Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu EOS (EOS) Cryptocurrency

Gambar Logo EOS (EOS) Cryptocurrency
Gambar Logo EOS (EOS) Cryptocurrency

EOS adalah blockchain yang dirancang untuk memfasilitasi pengoperasian program jenis baru yang disebut aplikasi terdesentralisasi (dapp).  EOS sendiri didirikan pada tahun 2017 dan diciptakan oleh Dan Larimer dan Brenden Blumer, Block.One.

Bagi anda yang tertarik dan ingin mengenal lebih jauh tentang aset crypto EOS (EOS) Blockchain. Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah menyiapkan dan merangkum artikelnya untuk anda para pembaca dan investor cryptocurrency. Selamat membaca!.


Apa Itu EOS (EOS)?

EOS (EOS) adalah platform terdesentralisasi berbasis blockchain open-source yang digunakan para pengembang untuk mengembangkan, menghosting, dan menjalankan aplikasi bisnis atau dApps. Kata EOS sendiri adalah singkatan dari Electro-Optical System. Platform ini dirancang untuk mendukung dan mengoperasikan infrastruktur digital yang aman, patuh, dan dapat diprediksi. 

Screenshot Website EOS (EOS)
Screenshot Website EOS (EOS)

Adapun beberapa keunggulan fitur yang ditawarkan oleh platform blockchain IOS diantaranya adalah :

  1. Cepat, fleksibel, dan berjalan ke depan
  2. Kinerja dan skalabilitas terdepan di industri Blockchain
  3. Platform blockchain yang dapat dikonfigurasi
  4. Beragam alat dan sumber daya pengembang
  5. Otentikasi fleksibel dan integritas data superior

EOS mendukung fungsionalitas inti yang memungkinkan bisnis dan individu untuk membuat aplikasi berbasis blockchain dengan cara yang mirip dengan aplikasi berbasis web. EOS menyediakan akses dan otentikasi yang aman, izin, hosting data, manajemen penggunaan, dan komunikasi antara dApps dan Internet. EOS didukung oleh toko toolkit web yang bertujuan untuk pengembangan aplikasi tanpa kerumitan.


Sejarah Dan Pendiri 

Platform EOS dikembangkan oleh perusahaan Block.one dan whitepaper nya sendiri ditulis oleh Daniel Larimer dan Brendan Blumer. Keduanya adalah anggota tim eksekutif Block.one, dengan Blumer menjabat sebagai CEO dan Daniel Larimer sebagai CTO.

Blumer adalah seorang pengusaha serial dan salah satu usahanya adalah melakukan penjualan aset virtual untuk video game. Dia kemudian mendirikan Okay.com, sebuah agen real estate digital yang berpusat di Hong Kong.

Larimer sendiri adalah seorang programmer perangkat lunak telah telah lebih dulu memulai serangkaian usaha di bidang kripto, yaitu BitShares dan blockchain Steem.

EOS diluncurkan Pada Juni 2018 setelah penawaran koin awal yang mengumpulkan $ 4,1 miliar dalam bentuk crypto untuk Block.one, perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak sumber terbuka yang disebut EOS.IO yang digunakan pada platform.


Keunikan EOS

EOS dipandang sebagai pesaing langsung Ethereum, dengan ambisi untuk menjadi lebih besar, lebih baik, dan lebih cepat. Dengan bertambahnya ekosistem DApps dari waktu ke waktu di jaringan blockchain, tentunya ketersediaan akan sumber daya yang terbatas adalah masalah utama saat ini. EOS.IO hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menawarkan skalabilitas, fleksibilitas, dan kegunaan melalui mekanisme uniknya.

EOS.IO mengklaim dapat mendukung ribuan DApps skala komersial tanpa mengalami hambatan kinerja melalui penggunaan eksekusi paralel dan metodologi komunikasi asinkron di seluruh jaringan. Dengan cara peningkatan Efisiensi menggunakan modul terpisah di dalam kerja DApps. Contohnya adalah proses otentikasi akan dilakukan secara terpisah dari proses eksekusi itu sendiri.

EOS memiliki fitur kegunaan utama—termasuk toolkit web untuk pengembangan antarmuka, antarmuka yang mendeskripsikan diri sendiri, skema database yang mendeskripsikan diri sendiri, dan skema izin deklaratif. Semua ini membuat tugas pengembang membuat dan memelihara aplikasi menjadi lebih mudah.


Ekosistem EOS

Ekosistem EOS terdiri dari dua elemen utam, yaitu  perangkat lunak EOS.IO dan token EOS:

  • EOS.IO mirip dengan sistem operasi komputer. Ini mengelola dan mengontrol jaringan blockchain EOS. Perangkat lunak ini menggunakan arsitektur blockchain untuk penskalaan DApps secara vertikal dan horizontal.
  • Token EOS  adalah cryptocurrency dari jaringan EOS.

Para Pengembang hanya membutuhkan koin EOS sebagai sumber daya jaringan dan membangun serta menjalankan DApps. Pemegang Token yang tidak menjalankan aplikasi apa pun dapat mengalokasikan atau menyewakan bandwidth mereka kepada peserta lain yang membutuhkannya.

Saat ini dimiliki oleh perusahaan block.one, EOS diluncurkan oleh Dan Larimer, yang juga merupakan pendiri dan pencipta platform mapan termasuk Bitshares dan Steem.


Keamanan Jaringan EOS

EOS menggunakan mekanisme konsensus bukti kepemilikan yang didelegasikan. Konsep ini dirancang oleh Larimer dengan tujuan untuk memecahkan beberapa kelemahan yang terlihat pada mekanisme konsensus PoW dan PoS.

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, bahwa token EOS dapat memilih perwakilan yang akan bertanggung jawab untuk memvalidasi setiap transaksi. Salah satu keuntungannya adalah ini membantu menghilangkan konsolidasi, di mana penambang yang lebih kecil didorong keluar oleh mereka yang memiliki tingkat daya dan sumber daya komputasi yang lebih besar.


Apa Itu Koin EOS?

Gambar Koin EOS Cryprocurrency
Gambar Koin EOS Cryprocurrency

Koin EOS adalah mata uang digital atau cryptocurrency utama yang menggerakkan jaringan EOS. Koin ini digunakan sebagai sistem pembayaran di jaringan. Koin EOS awalnya dibangun di atas Ethereum sebagai token ERC20, tetapi sejak itu telah dipisahkan ke mainnet nya sendiri. Sekarang, seperti Ethereum, Dapps lain dapat hidup di protokol EOS.


Harga Dan Prediksi Koin EOS Di Masa Depan

Harga aset kripto EOS (EOS) saat artikel ini dibuat berdasarkan data yang didapatkan dari situs CoinMarketCap (28/8/2021) adalah senilai  $4,96 USD >Dengan total nilai kapitalisasi pasar sebesar $4.747.963.023 USD, membuat koin EOS berada di urutan ke-31 diantara aset kripto lainnya. Saat ini jumlah koin EOS yang beredar diseluruh bursa kripto global adalah sebanyak 956.612.390 koin EOS dengan jumlah suplai maksimal koin yang tidak terbatas.

Prediksi harga koin EOS dimasa depan adalah sekitar  $24.89 USD menurut situs Digital Coin Price. Situs prediksi aset crypto ini sangat yakin bahwa harga koin EOS akan naik sesuai dengan prediksi mereka. Digital Coin Price berpendapat bahwa koin EOS adalah aset kripto yang menguntungkan untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Dalam kurun waktu satu tahun kedepan dari hari ini, satu koin EOS kira-kira bisa mencapai $9.05 USD dalam waktu 1 tahun atau hampir 2 kali lipat dari harga koin EOS saat ini.

Adapun harga koin EOS dalam 5 tahun kedepan menurut situs Digital Coin Price adalah sebagai berikut:

  • Berapa harga EOS (EOS) setelah 1 tahun? Hingga $9.05 USD
  • Berapa harga EOS (EOS) setelah 2 tahun? Hingga $9,1 USD
  • Berapa harga EOS (EOS) setelah 3 tahun? Hingga $10.17 USD
  • Berapa harga EOS (EOS) setelah 4 tahun? Hingga $ 16,74 USD
  • Berapa harga EOS (EOS) setelah 5 tahun? Hingga $18,47 USD


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas tentang apa itu EOS (EOS) blockchain. Artikel ini dibuat sekedar untuk berbagi tentang dunia investasi (kripto, saham, reksa dana, properti dan investasi lainnya) dan perlu diingat segala aktivitas investasi yang anda lakukan baik itu kerugian ataupun keuntungan merupakan tanggung jawab penuh dari diri anda sendiri. DYOR!





Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu EOS (EOS) Cryptocurrency"