Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Marketplace Non-Fungible Token (NFT) Terbaik

5 Marketplace Non-Fungible Token (NFT) Terbaik
5 Marketplace Non-Fungible Token (NFT) Terbaik

5 Marketplace Non-Fungible Token (NFT) Terbaik - Non-Fungible Token (NFT) menjadi sebuah tren baru di dunia kripto saat ini. Kehadiran dari jenis token ini mendapat sambutan yang baik dari para seniman, pegiat kripto ataupun investor, dikarenakan saat ini mereka dapat dengan mudah mempejual-belikan suatu karya seni secara digital.

Pengertian sederhana dari Non-Fungible Token (NFT) adalah aset digital yang berfungsi sebagai catatan kepemilikan yang aman untuk item atau koleksi item, disimpan di buku besar blockchain tertentu seperti Ethereum (ETH) dan Solana (SOL). Karena NFT tidak dapat disalin atau diubah, NFT sangat cocok untuk melacak kepemilikan properti yang tidak dapat direplikasi, seperti hak atas gambar atau sebidang tanah, misalnya.

Hampir semua hal dapat dicetak sebagai NFT — CryptoPunks blockheads, film pendek, nama domain, pertanian ganja virtual — tetapi sebagian besar kegembiraan baru-baru ini di kalangan investor berpusat pada seni digital, koleksi olahraga, dan video game dimana pengguna membangun dan mengatur dunia alternatif atau “ metaverse .”

Saat ini, sebagian besar NFT dibeli dengan eter (ETH), mata uang asli jaringan Ethereum, yang dengan mudah dikonversi ke dolar AS di bursa seperti Coinbase, Kraken, dan Gemini.

Pada bulan Maret, Fortune melaporkan bahwa pasar online OpenSea mengalami peningkatan penjualan 100 kali lipat selama enam bulan sebelumnya, termasuk $95 juta objek digital yang dijual pada bulan Februari, naik dari $8 juta pada bulan Januari. Dan dengan modal ventura mengalir ke ekonomi NFT dari investor seperti Mark Cuban; CEO Tenaga Penjualan Marc Benioff; dan A16z Crypto, bagian dari perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz, ada alasan untuk percaya bahwa ekonomi NFT mungkin lebih dari sekadar iseng. 


5 Marketplace Non-Fungible Token (NFT) Terbaik

Jika anda tertarik untuk membeli token NFT, tentunya anda harus mencari Marketplace Non-Fungible Token (NFT) terbaik untuk menghindari pencurian dan penipuan. Oleh karena hal tersebut pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia akan memberikan rekomendasinya untuk anda.


1. SuperRare 

Screenshot Website SuperRare
Screenshot Website SuperRare

SuperRare adalah marketplace peer-to-peer untuk membeli dan menjual karya seni digital single-edition. marketplace ini menjadi tempat untuk para kolektor mendapatkan karya seni digital terbaik sekaligus tempat bagi para seniman dan artis untuk memperdagangkan karya seni yang mereka ciptakan. 

Adapun fitur-fitur yang ditawarkan oleh SuperRare diantaranya seperti umpan sosial yang aktif, jadwal pameran yang akan datang dan halaman editorial dengan profil serta pernyataan artis-artis terhadap nuansa dan karya seni yang ada dalam website ini. Untuk melakukan transaksi jual-beli, anda dapat menggunakan token ETH yang merupakan cryptocurrency asli di jaringan Ethereum. 


Lokasi: Newark, Delaware

Kategori: Seni digital


2. Foundation

Screenshot Website Foundation
Screenshot Website Foundation

Diluncurkan pada Februari 2021, Foundation telah menjadi marketplace NFT yang telah menjual beberapa token NFT terkenal dan viral di internet seperti Nyan Cat, rekaman Finite Pak, karya dari Nadya Tolokonnikova, Pussy Riot, Aphex Twin, dan Edward Snowden.

Karya seni dalam website ini disusun dalam sebuah petak kartu yang menampilkan pelelangan karya seni yang sedang menjadi trending dan diikuti oleh artis-artis ternama. Di situs ini para pembeli dapat melakukan penawaran harga dalam 24 jam, dimana waktu perpanjangan selama 15 menit jika terjadi penawaran. Para pengguna harus menyiapkan dompet digital MetaMask di browser google chrome untuk berpartisipasi dan memiliki koin ETH untuk mencetak NFT atau membeli karya seni dari situs ini.


Lokasi: Los Angeles

Kategori: Seni digital


3. Mintable

Screenshot Website Mintable
Screenshot Website Mintable

Mintable adalah marketplace dua sisi untuk membeli dan menjual NFT yang menyerupai eBay. Marketplace ini didukung oleh  Time Ventures milik Marc Benioff dan investor miliarder Mark Cuban. Mintable dibangun diatas Dibangun di atas blockchain Ethereum (ETH) dan Zilliqa (ZIL).

Website ini terintegrasi dengan dompet kripto MetaMask, dimana pembeli dapat menyimpan aset kripto mereka di dompet ini. Selain itu para kreator memiliki opsi untuk mencetak NFT “tanpa gas” atau gratis, , seri jangka pendek yang dapat dicetak, atau item berbasis transaksi tradisional.

Untuk berpartisipasi dalam marketplace Mintable, anda harus melakukan pendaftaran melengkapi profil terlebih dahulu dan memiliki dompet kripto Metamask. Disini para pembeli dapat membeli aset digital yang diperjual belikan dengan sistem lelang dimana notifikasi pemenang akan dikirimkan via email.


Lokasi: Singapura 

Kategori: Seni digital, fotografi, video, permainan, templat, nama domain


4. OpenSea

Screenshot Website OpenSea
Screenshot Website OpenSea

OpenSea didirikan pada tahun 2017 oleh tim pengembangan perangkat lunak Devin Finzer dan Alex Atallah. OpenSea mengklaim di situs webnya sebagai “pasar pertama dan terbesar untuk barang digital milik pengguna.” Dengan 113.000 pengguna, 15,5 juta NFT, dan volume perdagangan $354 juta, startup ini mengumpulkan $23 juta dalam putaran terakhir pendanaan modal ventura yang dipimpin oleh perusahaan modal ventura Lembah Silikon Andreessen Horowitz. 

Di marketplace ini anda dapat mencari token NFT berdasarkan harga dan status penjualannya. Disini anda dapat menemukan real estat virtual hingga loop suara dari The Weeknd. Untuk melakukan pembeli di platform ini, anda bisa menggunakan koin ETH, USDC ataupun DAI dan 150 jenis koin lainnya yang bisa anda gunakan sebagai pembayaran. Anda bisa membeli NFT dengan harga tetap langsung dari penjual atau melakukan penawaran NFT dalam lelang, dengan catatan penawaran disimpan di profil pengguna. 


Lokasi: New York

Kategori: Seni digital, musik, permainan, nama domain, dunia maya, olahraga, barang koleksi


5. NBA Top Shot

Screenshot Website NBA Top Shot
Screenshot Website NBA Top Shot

Diluncurkan sebagai beta oleh DapperLabs pada awal 2020, game berlisensi NBA ini  memungkinkan penggemar mengumpulkan dan menukar "momen" digital dari NBA. Dirilis dalam set edisi terbatas mulai dari $9 hingga $230, atau tersedia melalui perdagangan terbuka di pasar yang lebih luas, momen menampilkan sorotan video, statistik pemain, dan skor kotak. 

Di platform ini para kolektor dapat menampilkan koleksi yang dikuratori, mengikuti tim favorit mereka, dan memperdagangkan aset yang diamankan di blockchain milik perusahaan. Hingga Maret, platform ini telah menampung dua juta pembelian dengan total lebih dari $300 juta.


Lokasi: Vancouver, Kanada

Kategori: Koleksi olahraga


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang berjudul "5 Marketplace Non-Fungible Token (NFT) Terbaik". Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang dunia cryptocurrency. Terima kasih sudah membaca.

Posting Komentar untuk "5 Marketplace Non-Fungible Token (NFT) Terbaik"