Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Chia Coin (XCH) Cryptocurrency

Gambar Logo Chia Coin (XCH) Cryptocurrency
Gambar Logo Chia Coin (XCH) Cryptocurrency

Selain Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Tron (TRX) dan crypto lainnya, ternyata ada mata uang digital baru yang serang menjadi pusat perhatian di internet, yaitu Chia Coin yang berasal dari negara China. 

Chia Coin diciptakan oleh Bram Cohen, cryptocurrency dimana aset kripto ini telah memasuki dunia cryptocurrency dan diperkirakan akan melonjak lebih dari 55% sebelum akhir tahun 2021 ini dan harganya bisa melampaui angka $5.000 dalam kurun waktu 6 tahun kedepan.

Untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu Chia Coin (XCH) Cryptocurrency. Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkumnya untuk anda para pembaca setia. Selamat Membaca!


Apa Itu Chia Coin (XCH) Cryptocurrency?

Chia Coin adalah mata uang kripto di mana didasarkan pada jumlah ruang penyimpanan hard disk yang tersedia untuk itu dibandingkan dengan yang ada. Jika Bitcoin (BTC) menggunakan mekanisme konvensi Proof of Work, Chia Coin (XCH) menggunakan Proof of Space and Time yang dinilai jauh lebih ramah lingkungan.

Screenshot Website Chia Network
Screenshot Website Chia Network

Chia Coin dikembangkan oleh Bram Cohen, seorang pendiri BitTorrent, pada tahun 2017. Pada tahun 2018, Chia mengumpulkan dana awal sebesar $3,395 juta. Seperti kripto lainnya, Chia dirancang untuk menjadi mata uang digital internasional yang memiliki tingkat keamanan lebih tinggi daripada uang tunai. Chia dibangun dengan bahasa pemrogramannya milik mereka sendiri, yaitu ChiaLisp yang merupakan bahasa pemrograman transaksi smart contract dari Chia yang kuat, mudah diaudit, dan aman.


Cara Kerja Chia Coin (XCH)?

Chia Coin diluncurkan untuk menjadi cryptocurrency "green" atau ramah lingkungan. Karena kita semua tahu bahwa Bitcoin menggunakan banyak energi untuk melakukan penambangan koin BTC. Chia sangat mirip dengan Bitcoin dalam hal ia juga menggunakan algoritma konvensi Nakamoto yang asli. 

Akan tetapi Chia hadir untuk memberikan perbedaan besar di antara keduanya. Bitcoin menggunakan apa yang disebut algoritma proof-of-work yang membuat penambangan sangat memakan energi. Chia menggunakan yahoo berbeda yang disebut Proof of Space and Time.

Algoritma Proof of Space yang digunakan oleh Chia bekerja berdasarkan prinsip yang sama sekali berbeda dari algoritma Proof-of-Work yang digunakan oleh Bitcoin. Algoritma Proof of Space menggunakan ruang penyimpanan berlebih. Artinya, pengguna tidak perlu membeli peralatan pertambangan yang mahal. Sebagai, mereka dapat menggunakan sumber daya yang tersedia untuk memasuki komunitas cryptocurrency.

Algoritma Proof of Stake and Time menggunakan ruang penyimpanan yang tidak terpakai untuk apa yang disebut “Farming” yang dapat dibandingkan dengan penambangan Bitcoin. Untuk menanam koin, perangkat lunak menulis "plot" - satu set besar data kriptografi - pada disk. Setiap 18 detik, jaringan Chia menyiarkan tantangan. Jika Anda menggenggamnya, Anda memenangkan koin Chia. Ketika lebih banyak ruang disk ditambahkan, tantangannya menjadi lebih rumit.


Apa Itu Koin XCH?

Gambar Koin XCH
Gambar Koin XCH

Koin XCH adalah cryptocurrency asli yang digunakan pada jaringan Chia. XCH digunakan untuk transaksi serta insentif hadiah bagi pengguna. Jika anda tertarik untuk membeli dan mendapatkan koin XCH atau Chia Coin, anda dapat melakukan 2 cara berikut ini :

1. Membeli Chia

Chia merilis penawaran umum perdana pada awal Mei dan mencapai level tertinggi $1,612 per koin pada 16 Mei. Harga telah melambung dengan pembohong, seperti kebanyakan cryptocurrency , tetapi Anda dapat membeli seseorang di mana saja Anda bisa mendapatkan sebagian besar cryptocurrency, seperti Binance atau Kraken . Anda harus terlebih dahulu membeli Tether Coin , di mana setiap koin bernilai sangat dekat dengan $1 USD, tetapi kemudian Anda dapat menggunakannya untuk membeli Chia.

2. Pertanian Chia

Farming Chia lebih murah tapi sedikit lebih banyak terlibat. Koin Chia menang. Semakin banyak ruang penyimpanan yang Anda miliki untuk Chia, semakin besar kemungkinan Anda memenangkan blockchain . Jika Anda memiliki 10 TB yang potensial untuk bertani koin Chia, peluang Anda untuk memenangkannya hanya 0,000052%. Ini terdengar rendah, tetapi jika Anda tidak menggunakan ruang tersebut, Anda sebaiknya menggunakannya.

Jika Anda menang, hadiah saat ini adalah 2 XCH, yang merupakan singkatan dari koin Chia. Hadiah ini akan berkurang selama tiga tahun ke depan dan kemudian stabil pada level itu.

Chia mungkin tidak membutuhkan kekuatan melihat yang luas, tetapi masih membutuhkan waktu. Plot harus dibajak. Untuk ruang penyimpanan yang lebih besar, bisa memakan waktu berhari-hari.


Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Chia Coin (XCH) Cryptocurrency"