Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu DAO Maker (DAO)

Mengenal Apa Itu DAO Maker (DAO)
Mengenal Apa Itu DAO Maker (DAO)

Bersamaan dengan Perpetual Protocol (PERP) dan ABBC Coin (ABBC), pihak Indodax juga merilis Dao Maker (DAO) yang sudah mulai bisa ditransaksikan mulai dari hari Kamis, 21 Oktober 2021 jam 14:00 WIB. Trading PERP, ABBC & DAO dimulai hari Jumat, 22 Oktober 2021 jam 14:00 WIB.

DAO Maker (DAO) sendiri adalah Organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) adalah perangkat lunak yang berjalan di blockchain yang menawarkan kepada pengguna model bawaan untuk manajemen kolektif kodenya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu DAO Maker (DAO), pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkum artikelnya untuk anda para pembaca setia.


Apa Itu DAO Maker (DAO)?

Screenshot Website DAO Maker (DAO)
Screenshot Website DAO Maker (DAO)

DAO Maker adalah penyedia teknologi pertumbuhan yang menciptakan solusi SaaS untuk startup kripto yang baru lahir dan berkembang. Produk andalannya adalah DAO Pad, platform multi-investasi yang memungkinkan pemegang token DAO untuk berpartisipasi dalam penjualan token tahap awal untuk proyek mendatang yang diperiksa secara ketat.

DAO Maker juga menyediakan berbagai layanan tambahan untuk proyek berbasis blockchain yang baru lahir. Ini termasuk layanan inkubasi, layanan operasi dan konsultasi, dan produk unggulan lainnya seperti  penambangan sosial. Proyek dapat menggunakan penambangan sosial untuk memberi penghargaan kepada anggota komunitas yang memberi nilai tambah dengan token asli mereka serta membantu meningkatkan kesadaran, mendorong partisipasi, meningkatkan likuiditas dan menumbuhkan jumlah pemegang.

Beberapa proyek paling menonjol yang diluncurkan melalui DAO Maker termasuk My Neighbor Alice (ALICE), Orion Protocol (ORN), Seascape Network (CWS) dan Infinity Pad (IPAD). Daftar lengkap proyek dan kinerjanya tercantum di situs web DAO Maker.


Siapa Pendiri DAO Maker (DAO)?

DAO Maker adalah gagasan dari salah satu pendiri Christoph Zaknun, CEO platform dan penggerak awal dalam ruang initial coin offering (ICO), dan Giorgio Marciano (CTO), seorang wirausahawan dan insinyur TI yang sangat berpengalaman dengan lebih dari 13 tahun pengalaman dalam pengembangan perangkat lunak. Kedua co-founder tersebut bergabung dengan staf tingkat C lainnya, termasuk Hassan Sheikh (CMO), mantan dosen Matematika dan ahli strategi bisnis berpengalaman.


Bagaimana Cara Kerja Pembuat DAO?

Seperti kebanyakan landasan peluncuran proyek blockchain modern, DAO Maker mengharuskan pengguna mengunci jumlah minimum token DAO untuk berpartisipasi dalam peluncuran. 

Pada saat penulisan, pengguna harus mempertaruhkan setidaknya 500 DAO di brankas Pembuat DAO. Pengguna akan menerima 1 kekuatan DAO untuk setiap DAO yang dipertaruhkan. Pengguna juga dapat melipatgandakan kekuatan DAO mereka dengan mempertaruhkan token DAO-USDC Uniswap LP . Dengan mempertaruhkan DAO, pengguna juga mendapatkan hasil dalam bentuk token proyek yang dipilih, misalnya Evolution (EVN), Yield Protocol (YIELD), Open Ocean (OOE), dll.

Kekuatan DAO ini digunakan untuk berpartisipasi dalam penawaran pemegang kuat DAO Maker ( SHOs ), penjualan SEED atau penawaran koin dinamis ( DYCOs ) — yang terakhir adalah jenis metode penjualan token yang dapat dikembalikan sebagian. 

Pengguna mengalokasikan kekuatan DAO mereka untuk penjualan yang ingin mereka ikuti. Ini kemudian memasukan mereka ke dalam lotere untuk memenangkan alokasi. Semakin banyak daya DAO yang dialokasikan pengguna untuk penjualan, semakin baik peluang mereka untuk menang. Menurut pedoman resmi , pengguna dipisahkan menjadi salah satu dari lima tahapan tergantung pada jumlah DAO yang dihabiskan, tahapan ini adalah:

  • Tranche 1: 500–999 DAO Power
  • Tranche 2: 1,000–1,999 DAO Power
  • Tranche 3: 2,000–3,999 DAO Power
  • Tranche 4: 4,000–9,999 DAO Power
  • Tahap 5: 10.000+ Kekuatan DAO

Setiap tahap membawa serta peningkatan peluang untuk menang. 

Jika pengguna memenangkan slot partisipasi, alokasi mereka akan secara otomatis didanai oleh saldo Koin USD (USDC), dan kekuatan DAO mereka akan dikunci selama 10 hari — setelah itu disetel ulang. Pengguna yang tidak berhasil akan bebas menggunakan kekuatan DAO mereka lagi segera. 

Selain DAO Pad, DAO Maker juga mengembangkan produk unggulan baru yang dikenal dengan Venture Bonds. Ini akan memungkinkan pengguna untuk membeli obligasi dari perusahaan rintisan, setelah itu DAO Maker akan menyebarkan dana mereka ke pasar pinjaman DeFi dan CeFi yang overcollateralized untuk mendapatkan hasil. Hasil ini kemudian didistribusikan ke perusahaan rintisan untuk membiayai pertumbuhan dan perkembangan mereka, sementara pembeli obligasi mendapatkan token proyek dan/atau ekuitas sebagai imbalannya.

Setelah obligasi jatuh tempo, pengguna akan menerima dana mereka kembali dan akan menyimpan hasil yang mereka peroleh dalam bentuk token proyek atau ekuitas. 

Saat ini, fitur DAO Pad, Vault, dan Social Mining dari DAO Maker sedang online, tetapi pengembangan sejumlah produk lainnya sedang berlangsung. Menurut peta jalan resmi, platform tersebut dijadwalkan untuk meluncurkan versi beta dari produk Obligasi Ventura pada Q3 2021, dan akan mulai mendukung penawaran ekuitas pada Q2 2022.


Apa yang Membuat Pembuat DAO Unik?

Meskipun menawarkan rangkaian lengkap produk B2B dan B2C, DAO Maker terkenal dengan DAO Pad dan token DAO Maker (DAO). Karena itu, yang terbaik adalah membandingkannya dengan platform penjualan token yang bersaing — termasuk Polkastarter, PAID Ignition, dan BSC Pad. 

Beberapa fitur pembeda utama yang memisahkannya dari platform ini saat ini meliputi:

1. Kualitas

Karena pengalaman bertahun-tahun di ruang blockchain (sejak 2017), DAO Maker telah terpapar pada beragam proyek blockchain. Ini juga telah bekerja dengan beberapa di tingkat inkubasi, memberikan tim di belakang platform pemahaman mendalam tentang apa yang diperlukan untuk membangun produk yang sukses.

Ini bermanifestasi sebagai kriteria seleksi yang sangat ketat untuk proyek yang ingin diluncurkan di DAO Pad — dengan hanya proyek dengan kualitas terbaik yang lolos. Hasilnya adalah rekam jejak yang mengesankan untuk peluncuran tokennya bahkan dengan penjualan token dengan kinerja terburuk mencapai setidaknya 3x harga SHO, sementara yang berkinerja terbaik telah mencapai lebih dari 100x pengembalian dengan nilai tertinggi sepanjang masa (mis. Protokol Orion ). 

2. Alokasi Besar

Dengan jumlah pengguna yang cukup besar yang ingin berpartisipasi dalam IDO , banyak landasan peluncuran memilih untuk memberi sebanyak mungkin orang kesempatan untuk berpartisipasi dengan menjaga alokasi per orang yang relatif rendah. Meskipun ini memberikan kepastian, pengembalian absolut dari setiap proyek bisa jadi rendah.

DAO Maker, di sisi lain, berfokus untuk memastikan setiap peserta yang menang mendapatkan alokasi yang relatif tinggi, biasanya $500 hingga $1.000 per orang (tergantung proyeknya). Dalam banyak kasus, token ini 100% tidak terkunci pada acara pembuatan token (TGE), sedangkan token lainnya sebagian diberikan selama periode waktu tertentu. 

3. Inkubasi

DAO Maker tidak biasa di antara peluncuran token karena ia juga menyediakan berbagai layanan lain untuk banyak proyek yang dihosting untuk membantu memaksimalkan peluang keberhasilan mereka. Ini mungkin termasuk membantu memodifikasi token untuk membuatnya lebih berkelanjutan, membantu membangun komunitas, mencari pembuat pasar dan kemitraan pertukaran, serta berbagai layanan konsultasi lainnya.

4. Aksesibilitas

DAO Maker telah membuat akses investasi tahap awal menjadi proses yang sederhana dengan menyediakan satu rute masuk melalui token DAO. Siapa pun dengan akun terverifikasi penuh yang telah mempertaruhkan setidaknya 500 token DAO akan memenuhi syarat untuk mengikuti lotere untuk memenangkan slot dalam proyek yang mereka pilih. 

5. Non-inflasi

Token DAO adalah salah satu dari sedikit token launchpad yang non-inflatif. Total pasokan dibatasi pada 312 juta dan jumlah ini tidak akan ditambah. Sebagai gantinya, hadiah yang diberikan oleh setiap kubah hasil disumbangkan oleh mitra ekosistem DAO Maker.


Apa Itu Token DAO?

Gambar Token DAO
Gambar Token DAO

DAO adalah token utilitas asli yang mendukung platform DAO Maker. Token ini digunakan untuk berpartisipasi dalam penjualan token di platform DAO Pad, dan juga dapat dipertaruhkan untuk mendapatkan hasil melalui salah satu brankas Pembuat DAO.

Token DAO saat ini juga dijadikan sebagai token tata kelola dimana para pemilik token DAO bisa berpartisipasi dalam pengambilan keputusan akan kebijakan dan proyek-proyek yang akan dijalankan.

Kasus penggunaan lainnya termasuk memberi insentif kepada pengguna untuk mengoperasikan platform media sosial, seperti Steemit, atau dunia virtual bersama, seperti Decentraland.


Berapa Harga Token DAO?

Berdasarkan data yang didapatkan dari situs CoinMarketCap saat artikel ini dibuat, harga satu koin DAO adalah $2.82 USD. Sedangkan di urutan peringkat di situs yang sama aset kripto DAO Maker (DAO) berada di urutan ke-412 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $103,939,690 USD. Saat ini sebanyak 36,839,436 koin DAO sudah beredar dengan nilai total suplai maksimal koin yang dibatasi hanya sampai 312,000,000 koin DAO.


Apakah DAO Investasi Yang Menguntungkan?

Menurut situs CoinQuora,  DAO Maker (DAO) memiliki masa depan yang cerah di tahun 2021. Dengan perkembangan berkelanjutan yang terjadi dalam sistem DAO, serta di pasar cryptocurrency secara keseluruhan, kita mungkin melihat DAO mencapai ketinggian baru.

Prediksi harga DAO Bullish 2021 adalah $7,55. Seperti dikatakan di atas, bahkan mungkin mencapai $10 jika investor telah memutuskan bahwa DAO adalah investasi yang baik pada tahun 2021 , bersama dengan cryptocurrency arus utama seperti Bitcoin dan Ethereum.


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas tentang apa itu DAO Maker (DAO) yang baru saja dirilis di marketplace Indodax beberapa waktu lalu. Artikel ini dibuat untuk sekedar berbagi informasi tentang dunia cryptocurrency dan bukan merupakan nasihat keuangan ataupun investasi. DYOR!

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu DAO Maker (DAO)"