Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Saham Blue Chip 2021 Terbaik Di Indonesia

Daftar Saham Blue Chip 2021 Terbaik Di Indonesia
 Daftar Saham Blue Chip 2021 Terbaik Di Indonesia

Daftar Saham Blue Chip 2021 Terbaik Di Indonesia - Seorang yang berinvestasi pada suatu aset tentunya sebisa mungkin untuk mendapatkan keuntungan dan menghindari kerugian. Investasi saham adalah termasuk salah satu investasi yang memiliki resiko tinggi dengan tingkat keuntungan yang tinggi juga. Hal tersebut tentunya membuat seorang investor lebih berhati-hati untuk menanamkan modalnya pada suatu perusahaan dalam bentuk saham.

Banyak sekali strategi yang dilakukan para investor untuk menghindari kerugian saat berinvestasi pada instrumen investasi saham, salah satu strategi tersebut adalah membeli saham Blue Chip.


Apa Itu Pengertian Saham Blue Chip?

Pengertian dari saham blue chip itu sendiri adalah sebutan untuk jenis saham yang memiliki nilai kapitalisasi pasar yang besar (diatas 10 triliun) dan memiliki laba yang konsisten yang bertumbuh setiap tahunnya. Saham jenis ini juga biasanya memiliki produk-produk yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Istilah kata Blue Chip itu sendiri berasal dari permainan poker dimana keping koin atau Chip yang memiliki warna biru atau Blue memiliki nilai paling tinggi dibandingkan dengan chip berwarna merah atau putih. Istilah saham Blue Chip sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Oliver Gingold saat saham dengan harga $200 USD - $250 USD sedang populer. Dan sampai saat ini istilah saham Blue Chip memiliki arti sebagai saham-saham unggulan yang menjadi incaran para investor di pasar modal.

Saham Blue Chip umumnya memiliki karakteristik sebagai berikut ini:

  1. Memiliki skala bisnis yang besar dimana perusahaannya tidak hanya memiliki bisnis di dalam negeri saja, tetapi aktif juga menjalankan bisnisnya di luar negeri atau internasional.
  2. Memiliki produk yang mudah ditemukan dan terkenal (contohnya: Indomie adalah mie instan favorit di Indonesia, bahkan di luar negri anda pun dapat menemukan produk ini di supermarket-supermarket).
  3. Memiliki nilai kapitalisasi yang besar, dengan memiliki nilai kapitalisasi yang besar tentunya akan membuat harga saham ini sangat mustahil dimanipulasi oleh sekelompok orang atau biasa disebut 'bandar'.
  4. Perusahaan memiliki fundamental yang bagus dimana kinerja perusahaan selalu menghasilkan keuntungan setiap tahunnya
  5. Memiliki liabilitas dan aset yang seimbang, yaitu jika perusahaan itu memiliki hutang yang besar tentunya harus memiliki aset yang besar juga. Jadi perusahaan ini masih mampu membayar hutang mereka.
  6. Saham-saham Blue Chip tentunya selalu menjadi incaran para investor, jadi dapat disimpulkan bawah saham-saham ini tentunya sangat aktif diperdagangkan di bursa sehingga memiliki volume transaksi yang besar.
  7. Salah satu ciri khas dari perusahaan Blue Chip kebanyakan adalah mereka rajin sekali untuk memberikan deviden kepada para pemegang saham atau investor. Hal tersebut dikarenakan pendapatan perusahaan yang selalu untung dan konsisten.

5 Rekomendasi Saham Blue Chip 2021 Terbaik Di Indonesia

Jika anda sudah mengetahui saham Blue Chip dan juga karakteristik atau ciri-cirinya, berikut ini beberapa rekomendasi saham Blue Chip 2021 yang bisa anda beli sebagai portofolio investasi saham anda. Adapun daftar sahamnya adalah sebagai berikut ini:


1. Bank Central Asia (BCA) (BBCA)

Bank Central Asia (BCA) (BBCA)
Bank Central Asia (BCA) (BBCA)

Bank Central Asia atau lebih dikenal dengan Bank BCA adalah bank swasta terbesar di Indonesia saat ini.  Saham BBCA menjadi salah satu saham perusahaan Blue Chip yang selalu menjadi incaran para investor dalam negeri maupun luar negri. Selain kinerja perusahaan yang selalu konsisten dari tahun ke tahun dan memiliki manajemen yang sangat baik.

Saham BBCA merupakan saham yang sangat liquid dibandingkan dengan saham perusahaan Blue Chip lainnya dan hal itu bisa dilihat dari volume transaksinya yang tinggi. Selain itu Bank BCA juga sangat rajin memberikan dividen kepada para pemegang sahamnya.


2. PT Aneka Tambang Tbk. (ANTAM)

PT Aneka Tambang Tbk. (ANTAM)
PT Aneka Tambang Tbk. (ANTAM)

Jika anda mencari saham Blue Chip yang bergerak di bidang pertambangan khususnya emas, saham perusahaan Aneka Tambang Tbk. bisa jadi pilihan yang tepat untuk anda. Sebenarnya perusahaan ini tidak hanya memiliki emas sebagai komoditas utama mereka, tetapi ada juga komoditas lain seperti nikel, feronikel, emas, perak, serta bauksit. Perusahaan ini memiliki kode bursa resmi nya yaitu ANTAM.

Saham ANTAM termasuk salah satu saham Blue Chip yang dinilai mapan dan cukup stabil. Saham ini aktif diperdagangkan hingga 202,97 juta lembar saham dengan nilai transaksi mencapai Rp 172,30 miliar. Hal tersebut membuat saham ANTAM merupakan saham Blue Chip 2021 yang direkomendasikan pada artikel kali ini.


3. PT Astra International Tbk. (ASII)

PT Astra International Tbk. (ASII)
PT Astra International Tbk. (ASII)

PT Astra International Tbk dengan kode busa ASII adalah sebuah perusahaan yang memiliki usaha di 6 jenis lini bisnis, yaitu otomotif, alat berat, infrastruktur, jasa keuangan, logistik dan teknologi informasi. Selain itu perusahaan ini juga memiliki beberapa anak perusahaan yang mendukung penuh bisnis utamanya.

Saham ASII hampir selalu masuk dalam 10 perusahaan dengan capital market di atas angka Rp.200 triliun. Selain itu dalam saham ASII menduduki peringkat kelima dalam perhitungan Rasio Free Float, dengan nilai RFF sebesar 45,05% dalam laporan Indeks IDX30 yang disusun oleh BEI periode Agustus 2021 sampai dengan Januari 2022. Fakta tersebut tentunya membuat saham perusahaan PT Astra International Tbk. (ASII) layak dibeli sebagai saham Blue Chip yang direkomendasikan pada tahun 2021.


4. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)


Siapa yang tidak kenal dan suka dengan produk mie instan Indomie?, pastinya semua orang di Indonesia sudah mengenal dan suka dengan kelezatan dari Indomie. 

Produk Indomie sejatinya adalah produk yang diproduksi oleh perusahaan PT Indofood ICBP Sukses Makmur Tbk dengan kode bursa ICBP. Selain produk dan sahamnya yang terkenal di indonesia sebagai saham Blue Chip, ternyata saham dan produk Indomie juga sangat dikenal oleh investor dan konsumen dari luar negri.

Saham ICBP menjadi saham Blue Chip dari sektor produsen makanan yang memiliki ROE hingga 21% dan ROA sebesar 13,7% yang jauh diatas rata-rata perusahaan produsen makanan lainnya. Selain itu perusahaan ini juga memiliki laba yang konsisten bertumbuh setiap tahunnya. Jadi jika anda saat ini sedang mencari saham Blue Chip terbaik dari sektor produsen makanan, saham ICBP dari perusahaan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk bisa jadi pilihan yang tepat untuk anda.


5. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI)

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI)
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI)

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau lebih dikenal dengan Bank BNI adalah salah satu perusahaan perbankan terbesar di Indonesia yang dikelola oleh BUMN. BBNI yang merupakan kode bursa dari perusahaan ini, mencatatkan sebagai saham yang paling aktif diperdagangkan di bursa. Jadi dapat dilihat bahwa saham BBNI adalah saham yang sering di incar oleh para investor dalam negeri maupun luar negri.

BEI mencatat bawah sebanyak 8,25 juta lembar saham BBNI dibeli dan dimiliki oleh investor asing. Jika anda tertarik untuk membeli saham ini, para pakar menilai bahwa saat pandemi COVID-19 saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membeli saham BBNI karena harganya yang masih relatif rendah dan jauh lebih murah dibandingkan anda membeli saham BBCA.


Sekian daftar rekomendasi saham Blue Chip 2021 terbaik di Indonesia kali ini. Jika anda tertarik dan ingin mencari saham-saham potensial lainnya, anda bisa memulainya dengan dari daftar indeks saham IDX30 ataupun LQ45 yang sudah diterbitkan oleh BEI. Terima kasih sudah membaca!.


Posting Komentar untuk " Daftar Saham Blue Chip 2021 Terbaik Di Indonesia"