Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Kusama (KSM) Cryptocurrency

Mengenal Apa Itu Kusama (KSM) Cryptocurrency
Mengenal Apa Itu Kusama (KSM) Cryptocurrency

Kusama (KSM) adalah salah satu mata uang digital yang berjalan di ekosistem Polkadot . Aset kripto menjadi aset dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar ke-3 di ekosistem Polkadot dibawah Polkadot (DOT) dan Chainlink (LINK).

Kusama sendiri disebut sebagai blockchain percobaan yang diciptakan untuk para pengembang yang ingin menciptakan  blockchain mereka sendiri sebelum diluncurkan secara resmi di jaringan ekosistem Polkadot.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu Kusama (KSM), cek ulasan artikel berikut ini yang sudah dirankum oleh Budak Duit Indonesia dari beberapa sumber. Selamat Membaca!.


 Apa Itu Kusama (KSM) Cryptocurrency

Kusama (KSM) adalah sebuah platform blockchain percobaan atau pra-produksi yang dapat digunakan oleh pengembang untuk menciptakan blockchain mereka sendiri sebelum di rilis di ekosistem Polkadot. Dengan adanya Kusama para pengembang mana pun dapat bereksperimen dan menguji blockchain atau aplikasi baru yang mereka ciptakan sebelum merilisnya di jaringan ini.

Screenshot Website Kusama (KSM)
Screenshot Website Kusama (KSM)

Kusama mencoba memberi pengembang lebih banyak fleksibilitas saat mereka menyelesaikan desain proyek Polkadot mereka. Selain itu, Kusama juga menawarkan aturan yang lebih longgar daripada ekosistem utama yaitu Polkadot, termasuk parameter tata kelola yang tidak ketat.

Dengan kata lain Kusama meniru sebagian besar fitur dan desain utama dari Polkadot. Misalnya, Kusama menggunakan dua jenis blockchain, yaitu jaringan utama yang disebut dengan rantai relai, di mana transaksi bersifat permanen dan jaringan yang dibuat pengguna atau yang disebut dengan parachains. 

Parachains dapat disesuaikan untuk penggunaan apa pun dengan memanfaatkan rantai relai utama untuk keamanan. 

Keuntungan potensial dari memulai proyek di Kusama adalah memungkinkan proyek Polkadot membangun basis pengguna dan mendapatkan daya tarik di komunitas sebelum peluncuran resmi.


Siapa yang Menciptakan Kusama?

Kusama didirikan pada tahun 2016 oleh pencipta Polkadot, Gavin Wood (salah satu pendiri Ethereum ), Peter Czaban dan Robert Habermeier. 

Latar belakang Wood terkenal saat ia menemukan Solidity, bahasa yang digunakan oleh pengembang untuk menulis aplikasi terdesentralisasi (dapps) di Ethereum. Dia juga CTO pertama Yayasan Ethereum, dan sebelumnya adalah ilmuwan riset di Microsoft.  

Wood mendirikan perusahaan bernama Parity Technologies pada tahun 2015 yang mengelola Substrate, kerangka kerja pengembangan perangkat lunak yang digunakan oleh pengembang Kusama yang ingin membuat parachains. 

Wood juga presiden Yayasan Web3, organisasi nirlaba yang melakukan penjualan token Polkadot, mengumpulkan sekitar $200 juta dari investor dalam prosesnya. 


Bagaimana Cara Kerja Kusama?

Jaringan Kusama memungkinkan pembuatan dua jenis blockchain. 

  1. Rantai Relay adalah blockchain utama dari Kusama. Jaringan ini adalah tempat transaksi diselesaikan. Untuk mencapai kecepatan yang lebih besar, rantai relai memisahkan penambahan transaksi baru dari tindakan validasi transaksi tersebut. 
  2. Parachain adalah blockchain khusus yang menggunakan sumber daya komputasi rantai relai untuk mengkonfirmasi bahwa transaksi akurat. 


Rantai Relay

Untuk menjaga agar jaringannya setuju tentang status sistem, Rantai Relay Kusama menggunakan variasi konsensus proof-of-stake (PoS) yang disebut nominated proof-of-stake (NPoS).
Sistem ini memungkinkan siapa saja yang mempertaruhkan KSM dengan mengunci cryptocurrency dalam kontrak khusus untuk melakukan satu atau lebih peran berikut yang diperlukan untuk operasinya:  

  • Validator – Memvalidasi data dalam blok parachain. Mereka juga berpartisipasi dalam konsensus dan memberikan suara pada perubahan yang diusulkan ke jaringan.
  • Nominator – Mengamankan Relay Chain dengan memilih validator yang dapat dipercaya. Nominator mendelegasikan token KSM yang dipertaruhkan kepada validator dan dengan demikian mengalokasikan suara mereka kepada mereka.

Pengguna yang mempertaruhkan KSM dan melakukan peran ini juga memenuhi syarat untuk menerima hadiah KSM.


Tata Kelola Kusama 

Tiga jenis pengguna Kusama dapat mempengaruhi pengembangan perangkat lunak. Ini termasuk:

  1. Ruang Referendum – Siapa pun yang membeli token KSM dapat mengusulkan perubahan ke jaringan dan menyetujui atau menolak perubahan besar yang diusulkan oleh orang lain. 
  2. Dewan – Dipilih oleh pemegang KSM, anggota dewan bertanggung jawab untuk mengusulkan perubahan dan menentukan perubahan yang diusulkan oleh pemegang KSM yang dibuat untuk perangkat lunak. Dewan Kusama dimulai dengan tujuh kursi, tetapi dimaksudkan untuk meningkat seiring dengan meningkatnya minat masyarakat
  3. Panitia Teknis – Terdiri dari tim yang aktif membangun Kusama, kelompok ini dapat membuat proposal khusus jika terjadi keadaan darurat. Anggota komite teknis dipilih oleh anggota Dewan.


Perbedaan Kusama dan Polkadot

Kusama dicap sebagai "jaringan kenari" untuk blockchain Polkadot, yang berarti ia menyediakan rilis kode awal yang tidak diaudit dan tersedia sebelum diluncurkan di Polkadot. 

Perbedaan utama pertama antara kedua jaringan adalah kecepatan sistem tata kelola. Di Kusama, dibutuhkan tujuh hari untuk memberikan suara pada referendum dan delapan hari untuk menerapkan perubahan setelah pemungutan suara, dibandingkan dengan satu bulan untuk masing-masing di Polkadot.

Kedua, menjadi validator di Kusama jauh lebih mudah, karena persyaratan minimum staking lebih rendah daripada di Polkadot.

Penting untuk diingat bahwa Kusama adalah blockchain untuk eksperimen, dan ia memberikan stabilitas dan keamanan untuk meningkatkan kecepatan jaringan.


Apa Itu Koin KSM?

Gambar Koin KSM
Gambar Koin KSM

Koin KSM adalah token asli yang digunakan pada jaringan Kusama.  Adapun kegunaan utama dari koin KSM di platform Kusama adalah :

  • Validasi jaringan
  • Nominasikan validator
  • Ikatan parachains atau parathreads
  • Berikan suara pada referendum pemerintahan


Mengapa KSM Memiliki Nilai?

Cryptocurrency KSM memainkan peran kunci dalam memelihara dan mengoperasikan jaringan Kusama.

Dengan memiliki dan mempertaruhkan KSM, pengguna mendapatkan kemampuan untuk memberikan suara pada peningkatan jaringan, dengan setiap suara sebanding dengan jumlah mata uang kripto KSM yang mereka pertaruhkan. 

Kusama memberi penghargaan kepada para pengguna ini dengan KSM yang baru dicetak berdasarkan berapa banyak token yang mereka pertaruhkan, dengan validator dan nominator menerima hadiah.

Namun yang perlu diperhatikan oleh investor adalah tidak ada batasan pasokan KSM. Sebaliknya, token KSM baru diharapkan akan dirilis selamanya, pada tingkat inflasi yang telah ditentukan.


Prediksi Harga Koin KSM Di Masa Depan

Saat artikel ini dibuat, harga aset kripto Kusama (KSM) adalah senilai $321.86 USD. Koin KSM berada di urutan ke-49 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $2,726,217,332 USD. Saat ini koin KSM yang beredar adalah sebanyak 8,470,098 KSM dengan jumlah suplai koin maksimal yang tidak dibatasi.

Menurut Digital Coin Price, koin crypto KSM akan naik sesuai prediksi mereka dan akan menjadi aset investasi yang menguntungkan di masa depan. Harga satu koin Kusama (KSM) kira-kira bisa mencapai $554.14 USD dalam waktu 1 tahun, hampir 2X lipat dari harga Kusama saat ini.

Adapun rincian harga koin KSM dalam 5 tahun kedepan menurut data yang didapatkan dari situs Digital Coin Price adalah sebagai berikut ini:

  • Berapakah harga Kusama (KSM) setelah 1 tahun ( 2022 )?         Hingga $ 554,14 USD
  • Berapakah harga Kusama (KSM) setelah 2 tahun ( 2023 )?         Hingga $ 799,86 USD
  • Berapakah harga Kusama (KSM) setelah 3 tahun ( 2024 )?         Hingga $ 868,67 USD
  • Berapakah harga Kusama (KSM) setelah 4 tahun ( 2025 )?         Hingga $ 1,026.59 USD
  • Berapakah harga Kusama (KSM) setelah 5 tahun ( 2026 )?         Hingga $ 1,059.36 USD


Sekian dulu artikel kali ini dari Budak Duit Indonesia yang membahas tentang apa itu Kusama (KSM) cryptocurrency. Semoga artikel ini bisa membantu dan menambah referensi anda tentang aset-aset kripto, khususnya di jaringan Polkadot.

Perlu diingat berinvestasi pada aset kripto memiliki resiko tinggi untuk mengalami kerugian. Sangat penting bagi anda untuk mengetahui resiko-resiko yang bisa anda dapatkan sebelum memutuskan berinvestasi pada aset kripto. DYOR!



Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Kusama (KSM) Cryptocurrency"