform terdesentralisasi untuk ekosistem DApp yang berkelanjutan. Orbit memecahkan masalah stabilitas jaringan, biaya transaksi, dan skalabilitas yang muncul di platform DApp tradisional.


Protokol Komunikasi Antar Blok (IBC) Orbit

Adapun protokol komunikasi antar blok (IBC) Orbit adalah:

  • Penahan: Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan lainnya
  • Lindungi sistem Orbit melalui verifikasi Zona IBC
  • Protokol Terdesentralisasi Sepenuhnya dengan Validator terpercaya
  • Pastikan keamanan semua blockchain di Orbit Chain


Apa Itu Token ORC?

Gambar Token ORC
Gambar Token ORC

ORC adalah cryptocurrency utama yang merupakan penggerak utama di jaringan Orbit Chain. ORC digunakan sebagai dasar untuk semua transaksi, dan sebagai ekuitas untuk konsensus blockchain. Melalui ORC, nilai-nilai yang terkandung dalam Orbit Chain dipertahankan dan dioperasikan dengan.


Utilitas ORC

Adapun beberapa utilitas atau kegunaan token ORC adalah sebagai berikut:

  • Biaya untuk penggunaan sumber daya melalui transaksi
  • Biaya transfer dana melalui transaksi
  • Metode Staking (Partisipasi produksi dan validasi blok)
  • Pelaksanaan hak suara dalam pemerintahan
  • Biaya untuk menggunakan IBC


Program Buyback & Burn

Token ini diperkuat dengan program Buyback & Burn pada 30 Juli 2021, dan pada putaran pertama ini, 2.062.280.048054399543084952 ORC Token dibeli kembali dengan harga pasar di KLAYswap dan dikirim ke alamat burn.

Program buyback & burn pertama yang berhasil adalah titik awal yang sangat berarti dalam memperkuat ekonomi token ORC.


Harga Dan Total Suplai Token ORC

Harga ORC crypto di situs CoinMarketCap saat artikel ini dibuat adalah $0.766336 USD. Orbit Chain (ORC) saat ini berada di urutan ke-229 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $421.647.973 USD. Adapun jumlah koin ORC yang saat ini beredar adalah sebanyak 550.213.005 koin ORC dengan jumlah suplai pasokan koin yang dibatasi hanya sampai 1.000.000.000 koin ORC.

Jika Anda ingin tahu di mana membeli Orbit Chain , bursa teratas untuk trading di Orbit Chain saat ini adalah ZT, Gate.io, Bithumb, Coinone, dan Coinoneal. 


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas tentang apa itu Orbit Chain (ORC) Cryptocurrency. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan dan referensi anda tentang coin-coin crypto yang ada di dunia cryptocurrency. Terima kasih sudah membaca.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Orbit Chain (ORC) Cryptocurrency"