Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Raydium (RAY) Cryptocurrency

Logo Raydium (RAY)
Mengenal Apa Itu Raydium (RAY) Cryptocurrency

Raydium menjadi salah satu dari banyak aplikasi Solana yang mendapatkan adopsi besar dari para penggunanya segera setelah diluncurkan. Selama beberapa tahun pasar pertukaran terdesentralisasi (DEX) dan pembuat pasar otomatis (AMM) kebanyakan dibangun di atas jaringan blockchain Ethereum.

Dengan meluncurkan di blockchain Solana, Raydium tidak hanya mendapat manfaat dari transaksi ultra-cepat, tetapi juga memotong biaya gas yang mahal.

Raydium menawarkan rangkaian lengkap layanan keuangan terdesentralisasi (DeFi) . Juga, platform ini memberi pengguna beberapa jalan untuk mendapatkan penghasilan pasif melalui staking dan penyediaan likuiditas melalui Raydium Farming. Plus, penambahan Fusion Pools memanfaatkan likuiditas dari ekosistem Raydium yang berkembang, membantu mem-bootstrap proyek-proyek mitra. Selain itu, landasan peluncuran AcceleRaytor memudahkan proyek mitra untuk maju dengan disertakan dalam Fusion Pools.

Untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang apa itu  Raydium (RAY) cryptocurrency. Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkumnya dalam sebuah artikel untuk anda para pembaca setia.


Apa Itu Raydium (RAY)

Screenshot Website Raydium (RAY)
Screenshot Website Raydium (RAY)

Raydium (RAY) adalah Automated Market Maker (AMM) dah penyedia likuiditas yang dibangun diatas blockchain Solana untuk Serum Decentralized Exchange (DEX). Raydium memiliki keunggulan penggerak pertama sebagai AMM dalam Serum dan itu akan menjadi bagian integral dari membawa proyek dan protokol baru dan yang sudah ada ke dalam ekosistem.

Protokol ini akan bertindak sebagai jembatan untuk proyek lainnya yang ingin berkembang ke jaringan Solana dan Serum, dan dalam prosesnya Raydium dan token RAY akan menjadi dasar untuk memungkinkan pengembangan lebih lanjut dengan mitra, platform nya sendiri, dan ekosistem secara keseluruhan.

Berbeda dengan AMM lainnya, Raydium menyediakan likuiditas on-chain ke orderbook pusat, yang berarti bahwa  mendapatkan akses Raydium LPs ke seluruh workflow dan likuiditas Serum.

Dalam jangka panjang Raydium memiliki tujuan untuk mengejar dan mempertahankan posisinya sebagai AMM teratas dan enyedia likuiditas di Serum, sambil memanfaatkan kekuatan Solana untuk mendorong evolusi Decentralized Finance (DeFi) dan muncul sebagai protokol publik terkemuka bersama mitra dan masyarakat.


Pendiri Protokol Raydium?

Raydium diciptakan dan dipimpin oleh AlphaRay. Memiliki latar belakangan di dunia perdagangan algoritmik dalam komoditas, AlphaRay beralih ke sektor market maker dan penyediaan likuiditas untuk cryptocurrency di tahun 2017.

Selain itu ada XRay yang menjabat sebagai Kepala Teknologi dan Pemimpin Tim Pengembang Raydium. XRay memiliki 8 tahun pengalaman sebagai arsitek sistem perdagangan dan latensi rendah untuk pasar tradisional dan kripto. Ia  mendesain semua sistem dan infrastruktur Raydium sesuai kebutuhan.

GammaRay mengepalai pemasaran dan komunikasi sambil juga memainkan peran kunci dalam strategi dan arah produk. Gamma menghabiskan sebagian besar karirnya di perusahaan analisis data dan riset pasar terkemuka, bekerja pada keterlibatan klien dan pemasaran korporat. Sebelum adanya Raydium, GammaRay fokus ke dalam cryptocurrency adalah analisis teknis dan perdagangan bebas.


Mengapa Raydium berbeda?

Protokol AMM DEX dan DeFi lainnya hanya dapat mengakses likuiditas di dalam kumpulan mereka sendiri dan tidak memiliki akses ke buku pesanan pusat. Selain itu, dengan sebagian besar platform berjalan di Ethereum, transaksi lambat dan biaya gas tinggi.

Raydium menawarkan beberapa keuntungan kepada para penggunanya, diantaranya adalah :

  1. Lebih cepat dan lebih murah : Kami memanfaatkan efisiensi blockchain Solana untuk mencapai besaran transaksi lebih cepat daripada Ethereum dan biaya gas yang merupakan sebagian kecil dari biaya.
  2. Buku pesanan pusat untuk likuiditas seluruh ekosistem : Raydium menyediakan likuiditas on-chain ke buku pesanan batas pusat Serum DEX, yang berarti bahwa Raydium memungkinkan akses ke aliran pesanan dan likuiditas seluruh ekosistem Serum.
  3. Antarmuka perdagangan: Untuk pedagang yang ingin dapat melihat grafik TradingView, tetapkan pesanan batas dan memiliki kontrol lebih besar atas perdagangan mereka.


Apa Itu Tokey RAY?

Gambar Token RAY
Gambar Token RAY

RAY adalah cryptocurrency utilitas asli Raydium  yang menggunakan jaringan blockchain Solana. Adapun beberapa kegunaan utama token ini adalah: 

  • Mempertaruhkan untuk mendapatkan biaya protokol
  • Bertaruh untuk menerima alokasi IDO
  • Pemerintah memberikan suara pada keputusan protokol

Setelah peluncuran mainnet pada Februari 2021, 555 juta token RAY dicetak di genesis. Selama tiga tahun ke depan, alokasi 34% dari semua token RAY akan digunakan untuk insentif penambangan likuiditas. Juga, 30% dari semua token RAY disisihkan untuk kemitraan dan perluasan ekosistem Raydium, termasuk hibah proyek dan insentif komunitas.


Harga, Suplai Dan Tempat Membeli Koin RAY

Harga coin crypto RAY di situs CoinMarketCap saat artikel ini dibuat adalah senilai $10,14 USD. Raydium (RAY) cryptocurrency berada di posisi ke-109 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $711.517.600 USD. Adapun jumlah koin RAY yang saat ini beredar di beberapa bursa kripto global adalah sebanyak 70.143.964 koin RAY dengan jumlah maksimal suplai koin yang dibatasi hanya sampai 555.000.000 koin RAY.

Jika Anda ingin tahu di mana membeli Raydium , bursa teratas untuk berdagang di Raydium saat ini adalah Binance, Mandala Exchange, FTX, BKEX dan ZT.


Dompet Untuk Menyimpan Token Raydium (RAY)

Untuk terhubung ke Raydium, Anda memerlukan dompet SPL. Raydium saat ini mendukung dompet Sollet.io, Ledger, Solong, Phantom, Math, Blocto, Solflare, dan Bonfida. Raydium akan terus mengintegrasikan dompet baru sebagaimana adanya


Sekian dulu artikel kali ini dari Budak Duit Indonesia yang berjudul "Mengenal Apa Itu Raydium (RAY) Cryptocurrency". Semoga artikel kali ini bisa menambah referensi dan wawasan anda tentang dunia cryptocurrency. Terima kasih sudah membaca!

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Raydium (RAY) Cryptocurrency"