Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Hedera Hashgraph (HBAR) Cryptocurrency

Gambar Logo Hedera Hashgraph (HBAR) Cryptocurrency
Mengenal Apa Itu Hedera Hashgraph (HBAR) Cryptocurrency

Kehadiran Hedera Hashgraph diklaim mampu untuk melampaui mayoritas blockchain tradisional dengan teknologi blockchain yang mereka usung. Platfrom ini hadir untuk membantu para pengembang agar dapat menciptakan aplikasi terdesentralisasi (DApps) dengan tingkat stabilitas dan keamanan yang mumpuni.

Untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu Hedera Hashgraph (HBAR), pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkumnya untuk anda para pembaca.


Apa Itu Hedera Hashgraph (HBAR) Cryptocurrency?

Hedera Hashgraph adalah platform jaringan blockchain publik yang memungkinkan semua individu dan bisnis untuk membuat aplikasi terdesentralisasi (DApps) dan menyebarkan aplikasi tersebut. Jaringan ini dirancang untuk menjadi suatu sistem jaringan adil dan lebih efisien serta menghilangkan beberapa batasan yang dihadapi platform lain berbasis blockchain, seperti kinerja yang lambat dan ketidakstabilan.

Screenshot Website Hedera Hashgraph (HBAR)
Screenshot Website Hedera Hashgraph (HBAR)

Hedera Hashgraph memungkinkan para pengguna untuk berinteraksi dan bertransaksi secara online dengan aman dan efisien, tanpa keterlibatan perantara pihak ketiga, yang dapat membahayakan informasi sensitif tentang pengguna.

Hedera membuat sistem trade-off desain penting yang membuatnya berbeda dari platform lainnya. Misalnya, cryptocurrency utama dari jaringan ini yaitu HBAR mendukung kecepatan transaksi tinggi, , tetapi hanya mengizinkan node yang disetujui untuk berpartisipasi dalam menentukan riwayat transaksi.

Dengan membatasi jumlah node yang terlibat dalam fungsi-fungsi utama seperti timestamping dan pemesanan transaksi, Hedera Hashgraph dapat dengan cepat mencapai finalitas, mengurangi kemungkinan perubahan status transaksi yang mungkin dibuat nantinya.

Tim Hedera berpendapat ini memberikan jaminan yang dibutuhkan bisnis, karena mereka dapat percaya diri saat membuat keputusan berdasarkan data ini. Pada tahun 2020, perusahaan besar seperti LG, IBM, dan Boeing tertarik dengan ide dan proyek tersebut.


Pendiri Hedera Hashgraph?

Hedera Hashgraph ditemukan oleh Dr. Leemon Baird dan Kepala Ilmuwan Mande Harmon. Penemuan inovatif ini dikembangkan oleh para pendiri melalui pengalaman dan keahlian yang diperoleh setelah bekerja dengan Akademi Angkatan Udara Amerika Serikat, Swirlds, Trio Security, dan BlueWave Security. 

Baird dan Harmon membentuk sebuah perusahaan bernama Swirlds pada tahun 2015. Swirlds, pada gilirannya, memutar entitas yang disebut Hedera. Hedera menggunakan Hashgraph, yang merupakan alternatif DLT (Distributed Ledger Technology) yang lebih baik dibandingkan dengan DLT blockchain tradisional dan cocok untuk penggunaan mainstream dan skala tinggi. 

Sejak 2018, Hedera Hashgraph telah mengumpulkan $124 juta dari penjualan cryptocurrency HBAR-nya melalui perjanjian sederhana untuk penawaran token masa depan (SAFT). 


Bagaimana Cara Kerja Hedera Hashgraph?

Fitur Hedera Hashgraph yang paling unik adalah struktur datanya untuk mengelompokkan transaksi yang disebut hashgraph, yang mengklaim dapat memproses lebih banyak transaksi dengan lebih murah daripada blockchain yang ada. 

Hashgraph adalah algoritma yang dipatenkan di mana semua node terus-menerus mengkomunikasikan informasi mereka satu sama lain, dan pada awalnya dirancang untuk penggunaan pribadi. 

Hedera Hashgraph adalah iterasi pertama dari algoritma yang digunakan dalam jaringan publik. 

Layanan Konsensus Hashgraph 

Untuk memastikan semua komputer di jaringan terdistribusi menyetujui riwayat transaksinya, Hedera Hashgraph menggunakan mekanisme konsensus Hashgraph, yang didukung oleh dua jenis node. 

Node konsensus menentukan pemesanan dan riwayat transaksi, sementara node cermin menyampaikan informasi ini ke pemangku kepentingan lain di seluruh jaringan. 

Dengan menggunakan jumlah node yang terbatas untuk menentukan riwayatnya, model Hedera memastikan bahwa transaksi tidak akan dibatalkan nantinya. Ini berbeda dari bagaimana kebanyakan blockchain tradisional mencapai konsensus, di mana keadaan blockchain ditentukan oleh pengguna yang mengusulkan blok untuk ditambahkan ke rantai dalam kompetisi pasar yang terbuka untuk siapa saja. 

Akibatnya, Hedera Hashgraph mengklaim menawarkan fitur yang menggabungkan keunggulan jaringan blockchain publik dan pribadi. 

Pemerintahan Hedera

Hedera Hashgraph diatur oleh badan yang dikenal sebagai Hedera Governing Council, yang bertugas menjalankan node konsensus yang menentukan pemesanan transaksi. 

Pada 2020, total 39 anggota duduk di dewan, termasuk Google, IBM dan Boeing. Peran dewan adalah untuk mengelola perangkat lunak, memberikan suara pada perubahan, memastikan dana dialokasikan dengan benar dan menjaga status hukum jaringan di berbagai yurisdiksi. 

Dari catatan adalah bahwa ruang di dewan terbatas. Setiap anggota dapat memiliki hingga dua masa jabatan maksimum tiga tahun berturut-turut. Selama waktu ini, anggota memiliki suara yang sama dalam keputusan jaringan dan platform. 

Sementara anggota Dewan Pengatur menjalankan node mainnet hari ini, tim Hedera bermaksud untuk membukanya kepada siapa saja yang ingin mengoperasikan node di masa depan.


Apa yang Membuat Hedera Hashgraph Unik?

Yang membuat Hedera Hashgraph unik adalah karena jaringannya tidak dibangun di atas jaringan blockchain konvensional yang biasanya digunakan, seperti Ethereum (ETH), Binance Smart Chain (BSC) dan sebagainya. Platform ini memperkenalkan memperkenalkan jenis teknologi buku besar terdistribusi yang benar-benar baru  dan berbeda yang dikenal sebagai Hashgraph.

Teknologi Hashgraph memungkinkannya untuk meningkatkan banyak alternatif teknologi lain berbasis blockchain yang menawarkan beberapa peningkatan di area utama, seperti kecepatan, biaya, dan skalabilitas. Transaksi Hedera memiliki biaya transaksi rata-rata hanya $0,0001 USD dan biasanya mencapai final dalam waktu kurang dari lima detik. Secara keseluruhan, Hedera Hashgraph mengklaim dapat menangani lebih dari 10.000 transaksi per detik (TPS), jika dibandingkan dengan sekitar 5-20 untuk sebagian besar blockchain berbasis proof-of-work (PoW).

Platform ini menawarkan beberapa layanan jaringan utama. Ini termasuk:

  • Layanan token yang memungkinkan para pengguna dengan mudah mengkonfigurasi dan mencetak token yang dapat dipertukarkan ataupun tidak dapat dipertukarkan (NFT) hanya dengan beberapa baris pengkodean saja.
  • Layanan konsensus yang bertindak sebagai lapisan kepercayaan untuk aplikasi atau jaringan apa pun yang memerlukan log peristiwa yang aman dan dapat diverifikasi.
  • Tools smart contract atau kontrak pintar  yang memungkinkan para pengembang untuk membangun aplikasi terdesentralisasi (DApps) yang kuat dan efisien.
  • Layanan penyimpanan file terdesentralisasi dengan fitur termasuk bukti penghapusan, mutabilitas terkontrol, dan kedaluwarsa file berbasis waktu.


Apa Itu HBAR Coin?

Gambar HBAR Coin Crypto
Gambar HBAR Coin

HBAR adalah cryptocurrency atau mata uang digital utama yang digunakan pada jaringan Hedera Hashgraph, yang berarti para pengguna harus membeli koin kripto ini untuk melakukan berbagai transaksi dan pengorasian aplikasi di platfrom tersebut.

HBAR coin pertama kali didistribusikan pada Initial Coin Offering (ICO) pada Agustus 2018 dan sampai saat ini didistribusikan melalui proses yang disebut “proxy staking”, di mana setiap pemegang HBAR akan dapat mengunci cryptocurrency mereka dalam kontrak khusus, mengalokasikan dana tersebut ke salah satu node yang disetujui di jaringan

HBAR memiliki peran ganda dalam jaringan publik Hedera, diantaranya adalah :

  • HBAR adalah bahan bakar utama yang mendukung dan menggerakkan layanan Hedera, seperti kontrak pintar , penyimpanan file dan transaksi reguler. 
  • HBAR digunakan untuk membantu mengamankan jaringan, karena pengguna HBAR dapat mempertaruhkan token mereka untuk membantu menjaga integritas platform.


Prediksi Harga Hedera Hashgraph (HBAR) Di Masa Depan

Berdasarkan daya yang didapatkan dari situs populer kripto CoinMarketCap (12/09/2021), harga satu koin HBAR saat ini adalah $0,393980 USD. Hashgraph (HBAR) cryptocurrency berada di urutan ke-44 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar  $3.795.281.595 USD. Adapun jumlah koin HBAR yang beredar saat ini adalah sebanyak 9.633.179.825 koin HBAR dengan maksimal suplai koin yang dibatasi sebanyak 50,000,000,000 koin HBAR.

Prediksi harga Hedera Hashgraph (HBAR) menurut situs Digital Coin Price, diperkirakan harga koin HBAR akan naik sesuai dengan prediksi mereka. Koin kripto ini akan naik dan mencapai harga tertingginya di kisaran harga $1,95 USD. Selain itu situs ini juga berpendapat bahwa Hedera Hashgraph adalah investasi cryptocurrency yang menjanjikan di masa depan.

Adapun prediksi harga HBAR crypto dalam lima tahun kedepan menurut website Digital Coin Price adalah:

  • Berapa harga Hedera Hashgraph (HBAR) setelah 1 tahun ( 2022 )?     Hingga $ 0,71 USD
  • Berapa harga Hedera Hashgraph (HBAR) setelah 2 tahun ( 2023 )?     Hingga $ 0 ,77 USD
  • Berapa harga Hedera Hashgraph (HBAR) setelah 3 tahun ( 2024 )? Hingga $1,02 USD
  • Berapa harga Hedera Hashgraph (HBAR) setelah 4 tahun ( 2025 )? Hingga $1,34 USD
  • Berapa harga Hedera Hashgraph (HBAR) setelah 5 tahun ( 2026 )? Hingga $1,21 USD


Sekian dulu artikel kali ini dari Budak Duit Indonesia yang membahas tentang aset Hedera Hashgraph (HBAR) cryptocurrency. Artikel ini dibuat dengan tujuan berbagi informasi dan bukan merupakan nasihat keuangan ataupun investasi. DYOR!


Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Hedera Hashgraph (HBAR) Cryptocurrency"