Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Synthetix Network Token (SNX)

Gambar Logo Synthetix Network Token (SNX)
Mengenal Apa Itu Synthetix Network Token (SNX)

Synthetix Network Token (SNX) menarik perhatian para traders Indodax yang membuat mereka makin penasaran dengan aset crypto ini. 

Untuk menjawab rasa penasaran dari traders Indodax, pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkumnya dalam sebuah artikel yang didapatkan dari berbagai sumber website kripto. Selamat membaca!


Apa Itu Synthetix Network Token (SNX)?

Synthetix adalah protokol yang memungkinkan penerbitan aset sintetis pada blockchain Ethereum (ETH). Synthetix mendukung komoditas sintetis seperti emas dan perak, cryptocurrency sintetis, cryptocurrency terbalik sintetis, indeks cryptocurrency sintetis, dan mata uang fiat sintetis. Platform ini membawa eksposur aset berbasis non-blockchain ke ekosistem crypto, sehingga menciptakan pasar keuangan yang lebih matang.

Protokol ini penerbitan aset sintetis berupa instrumen keuangan dalam bentuk kontrak pintar ERC-20 yang dikenal sebagai "Synths" yang melacak dan memberikan pengembalian aset lain tanpa mengharuskan anda untuk memegang aset tersebut. 

Synthetix Network Token (SNX)
Synthetix Network Token (SNX)

Anda dapat memperdagangkan Synths yang berkisar dari cryptocurrency, indeks, invers, dan aset dunia nyata seperti emas seperti di Kwenta, sebuah bursa terdesentralisasi Synthetix (DEX). Token asli Synthetix, Synthetix Network Token (SNX), digunakan untuk memberikan jaminan terhadap Synths yang diterbitkan.

Synthetix awalnya dikelola oleh Synthetix Foundation, yang merupakan sebuah perusahaan yayasan nirlaba yang didirikan di Australia. Namun, seiring berjalannya waktu tepatnya pada tahun 2020, pengelolaan protokol ini dialihkan ke tiga organisasi otonom terdesentralisasi atau DAO,  yaitu :

  • ProtocolDAO: Mengontrol pendanaan untuk peningkatan protokol dan perubahan pada kontrak pintar Synthetix
  • GrantsDAO: Mengontrol pendanaan untuk proposal komunitas untuk barang publik di Synthetix
  • SynthetixDAO: Mengontrol pendanaan untuk entitas yang memajukan pengembangan jaringan 

Synthetix memberikan eksposur ke berbagai aset kripto dan non-kripto dalam metode terdesentralisasi, tanpa izin, dan tahan sensor – memungkinkan partisipasi dalam ekosistem DeFi bahkan jika Anda tidak memiliki aset ini. 


Pendiri Dan Sejarah Synthetix

Synthetix awalnya didirikan oleh Kain Warwick dan sampai saat ini memimpin tim untuk pengembangannya di masa depan. Dia memiliki pengalaman dalam membangun platform pembayaran cryptocurrency di Australia, yang terbesar adalah Blueshyft. Lebih penting lagi, dia adalah direktur non-eksekutif di sana. Warwick dulunya juga Anggota Dewan Penasihat di Blockchain Australia, serta Anggota Dewan Penasihat di The Burger Collective. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, proyek ini awalnya didirikan sebagai Havven, dan mengumpulkan $30 juta pada awal 2018 melalui Initial Coin Offering (ICO) dan penjualan token SNX asli mereka dari dana crypto utama.  

Ada dua anggota terkemuka lainnya dari tim inti Synthetix: Justin Moses dan Clinton Ennis.

Justin Moses adalah CTO di Synthetix dan telah bergabung dengan proyek ini sejak awal. Sebelum bergabung dengan Synthetix, Moses adalah Director of Engineering di MongoDB. Dia memiliki pengalaman luas dengan sistem skala besar, yang mengkhususkan diri dalam desain dan penerapan. 

Arsitek Senior Synthetix, Clint Ennis, memiliki lebih dari 18 tahun pengalaman dalam rekayasa perangkat lunak. Berasal dari keuangan tradisional, Ennis pernah bekerja sebagai Pemimpin Arsitek di JPMorgan Chase.


Cara Kerja Synthetix

Untuk memulai perdagangan Synths, Anda dapat menggunakan beberapa metode. Yang pertama adalah membeli ETH di bursa, menukar ETH itu dengan sUSD di Kwenta (dApp yang memungkinkan perdagangan di jaringan Synthetix), dan kemudian berdagang untuk Synth lain seperti sBTC. 

Metode kedua adalah mendapatkan token SNX di bursa, mempertaruhkannya di Mintr, dan membuat synth sambil mulai memperdagangkannya di Kwenta.

Di Synthetix, semua Synths yang dibuat melalui staking token SNX didukung oleh rasio jaminan 750%, yang ditentukan oleh tata kelola komunitas (dan dapat berubah). Staker harus mengelola rasio mereka secara manual di Mintr melalui pencetakan sUSD jika terlalu tinggi – atau membakar sUSD jika akhirnya terlalu rendah. 

Melalui staking SNX dan mencetak sUSD, pengguna pada dasarnya mengambil hutang yang mencerminkan jumlah sUSD yang harus dibakar untuk membatalkan SNX mereka. Ini, pada gilirannya, mewakili sebagian dari semua hutang di Synthetix, dan didenominasi dalam sUSDT dan hutang itu bertambah atau berkurang sesuai dengan pasokan Synths, serta nilai tukarnya. 


Apa Itu SNX Coin?

Gambar SNX Coin
Gambar SNX Coin

SNX adalah cryptocurrency asli dari jaringan Synthetix, yang digunakan sebagai jaminan terhadap aset Synths yang diterbitkan oleh Synthetix. Dikarenakan Karena fakta bahwa Synths didasarkan pada Ethereum atau jenis token ERX-20, maka para pengguna dapat menyimpannya SNX coin ke platform DeFi lain yang berpartisipasi, seperti Uniswap dan Curve, dan menggunakannya untuk menyediakan likuiditas dan mendapatkan bunga atau disebut dengan staking SNX.

Jika Anda ingin melakukan stacking koin SNX, maka anda atau membuat Synth untuk tujuan tertentu, Anda mulai dengan mengunci SNX sebagai jaminan di dompet Anda. Pengguna harus memenuhi persyaratan jaminan 750%, dengan semua Synth yang dicetak relatif terhadap persyaratan jaminan ini dan nilai SNX terkunci di dompet.

Melalui Initial Coin Offering (ICO), Synthetix menjual lebih dari 60 juta token, mengumpulkan $30 juta USD. 

Dari 100.000.000 token yang dijual di ICO, 20% didistribusikan ke tim dan penasihat, 3% dialokasikan untuk hadiah dan insentif pemasaran, 5% untuk kemitraan, dan 12% diberikan kepada Synthetix Foundation untuk mendanai pengembangan lebih lanjut.


Prediksi Harga SNX Coin Di Masa Depan

Harga Synthetix Network Token (SNX) di situs CoinMarketCap saat artikel ini dibuat  (14/09/2021), harga dari aset kripto Synthetix Network Token (SNX) adalah senilai  $12.44 USD dan berada di urutan ke-76 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $1,428,397,598 USD. 

Adapun prediksi dari situ Digital Coin Price terhadap Synthetix Network Token (SNX) adalah mereka berpendapat bahwa membeli aset kripto ini akan menjadi investasi yang menguntungkan di masa depan. Situs ini memprediksikan SNX Coin akan mencapai harga tertingginya di kisaran $ 62,01 USD.

Adapun prediksi harga koin SNX dalam lima tahun kedepan menurut  Digital Coin Price adalah sebagai berikut ini:

  • Berapa harga Synthetix (SNX) di tahun 2022?, berada di kisaran harga $21.23 USD
  • Berapa harga Synthetix (SNX) di tahun 2023?, berada di kisaran harga $28,37 USD
  • Berapa harga Synthetix (SNX) di tahun 2024?, berada di kisaran harga $ 26,64 USD
  • Berapa harga Synthetix (SNX) di tahun 2025?, berada di kisaran harga $ 38,18 USD
  • Berapa harga Synthetix (SNX) di tahun 2026?, berada di kisaran harga $41,68 USD


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang berjudul tentang "Mengenal Apa Itu Synthetix Network Token (SNX)". Perlu diingat artikel ini dibuat dengan tujuan berbagi informasi tentang dunia investasi dan bukan merupakan nasihat keuangan ataupun investasi. DYOR!

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Synthetix Network Token (SNX)"