Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Binance USD (BUSD): Token Stablecoin Yang Listing Di Indodax

Gambar Logo Binance USD (BUSD)
Gambar Logo Binance USD (BUSD)

Mata uang digital atau cryptocurrency dengan jenis stablecoin sangat cocok bagi anda yang ingin berinvestasi aset kripto dengan resiko yang minim ataupun ingin mengkonversi aset yang anda miliki saat ini kedalam koin kripto yang setara dengan nilai mata uang flat di dunia nyata. 

Binance USD atau BUSD adalah aset kripto dengan jenis stablecoin yang didukung oleh mata uang dollar amerika dengan rasio 1:1. Dalam arti setiap 1 koin BUSD sama nilainya dengan 1 dollar Amerka.  

Jika anda tertarik berinvestasi kripto pada aset BUSD, melalui blog nya hari ini tepatnya pada tanggal 12 Agustus 2021, koin BUSD sudah dapat anda beli di marketplace kripto Indodax. Indodax secara resmi merilis Binance USD (USD) bersama dua aset kripto lainnya, yaitu Pancake Swap (CAKE) dan Bakery Token (BAKE).

Sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi dan membeli suatu aset kripto untuk dijadikan sebagai portofolio investasi anda, alangkah baiknya mengenal dan mengetahui dulu secara detail aset kripto yan ingin anda beli nantinya.

Oleh karena hal itu, pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah menyiapkan artikel yang membahas tentang apa itu Binance USD (BUSD) untuk anda para pembaca dan pegiat kripto. Selamat membaca!.

 

Apa Itu Binance USD (BUSD)?

Binance USD (BUSD) adalah cryptocurrency jenis stablecoin dengan jaminan mata uang fiat yang menawarkan keuntungan bertransaksi dengan aset berbasis blockchain sambil mengurangi risiko penurunan harga. BUSD diterbitkan sebagai token ERC-20 di blockchain Ethereum dan mendukung token dengan jenis BEP-20

Binance USD (BUSD) adalah stablecoin yang didukung oleh mata uang dollar Amerika dan secara resmi sudah disetujui oleh Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York (NYDFS) yang akan diluncurkan dalam kemitraan dengan Paxos dan Binance. Dimana setiap koin BUSD dijamin 1:1 oleh USD yang disimpan di rekening bank AS milik Paxos. BUSD juga merupakan salah satu dari tiga stablecoin yang disetujui oleh regulator Wall Street, bersama GUSD dan PAX.


Sejarah 

Gambar Binance USD (BUSD) & PAXOS
Gambar Ilustrasi Kerjasama Binance USD (BUSD) & PAXOS

Diluncurkan pada September 2019, Binance USD (BUSD) adalah stablecoin dengan jaminan mata uang fiat USD atau dollar Amerika yang diluncurkan sebagai proyek kolaborasi blockchain antara Binance dan Paxos. BUSD adalah stablecoin pertama yang diluncurkan sebagai bagian dari proyek Venus Binance. Hal tersebut terungkap pada saat adanya pengumuman yang menyatakan bahwa NYDFS telah menyetujui penawaran baru, yang diluncurkan Binance dalam kemitraan dengan Paxos.

BUSD dikeluarkan oleh Paxos yang merupakan sebuah lembaga keuangan yang diatur di New York. Dipimpin oleh CEO dan Co-Founder Charles Cascarilla, tim Paxos terdiri dari individu dari berbagai latar belakang dan pengalaman mulai dari Wall Street hingga Silicon Valley.

BUSD dibangun untuk meningkatkan ekosistem keuangan yang lebih besar dengan menciptakan jaringan global tanpa gesekan di mana aset digital dapat dimobilisasi dengan kecepatan, fleksibilitas, dan aksesibilitas yang meningkat secara signifikan. 


Beberapa Kasus Penggunaan BUSD

Berdasarkan stabilitas harganya, mata uang digital jenis Stablecoin memainkan peran penting beberapa tran dalam transaksi digital seperti pembayaran dan penyelesaian, dan Keuangan Terdesentralisasi (DeFi).

Berikut ini adalah beberapa kasus penggunaan BUSD:

  • Menawarkan layanan transfer dollar digital dalam bentuk koin (BUSD) kapan saja dan dimana saja hanya dalam beberapa hitungan menit dengan biaya yang rendah menggunakan platform teknologi blockchain.
  • Melakukan perdagangan koin BUSD di bursa dan DEX yang berbeda.
  • Setor BUSD untuk mendapatkan tingkat bunga.
  • Penggunaan koin  BUSD sebagai metode pembayaran untuk membeli barang ataupun mendapatkan layanan jasa.
  • Penggunaan koin  BUSD sebagai jaminan ataupun pinjaman aset.
  • Gunakan BUSD sebagai jaminan silang di Futures.
  • Simpan BUSD di bursa atau di dompet.


Beli BUSD atau USDT?

Gambar Ilustrasi BUSD Vs USDT
Gambar Ilustrasi BUSD Vs USDT

BUSD adalah stablecoin yang dikembangkan oleh Paxos dalam kemitraan dengan Binance. Paxos juga merupakan penerbit stablecoin lainnya Paxos Standard (PAX), HUSD dan PAX Gold (PAXG). BUSD disetujui dan diatur oleh Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York dan 100% didukung oleh dollar AS yang disimpan di bank-bank AS yang diasuransikan oleh FDIC.

Selain itu, perusahaan audit (Withum) mengaudit BUSD setiap bulan untuk memeriksa apakah uang yang disimpan di bank sesuai dengan persediaan BUSD, yang dapat Anda lihat di sini . Di sisi lain, USDT tidak diaudit secara berkala. Audit terakhir yang dipublikasikan di situs Tether dimulai pada tahun 2018, yang dilakukan oleh Sporkin & Sullivan LLP. Tetapi mereka mempublikasikan nilai cadangan mereka setiap hari yang dapat dilihat di halaman ini .

Perbedaan lain antara BUSD dan USDT adalah bahwa cadangan yang mendukung USDT disimpan di bank luar negeri yang dianggap kurang dapat dipercaya. Sampai saat ini, ada juga banyak tuduhan tentang Tether, ringkasannya dapat ditemukan di sini .

Jadi bisa dikatakan bahwa BUSD lebih aman daripada USDT. Ini sebenarnya benar. Namun, jika Anda seorang trader biasa, tidak masalah apakah Anda memperdagangkan pasangan BTC/BUSD atau pasangan BTC/USDT.

Namun, jika Anda ingin menyimpan uang dalam jumlah besar dalam bentuk stablecoin, hanya memegang BUSD atau membagi uang antara BUSD dan USDT mungkin merupakan ide yang lebih baik. Juga, perdagangan berjangka bermargin koin daripada berjangka bermargin USDT di Binance atau bursa lainnya mungkin lebih aman jika peristiwa bencana terkait Tether dapat terjadi.

Selain itu, sebenarnya tidak ada perbedaan antara BUSD dan USDT. Jika Anda seorang pedagang rata-rata, Anda sebaiknya mencari volume, peluang arbitrase, dll. Jika Anda ingin memperdagangkan semua stablecoin utama seperti BUSD, USDT dan USDC dan pasangan seperti BUSD/USDT, Anda harus menggunakan Binance.


Harga, Suplai, Dan Dimana Membeli Koin BUSD

Gambar Token BUSD
Gambar Token BUSD

Harga aset kripto Binance USD (BUSD) saat artikel ini dibuat berdasarkan data yang didapatkan dari situs kripto populer CoinMarketCap adalah senilai $1,00 USD. Saat ini koin BUSD berada di peringkat ke-12 dengan nilai total kapitalisasi sebesar  $12.056.466.263 USD. Adapun jumlah koin BUSD yang saat ini beredar di seluruh bursa kripto global adalah sebanyak 2.051.661.042 koin BUSD dengan jumlah maksimal suplai koin yang tidak terbatas.

BUSD sekarang tersedia untuk pembelian dan penukaran di platform Paxos. Untuk mendapatkan BUSD melalui Paxos, Anda harus menjadi pelanggan terverifikasi. Anda dapat menyetor PAX atau menyetor dollar melalui transfer dari rekening bank. Sama seperti PAX, tidak ada biaya yang terkait dengan pembuatan atau penukaran BUSD.

Ataupun jika anda ingin membeli BUSD di marketplace kripto terbesar saat ini di Indodax.


Sekian dulu artikel kali ini dari Budak Duit Indonesia yang berjudul "Mengenal Apa Itu Binance USD (BUSD): Token Stablecoin Yang Listing Di Indodax". Perlu diingat semua konten artikel dalam website ini dibuat hanya untuk sekedar berbagi informasi saja dan bukan merupakan nasihat investasi ataupun keuangan. Segala resiko investasi ataupun keuangan yang anda lakukan merupakan tanggung jawab anda sepenuhnya. DYOR!.


Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Binance USD (BUSD): Token Stablecoin Yang Listing Di Indodax"