Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu ICON (ICX) Cryptocurrency

Mengenal Apa Itu ICON (ICX) Cryptocurrency
Mengenal Apa Itu ICON (ICX) Cryptocurrency

ICON (ICX) adalah salah satu cryptocurrency yang masuk kedalam jajaran 100 aset crypto dengan nilai kapitalisasi terbesar saat ini. ICON dengan token aslinyanya yaitu ICX berada di urutan ke-81 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $1,355,854,932 USD. 

Berdasarkan data yang didapatkan dari situs kripto populer CoinMarketCap, harga koin ICS saat ini adalah senilai $1.97 USD dan mengalami kenaikan hingga 65.21% dalam 30 hari terakhir.

Jika anda tertarik dengan mata uang digital yang satu ini, pada artikel berikut Budak Duit Indonesia sudah menyiapkan artikel yang membahas tentang apa itu ICON (ICX) cryptocurrency. Selamat membaca!


Apa Itu ICON (ICX) Cryptocurrency?

ICON Cryptocurrency (ICX) adalah jaringan cryptocurrency yang diluncurkan pada tahun 2017 oleh sebuah perusahaan yang berbasis di Korea Selatan. ICON menyediakan jaringan blockchain yang lengkap, dengan tujuan utama untuk memfasilitasi platform di mana entitas dari beragam industri seperti industri keuangan, keamanan, asuransi, perawatan kesehatan, pendidikan, dan perdagangan dapat berinteraksi dan bertransaksi satu sama lain dalam satu jaringan yang sama. Disini Jaringan ICON berfungsi menjadi semacam hub blockchain atau titik koneksi.

Mengenal Apa Itu ICON (ICX) Cryptocurrency
Mengenal Apa Itu ICON (ICX) Cryptocurrency

Salah satu proyek besar ICON adalah mengembangkan lisensi pengemudi berbasis blockchain melalui teknologi Decentralized Identity (DID). Dengan menggunakan sistem ini, semua data inforamsi SIM akan disimpan di server pusat, sehingga rentan terhadap kebocoran data dan aman dari serangan siber dan peretasan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Tujuan ICON adalah untuk menciptakan sistem terdesentralisasi di mana individu dapat dengan mudah menyimpan informasi pribadi mereka yang diautentikasi di ponsel mereka atau perangkat serupa.


Pendiri Dan Sejarah Singkat ICON

ICON didirikan Didirikan pada tahun 2017 oleh Icon Foundation, sebuah organisasi yang berbasis di Korea Selatan yang mendorong pengembangan untuk proyek tersebut. 

Jaringan cryptocurrency ini melakukan penawaran koin awal atau ICO pada bulan September 2017 dan berhasil mengumpulkan 150.000 ETH (sekitar $43 juta) dalam penjualan yang mencakup 50 persen dari total pasokan supply token ICON. 

ICON secara resmi diluncurkan pada Januari 2018 dan peserta ICO menerima cryptocurrency ICX mereka pada bulan Juni di tahun yang sama. 

Pada tahun 2019, Icon merilis standar tokennya sendiri, IRC16, yang memungkinkan pengguna untuk menerbitkan aset dan sekuritas yang diberi token.


Bagaimana Cara Kerja ICON?

Blockchain ICON menggunakan algoritma konsensus bukti kepemilikan yang didelegasikan untuk menentukan node mana yang dapat menambahkan blok baru ke blockchainnya. 

Idenya, yang digunakan oleh cryptocurrency besar lainnya seperti Tron dan EOS , adalah bahwa dengan tidak menentukan blok melalui kompetisi (seperti penambangan), jaringan dapat lebih cepat mencapai konsensus.

Fungsi utama dari blockchain ICON adalah memastikan kolaborasi antara lima komponen utama berjalan dengan baik. Adapun lima komponen utama tersebut yaitu:

  1. ICON Republic – Struktur pemerintahan jaringan dan komite keputusan untuk operasi blockchain. ICON Republic terdiri dari node dari komunitas Icon.
  2. Komunitas ICON – Jaringan simpul dalam satu sistem tata kelola, komunitas ICON dapat beroperasi dengan seperangkat aturan dan algoritma konsensus mereka sendiri.
  3. Community Representative (C-Rep) – Terpilih node dari setiap komunitas yang dipercaya untuk berkomunikasi dengan Icon Republic. C-Reps menerima ICX untuk pekerjaan mereka.
  4. Community Nodes (C-Nodes) – Bertindak sebagai infrastruktur untuk setiap komunitas dan bertanggung jawab untuk mengatur dan memelihara blockchain komunitas.
  5. Node Warga – Tidak memiliki hak suara, tetapi memiliki kemampuan untuk melakukan transaksi dalam komunitas, dengan komunitas lain, dan dengan Republik ICON.


Bagaimana Loopchain Bekerja

Loopchain adalah algoritme yang menggerakkan blockchain ICON, mengintegrasikan pesan antara semua node yang membentuk Republik ICON.

Untuk mencapai ini, Loopchain menggunakan sesuatu yang disebut algoritma Loop Fault Tolerance (LFT). 

Mirip dengan algoritme proof-of-stake (DPoS) yang didelegasikan lainnya, Loopchain menetapkan node untuk mengelompokkan transaksi ke dalam blok, menambahkan blok tersebut ke blockchain dan mendistribusikan blok ini ke node jaringan lain. Node validasi, pada gilirannya, mengkonfirmasi pembuatan blok, memeriksa apakah hash blok sudah benar dan memvalidasi data blok. 

Perbedaan Icon dari blockchain DPoS tradisional adalah ia mengurangi jumlah langkah yang diperlukan untuk proses konsensus. 

Lebih khusus lagi, LFT menggunakan teknik, yang disebut Spinning , yang menyederhanakan algoritma yang digunakan untuk memilih siapa yang dapat membuat blok dan node validator yang mengkonfirmasinya. 


Apa Itu ICX Coin?

Gambar ICX Coin
Gambar ICX Coin

ICX adalah cryptocurrency asli dari jaringan ICON, dimana mata uang digital ini dibuat dengan dengan standar token ciptaan mereka sendiri, yaitu IRC16. Biarpun tidak terlalu populer, aset kripto ini diam-diam harganya naik secara konsisten dan berkorelasi dengan kenaikan cryptocurrency Algorand (ALGO) dan Cardano (ADA).

Setiap cryptocurrency ICX dapat dikunci, atau “dipertaruhkan”, untuk mewakili satu suara yang dapat didelegasikan untuk mendukung berbagai entitas. 

Adapun fungsi lainnya dari koin ICX diantaranya adalah:

  • Perwakilan – Blokir produser dan validator di Republik Ikon, yang terdiri dari perwakilan publik dan komunitas.
  • Dapps – Aplikasi terdesentralisasi yang beroperasi pada satu atau lebih kontrak pintar.
  • EEP – Proyek yang didanai oleh blockchain Icon dan dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan dan perluasan ekosistem. 

Dengan mempertaruhkan ICX, pemilik dan entitas yang mereka delegasikan memilih untuk menerima hadiah kecil. IISS menggunakan staking untuk menentukan I-Score, unit yang digunakan untuk mengukur kontribusi pengguna ke jaringan.



Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu ICON (ICX) Cryptocurrency"