Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Binance Exchange: Platform Marketplace Kripto Terbesar Di Dunia

Gambar Binance Exchange Logo
Ilustrasi Gambar Binance Exchange Logo

Saat anda memutuskan untuk berinvestasi pada aset kripto yang pertama kali anda pikirkan pasti bagaimana cara untuk mendapatkannya terlebih dahulu. Salah satu cara yang paling banyak digunakan orang untuk mendapatkan aset kripto adalah membelinya langsung dari orang lain ataupun menggunakan platform perantara bursa atau marketplace kripto. Di marketplace kripto anda bisa membeli koin kripto yang akan anda jadikan investasi nantinya.

Saat ini marketplace atau tempat pertukaran mata uang digital sudah sangat beragam dan banyak sekali pilihan yang bisa anda pilih. Semakin terkenal dan populer marketplace tersebut, tentunya semakin banyak para traders kripto yang menggunakannya dan tingkat kepercayaannya pun pasti lebih tinggi. Dan yang saat ini memimpin pasar atau bursa pertukaran aset kripto saat ini adalah Binance Exchange yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pegiat kripto.


Apa Itu Binance Exchange?

Binance Exchange adalah sebuah platform yang pertukaran mata uang kripto atau cryptocurrency yang mempertemukan para penjual dan pembeli aset kripto. Binance Exchange merupakan pertukaran mata uang kripto paling populer saat ini diatas Coinbase.

Binance Exchange didirikan pada tahun 2017 dan berkantor pusat di China. Akan tetapi karena regulasi negara China yang 'tidak ramah' dengan aset kripto, akhirnya Binance Exchange memutuskan pindah pada tahun 2018 ke sebuah tempat di Kepulauan Cayman sebuah tempat yang ramah kripto di UE. Binance diciptakan oleh foundernya Changpeng Zhao atau lebih dikenal dengan sebutan 'CZ'.


Layanan Binance

Binance Exchange menawarkan pertukaran atau perdagangan antar mata uang kripto atau crypto-to-crypto dan mendukung lebih dari ratusan aset cryptocurrency dan token virtual, termasuk Bitcoin (BTC), Ether (ETH), Litecoin (LTC), Cardano (ADA), Dogecoin (DOGE), dan tokennya miliknya sendiri yaitu  Binance Coin (BNB).

Ilustrasi Layanan Binance Exchange
Ilustrasi Layanan Binance Exchange

Selain melayani pertukaran cryptocurrency, Binance Exchange juga menawarkan beberapa tools, platform dan layanan lainnya kepada para penggunanya. Adapun beberapa layanan tambahan yang disediakan oleh Binance Exchange adalah:

  • Binance Earn adalah platform untuk mempertaruhkan atau mendapatkan bunga dengan menyetorkan stablecoin di bursa. Bergantung pada koin dan tenornya, bursa menawarkan banyak opsi dan suku bunga kepada investor untuk koin jenis ini.
  • Binance Visa Card adalah kartu kredit Visa yang memungkinkan para penggunanya untuk mengubah cryptocurrency mereka menjadi uang kertas atau flat dan mempergunakannya untuk berbelanja produk dan layanan yang mereka inginkan. Meskipun konversi tidak dikenakan biaya administrasi, biaya pihak ketiga akan tetapi penggunanya akan tetap dikenakan biaya dalam bentuk biaya jaringan pembayaran yang berlaku di Binance Exchange.
  • Binance Smart Pool adalah fitur yang memungkikan para penambang untuk memiliki opsi untuk beralih menambang cryptocurrency lain yang mereka inginkan  dengan tujuan untuk mengoptimalkan dan melipatgandakan pendapatan mereka.

Binance memiliki inkubator teknologi blockchain milik mereka sendiri yang dikelola secara internal  yang disebut Binance Labs.  Binance Labs  berfokus kepada pemeliharaan proyek tahap pra-ICO yang menjanjikan dengan tujuan utama membantu tim proyek cryptocurrency yang sudah layak uji dan test dengan menyediakan dana yang mereka diperlukan untuk pengembangan, sumber daya penasihat, dan landasan peluncuran untuk daftar yang diperlukan dan latihan penggalangan dana yang tim mereka lakukan.

Binance juga menawarkan sebuah situs bernama LaunchPad untuk menampung proyek-proyek blockchain baru yang sedang dikembangkan dan serta antarmuka integrasi API. Hingga Maret 2021, 42 proyek telah diluncurkan melalui situs ini.

Binance Exchange meluncurkan cryptocurrency utama dari ekosistem mereka, yaitu Binance Coin (BNB) melalui ICO pada Juli 2017. BNB memiliki kapitalisasi pasar sekitar $36,4 miliar, pada Maret 2021. Binance Coin atau BNB merupakan mata uang utama yang mengatur segala transaksi yang terjadi di platform Binance Exchange yang terdesentralisasi.


Apa Itu Binance Coin (BNB)?

Ilustrasi Gambar Token Binance Coin (BNB)
Ilustrasi Gambar Token Binance Coin (BNB)

Binance Coin adalah token asli yang dibuat dengan tujuan menjadi token utama yang menggerakkan dan memfasilitasi segala jenis transaksi perdagangan di platform Binance Exchange. Koin BNB diluncurkan secara resmi pada penawaran koin awal (ICO) pada Juli 2017. 

Saat peluncuran awal Binance memberikan 20 juta token BNB kepada para investornya , 80 juta token BNB kepada tim pendiri Binance Exchange dan 100 juta token sisanya diperjualbelikan melalui proses ICO kepada para peminatnya.

Dari total dana yang terkumpul dalam ICO, setengahnya digunakan untuk branding dan pemasaran oleh pihak Binance. Dan sekitar sepertiga dari dana tersebut digunakan kembali untuk membangun platform Binance dan melakukan peningkatan serta pengembangan yang diperlukan untuk ekosistem Binance itu sendiri.

Pada awalnya Binance Coin (BNB) diciptakan di platform blockchain Ethereum dan menggunakan jenis token standar ERC-20. Akan tetapi beberapa waktu kemudian Binance Exchange memutuskan keluar dari platform Ethereum dan menciptakan standar koin milik mereka sendiri yang diamankan oleh mekanisme konsensus Bizantine-fault-tolerant ( BFT ) Tendermint.

Berapa harga koin BNB saat ini?. Menurut data yang didapatkan dari situs CoinMarketCap, harga koin BNB saat ini adalah senilai $330,63 USD dan berada di posisi ke-4 dalam daftar urutan mata uang kripto dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $55.591.610.065 USD. Adapun jumlah koin BNB yang beredar dan aktif diperdagangkan saat ini adalah sebanyak 168.137.036 koin BNB dengan suplai maksimal koin yang dibatasi sebanyak 168.137.036 koin BNB.

Cara Kerja Binance Exchange

Perlu anda ketahui bahwa Binance Exchange menawarkan dua opsi untuk perdagangan mata uang digital - dasar dan lanjutan. Baik versi dasar maupun lanjutan tidak akan mudah digunakan untuk pemula yang sama sekali baru terjun di dunia investasi kripto. Akan tetapi bagi yang sudah memiliki latar belakang pernah melakukan pertukaran mata uang kripto sebelumnya, maka mereka bisa dibilang akan lebih terbantu untuk menggunakan dua opsi perdagangan yang ditawarkan oleh Binance Exchange.

Perbedaan yang mencolok antara versi dasar dan lanjutan adalah bahwa versi lanjutan menawarkan analisis teknis yang lebih mendalam tentang nilai mata uang kripto dari waktu ke waktu. Sedangkan untuk veri dasar hanya menawarkan beberapa grafik dan grafik pasangan tentang aset kripto yang akan anda perdagangkan, buku pesanan, dan riwayat perdagangannya.


Tampilan Dasar Binance Exchange
Opsi Tampilan Dasar Binance Exchange

Dari segi tampilan, opsi tampilan dasar memiliki rancangan dan penataan UI yang baik dan semua informasi yang dibutuhkan disajikan lebih jelas lengkap dengan harga aset kripto pada sebelah kiri, grafik di tengah bersama dengan kotak beli dan jual dan riwayat perdagangan disajikan di sebelah kanan sehingga Anda dapat dengan cepat melihat berapa harga perdagangan terbaru.


Tampilan Pergadangan Lanjutan Binance Exchange
Tampilan Perdagangan Lanjutan Binance Exchange 

Berbeda dengan tampilan dasar yang menggunakan background warna putih, Tampilan lanjutan lebih terlihat elegan dengan menggunakan tema warna gelap, selain itu  tampilan grafik perdagangan dibuat lebih besar dan harga perdagangan terbaru ditampilkan di sebelah kanan dengan kotak beli dan jual yang tersedia di bawahnya.

Yang Anda pilih adalah masalah preferensi, saya suka tampilan dasar berwarna lebih terang dan menemukan tata letaknya sedikit lebih mudah digunakan.


Apakah Binance Exchange Aman?

Sementara Binance adalah salah satu pertukaran cryptocurrency terbaru yang tersedia di pasar, Binance dengan cepat berhasil mencapai tingkat kepercayaan yang tinggi dari penggunanya dan komunitas mata uang digital.

Namun, pertukaran gagal memberikan informasi yang cukup kepada pengguna tentang bagaimana dana diamankan, namun kami percaya bahwa keamanan dianggap serius. Otentikasi dua faktor tersedia dan selalu merupakan pemandangan yang bagus. Namun diketahui bahwa platform ini menawarkan arsitektur sistem multi-tier dan multi-tier.


Kesimpulan

Saat ini, mesin pencocokan bursa Binance Exchange mampu memproses sekitar 1,4 juta transaksi setiap detiknya, sehingga menjadikannya sebagai salah satu bursa kripto tercepat yang ada saat ini.

Selain itu, pertukaran berfungsi dan dilakukan di berbagai perangkat ataupun platform, termasuk web, Android, WeChat, dan HTML5. Penutur non-Inggris akan senang mengetahui bahwa Binance menawarkan dukungan multi-bahasa dalam bahasa Cina, Inggris, Korea, dan Jepang.

Berdasarkan semua yang telah diuraikan sejauh ini, Binance tidak diragukan lagi adalah Cryptocurrency Exchange terkemuka dan menawarkan biaya yang besar dan dukungan mata uang digital yang mengagumkan.

Binance Exchange dilaporkan memiliki akses ke sumber daya dan mitra yang melimpah, kemungkinan Binance akan terus berkembang dan menawarkan layanan pertukaran mata uang digital yang hebat kepada kliennya.

Selain itu CEO mereka Changpeng Zhao telah menjadi bagian dari komunitas cryptocurrency dan menunjukkan standar integritas yang tinggi.

Binance, bursa terus berinovasi, membawa produk baru ke pasar dan opsi baru untuk membeli dan memperdagangkan mata uang kripto ke seluruh penjuru dunia.



Posting Komentar untuk "Apa Itu Binance Exchange: Platform Marketplace Kripto Terbesar Di Dunia"