Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu XinFin (XDC)

Mengenal Apa Itu XinFin (XDC)
Mengenal Apa Itu XinFin (XDC)

XinFin (XDC) adalah perusahaan teknologi Blockchain hybrid siap-perusahaan yang dioptimalkan untuk perdagangan dan keuangan internasional. Jaringan XinFin didukung oleh koin asli yang disebut XDC. Protokol XDC dirancang untuk mendukung kontrak cerdas, 2000TPS, waktu transaksi 2 detik, KYC hingga Masternodes (Validator Nodes). Rantai XDC (Kontrak Digital XinFin) menggunakan XinFin Delegated Proof of Stake (XDPoS).

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu XinFin (XDC). Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkumnya untuk anda para pembaca.


Apa Itu XinFin (XDC)?

Screenshot Website XinFin (XDC)
Screenshot Website XinFin (XDC)

XinFin (XDC) adalah Jaringan Blockchain yang Dapat Dioperasikan untuk Perdagangan & Keuangan Global yang memungkinkan Digitalisasi, Tokenisasi, dan penyelesaian instan transaksi perdagangan, meningkatkan efisiensi dan mengurangi ketergantungan pada infrastruktur FX yang kompleks, memungkinkan peningkatan fleksibilitas dalam manajemen likuiditas untuk lembaga keuangan.

XinFin dirancang untuk melengkapi ekosistem keuangan warisan dengan menyediakan blockchain yang diizinkan yang dapat digunakan oleh pemerintah, perusahaan, dan perusahaan swasta untuk merombak tumpukan teknologi mereka dan memberi daya pada berbagai kasus penggunaan baru.

Platform ini didanai melalui penawaran koin awal (ICO) pada Maret 2018, yang mengumpulkan $15 juta. Mainnet XinFin ditayangkan lebih dari setahun kemudian pada Juni 2019, menjadi salah satu blockchain kontrak pintar pertama yang menggunakan konsensus proof-of-stake (PoS).

XinFin Foundation adalah organisasi nirlaba yang bekerja sama dengan berbagai pemerintah internasional untuk mengurangi kesenjangan yang ada dalam infrastruktur global. Menurut XinFin, kurangnya pembiayaan yang disponsori pemerintah menghambat kemungkinan banyak proyek infrastruktur di seluruh dunia.

Namun, dengan menciptakan platform transaksi blockchain yang aman, XinFin bertujuan untuk menjembatani kesenjangan di mana investor dapat menawar untuk berbagai proyek infrastruktur dan membiayainya dengan cara yang lebih lancar, sehingga menghindari semua masalah dan dokumen yang muncul selama proses alokasi keuangan. untuk proyek infrastruktur yang terjadi di negara lain. Idenya adalah untuk memanfaatkan fasilitas platform blockchain untuk menghubungkan investor dan pengembang di lingkungan yang aman sehingga memungkinkan mereka untuk bertransaksi keuangan terhadap aset digital aman tertentu.


Siapa Pendiri XinFin

XinFin didirikan oleh tiga pendiri utama, Atul Khekade, Ritesh Kakkad dan Karan Bhardwaj, semuanya memiliki sejarah panjang dalam ekosistem blockchain. Khususnya, Khekade adalah programmer perangkat lunak berpengalaman yang dikreditkan dengan mendirikan beberapa perusahaan teknologi lain dan mendanai platform pendidikan Blockdegree yang didukung XDC. Ritesh Kakkad adalah pengusaha serial dengan banyak usaha di ruang digital. Bhardwaj, di sisi lain, meninggalkan perusahaan pada 2018 untuk mengejar startupnya sendiri, Elatior Tech.


Bagaimana Cara Kerja XinFin?

XDC01 XinFin adalah protokol hibrida yang mengambil bagian terbaik dari platform Ethereum dan Quorum IBM untuk memberikan solusi atas ketidakefisienan di pasar keuangan global.

Platform ini memungkinkan organisasi untuk berpartisipasi dalam pasar perdagangan global dengan biaya yang lebih murah karena kontrak pintar yang efisien tinggi dan kemampuan penyelesaian waktu nyata. XinFin percaya ini akan membuat transaksi lintas batas jauh lebih efisien, sekaligus memungkinkan kasus penggunaan publik dan pribadi. 

XinFin menggunakan standar perpesanan keuangan ISO20022 untuk memastikan kompatibilitas antara blockchain hibrida dan sistem keuangan warisan, memastikan perusahaan dan pemerintah dapat dengan mudah mengubah sistem terpusat mereka menjadi jaringan terdesentralisasi yang lebih kuat yang diuntungkan dari kemampuan kontrak pintar XinFin. 

Menjadi kompatibel dengan EVM, pengembang dapat dengan mudah menerapkan kontrak pintar Ethereum mereka di XDC Chain dengan sedikit atau tanpa modifikasi yang diperlukan.

Arsitektur hibrid XinFin memungkinkannya mendukung rantai publik, swasta, dan konsorsium yang dapat ditugaskan untuk tujuan apa pun secara praktis. Sejauh ini, XinFin telah digunakan untuk pengiriman uang dan platform perdagangan peer-to-peer, asuransi bertenaga blockchain, identitas terkait aset digital online, manajemen catatan pendaftaran tanah ujung ke ujung dan banyak lagi — menunjukkan keserbagunaan platform. 

Pada Mei 2021, lebih dari 100 institusi dan individu saat ini menjalankan node validator. Sejak diluncurkan, XinFin telah meluncurkan jaringan publik (mainnet), memperluas mitra dan ekosistem produknya, dan meluncurkan stablecoin pertamanya (SGDg dan EURg). Sepanjang sisa tahun 2021, ada rencana untuk menjalin hubungan dengan penjaga aset digital, mengintegrasikan R3 Cordite dan membawa kemampuan multi-sig ke platform.


Apa Yang Membuat XinFin Unik?

Digambarkan sendiri sebagai blockchain generasi ketiga, XinFin dibangun untuk mengatasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh sistem berbasis blockchain sebelumnya — seperti throughput rendah, biaya tinggi, dan pengalaman pengembang yang buruk. 

Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan mekanisme konsensus efisiensi energi yang dikenal sebagai XinFin delegated-proof-of-stake (XDPoS). Ini memanfaatkan jaringan validator yang terdesentralisasi untuk menyelesaikan transaksi dengan aman dan bertahan dari potensi serangan. XDPoS menggunakan proses yang dikenal sebagai validasi ganda untuk memeriksa ulang transaksi sebelum mereka berkomitmen ke blockchain yang memberikan solusi untuk masalah " tidak ada yang dipertaruhkan ". 

Menurut XinFin, seluruh jaringan XinFin mengkonsumsi sekitar 0,0000074 TWh listrik untuk mempertahankan konsensus, sedangkan jaringan Bitcoin dan Ethereum dilaporkan mengkonsumsi masing-masing 71,12 dan 20,61 TWh untuk mencapai hal yang sama. Ini menjadikan XinFin salah satu blockchain paling ramah lingkungan yang saat ini beroperasi. 

Tidak seperti beberapa platform pesaing, XinFin memastikan bahkan perangkat keras komputer tingkat konsumen dasar dapat dengan mudah menjalankan masternode — membuatnya sangat mudah diakses dan memaksimalkan desentralisasi. XDPoS memiliki fitur self-KYC, yang harus digunakan oleh pemegang masternode publik untuk menyelesaikan verifikasi identitas sebelum mereka dapat berpartisipasi dalam konsensus. 

Mekanisme konsensus yang sangat efisien ini juga memungkinkan transaksi mencapai finalitas dalam waktu kurang dari 2 detik dengan biaya transaksi hampir nol.


Apa Itu Token XDC?

Gambar Token XDC
Gambar Token XDC

XDC adalah oken utilitas dasar yang mendukung Blockchain Hybrid XinFin. Sama seperti Ethereum's Ether (ETH), ini digunakan untuk membayar biaya transaksi dan operasi kontrak pintar. 

XDC memiliki standar tokennya sendiri yang disebut XDC01. XDC adalah token dasar untuk penggunaan utama pada platform Tradefinex yang akan diadopsi terutama oleh Pemodal, Pemasok, dll untuk mendorong proyek industri dan pemerintah.

Token XDC bertindak sebagai mekanisme penyelesaian untuk DApps yang dibangun di XinFin Hybrid Blockchain. Sampai saat ini, kasus penggunaan yang dibangun di sekitar token utilitas XDC XinFin adalah: MyContract, TradeFinex, Kramaa, Land Registry, iFactor, Blockdegree, dan TurantPay.


Berapa Harga Token XDC?

Saat artikel ini dibuat, harga dari satu koin XDC adalah senilai $0,103327 USD. Berdasarkan data yang didapatkan di situs CoinMarketCap, XinFin (XDC) berada di urutan ke-89 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar  $1,271,396.138 USD. Adapun jumlah koin XDC yang sudah beredar saat ini adalah sebanyak 2.304.600.933 koin XDC.

Jika Anda ingin tahu di mana membeli Jaringan XDC , bursa teratas untuk berdagang di Jaringan XDC saat ini adalah KuCoin, HitBTC, FMFW.io (Bitcoin.com Exchange), Changelly PRO, dan Bitrue. 


Bagaimana dan Dimana Membeli Token XDC?

Token XDC telah terdaftar di sejumlah bursa kripto, tidak seperti mata uang kripto utama lainnya, tidak dapat langsung dibeli dengan uang fiat. Namun, Anda masih dapat dengan mudah membeli koin ini dengan terlebih dahulu membeli Bitcoin, ETH, USDT dari bursa besar mana pun dan kemudian mentransfernya ke bursa yang menawarkan untuk memperdagangkan koin ini.


Sekian dulu artikel kali ini yang membahas tentang apa itu XinFin (XDC). Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk mengenal lebih jauh lagi tentang aset-aset kripto yang ada di dunia investasi cryptocurrency. Terima kasih sudah membaca.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu XinFin (XDC)"