Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Harmony (ONE) Cryptocurrency


Gambar Logo Harmony (ONE) Cryptocurrency
Gambar Logo Harmony (ONE) Cryptocurrency

Dengan banyak proyek blockchain yang berusaha memberikan layanan terbaik kepada DeFi kepada para penggunanya.Harmoni (ONE) adalah salah satu proyek luar biasa berbasis blockchain yang memiliki inovasi untuk meningkatkan efisiensi desentralisasi dalam skala besar.

ONE, token asli dari blockchain Harmony, telah mengalami lonjakan harga ke level tertinggi baru sejak awal Maret. Menurut situs CoinMarketCap, koin ini mencapai level harga tertingginya tertinggi sepanjang masa senilai $0.2233 USD pada 29 Maret 2021 lalu. 

Untuk mengenal lebih jauh apa itu Harmony (ONE) Cryptocurrency. Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkumnya untuk anda para pembaca dan investor kripto. DYOR!


Apa Itu Harmony (ONE) Cryptocurrency?

Harmony (ONE) adalah platform blockchain terdesentralisasi yang dirancang untuk memungkinkan pengguna membuat aplikasi terdesentralisasi sambil memanfaatkan layanan skalabel dan interoperable terbaik. Harmony Diluncurkan sebagai bagian dari initial exchange offering (IEO) di Binance Launchpad pada Mei 2019.

Screenshot Website Harmony (ONE) Cryptocurrency
Screenshot Website Harmony (ONE) Cryptocurrency

Platform ini pada dasarnya bertujuan untuk menyediakan opsi untuk menciptakan pasar token yang dapat dipertukarkan dan aset yang tidak dapat dipertukarkan, mengikuti jalan untuk berbagi data dengan privasi pengguna. Itu telah berusaha untuk memperkenalkan sistem infrastruktur sharding untuk memfasilitasi keamanan yang terbukti dan transaksi cepat bagi pengguna.

Harmony adalah salah satu komunitas yang dihosting oleh blockchain jaringan Ethereum (ETH) . Oleh karena itu, Harmony dianggap perlu untuk menawarkan solusi untuk tantangan penting yang membatasi Ethereum. Infrastruktur sharding bertenaga Harmony diperkenalkan untuk memulihkan masalah skalabilitas yang dihadapi jaringan Ethereum saat ini. Sejumlah proyek blockchain telah berusaha untuk mengatasi tantangan ini. Namun, sebagian besar terbukti tidak ada yang bisa mengatasinya atau hanya berdampak sedikit pada jaringan. Oleh karena itu, Harmony telah terbukti unik dan luar biasa di antara yang lain dan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk transaksi yang terukur dan sangat cepat.. 


Sejarah Harmoni

Seorang insinyur veteran dalam protokol kriptografi, Stephen Tse, mendirikan Harmony pada tahun 2017. Tujuannya adalah untuk menyediakan platform blockchain yang terbuka, terdesentralisasi, dan tidak dapat dipercaya untuk pengguna global DeFi. Di samping Tse, ada tim yang terdiri dari 20 anggota lain yang bergabung dalam upaya evolusi proyek. Tim pendiri ini melibatkan para ahli dengan beragam pengalaman dalam pengembangan perangkat lunak, pembelajaran mesin, kecerdasan buatan, realitas virtual, dan teknologi blockchain.

Dengan upaya untuk meningkatkan adopsi platform dan mendapatkan lebih banyak kolaborator, tim mulai mengadakan pertemuan yang konsisten di San Francisco. Ini mulai menarik minat banyak investor beberapa bulan setelah peluncuran dan mengumpulkan lebih dari $18 juta setelah proyek penggalangan dana pada 2019.

Harmony telah menarik perhatian dari banyak investor seperti Consensus Capital Silicon Valley, Lemniscap VC Hong Kong, dan lainnya. Lebih dari 2,8 miliar koin ONE dibeli oleh investor, dengan 12,6 miliar di antaranya disisihkan untuk pra-penambangan. Kepada para investor nya, Harmony menjanjikan akses ke ekosistem yang akan mendukung penerapannya di berbagai pasar, dengan fokus pada berbagi data, pasar terdesentralisasi, pelacakan rantai pasokan, pertukaran iklan, sistem peringkat kredit, dan permainan.

Harmony telah mampu membesarkan komunitas offline dan online yang progresif. Proyek ini telah mengakomodasi peningkatan jumlah pengguna baru sejak diluncurkan.


Apa Tujuan Harmoni?

Pengembangan Harmony berfokus pada gagasan bahwa tidak ada platform yang mencapai tingkat keseimbangan yang memuaskan antara desentralisasi dan skalabilitas, seperti yang dijelaskan dalam whitepaper proyek . Berdasarkan ini, ia berjanji untuk mengirimkan barang dengan tujuan berikut:

  • Harmony ingin menyingkirkan batasan struktural yang mencegah cryptocurrency menjadi uang digital asli. 
  • Throughput transaksi yang lebih tinggi adalah yang seharusnya membedakan Harmony dari Ethereum dan solusi block.
  • Protokol konsensus Harmony berlaku untuk kecepatan dan efisiensi energi. 


Fitur Teknologi Harmony

Platform dalam desainnya yang unik menampilkan protokol konsensus, sistem deep sharding harmony, interoperabilitas lintas-rantai, dan Distributed Randomness Generation (DRG) yang merupakan kontributor utama fungsionalitasnya yang luar biasa di platform Harmony.

Mekanisme teknis yang sangat penting yang diterapkan Harmony adalah proses Sharding. Sistem Sharding berfokus pada efisiensi transaksi dan lapisan konsensus dalam ekosistem Harmony. Ini menggunakan shard 0, shard 1, shard 2, dan shard 3 untuk mendukung masing-masing 250 validator.

Sistem pada dasarnya meningkatkan fungsionalitas platform dan kapasitas pemrosesan untuk pengalaman transaksi yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih murah.


Bagaimana Deep Sharding Harmony Bekerja?

Sharding telah muncul sebagai salah satu metode di mana pengembang blockchain bertujuan untuk meningkatkan kecepatan transaksi platform berbasis blockchain. Singkatnya, konsep ini bertumpu pada pendekatan yang sudah digunakan dalam database untuk meningkatkan efisiensinya. Salah satu implementasi sharding yang paling terkenal di dunia kripto adalah yang digunakan dengan Zilliqa . Setiap pecahannya mampu memproses sebagian kecil dari totalitas transaksi yang terjadi di jaringan Zilliqa. Platform dengan demikian mendapat untung dari peningkatan jumlah pecahan di atasnya, karena transaksi dapat dikelola oleh lebih banyak unit yang menanganinya.

Seharusnya, masalah yang dimiliki pengembang Harmony dengan pendekatan ini adalah tidak termasuk pembagian penyimpanan data blockchain. Ini mencegah perangkat dengan akses terbatas ke sumber daya untuk berpartisipasi dalam jaringan dan meningkatkan risiko serangan pengambilalihan pecahan tunggal. Alih-alih ini, Harmony mengusulkan sharding mendalam dari status blockchain:

  • Pendekatan ini melibatkan sharding pada lapisan transaksi dan konsensus.
  • Berdasarkan ini, node dapat mengidentifikasi node lain yang dapat berperan dalam transaksi dan melakukan transaksi hanya dengan mereka sebagai bagian dari prosedur pembangunan konsensus.
  • Ini seharusnya meningkatkan kapasitas pemrosesan paralel dan, pada gilirannya, kinerja throughput platform.
  • Akhirnya, penghapusan kebutuhan untuk menyimpan seluruh status blockchain oleh node memungkinkan perangkat berkapasitas lebih kecil untuk menjadi node di jaringan juga.


Bagaimana Sharding Harmony Melindungi Dirinya Sendiri?

Sistem sharding akan lebih rentan terhadap serangan kode berbahaya jika bukan karena penugasan node secara acak ke shard. Berdasarkan pengacakan, kode mengalami kesulitan menemukan pecahan yang sesuai dengannya. Ini telah menyebabkan berbagai opsi diimplementasikan dengan berbagai platform crypto yang menggunakan teknologi ini.

Distributed Randomness Generation (DRG) yang digunakan oleh Harmony muncul setelah pengembangnya mempelajari solusi serupa yang digunakan oleh orang-orang seperti OmniLedger dan RapidChain . Semuanya ditemukan kurang dalam aspek kunci, seperti kecepatan dan keamanan, yang mengarah pada pembuatan sistem unik untuk Harmony:

  • Tim Harmony menggabungkan kekuatan dari Verifiable Random Function (VRF), yang diimplementasikan di Algorand dan Verifiable Delay Function (VDF) yang diusulkan untuk Ethereum 2.0. Dengan bantuan BRH, node validator membuat angka acak dan meneruskannya ke node pemimpin yang menggunakan informasi ini untuk menghasilkan angka acak akhir. Pada saat yang sama, VDF digunakan untuk menunda pengungkapan nomor ini agar prosesnya lebih aman.
  • Dibandingkan dengan protokol DRG RandHound OmniLedger yang digambarkan terlalu lambat untuk sistem desentralisasi yang lebih besar, solusi Harmony seharusnya jauh lebih cepat. Selain itu, dibandingkan dengan sistem VSS, seperti yang ditemukan dengan RapidChain, protokol Harmony digambarkan sebagai tidak biasa dan dapat diverifikasi.
  • Akhirnya, Harmony melampaui apa yang diusulkan untuk Ethereum 2.0 dengan menerapkan konsensus BFT untuk memberikan finalitas ke nomor acak.


Apa itu Konsensus FBFT?

Bergerak melampaui protokol konsensus Proof-of-Work dan Proof-of-Stake standar, Harmony menggunakan solusi sendiri yang disebut Fast Byzantine Fault Tolerance (FBFT). Ini datang sebagai tanggapan terhadap model Practical Byzantine Fault Tolerance (PBFT) Zilliqa yang dianggap meningkatkan kompleksitas proses komunikasi:

  • Dengan FBFT, node validator di Harmony tidak terlibat dalam penyiaran suara. Pada saat yang sama, ukuran multi-tanda tangan dirancang untuk mengurangi kompleksitas manajemen komunikasi.
  • Validator ditunjuk berdasarkan pendekatan Proof of Stake yaitu pemilihan mereka tergantung pada kepemilikan sejumlah token tertentu. Semakin besar jumlah mereka, semakin tinggi kesempatan untuk seleksi.
  • Dengan Harmony, rantai suar adalah rantai pecahan khusus yang menerima pasak validator. Itu juga bertugas dengan pembuatan nomor acak untuk DRG.


Komunikasi Lintas Shard

Komunikasi lintas shard diaktifkan pada platform Harmony dengan bantuan Kademlia , tabel hash terdistribusi dan protokol perutean. Teknologi ini digambarkan sebagai aset utama yang seharusnya menurunkan kompleksitas prosedur komunikasi yang berjalan di jaringan Harmony.

Berdasarkan Kademlia, setiap node jaringan menyimpan tabel perutean yang menyimpan informasi tentang jarak shard yang tersisa, yang merupakan fungsi dari ID shard. Node yang merupakan bagian dari pecahan dapat mengirim pesan ke pecahan dengan ID terdekat saja, menghilangkan kebutuhan untuk menyiarkan pesan ke semua pecahan lain di "lingkungannya". Perutean Kademlia juga digunakan untuk mengirim header blok ke rantai suar setiap kali blok baru ditambahkan ke rantai pecahan.


Apa Itu Koin ONE?

Gambar Token ONE
Gambar Token ONE

Koin ONE adalah token crypto asli dari platform Harmony blockchain yang berfungsi untuk mengatur sebagian besar aktivitas yang berjalan di platform tersebut. Nama koin ONE sendiri berasal dari visi platform Harmony yaitu “For One And For All”. Koin ONE digunakan untuk mengamankan jaringan, melakukan transaksi di jaringan, serta memberi penghargaan kepada pengguna platform dan koin tata kelola. Hal tersebut dilakukan dengan cara berikut:

  • Koin One digunakan sebagai taruhan dalam model konsensus yang digunakan dengan Harmony. Pemegang dapat memperoleh hadiah blok dan diberi insentif untuk menjaga sistem tetap sehat.
  • Token digunakan untuk membayar berbagai biaya, termasuk biaya transaksi, biaya penyimpanan, dan biaya gas.
  • Dengan bantuan koin ONE, pemegang diberikan hak suara sebagai bagian dari sistem tata kelola platform.
Platform ini memungkinkan entri validator yang mudah dan aman ke dalam protokol. Kondisi staking adalah minimal 10.000 SATU token. Validator ini kemudian menerima hadiah tergantung pada porsi SATU token yang dipertaruhkan. Mereka mendapatkan hadiah pada persentase tertentu dari token. Stakeholder manipulatif yang melakukan double sign dipotong sebagian besar dari saham mereka dan dihilangkan dari jaringan.

Berapa Harga Koin ONE Dan Prediksi Harganya

Berdasarkan data yang didapatkan dari website crypto CoinMarketCap (16/8/2021). Harga koin ONE saat ini adalah senilai $0.114093 USD. aset kripto Harmony (ONE) berada di urutan ke-83 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $1.190.790.261 USD saat ini. Adapun total koin ONE yang beredar adalah sebanyak 10.437.053.227 koin ONE dengan total maksimal suplai koin maksimal yang dibatasi sebanyak 12.600.000.000 koin ONE.

Adapun prediksi harga koin crypto ONE dimasa depan menurut website Wallet Investor bahwa aset mata uang digital Harmony (ONE) memiliki rating 'A+'. Hal tersebut berarti Wallet Investor berpendapat koin ONE sangat berpotensi untuk menghasilkan keuntungan jika dijadikan sebagai investasi kripto jangka panjang.

Menirut situs Wallet Investor, jika Anda mencari mata uang digital atau cryptocurrency dengan pengembalian keuntungan yang baik, ONE bisa menjadi pilihan investasi yang menguntungkan. Dengan investasi 5 tahun, pendapatan diharapkan sekitar +377,39%. Investasi $100 Anda saat ini mungkin mencapai $477,39 pada tahun 2026.



Kesimpulan

Harmoni memiliki dampak besar pada dunia DeFi sejak evolusinya. Platform ini berfokus pada peningkatan desentralisasi untuk meningkatkan ekosistem DeFi dalam mencapai adopsi bruto. Pada dasarnya berguna untuk membangun aplikasi terdesentralisasi, sehingga menampilkan solusi yang mampu mendukung pembuatan dApps.

Lebih lanjut, Harmony (ONE) menawarkan layanan yang sangat terukur kepada pengguna sambil menyediakan program konsensus yang sangat cepat dan efisien bagi pengguna. Ini juga memungkinkan pelaksanaan proses transaksi yang sangat cepat dengan protokol komunikasi yang mudah di dalam jaringan.

Khususnya, Harmony terkenal dengan keamanan terbaik yang ditawarkannya saat menjalankan transaksi di jaringan.

Harmoni dalam desainnya terbukti unik di antara yang lainnya. Ini telah menarik minat sejumlah besar investor. Tingkat adopsi di jaringan setelah meluncurkan mainnet pada pertengahan 2019 telah tumbuh dengan lonjakan besar.

Model yang diadopsinya memprediksi masa depan yang sukses untuk jaringan terlepas dari persaingan di sekitarnya di pasar crypto.

Harmoni adalah salah satu fasilitator penting bagi pertumbuhan ekosistem keuangan yang terdesentralisasi dan efisien dalam layanannya.




Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Harmony (ONE) Cryptocurrency"