Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Cosmos (ATOM) Cryptocurrency Dan Prediksi Harga

Gambar Logo Cosmos (ATOM) Cryptocurrency
Mengenal Apa Itu Cosmos (ATOM) Cryptocurrency 

Cosmos (ATOM) adalah sebuah jaringan yang diciptakan sebagai penghubung antar blockchain satu dengan blockchain lainnya dan memiliki julukan "Internet blockchains". 

Cosmos berupaya untuk memecahkan tantangan interoperabilitas untuk mata uang digital, yaitu kebutuhan dua mata uang digital untuk memiliki teknologi dan protokol yang kompatibel agar dapat berinteraksi. Protokol Komunikasi Inter-Blockchain memungkinkan pengguna bertukar aset dari satu blockchain ke blockchain lainnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang mata uang digital Cosmos (ATOM). Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkum nya untuk anda.


Apa Itu Cosmos (ATOM) Cryptocurrency

Cosmos adalah sebuah platform yang memiliki tujuan merampingkan transaksi antara berbagai blockchain, seperti Bitcoin (CCC: BTC-USD ) dan Ethereum (CCC: ETH-USD ). Cosmos dijuluki sebagai "Internet blockchains" oleh tim pendirinya.

Platform ini bertujuan untuk menciptakan "Internet Blockchains" yang berfokus pada meningkatkan interoperabilitas dan memungkinkan untuk setiap blockchain dapat berkomunikasi, berbagi data, dan bertransaksi dengan blockchain lainnya tanpa pihak pusat yang memfasilitasi aktivitas tersebut. 

Screenshot Website Cosmos (ATOM)
Screenshot Website Cosmos (ATOM)

Dengan mengizinkan banyak blockchain untuk saling terhubung, tentunya akan mengurangi persaingan antar blockchain dan mendukung terciptanya kolaborasi antar rantai.

Setiap blockchain independen baru yang dibuat dalam Cosmos (disebut "Zone") yang kemudian ditambatkan ke Cosmos Hub, sebuah jaringan yang menyimpan catatan status setiap zona ataupun sebaliknya. Cosmos Hub adalah blockchain dengan protokol Proof-of-Stake (PoS) yang ditenagai oleh cryptocurrency asli dari jaringan Cosmos, yaitu ATOM. 

Berfungsi sebagai pusat ekonomi Cosmos, Cosmos Hub adalah blockchain yang menyediakan layanan vital bagi Interchain, diantaranya adalah :

  • Marketplace: Ditetapkan untuk mengoperasikan pertukaran terdesentralisasi generasi berikutnya, menukar aset digital dari seluruh Interchain, dengan biaya yang sangat rendah dan konfirmasi transaksi instan.
  • Security Provider: Dengan fitur Interchain Staking yang akan datang, ATOM akan segera mengamankan banyak chain, dengan imbalan hadiah staking tambahan.
  • Router: Misi inti Hub – untuk menghubungkan rantai dengan membangun koneksi IBC dengan rantai yang kompatibel dan mengoperasikan jembatan terdesentralisasi dengan rantai seperti Ethereum dan Bitcoin
  • Custodian: Berada di percabangan Interchain, Hub dengan keamanan terbaik, platform terbaik untuk menyimpan aset kripto dan mengelola beberapa akun di rantai yang berbeda.

Pencipta Cosmos Dan Sejarah Singkatnya 

Interchain Foundation (ICF), sebuah organisasi nirlaba Swiss yang mendanai proyek-proyek blockchain open-source, adalah organisasi yang membantu mengembangkan dan meluncurkan Cosmos. 

Pengembang Jae Kwon dan Ethan Buchman mendirikan jaringan Cosmos pada tahun 2014, pada saat menciptakan Tendermint, algoritma konsensus yang akan melanjutkan ke kekuatan Cosmos. Kwon dan Buchman kemudian menulis buku putih Cosmos , dan merilis perangkat lunaknya pada 2019.  

Yayasan Interchain mengadakan penawaran koin awal (ICO) dua minggu dari token ATOM pada tahun 2017, pada saat itu mengumpulkan lebih dari $17 juta. Tendermint Inc. mengumpulkan $9 juta untuk melanjutkan pengembangan proyek melalui putaran pendanaan Seri A pada tahun 2019.

Rangkuman Sejarah Singkat Cosmos adalah sebagai berikut:

  • April 2017 - $17 juta terkumpul dalam 29 menit pertama dari penjualan token awal Cosmos.
  • Desember 2018 - Game of Stakes diluncurkan, yang pertama kali menguji jaringan Cosmos secara luas.
  • Maret 2019 - mainnet resmi Cosmos diluncurkan.
  • November 2019 - Lab Kava menjadi salah satu proyek pertama yang dibangun menggunakan Cosmos SDK untuk meluncurkan mainnetnya.
  • Februari 2020 - Tim Cosmos terpecah dan pendiri Jae Kwon mengundurkan diri sebagai CEO.
  • September 2020 - Cosmos bermitra dengan Nym untuk menghadirkan kredensial anonim ke ekosistem Cosmos.
  • Februari 2021 - Cosmos meluncurkan Stargate , yang mencakup rilis publik pertama dari protokol Inter-Blockchain Communication (IBC).


Bagaimana cara kerja Cosmos?

Jaringan Cosmos dibuat dan terdiri dari tiga jenis lapisan, diantaranya adalah:

  • Aplikasi – Memproses segala transaksi dan melakukan pembaruan status transaksi jaringan Cosmos
  • Jaringan – Memungkinkan terjadi komunikasi dan transaksi antar blockchains
  • Konsensus – Membantu validasi node dan mengupdate status sistem saat ini.

Untuk menyatukan semua lapisan dan untuk memungkinkan para pengembang membangun aplikasi blockchain, Cosmos mengandalkan seperangkat teknologi yang bersifat open source, diantaranya adalah: 

Tendermint

Elemen terpenting dari desain berlapis ini adalah mesin Tendermint BFT, yang merupakan bagian dari jaringan Cosmos yang memungkinkan para pengembang untuk membangun blockchain mereka sendiri tanpa harus melakukan coding dari awal. 

Tendermint BFT adalah algoritma yang dijalankan dan digunakan oleh jaringan komputer atau internet yang menjalankan perangkat lunak Cosmos untuk mengamankan jaringannya, memvalidasi transaksi dan melakukan blok ke blockchain. Ini terhubung ke aplikasi melalui protokol yang disebut user interface aplikasi Blockchain.

Tendermint Byzantine Fault Tolerance (BFT)

Inti dari Tendermint itu sendiri adalah Tendermint Core dengan mekanisme tata kelola protokol Proof-of-Stake (PoS) yang memiliki fungsi untuk menjaga jaringan komputer terdistribusi yang menjalankan Cosmos Hub agar tetap sinkron.

Para peserta ("node validator") dapat berkontribusi pada blockchain dan memberikan suara mereka pada setiap adanya perubahan kebijaka, dengan syarat mereka harus terlebih dahulu mempertaruhkan koin ATOM yang mereka miliki untuk likuiditas. Untuk menjadi validator, sebuah node harus berada di posisi 100 node teratas yang mempertaruhkan ATOM pada kolam likuiditas. Kekuatan suara ditentukan oleh jumlah ATOM yang dipertaruhkan.  

Pengguna dapat mendelegasikan token mereka ke dalam validator lain danmengalokasikan suara kepada mereka dan tetap mendapatkan sebagian dari hadiah blok. 

Validator didorong untuk bekerja dengan jujur, karena pengguna memiliki fleksibilitas untuk dengan mudah beralih di antara validator yang mereka delegasikan ATOM, tergantung pada preferensi pemungutan suara mereka.

Cosmos Hub and Zones

Cosmos Hub adalah jaringan blockchain pertama yang diluncurkan jaringan Cosmos. Cosmos Hub dibangun dan bertindak sebagai perantara antara semua blockchain independen yang dibuat dalam jaringan Cosmos, yang disebut "zone."

Di Cosmos, setiap zona mampu menjalankan fungsi esensialnya sendiri termasuk mengautentikasi akun dan transaksi yang terjadi di jaringan, membuat dan mendistribusikan token baru dan melakukan beberapa kebijakan perubahan pada blockchainnya sendiri.

Cosmos Hub memiliki fungsi untuk memfasilitasi dan mengurangi interoperabilitas antara semua zone dalam jaringan dengan melacak status dari setiap zone. 

Inter-Blockchain Communication Protocol

Zona terhubung ke Cosmos Hub melalui protokol Inter-Blockchain Communication (IBC), sebuah mekanisme yang memungkinkan informasi untuk bepergian dengan bebas dan aman di antara setiap zona yang terhubung. 

Setelah sebuah zone terhubung dengan jaringan Cosmos Hub, maka zone tersebut dapat dioperasikan dengan zone lain sudah yang terhubung ke Cosmos hub, yang berarti blockchain dengan aplikasi, validator, dan mekanisme konsensus yang sangat berbeda dapat bertukar data satu sama lain. 

Cosmos SDK

Tim Cosmos juga telah menyiapkan tools yang dapat digunakan untuk pengembangan perangkat lunak (SDK) Cosmos, yang memungkinkan para pengembang untuk membangun blockchain milik mereka sendiri menggunakan algoritma konsensus Tendermint miliki Cosmos. 

SDK meminimalkan kompleksitas dengan menawarkan fungsionalitas paling umum yang terdapat di antara blockchain (yaitu, staking, governance, token). Pengembang dapat membuat plugin mereka sendiri untuk menambahkan fitur-fitur tambahan yang mereka inginkan di blockchain mereka. 


Apa Itu Token ATOM?

Gambar Token ATOM
Gambar Token ATOM

ATOM adalah sebutan token asli dari jaringan Cosmos. Token ini memiliki beberapa kegunaan seperti memberi pemegang kemampuan untuk mempertaruhkan dan memvalidasi blok, memberikan suara pada masalah tata kelola, dan membayar biaya transaksi. 

Token ATOM tahap awal dibuat ketika mainnet Cosmos diluncurkan dan didistribusikan ke para investor awal, peserta penjualan token, Yayasan Cosmos, dan pengembang inti jaringan Cosmos. Sedangkan ATOM tahap lanjutan diciptakan sebagai sebagai hadiah untuk validator jaringan.

Token ATOM dapat diperdagangkan di bursa utama seperti Binance, Kraken, dan Poloniex. Anda juga dapat menerima ATOM melalui staking secara langsung sebagai validator atau secara tidak langsung sebagai delegator.

Mengapa Token ATOM Berharga?

Token ATOM memainkan peran kunci dalam menjaga interoperabilitas antara semua zona di jaringan Cosmos yang lebih luas, dan dapat digunakan untuk menahan, membelanjakan, mengirim, atau mempertaruhkan. 

Dengan demikian, ATOM dapat menjadi lebih berharga semakin banyak blockchain lain yang dibangun di dalam jaringan, mengandalkan Cosmos Hub untuk mempertahankan riwayat transaksi mereka. 

Dengan memiliki dan mempertaruhkan ATOM, pengguna mendapatkan kemampuan untuk memberikan suara pada peningkatan jaringan, dengan setiap suara sebanding dengan jumlah ATOM yang mereka pertaruhkan. 

Cosmos menghargai validator dengan ATOM berdasarkan berapa banyak token yang mereka pertaruhkan , dengan delegator menerima persentase kecil dari hadiah.

Investor harus mencatat saat ini tidak ada batasan pasokan ATOM baru yang dapat dibuat. Sebaliknya, Cosmos menyesuaikan jumlah token yang dibuat berdasarkan jumlah ATOM yang dipertaruhkan. Pada tahun 2020, ini menghasilkan tingkat inflasi tahunan antara 7% dan 20%.

Menurut data yang didapatkan dari website CoinMarketCap, harga aset kripto Cosmos (ATOM) saat artikel ini dibuat adalah $12,98 USD. Koin ATOM berada di urutan ke-37 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $2.850.952.292,59 USD. 

Sedangkan untuk prediksi harga koin ATOM, anda bisa mengecek nya di situs Gov.Capital atau Wallet Investor


Perlu diingat seluruh konten dari artikel atau blog ini adalah murni untuk berbagi seputar informasi kripto dan bukan nasihat keuangan ataupun investasi. DYOR!


Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Cosmos (ATOM) Cryptocurrency Dan Prediksi Harga"