Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Saham PT Medco Energi Internasional Tbk (IDX: MEDC)

Gambar Logo PT Medco Energi Internasional Tbk (IDX: MEDC)
Mengenal Saham PT Medco Energi Internasional Tbk (IDX: MEDC)

PT Medco Energi Internasional Tbk (IDX: MEDC) atau MedcoEnergi adalah sebuah perusahaan asal Indonesia yang bergerak di sektor industri pertambangan, pengelolaan sumber daya minyak dan gas bumi, serta pembangkit listrik.

PT Medco Energi Internasional Tbk memiliki kode bursa IDX MEDC, yang berarti anda dapat menanamkan modal anda dengan membeli saham perusahaan ini di Bursa Efek Indonesia atau BEI sebagai bukti kepemilikan modal anda. 

Untuk membantu anda mengenal lebih jauh tentang MedcoEnergi. Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah menyiapkan artikel nya untuk anda para pembaca. 


Profil PT Medco Energi Internasional Tbk (IDX: MEDC)

PT Medco Energi Internasional Tbk atau MedcoEnergi adalah perusahaan publik yang berasal dari Indonesia yang bergerak di bidang industri pertambangan dan energi.

Dalam tiga dekade, MedcoEnergi telah mengembangkan bisnis meraka secara signifikan dan menjadi perusahaan energi terintegrasi yang bergerak di bidang eksplorasi dan produksi (E&P), rantai nilai gas terintegrasi, pemrosesan Liquefied Petroleum Gas (LPG), perdagangan diesel kecepatan tinggi, penyimpanan dan transportasi, rig dan layanan pengeboran, pembangkit tenaga listrik, transportasi gas, operasi & pemeliharaan, dan pertambangan batubara.

MedcoEnergi terus mencari peluang untuk potensi aset minyak dan gas akuisisi secara selektif, dengan fokus memproduksi aset di Indonesia dan luar negeri, terutama di wilayah Timur Tengah, Afrika Utara dan Asia Pasifik yang terbukti memiliki sumber daya migas dalam jumlah yang cukup besar.

MedcoEnergi berkomitmen untuk menyediakan energi bagi masyarakat. Perusahaan ditetapkan untuk menggandakan tingkat produksi saat ini dalam waktu dekat dengan memberikan sukses proyek-proyek besar, menumbuhkan cadangannya secara organik dan anorganik, sambil selalu memenuhi standar keselamatan, kesehatan, dan lingkungan tertinggi.


Tujuan

Perseroan bertujuan untuk memperoleh aset migas yang berpotensi berumur panjang rentang dan cadangan gas yang signifikan yang memenuhi manfaat ekonomi yang diperlukan.

Tujuan kami adalah untuk memaksimalkan nilai bagi para pemangku kepentingan kami. Kami menyambut minat Anda, keterlibatan dan dukungan karena kami terus secara agresif mengejar Perusahaan agenda pertumbuhan.


Visi

Visi kami adalah menjadi perusahaan energi pilihan bagi investor, pemegang saham, mitra, karyawan, masyarakat, dan publik yang lebih besar. Ini adalah visi yang akan diwujudkan dengan mengembangkan potensi sumber daya energi menjadi menguntungkan portofolio investasi.

Kami menjalankan bisnis kami dengan mematuhi standar tertinggi Good Corporate Tata Kelola (GCG) dan Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan (SHE). Selain itu, kami menerapkan Corporate Social yang konsisten Program Tanggung Jawab (CSR). 

Dalam semua ini area MedcoEnergi telah menerima penghargaan dari para pemangku kepentingannya. Semua pekerjaan kami dilakukan secara profesional, etis, terbuka, dan inovatif. Ini nilai-nilai adalah inti dari perusahaan kami budaya, yang mendorong MedcoEnergi menuju keberlanjutan.


Sejarah Dan Pendiri

PT Medco Energi Internasional Tbk didirikan pada tanggal 9 Juni 1980 oleh Arifin Panigoro bersama rekannya Hertriono Kartowisastro. Awalnya perusahaan ini adalah sebuah perusahaan  partikelir di bidang jasa pengeboran minyak dan gas bumi di daratan (onshore drilling), Meta Epsi Pribumi Drilling Co.

PT Medco Energi Internasional Tbk  atau MedcoEnergi memulai eksplorasi dan produksi minyak dan gas pada saat perusahaan ini mengakuisisi kontrak eksplorasi dan produksi Tesoro di Kalimantan Timur (TAC dan PSC) pada tahun 1992

PT Medco Energi Internasional Tbk melantai di bursa efek pertama kali pada tanggal 12 Oktober 1994 dengan dengan kode bursa IDX MEDC. Pada saat Initial Public Offering (IPO), harga saham MEDC adalah senilai Rp. 4,350.

Pada tahun 1995, MedcoEnergi mengambil alih 100% saham PT Stanvac Indonesia dari Exxon dan Mobil Oil dengan tujuan mengembangkan bisnisnya.

MedcoEnergi terus berkembang, hingga pada tahun 2004 mereka memutuskan untuk mengakuisisi 100% saham Novus Petroleum Ltd., sebuah perusahaan publik asal Australia dengan tujuan memperluas aktivitas hulu di bidang minyak dan gas.


Anak Perusahaan

Untuk membantu dan mengembangkan bisnisnya, PT Medco Energi Internasional Tbk IDX: MEDC) memiliki beberapa anak perusahaan yang bergerak di beberapa sektor industri pendukung. Adapun daftar dari anak perusahaan MedcoEnergi adalah sebagai berikut:

1. Sektor Eksplorasi dan Produksi Migas 

  • PT Medco E&P Indonesia
  • PT Medco E&P Natuna
  • Ophir Energy
2. Pertambangan Tembaga dan Emas
  • PT Amman Mineral Nusa Tenggara
3. Pembangkit Listrik
  • PT Medco Power Indonesia
  • PT Donggi Senoro LNG
  • PT Medco LNG Indonesia

Kesimpulan

PT Medco Energi Internasional Tbk (IDX: MEDC) adalah perusahaan di bidang pertambangan dan energi yang memiliki track record dan sejarah yang bagus. Selain itu dari laporan keuangan keuangan MedcoEnergi periode Januari 2019, perusahaan ini memiliki pertumbuhan aset dan pendapatan yang cenderung bertumbuh setiap tahunnya. 

Walaupun pendapatan dan keuntungan yang diterima oleh  MedcoEnergi sempat turun di akhir tahun 2015 akan tetapi di tahun 2016 dan sampai 2018 perusahaan ini bisa kembali bangkit.

Jadi dapat disimpulkan bahwa saham MEDC dari perusahaan PT Medco Energi Internasional Tbk sangat layak untuk anda koleksi sebagai investasi masa depan anda.

Untuk mengenal lebih jauh tentang perusahaan MedcoEnergi anda bisa langsung mengunjungi website resminya di http://www.medcoenergi.com/




Posting Komentar untuk "Mengenal Saham PT Medco Energi Internasional Tbk (IDX: MEDC)"