Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Celer Network (CELR)

Gambar Logo Celer Network (CELR)
Mengenal Apa Itu Celer Network (CELR)

Jaringan Celer (CELR) adalah solusi penskalaan layer-2 yang diciptakan dan dirancang untuk menyediakan penanganan transaksi off-chain. Platform ini menawarkan transaksi off-chain yang lebih cepat, sederhana, dan aman untuk pembayaran dengan smart contract.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu Celer Network. Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah menyiapkan artikelnya untuk anda para pembaca setia.


Apa Itu Celer Network (CELR)?

Screenshot Website Celer Network (CELR)
Screenshot Website Celer Network (CELR)

Celer Network (CELR) adalah platform penskalaan 2 lapisan yang dibuat dengan tujuan untuk menciptakan aplikasi blockchain yang cepat, aman dan berbiaya rendah di Ethereum, Polkadot dan blockchain lainnya untuk diadopsi secara massal.

Celer meluncurkan Generalized State Channel Network pertama di dunia dan terus mendorong batas penskalaan layer2 dengan teknologi Rollup yang canggih. Dengan menggabungkan State Channel dan Layer-2 Rollup bersama-sama, Celer berfungsi sebagai platform untuk memenuhi beragam rangkaian aplikasi seperti pembayaran mikro, DeFi, dan game dalam ruang tradeoff skalabilitas yang kompleks: menjadi fokus real-time latensi rendah, throughput tinggi atau biaya rendah.

Aplikasi dan middleware seperti CelerX, cBridge, layer2.finance dan lainnya yang dibangun di atas Celer telah menarik lebih dari satu juta pengguna di ruang interoperabilitas game, DeFi dan blockchain.

Tim pengembangan Celer Network didirikan oleh tim ilmuwan komputer yang sangat dihormati tidak hanya dengan pencapaian di bidang akademis dari MIT, UC Berkeley, Princeton dan UIUC, tetapi juga dengan rekam jejak kepemimpinan dalam membangun perangkat lunak konsumen dan perusahaan skala besar seperti Google Fi, B4, Tensorflow, QUIC, Veriflow (diakuisisi oleh VMWare) dan Intel DPDK.


Pendiri Celer Network

Celer Network didirikan pada tahun 2018 oleh tim yang terdiri dari empat insinyur berpengalaman. Keempat pendiri Celer Network memiliki gelar PhD di bidang Ilmu Komputer dan berasal dari universitas terkenal seperti MIT dan UC Berkely, dan semuanya memiliki pengalaman kerja dengan perusahaan teknologi terkenal.

  1. Dr. Mo Dong merupakan seorang ahli dalam penerapan teori permainan algoritmik dan pengembangan protokol. Dia juga mengajarkan kursus komprehensif tentang smart contract. Beliau memiliki pengalaman kerja dulunya sebagai insinyur pengembangan dan manajer produk di Veriflow.
  2. Dr. Junda Liu adalah lulusan dari Universitas UC Berkeley dan pernah bekerja di Google pada tahun 2011 untuk membuat infrastruktur untuk pusat data mereka. Pada tahun 2014, beliau menjadi salah satu pendiri layanan seluler Project Fi. Setelah itu, ia mengambil posisi manajer teknis di Android Tech.
  3. Dr. Xiaozhou Li pernah mengenyam pendidikannya di Universitas Princeton. Li  pernah magang di Microsoft sebelum bekerja di Barefoot Networks sebagai insinyur perangkat lunak.
  4. Dr Qingkai Liang memiliki gelar dari MIT dan pernah bekerja untuk MIT Laboratory for Information and Decision Systems (LIDS), Bell Labs, dan Google.

Ekosistem Celer Network

Adapun aplikasi dan middleware utama yang mendukung Celer Network, diantaranya adalah:

1. Layer2.finance : Layer2.finance menangani dua tantangan terbesar yang dihadapi DeFi saat ini untuk mencapai adopsi massal, yaitu biaya transaksi yang sangat tinggi dan sangat sulit untuk dinavigasi dan digunakan. Layer2.finance adalah solusi baru yang memungkinkan orang untuk mengakses semua protokol DeFi yang ada di sebagian kecil dari biaya dengan bertindak seperti "Sistem Transportasi Umum DeFi".

2. cBridge

cBridge adalah jaringan multi-rantai yang memungkinkan transfer nilai instan, murah, dan APAPUN-ke-APAPUN di dalam dan di seluruh rantai lapisan-2 Ethereum, rantai utama Ethereum dan di masa depan, lapisan-1 lainnya, dan lapisan-2 di atas dari rantai layer-1 lainnya.

3. SDK Celer

Platform sumber terbuka Celer berisi set lengkap SDK bagi pengembang untuk membangun aplikasi blockchain yang cepat dan murah untuk DeFi, game, interaksi lintas-blockchain, dan layanan pembayaran mikro.


Bagaimana Cara Celer Network Bekerja?

Platform ini menggunakan variasi mekanisme konsensus Proof-of-Stake ( PoS ) yang disebut Delegated Proof of Stake ( DPoS ). Dengan algoritma ini, para pemegang token CELR dapat mempertaruhkan koin mereka untuk mendapatkan hadiah tambahan sambil mengalihkan tanggung jawab untuk memvalidasi transaksi kepada "delegasi."

Pemegang CELR akan menyediakan token untuk likuiditas dan akan menerima hadiah untuk melakukannya. Poin kunci Celer adalah bahwa platform memungkinkan penskalaan layer-2 untuk blockchain apa pun. Dengan demikian, proyek mencakup spektrum pasar yang luas, melipatgandakan potensi likuiditas, dan meningkatkan keandalan, cakupan dan adaptasi produk.


Keamanan Celen Network

Untuk keamanan, Celer Network menggunakan SGN (State Guardian Network). SGN adalah infrastruktur layanan L2 terdesentralisasi yang membuat platform Celer L2 berjalan dengan lancar, aman dan stabil. Status pengguna akan tersimpan secara aman di Jaringan Saluran Status Celer dan merespons perhitungan L1 saat pengguna offline. 

Selain itu, teknologi SGN juga memungkinkan para pengguna untuk melindungi aset tabungan mereka sebelum offline. Ini juga bertindak sebagai tingkat produsen blok terdesentralisasi untuk Celer Rollup, sehingga mempertahankan tingkat kelangsungan hidup yang tinggi dan memberikan tingkat keamanan tambahan. Pengguna diharuskan mempertaruhkan CELR untuk bergabung dengan SGN. Dan pemegang CELR memfasilitasi perlindungan jaringan secara keseluruhan.


Apa Itu Token CELR?

Gambar Token CELR
Gambar Token CELR

CELR adalah cryptocurrency utama yang digunakan para jaringan dan ekosistem Celer Network. Token CELR dibuat dengan standar token standar ERC-20 yang dibangun di atas  blockchain Ethereum. Token ini utamanya memiliki fungsi untuk mengelola ekonomi di jaringan dan memiliki beberapa kegunaan lannya seperti: Membayar biaya komisi untuk layanan dan transaksi ke penyedia off-chain dan menutupi biaya tambahan. Adapun suplai maksimal pasokan koin CELR adalah sebanyak 100.000.000.000 koin CELR.

Berapa Harga Token CELR?

Saat artikel ini dibuat, harga Celer Network (CELR) berdasarkan data yang didapatkan dari situs CoinMarketCap adalah senilai $0,120689 USD dan berada di peringkat ke-109 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $713.552,071 USD.

Jika Anda ingin tahu di mana membeli Celer Network , bursa teratas untuk trading di Celer Network saat ini adalah Binance, Mandala Exchange, OKEx, CoinTiger dan HitBTC.


Sekian dulu artikel kali ini dari Budak Duit Indonesia yang membahas tentang "Mengenal Apa Itu Celer Network (CELR)". Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih!


Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Celer Network (CELR)"