Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Yearn.finance (YFI)

Gambar Logo Yearn.finance (YFI)
Mengenal Apa Itu Yearn.finance (YFI)

Token Yearn.finance (YFI) pernah melampaui Bitcoin (BTC) sebagai aset kripto paling mahal yang tersedia untuk diperdagangkan. 

Pada tanggal 11 Mei 2021, Token YFI diperdagangkan pada  $68.454 USD dan naik 22% dalam sehari, serta 28% dalam seminggu dan hampir 53% selama 30 hari terakhir. Pada saat yang sama, token BTC diperdagangkan pada  $55.886 USD.

Yearn.finance (YFI) adalah token Ethereum (ETH) yang mengatur platform Yearn.finance. Platform ini adalah pengoptimal hasil yang menggerakkan dana di sekitar ekosistem keuangan terdesentralisasi atau DeFi dengan tujuan memberikan pengembalian yang tinggi kepada para investornya.

Untuk mengenal lebih jauh tentang aset kripto Yearn.finance (YFI). Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkumnya untuk anda para pembaca setia.


Apa Itu Yearn.finance (YFI)?

Screenshot Website Yearn.finance (YFI)
Screenshot Website Yearn.finance (YFI)

Yearn.finance (YFI) adalah sekelompok protokol yang berjalan di blockchain Ethereum yang memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan pendapatan mereka pada aset kripto melalui layanan pinjaman dan perdagangan.

Yearn.finance merupakan salah satu dari sejumlah proyek keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang sedang berkembang. Platform ini menyediakan layanannya hanya dengan menggunakan kode, menghilangkan ketergantungan akan adanya pihak ketiga atau perantara keuangan seperti bank atau kustodian. Untuk melakukan hal tersebut, pengembang telah membangun sistem insentif otomatis di sekitar cryptocurrency YFI-nya.

Adapun tujuan dari Yearn.finance adalah untuk menyederhanakan ruang DeFi yang saat ini terus berkembang, dimana para investor tidak terlalu dipusingkan dengan hal-hal bersifat teknis dan  mengurangi interaksi dengan user lain yang tidak serius.

Yearn.finance sebelumnya dikenal sebagai iEarn, akan tetapi seiring berjalannya waktu dan platform ini berkembang dalam beberapa bulan terakhir. Akhirnya para pengembang merilis token YFI in-house.


Pencipta Yearn.Finance

Yearn.finance diluncurkan oleh pengembang independen Andre Cronje pada tahun 2020. Khususnya, Cronje tidak menerima dana untuk protokol yearn.finance dan tidak menyimpan token untuk dirinya sendiri sebelum peluncuran yearn.finance. Ini membuat yearn.finance berbeda dari kebanyakan proyek DeFi, yang biasanya mengumpulkan investasi dari dana ventura kemudian membentuk tim untuk mengembangkan protokol. 

Pada Juli 2020, platform yearn.finance meluncurkan cryptocurrency aslinya, YFI. Dimana setelah itu seluruh modal yang ia investasikan kemudian mulai berbalik dan memiliki total aset terkunci yang masuk dengan nilai lebih dari $ 1 miliar pada akhir September 2020.

Cronje memiliki karir dan pengalaman yang banyak di dunia cryptocurrency, khususnya sektor DeFi. Dia juga memiliki jabatan di ekosistem blockchain Fantom dan CryptoBriefing.


Produk Yearn.Finance

Platform yearn.finance terdiri dari beberapa produk independen, antara lain seperti:

  • APY – Tabel data yang menunjukkan suku bunga di berbagai protokol peminjaman. 
  • Earn – Yang mengidentifikasi tingkat bunga tertinggi yang dapat diperoleh pengguna dengan meminjamkan aset. 
  • Vaults – Kumpulan strategi investasi yang dirancang untuk menghasilkan pengembalian tertinggi dari proyek DeFi lainnya.
  • Zap – Yang menggabungkan beberapa perdagangan dalam satu klik, menghemat biaya dan tenaga.

Pengguna bisa mendapatkan token YFI dengan mengunci cryptocurrency dalam kontrak yearn.finance yang berjalan di platform perdagangan Balancer dan Curve DeFi, yang menggunakan platform yearn.finance.  

Dengan cara ini, yearn.finance memanfaatkan praktik yang biasa disebut “farming”, di mana pengguna mengunci aset crypto dalam protokol DeFi untuk mendapatkan lebih banyak cryptocurrency tambahan. Semakin banyak aset yang dikunci pengguna di suatu platform, semakin banyak hadiah token yang diberikan oleh protokol.

Pada bulan pertama operasinya, platform yearn.finance menarik aset hampir $800 juta, menjadikannya salah satu proyek DeFi yang tumbuh paling cepat hingga saat ini.


Bagaimana Cara Kerja Yearn.Finance?

yearn.finance adalah protokol yang dirancang untuk menyebarkan kontrak ke blockchain Ethereum serta pertukaran terdesentralisasi lainnya yang berjalan di atasnya, seperti Balancer dan Curve . 

Dengan cara ini, pengguna percaya bahwa kontrak YFI, serta kontrak terkait pada Balancer dan Curve, akan diterapkan di Ethereum untuk menyediakan layanan yang diiklankan.

Sebagian besar layanan yearn.finance, yaitu Earn, Zap, Vaults dan APY berupaya memungkinkan para pengguna untuk meminjamkan atau memperdagangkan cryptocurrency mereka. 

  • Earn adalah cara bagi pengguna untuk mendapatkan suku bunga pinjaman terbaik, dan cara ini bekerja dengan mencari di berbagai protokol pinjaman, seperti Aave atau Compound , untuk menemukan tarif terbaik. Pengguna kemudian dapat menyetor DAI , USDC, USDT , TUSD atau sUSD mereka pada platform yearn.finance untuk menerima suku bunga tersebut. 
  • Zap yang memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan beberapa investasi dengan satu klik. Misalnya, pengguna dapat memperdagangkan DAI untuk yCRV (cryptocurrency DeFi lainnya) dalam satu tindakan, dibandingkan dengan tiga tindakan di seluruh platform yearn.finance dan Curve. 
  • APY (yang merupakan singkatan dari persentase hasil tahunan) mencari di seluruh protokol pinjaman yang digunakan Earn, dan memberi pengguna perkiraan berapa banyak bunga yang dapat mereka harapkan untuk diperoleh, secara tahunan, untuk sejumlah modal tertentu. 
  • Vaults adalah ayanan paling kompleks dari yearn.finance, memungkinkan pengguna untuk mengikuti strategi investasi aktif menggunakan kode yang dijalankan sendiri dari platform. Dengan cara ini, Vault seperti reksa dana yang dikelola secara aktif. 


Apa Itu Token YFI?

Gambar Token YFI
Gambar Token YFI

YFI adalah cryptocurrency yang mengatur platform yearn.finance. Token ini dibuat dengan menggunakan standar token ERC-20 yang berjalan di atas blockchain Ethereum.

YFI adalah token tata kelola yang berarti siapa pun yang memiliki token YFI dapat memberikan suara pada proposal aturan atau kebijakan yang akan dibuat.  Untuk disahkan dalam kode yearn.finance, sebuah proposal membutuhkan lebih dari 50% suara. Siapa saja boleh membuat proposal, tetapi hanya pemegang YFI yang boleh memberikan suaranya.

YFI memiliki persediaan tetap awal sebesar 30.000 koin YFI (Saat ini total pasokan maksimal 36.666 koin YFI), tetapi suplai persediaan koin dapat ditambah jika para pemegang koin YFI setuju untuk melakukannya.


Berapa Harga Token YFI?

Berdasarkan data yang didapatkan dari situs CoinMarketCap saat artikel ini dibuat, harga dari satu koin crypto YFI adalah senilai $31.346.67 USD. Berdasarkan peringkat, aset Yearn.finance (YFI) berada di posisi ke-85 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar  $1.148.398.871 USD. Adapun jumlah koin YFI yang sudah beredar adalah sebanyak 36.635 koin YFI dengan jumlah maksimal suplai koin yang dibatasi hanya sampai 36.666 koin YFI.

Jika Anda ingin tahu di mana membeli yearn.finance, adapun bursa teratas untuk trading di yearn.finance saat ini adalah Binance, Huobi Global, Mandala Exchange, OKEx dan FTX.


Sekian dulu artikel kali ini dari Budak Duit Indonesia yang membahas tentang "Mengenal Apa Itu Yearn.finance (YFI)". Semoga artikel kali ini bisa menjadi pengetahuan baru bagi anda para pembaca, untuk mengenal lebih jauh tentang dunia cryptocurrency. Terima kasih sudah membaca!



Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Yearn.finance (YFI)"