Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Enjin Coin (ENJ) Cryptocurrency: Bergabungnya Industri Game Dan Cryptocurrency

Gambar Logo Enjin Coin (ENJ)
Gambar Logo Enjin Coin (ENJ)

Pasar game telah menjadi industri yang semakin berkembang dari waktu-waktu, hal yag sama juga terjadi dengan mata uang digital atau cryptocurrency. Menggabungkan keduanya bisa jadi hal yang menjanjikan dimasa depan dan hal itu diwujudkan dengan adannya Enjin Coin (ENJ).

Penggabungan industri game dan teknologi cyprocurrency adalah hal nyata yang nantinya sangat menjanjikan dan saat ini masih banyak orang yang belum menyadarinya. Oleh karena itu pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia akan membahas apa itu Enjin Coin (ENJ) untuk anda para pembaca.


Apa Itu Enjin Coin (ENJ)?

Enjin adalah perangkat lunak yang memberi pengembang kemampuan untuk membuat dan mengelola barang virtual di blockchain Ethereum. Selain itu Enjin juga menawarkan ekosistem produk terintegrasi yang memudahkan semua orang untuk mengembangkan, memperdagangkan, memonetisasi, dan memasarkan dengan blockchain.

Pada tahun 2009, Enjin meluncurkan Enjin Network, platform komunitas game yang memiliki lebih dari 20 juta pengguna.  Enjin menggunakan teknologi blockchain untuk mengelola item dalam game di banyak properti yang berbeda, Enjin dapat membantu mengurangi biaya tinggi dan penipuan yang mengganggu transfer barang dan koleksi virtual dalam game. 

Screenshot Website Enjin Coin (ENJ)
Screenshot Website Enjin Coin (ENJ)

Untuk mencapai tujuan itu, Enjin telah merilis perangkat pengembangan perangkat lunak (SDK) yang memungkinkan pengguna untuk membuat aset digital di Ethereum dan mengintegrasikannya ke dalam game dan aplikasi. Hingga akhirnya pada tahun 2017 setelah ICO sukses yang mengumpulkan $18,9 juta, Enjin mulai membangun rangkaian produk blockchain yang memungkinkan siapa saja untuk dengan mudah mengelola, mengeksplorasi, mendistribusikan, dan mengintegrasikan aset blockchain.

Terdiri dari Platform Enjin, Marketplace, Wallet, Beam, dan alat serta layanan lainnya, alat Enjin memungkinkan pengembang dan studio game untuk memanfaatkan aset digital yang diberi token sebagai bagian dari strategi akuisisi, retensi, keterlibatan, dan monetisasi mereka.

Ekosistem Enjin sendiri didorong oleh Enjin Coin (ENJ), yang merupakan mata uang digital tau cryptocurrency berbasis Ethereum dengan jenis token ERC-20 yang digunakan untuk secara langsung mendukung nilai aset blockchain yang didukung Enjin.


Bagaimana Enjin Bekerja?

Kasus penggunaan utama ekosistem Enjin adalah untuk memungkinkan penggunanya membuat, mengelola dan menyimpan barang virtual game.Hal ini bisa berupa mata uang dalam game hingga token NFT yang mewakili item unik di dalam game tersebut seperti pedang atau aksesori untuk karakter.

Untuk membuat dan menghancurkan item dalam game, pengembang menyelesaikan lima langkah berikut:

  • Akuisisi – Pengembang membeli ENJ 
  • Minting – Pengembang mendesain item dalam game menggunakan ENJ yang dibeli
  • Gaming – Pemain memperoleh token dan menggunakannya dalam game untuk berbagai fungsi
  • Trading – Pemain memperdagangkan token satu sama lain
  • Melting – Pemain menjual token untuk ENJ.

Tim Enjin telah membangun berbagai SDK untuk mengaktifkan fungsi ini, yang mencakup kit yang berfokus pada dompet dan platform pembayaran. (SDK ini meminimalkan biaya dan kerumitan pembuatan barang virtual dengan menawarkan fungsionalitas umum untuk membuat barang-barang ini.)

Dalam hubungannya dengan SDK mereka, Enjin juga telah membuat antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk membantu menyebarkan item ini dalam game.


Siapa yang Menciptakan Enjin?

Enjin adalah perusahaan nirlaba yang dibuat oleh salah satu pendiri Maxim Blagov dan Witek Radomski pada tahun 2009 dan dibangun sebagai platform game komunitas.

Pada tahun 2017, Enjin meluncurkan penawaran koin awal (ICO), mengumpulkan sekitar $18,9 juta dengan menjual token ENJ untuk membangun blockchain barunya. Enjin melakukan siaran langsung pada tahun 2018.


Apa Itu Koin ENJ?

Gambar Koin ENJ
Gambar Koin ENJ

Koin ENJ adalah cryptocurrency utama yang digunakan untuk mendukung dan menggerakkan ekosistem Enjin.  Koin ENJ dibuat dengan standar token jenis ERC-20 yang di bangun di atas platform Ethereum. Koin ENJ dapat dibeli dan dijual untuk mata uang fiat atau mata uang digital lainnya. Saat ini suplai maksimal koin ENJ dibatasi hanya sampai 1 milyar koin ENJ saja dan tidak akan lebih dari itu.

Saat artikel ini dibuat, harga koin ENJ adalah senilai $1,65 USD dengan total nilai kapitalisasi pasar sebesar $1.378.656.073 USD dan membuat koin ENJ berada di urutan ke-77 berdasarkan data yang didapatkan dari situs CoinMarketCap (14/8/2021). Saat ini jumlah koin yang beredar adalah sebanyak 834.331.121 koin ENJ dengan jumlah maksimal koin sebanyak 1.000.000.000 koin ENJ.

Enjin juga sudah menyiapkan dan memiliki dompet digitalnya sendiri, yaitu Enjin Smart Wallet. Dengan dompet ini para pengguna bisa menyimpan dan memperdagangkan aset Enjin Coin (ENJ).

Adapun kegunaan Enjin Smart Wallet yang ditawarkan kepada para penggunaannya adalah:

  1. Nilai inventaris mereka, memungkinkan mereka untuk terhubung ke beberapa game dan menggunakan item mereka dalam setiap platform.
  2. Bertransaksi di antara mereka sendiri melalui dompet Enjin, artinya mereka dapat menukar koin dan barang di luar lingkungan permainan.
  3. Jual barang digital mereka untuk ENJ.


Mengapa ENJ memiliki nilai?

ENJ memungkinkan pengembang untuk mencetak item untuk lingkungan game di platform Enjin. Untuk mencetak barang virtual, pengembang harus mengunci ENJ ke dalam kontrak cerdas, sehingga memberikan nilai pada item tersebut. Ketika seorang pemain memperoleh barang-barang ini, mereka dapat menggunakannya dalam permainan, menukarnya dengan orang lain atau menjualnya untuk ENJ, sesuai dengan biaya pencetakan asli. 

Saat dijual, sebuah item dihancurkan, dan ENJ yang dikunci ke dalam kontrak pintar akan dilepaskan ke pengguna yang menjual item tersebut. Menambah nilainya adalah seperti banyak cryptocurrency lainnya, pasokan ENJ terbatas, artinya hanya 1 miliar koin ENJ saja yang dibuat dan beredar.




Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Enjin Coin (ENJ) Cryptocurrency: Bergabungnya Industri Game Dan Cryptocurrency"