Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Celo (CELO) Cryptocurrency

Gambar Logo Celo (CELO) Cryptocurrency
Mengenal Apa Itu Celo (CELO) Cryptocurrency

Celo (CELO) Cryptocurrency adalah salah satu aset yang menjadi 'Crypto of the Month' hari ini. Aset kripto ini tetap mengalami kenaikan secara konsisten dalam periode 1 bulan belakangan dimana aset ini telah naik 115%.

Celo menggunakan nomor telepon Anda sebagai kunci publik dompet Anda untuk memudahkan pengiriman uang ke kontak telepon Anda.

Untuk mengenal lebih lanjut tentang aset ini, pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkumnya untuk anda.


Apa Itu Celo (CELO) Cryptocurrency?

Screenshot Website Celo (CELO)
Screenshot Website Celo (CELO)

Celo adalah platform mobile-first yang membuat dApps keuangan dan pembayaran kripto dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki ponsel. Hal ini membuat pengalaman para pengguna e-payment menjadi lebih baik.

Celo hadir dengan membangun sistem membangun sistem keuangan yang menciptakan kondisi kemakmuran bagi semua orang.

Dengan menggunakan platform pembayaran Celo, para penggunanya bisa mengirimkan, Mulai mengirim, membelanjakan, dan mendapatkan kripto dari ponsel. Transaksi bisa dilakukan antar rantai, operator hingga negara. Platform ini memungkinkan untuk penggunaan crypto seperti mata uang flat sehari-hari dan dirancang untuk tujuan penggunaan di dunia nyata.

Platform Celo adalah bukti kepemilikan, kompatibel dengan EVM, sumber terbuka, dan diatur oleh pemilik aset token CELO.


Siapa yang Menciptakan Celo Crypto?

Celo didirikan pada tahun 2017 oleh Rene Reinsberg dan Marek Olszewski, yang merupakan eksekutif di perusahaan hosting web GoDaddy, bersama dengan Sep Kamvar dan Marek Olszewski, seorang profesor MIT dan eksekutif Google. 

Antara tahun 2018 hingga 2020, Celo telah berhasil mengumpulkan lebih dari $46,5 juta dollar Amerika dengan menjual sekitar 120 juta token CELO baik dalam penjualan token pribadi maupun publik. Ada beberapa investor terkenal yang membeli token CELO termasuk perusahaan modal ventura a16z Crypto, General Catalyst dan Social Capital.


Bagaimana Cara Kerja Celo?

Jaringan Celo mengandalkan tiga kontributor utama untuk membantu menjalankan platformnya: 

  • Klien Ringan – Aplikasi Jaringan Celo yang berjalan di perangkat seluler pengguna, seperti dompet seluler Celo.
  • Validator Nodes – Komputer yang berpartisipasi dalam mekanisme konsensus Celo, memvalidasi transaksi, dan menghasilkan blok baru.
  • Node Penuh – Komputer yang bertindak sebagai jembatan antara node Validator dan dompet seluler, menerima permintaan dari klien ringan dan meneruskan transaksi ke node validator.

Sebagai catatan, sistem Celo mengharuskan node validator dipilih oleh pemegang token CELO. 


Toleransi Patahan Bizantium (BFT)

Inti dari Celo adalah mekanisme tata kelola Proof of Stake yang disebut Byzantine Fault Tolerance (BFT) yang menjaga agar jaringan komputer terdistribusi tetap sinkron.

Agar node validator memberi daya pada blockchain dan memberikan suara pada perubahan, mereka harus terlebih dahulu mempertaruhkan minimal 10.000 token CELO, yang berarti bahwa siapa pun yang memiliki CELO dapat membantu mengoperasikan jaringan. 

Saat ini, hanya ada 100 node validator pada satu waktu, dipilih oleh node penuh, dan setiap node selanjutnya diberikan sebagian dari hadiah blok untuk memvalidasi transaksi.

Node penuh menerima hadiah mereka dari biaya yang dibayarkan oleh klien ringan.


cUSD

Fitur utama Celo adalah kemampuannya untuk mengoperasikan stablecoin, seperti cUSD, yang menawarkan efisiensi dan transparansi transaksi kripto, sambil memberikan bantuan dari volatilitas aset ini. 

Celo secara otomatis memastikan bahwa nilai setiap cUSD sama dengan satu dolar AS menggunakan apa yang mereka sebut sebagai cadangan terprogram, cadangan dengan jaminan berlebihan yang terdiri dari CELO dan mata uang kripto lainnya, seperti Bitcoin (BTC) atau Ethereum (ETH) . Ini berarti cUSD dapat dijual dengan nilai yang setara dengan CELO, dan sebaliknya.

Di masa depan, Celo berencana untuk mengizinkan pemegang CELO untuk mengusulkan dan memilih pembuatan stablecoin yang mencerminkan nilai mata uang nasional lainnya, seperti euro atau yen. 


Apa Itu Token CELO?

Gambar Token CELO
Gambar Token CELO

CELO adalah cryptocurrency utama yang digunakan pada jaringan Celo. Token CELO memainkan peran kunci dalam memelihara dan mengoperasikan platform Celo, dan dapat digunakan untuk mengirim, menerima, menahan, dan mempertaruhkan. Selain itu CELO juga sebagai token tata kelola untuk memberikan suara pada perubahan protokol.

Seperti banyak cryptocurrency lainnya, persediaan token CELO terbatas, artinya menurut aturan perangkat lunak, hanya akan ada 1 miliar CELO.


Harga CELO

Harga CELO di CoinMarketCap hari ini (21/09/2021) adalah senilai $6.68 USD. Celo (CELO) berada diurutan ke-58 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $2.049.788.430 USD. Adapun jumlah koin CELO yang saat ini beredar di bursa kripto global adalah sebanyak 306.819.314 koin CELO dengan jumlah suplai maksimal koin yang dibatasi hanya sampai 1.000.000.000 koin CELO.

CELO adalah cryptocurrency yang dapat diperdagangkan secara bebas pada standar token ERC-20 , tersedia di berbagai bursa utama. Ini termasuk Coinbase Pro dan Bittrex , dengan mata uang kripto, stablecoin, dan pasangan fiat yang digunakan.



Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Celo (CELO) Cryptocurrency"