Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Filecoin (FIL) Dan Prediksi Harga Koin FIL

Gambar Logo Filecoin (FIL)
Gambar Logo Filecoin (FIL)

Filecoin adalah jaringan penyimpanan terdesentralisasi yang menggunakan teknologi blockchain. Filecoin bisa dibilang menjadi pesaing utama penyimpanan digital berbasis cloud. Hal tersebut dikarenakan saat ini sudah banyak perusahaan besar yang sudah menggunakan Filecoin untuk mempercayakan data-data mereka disimpan di jaringan ini. Contoh perusahaan besar yang sudah menggunakan Filecoin diantaranya adalah Microsoft dan Netflix.

Filecoin (FIL) bisa saja menjadi investasi yang menguntungkan dimasa depan jika dilihat dari potensi dan layanan yang ditawarkan karena penggunaannya di dunia nyata. Jika anda saat ini sedang tertarik untuk membeli koin FIL dan menjadikannya sebagai salah satu aset investasi kripto anda. Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkum artikel yang membahas tentang Filecoin (FIL). 

Selamat membaca!.


Apa itu Filecoin (FIL)?

Filecoin adalah cryptocurrency yang bertujuan untuk memberi insentif kepada jaringan global operator komputer untuk menyediakan layanan berbagi dan penyimpanan file. 

Pendiri proyek mengklaim bahwa jika cukup banyak orang yang mengadopsinya, itu bisa menjadi cara tercepat dan termurah untuk menyimpan data di internet. Terlebih lagi, itu tidak akan bergantung pada otoritas pusat, yang berarti pertukaran file-nya tidak dapat disensor oleh pemerintah atau aktor lain. 

Screenshot Website Filecoin (FIL)
Screenshot Website Filecoin (FIL)

Ini karena Filecoin dikelola oleh penambang yang mendedikasikan daya komputasi untuk menyediakan komputasi yang membuatnya bekerja. Penambang Filecoin dibayar untuk menyediakan ruang penyimpanan bagi pengguna. Pengguna Filecoin, pada gilirannya, harus membayar penambang untuk penyimpanan, pengambilan, atau distribusi data ini. 

Jaringan Filecoin beroperasi di atas protokol lain untuk penanganan file terdesentralisasi yang disebut Interplanetary File System (IPFS). Kedua sistem memiliki banyak kesamaan, meskipun perbedaan utamanya adalah meskipun IPFS gratis untuk digunakan, itu tidak akan menghasilkan uang bagi penambang. Filecoin membutuhkan biaya untuk digunakan, tetapi juga dapat menghasilkan pendapatan. 


Sejarah Dan Pendiri Filecoin

Filecoin adalah perangkat lunak sumber terbuka yang dibuat oleh Protocol Labs, perusahaan yang sama yang menciptakan teknologi seperti IPFS dan Libp2p yang bertujuan untuk menggantikan protokol internet yang ada. 

Misalnya, IPFS adalah sistem yang dapat menggantikan protokol hypertext Web, yang menetapkan bahwa alamat web harus dimulai dengan awalan http://. 

Protocol Labs didirikan oleh Juan Benet, yang ikut mendirikan pengembang game bernama Loki Studios saat belajar ilmu komputer di Stanford. Perusahaan ini diakuisisi oleh Yahoo pada tahun 2013. Benet kemudian berpartisipasi dalam akselerator startup Y Combinator untuk memulai Protocol Labs.

Protocol Labs telah menerima dana dari investor terkemuka seperti Digital Currency Group, akselerator startup Stanford University StartX, co-founder Coinbase Fred Erhsam dan pendiri AngelList Naval Ravicant. 

Penawaran koin awal Filecoin, yang berlangsung dari Agustus hingga September 2017, selanjutnya mengumpulkan $257 juta dari sejumlah perusahaan modal ventura terkenal seperti Sequoia Capital, Andreessen Horowitz, dan Union Square Ventures. Penawaran Filecoin adalah yang terbesar dari jenisnya pada saat itu. 


Bagaimana cara kerja Filecoin?

Ilustrasi Mining Filecoin (FIL)
Ilustrasi Mining Filecoin (FIL)

Filecoin sedikit mirip dengan Dropbox, tetapi didukung oleh blockchain. Pengguna yang ingin menyimpan beberapa data di jaringan Filecoin harus membayar penambang untuk melakukannya. 

Berapa banyak mereka membayar ditentukan oleh pasar terbuka di mana penambang bersaing satu sama lain untuk menawarkan harga terendah untuk penyimpanan. Filecoin mengklaim pasar ini akan menjadi "hiperkompetitif" dan karenanya lebih murah daripada penyimpanan data terpusat seperti Amazon Web Services. 

Penambang, pada gilirannya, memiliki insentif untuk menyediakan penyimpanan karena mereka memiliki peluang untuk menerima hadiah dari jaringan dalam bentuk token Filecoin. Semakin banyak penyimpanan yang mereka tawarkan ke jaringan, semakin baik peluang mereka untuk menerima hadiah. 

Tapi penghargaan ini tidak gratis. Penambang harus melakukan beberapa proses komputasi intensif (disebut bukti) untuk membuktikan ke jaringan bahwa mereka menyimpan data yang mereka klaim untuk disimpan, dan bahwa mereka melakukannya dengan andal selama periode waktu tertentu. 

Jika mereka melakukannya dengan andal dan menyediakan penyimpanan yang cukup, maka mereka dapat membuat blok baru di blockchain Filecoin dan menerima hadiah jaringan dan biaya transaksi.

Proof-of-Replication and Proof-of-Spacetime

Blockchain mengandalkan mekanisme yang disebut bukti untuk memastikan bahwa semua pengguna jaringan dapat menyetujui transaksi baru. Blockchain Bitcoin, misalnya, bergantung pada bukti kerja, di mana seorang penambang harus menunjukkan bahwa ia telah melakukan sejumlah besar perhitungan untuk mendapatkan hak untuk menambahkan transaksi baru ke blockchain dan mengklaim Bitcoin yang baru dicetak.

Filecoin menggunakan dua bukti baru untuk memverifikasi bahwa penambang benar-benar menyimpan data yang mereka klaim. Proof-of-Replication menunjukkan bahwa penambang telah benar-benar menyimpan jumlah salinan data yang diklaimnya. Proof-of-Spacetime menunjukkan bahwa penambang telah menyimpan data selama periode waktu yang disepakati. 

Bersama-sama, bukti-bukti ini memungkinkan pengguna untuk percaya bahwa penambang memang menyimpan data yang mereka klaim. 

Pasar Penyimpanan Filecoin

Dengan menggunakan teknologi ini, Filecoin akan menawarkan pasar untuk penyimpanan disk di mana pengguna yang ingin menyimpan data dapat menawar penyimpanan yang tersedia yang ditawarkan oleh penambang yang menawarkan ruang disk. 

Penambang yang memasok ruang disk juga akan dinilai berdasarkan keandalannya serta harga penyimpanan yang mereka tawarkan. Pasar Penyimpanan Filecoin akan mirip dengan pasar keuangan, di mana pengguna dapat mengajukan penawaran dan permintaan penawaran. 

Penambangan Filecoin

Secara umum, penambang Filecoin adalah pengguna yang menawarkan penyimpanan. Ini berarti setiap pengguna dapat mencolokkan hard disk, menjalankan perangkat lunak Filecoin, dan mulai menawarkan ruang disk di Pasar Penyimpanan. Penambang ini dikenal sebagai Penambang Penyimpanan.

Tetapi ada satu lagi kategori penambang Filecoin, yang dikenal sebagai Retrieval Miners and Services. 

Penambang ini dibayar oleh pengguna untuk mengambil data dan untuk melakukan layanan yang mempercepat transmisi data, seperti caching atau berpartisipasi sebagai node dalam jaringan pengiriman konten. 


Mengapa Filecoin Memiliki Nilai?

Cryptocurrency Filecoin, FIL, adalah token asli yang memberi daya pada jaringannya. Itu berarti FIL digunakan untuk membayar penyimpanan dan pengambilan, dan untuk transaksi lainnya di jaringan. 

Karena Filecoin bergantung pada bukti penyimpanan dan ruangwaktu, ia mengklaim jaringannya terdiri dari penambang yang menyediakan layanan yang berguna secara fundamental, yaitu penyimpanan disk. 

Filecoin mengklaim bahwa Pasar Penyimpanannya akan memberikan harga yang lebih rendah daripada harga yang ditawarkan oleh pesaing terpusat seperti Amazon Web Services. 

Jika Filecoin berhasil menawarkan layanan penyimpanan terdesentralisasi yang tidak dapat dengan mudah dirusak oleh perusahaan atau pemerintah, itu juga bisa mendapatkan lebih banyak pengguna, terutama jika layanan terpusat mulai kehilangan kepercayaan dari pelanggan mereka.

Seperti Bitcoin , jumlah total FIL yang akan dibuat juga dibatasi, dalam hal ini, hingga 2 miliar token. 

Jika jaringan Filecoin tumbuh dan lebih banyak pengguna mempercayainya dengan data mereka, dan lebih banyak penambang menyediakan ruang disk, maka jumlah transaksi yang membutuhkan FIL akan bertambah. Harga FIL harus naik karena jumlah FIL yang tersedia terbatas.


Mengapa Menggunakan Filecoin?

Anda harus mempertimbangkan FIL jika menurut anda penyedia penyimpanan terpusat yang ada dapat kehilangan kepercayaan dari pelanggan mereka. 

Penyedia terpusat seperti Amazon, Microsoft, atau Google dapat mengalami tekanan dari perusahaan atau pemerintah untuk mengubah, menghapus, atau menolak layanan kepada pengguna tertentu. Hal ini dapat menimbulkan persepsi bahwa penyimpanan terpusat tidak dapat dipercaya. 

Dalam skenario ini, Filecoin dan para pesaingnya, seperti Storj, Siacoin dan Arweave, dapat mengambil keuntungan. Desain desentralisasi mereka akan menawarkan alternatif untuk layanan terpusat. 

Argumen lain yang mendukung FIL adalah keyakinan bahwa pasarnya dapat menawarkan harga yang melemahkan penyedia yang ada. Misalnya, Filecoin mengklaim bahwa sebagian besar ruang disk dunia saat ini tidak digunakan. Jika itu dapat membuka ruang disk yang tidak terpakai melalui insentif keuangan dan kriptografi, itu dapat menurunkan harga penyimpanan lebih jauh. 

Kombinasi harga yang lebih rendah dan hilangnya kepercayaan pada penyedia terpusat adalah alasan untuk mempertimbangkan penggunaan FIL. 


Apa Itu Koin FIL?

Ilustrasi Gambar Token Filecoin (FIL)
Ilustrasi Gambar Token Filecoin (FIL)

FIL adalah token asli dari jaringan Filecoin dan dibuat dengan menggunakan teknologi blockchain mereka sendiri. FIL digunakan untuk menjalankan konsensus jaringan Filcoin dan memberikan insentif kepara para pengguna jaringan untuk memberikan layanan terbarik kepada para konsumennya.

Saat ini harga koin FIL adalah senilai $54.28 USD. Koin FIL berada di urutan ke-25 berdasarkan data yang didapatkan dari situs CoinMarketCap dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $5,069,282,599 USD. 

Prediksi Koin FIL Menurut Wallet Investor

Wallet Investor adalah salah satu website yang memprediksi nilai masa depan suatu aset kripto dengan analisis teknis menggunakan algoritma yang mereka gunakan. 

Menurut mereka, koin FIL adalah investasi yang mengagumkan untuk jangka waktu 1 tahun.  Harga FIL diprediksikan bisa mencapai harga $158.882 USD dalam satu tahun kedepan dengan persentase kenaikan sebesar + 193,51 %.


Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Filecoin (FIL) Dan Prediksi Harga Koin FIL"