Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu THORChain (RUNE) Dan Prediksi Harga

Gambar Logo THORChain (RUNE) Cryptocurrency
Gambar Logo THORChain (RUNE) Cryptocurrency

Jumlah pertukaran terdesentralisasi (DEX) berkembang, dan sulit untuk memilih salah satunya, terutama untuk pemula. Tetapi jika Anda mencari solusi terdesentralisasi yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menukar token di seluruh rantai tanpa token yang dibungkus atau dipatok, maka THORRantai (RUNE) mungkin yang selama ini Anda cari.

THORChain adalah protokol likuiditas lintas rantai terdesentralisasi yang memfasilitasi pertukaran aset digital yang terdesentralisasi.  Didukung oleh token RUNE, THORChain juga menggunakan Tendermint , Cosmos-SDK , Threshold Signature Schemes (TSS), dan Byzantine Fault Tolerance. 

Untuk lebih detail lagi tentang THORRantai (RUNE). Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah menyiapkan ulasan artikelnya untuk anda para pembaca setia.


Apa Itu THORChain (RUNE) Cryptocurrency?

THORChain adalah protokol likuiditas lintas rantai permision less terdesentralisasi yang memfasilitasi pertukaran aset digital yang terdesentralisasi. Ini adalah protokol likuiditas non-custodial untuk blockchain yang memungkinkan para pengguna untuk menukar aset kripto secara bebas melalui banyak jaringan atau transfer antar lintas rantai.

Screenshot Website THORChain (RUNE) Cryptocurrency
Screenshot Website THORChain (RUNE) Cryptocurrency

Protokol THORChain pada dasarnya memungkinkan para pengguna untuk menukar token kripto di rantai yang berbeda tanpa harus membungkus atau menggunakan token yang dipatok perantara pertukaran. Jadi para pengguna tidak perlu lagi membutuhkan perantara pertukaran terpusat seperti Coinbase untuk memperdagangkan Bitcoin, Ethereum dan token lainnya. Hal tersebut dikarenakan THORChain akan memungkinkan untuk melakukan pertukaran aset kripto tanpa perlu kehilangan hak asuh atas aset Anda. 

THORChain adalah non-penahanan, artinya Anda memegang kendali penuh atas aset digital anda saat anda menukarnya. Alasan utama THORChain relevan saat ini adalah karena tahan terhadap sentralisasi sambil memecahkan masalah besar untuk pertukaran terdesentralisasi yaitu likuiditas. 

Untuk mewujudkan hal diatas THORchain berusaha membangun jembatan dua arah diantara dua blockchain. Jadi, sebagai pengguna anda dapat dengan bebas menukar aset kripto apa pun di jaringan THORchain  tanpa autorisasi dan tanpa penahanan.

Keunikan THORChain

Hal yang membuat THORChain unik adalah karene protokol ini tidak mematok atau membungkus aset kripto untuk dapat ditukarkan. Contohnya anda tidak memerlukan WBTC.

THORChain mengamati setoran pengguna yang masuk ke brankas dan menjalankan logika bisnis saat memproses transaksi keluar. THORChain pada dasarnya adalah sebuah manajer brankas tanpa pemimpin, toleran terhadap kesalahan Bizantium ini.

Selain itu, THORChain menggabungkan berbagai teknologi baru, termasuk on-way state peg, state machine, Bifröst Signer Module dan protokol TSS untuk memfasilitasi pertukaran token lintas-rantai dengan mulus. Ini semua disimpan di belakang layar, membuat platform dapat diakses oleh pedagang yang tidak berpengalaman sekalipun.

Platform ini tidak berorientasi pada keuntungan. Semua biaya yang dihasilkan oleh protokol langsung ke pengguna, dan tidak ada ketentuan untuk tim. Sebaliknya, tim diberi insentif hanya dengan mendapatkan token RUNE.

Token RUNE memungkinkan para pemegang token ini untuk mendapatkan lebih banyak RUNE dengan menyediakan pertukaran likuiditas atau dengan menjalankan node yang mengamankan jaringan. Token RUNE saat ini tersedia di beberapa blockchain, termasuk Binance Chain (sebagai token BEP-2) dan Ethereum (sebagai token ERC-20 ).

Sejarah Dan Pendiri THORChain

THORChain diluncurkan pada 2018 sebagai sarana untuk menukar aset digital tanpa menggunakan pertukaran terpusat. Ini dipuji karena aksesnya yang tanpa izin ke likuiditas global, umpan harga yang tahan manipulasi, likuiditas yang selalu aktif untuk semua aset, dan insentif bersama di semua peserta. 

Tim di belakang THORChain tetap anonim. Menurut tweet dari halaman resmi mereka, "THORChain tidak memiliki CEO, tidak ada pendiri, tidak ada direktur". Tim percaya bahwa untuk berhasil, mereka harus tetap anonim dan sepenuhnya terdesentralisasi.

Perlu disebutkan bahwa ini telah menimbulkan beberapa kekhawatiran di komunitas DeFi. Beberapa pengguna diusir oleh karena kurangnya informasi tentang mereka. Tetapi masih ada sekelompok pengembang jaringan yang terlihat di Github, di mana mereka bekerja sebagai tim pengembang dan pemilih yang terorganisir sendiri.

Teknologi THORChain

THORChain tidak hanya berfungsi sebagai protokol tetapi juga bergantung pada serangkaian teknologi yang memungkinkan penanganan beberapa masalah di ruang DeFi.

Ilustrasi Keistimewaan THORChain
Ilustrasi Keistimewaan Teknologi THORChain

Pertama, protokol menggunakan teknologi automatic market maker (AMM). Ini memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan aset dengan cara tanpa izin dan otomatis. Sistem menggunakan CLP-nya untuk menyediakan likuiditas daripada mengandalkan metode buku pesanan untuk menemukan pembeli dan penjual.

Kedua, THORChain adalah jaringan berbasis Tendermint. Tendermint adalah perangkat lunak replikasi yang memungkinkan pengembang untuk membangun blockchain yang disesuaikan dan aplikasi terdesentralisasi (dApps). Contohnya adalah Binance DEX, Oasis Labs, dan Terra, untuk beberapa nama.

Selanjutnya, THORChain menggunakan konsensus Byzantine Fault Tolerance (BFT). Skenario Bizantium menetapkan situasi masalah kepercayaan di mana sistem perlu mengandalkan aktornya untuk mengatasi serangkaian kegagalan atau serangan. Untuk menghindari serangan Sybil, THORChain menggunakan bukti kepemilikan (PoS) algoritma.

THORChain berjalan dengan sistem yang dilakukan oleh validator yang mengikat RUNE, aset asli protokol. Validator diizinkan untuk memvalidasi transaksi dan menjalankan node jaringan dengan mempertaruhkan token mereka.

Pilar utama ekosistem adalah simpul. Mereka adalah elemen penting untuk mendukung setiap tindakan di jaringan. Node memiliki tiga fungsi utama: bekerja sebagai brankas, menghasilkan blok, dan mengikat token RUNE. Sebuah node dibuat setiap tiga hari, dan jumlah modal terikat sangat menentukan untuk menang melawan node lain (validator lain). Untuk menjaga jaringan tetap segar, node yang lebih baru menggantikan yang lebih lama. Khususnya, node dapat dimatikan secara otomatis jika perilaku buruk dari aktor jahat terdeteksi.

THORChain dan Rantai Binance

Protokol berbagi infrastruktur yang sama dengan Binance Chain. Cosmos, ekosistem blockchain yang dapat dioperasikan, mendukung THORChain dan Binance dengan perangkat lunak Tendermint. Keduanya adalah jaringan yang kompatibel, dan RUNE adalah token BEP2. Ide utamanya adalah untuk mencapai distribusi yang luas dengan Binance sebelum mainnetnya diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2020.

Apa yang Istimewa Tentang THORChain?

THORChain menawarkan peluang unik untuk DeFi dengan transaksi lintas rantainya. Berkat jembatan dua arahnya, pengguna dengan bebas menukar aset apa pun dari blockchain apa pun. Tidak perlu mencari pembeli dan penjual karena ada likuiditas konstan.

Selain itu, THORChain memecahkan beberapa masalah di ruang DeFi, seperti kurangnya likuiditas, keamanan, dan tata kelola. Meskipun tim tetap anonim, sebagian besar pengguna menyukai protokolnya.

Protokol ini adalah proyek ekstensif yang berusaha menjadi lebih dari sekadar platform lintas rantai. Jika THORChain berhasil dengan rencananya untuk mengembangkan blockchain layer-2, THORChain akan menjadi pemain kunci dan pelopor implementasi masa depan untuk platform DeFi.

THORChain juga berencana untuk mengembangkan sistem layer-2, di mana pengembang dapat membuat blockchain mereka di atas THORChain.


 Apa Itu Token RUNE

Token RUNE
Ilustrasi Gambar Token RUNE

Token RUNE adalah aset BEP2 yang membuat jaringan THORChain berfungsi. BEP2 adalah standar teknis untuk penerbitan token di Binance Chain. Token digunakan dalam CLP dengan rasio 1:1 terhadap nilai aset untuk menghubungkan semua kumpulan likuiditas dalam sistem.

Fitur utama token RUNE adalah sebagai berikut:

  • Keamanan. Untuk menjaga keamanan jaringan, validator harus mempertaruhkan token RUNE mereka. Demikian juga, node harus mengikat (mengunci) RUNE untuk menjadi salah satu dari 100 validator. Semakin besar jumlah RUNE yang dikunci, semakin tinggi peluang untuk menjadi validator. Memberi insentif kepada komunitas untuk mengunci RUNE mereka, mereka membantu menciptakan perlawanan Sybil. Demikian juga, node menerima dua pertiga dari pendapatan jaringan. Akibatnya, pelaku kejahatan memiliki motivasi untuk menyediakan likuiditas daripada merusak sistem.
  • Likuiditas. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, RUNE adalah token BEP2 yang digunakan dalam kumpulan likuiditas. Setiap aset terikat pada RUNE dalam rasio 1:1 terhadap nilai aset.
  • Penghargaan. RUNE juga digunakan sebagai hadiah, sebagai kompensasi penyedia likuiditas dan validator. Protokol akan memberi penghargaan kepada pengguna dengan RUNE untuk perilaku baik dan menghukum orang lain karena perilaku buruk mereka.
  • Tata kelola komunitas. Seperti jaringan DeFi lainnya yang mencoba menjaga sistem mereka terdesentralisasi, THORChain menggunakan sistem tata kelola komunitas yang berjalan dengan RUNE. Token memungkinkan penyedia dan validator untuk memilih.

Adapun distribusi token RUNE, total pasokannya mencapai 500 juta token. Jumlah yang beredar saat ini mencapai lebih dari 160 juta. 150 juta token dicadangkan untuk pengembang di komunitas, 220 juta token disimpan untuk cadangan emisi.

Harga Token RUNE

Harga THORChain (RUNE) saat artikel ini dibuat adalah $6,99 USD. Token RUNE bedara di peringkat ke-60 dengan total nilai kapitalisasi pasar sebesar $1.639.049.044 USD berdasarkan data yang didapatkan dari website CoinMarketCap. Adapun jumlah token yang beredar saat ini adalah sebanyak 234.399.657 koin RUNE dengan total maksimal pasokan koin yang dibatasi sebanyak 500.000.000 koin RUNE.


Prediksi Harga THORChain (RUNE)

Aset kripto cenderung mengalami kenaikan maupun penurunan harga yang sulit diprediksi. Sebelum membeli pastikan anda melakukan riset dan analisis terlebih dahulu terhadap koin kripto yang ingin anda beli nantinya. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk mengurangi resiko untuk mengalami kerugian. Selain itu pastikan anda juga sudah paham akan resiko berinvestasi pada aset kripto.

Setelah kita membahas tentang apa itu THORChain (RUNE). Selanjutnya akan dirangkum beberapa prediksi harga aset kripto THORChain (RUNE) berdasarkan situs-situs kripto populer. Adapun prediksinya adalah sebagai berikut:

Wallet Investor

Menurut website Wallet Investor, koin RUNE bisa jadi investasi yang menguntungkan. Harga koin RUNE diprediksikan bisa mencapai kenaikan hingga +644,86% dalam kurun waktu 5 tahun. Dalam jangka waktu 1 tahun kedepan, harga koin RUNE bisa mencapai kisaran harga $ 15,568 USD atau naik + 121,51 % dalam satu tahun. Sedangkan harga RUNE dalam 5 tahun kedepan atau tepatnya tahun 2026, bisa mencapai $ 52.349 USD. 

Gov Capital

Menurut situs Gov Capital, harga aset kripto RUNE diprediksikan akan mencapai kisaran harga $18,981935 USD ( 211.128% ) dalam jangka kurun waktu satu tahun kedepan. Artinya, jika Anda menginvestasikan $100 sekarang, investasi Anda saat ini mungkin bernilai $311.128 pada Selasa, 02 Agustus 2022. Sedangkan dalam jangka waktu 5 tahun kedepan, RUNE menurut Gov Capital bisa mencapai kisaran harga $ 141,260 USD  - $ 141,260 USD.

Digital Coin Price

Berali ke situs Digital Coin Price, situs ini memprediksikan bahwa aset THORChain (RUNE) bisa jadi investasi kripto yang menguntungkan dimasa depan. Harga 1 koin THORChain (RUNE) kira-kira bisa mencapai $12,56 USD dalam kurun waktu 1 tahun kedepan, hampir 2X lipat dari harga THORChain saat ini. Sedangkan dalam jangka waktu 5 tahun kedepan, koin RUNE diprediksikan hanya bisa mencapai harga Upto $ 25,69 USD saja.



Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu THORChain (RUNE) Dan Prediksi Harga"