Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu VeChain (VET)

Logo VeChain (VET) Blockchain
Logo VeChain (VET) Blockchain

Kegiatan pemalsuan barang-barang mewah telah merugikan para pelaku industri tersebut hingga sebesar $30 miliar dollar Amerika pada tahun 2017. Hal tersebut membuat teknologi anti-pemalsuan yang dikembambangkan oleh blockchain Vechain menarik perhatian beberapa perusahaan besar yang tertarik untuk menggunakan teknologi yang sedang mereka kembangkan untuk mengurangi kerugian mereka akibat pemalsuan produk yang mereka produksi.

Untuk mengetahui dan mengenal lebih lanjut tentang apa itu VeChain, anda bisa membaca artikel berikut.


Apa Itu Vechain (VET)?

Ilustrasi Gambar Ekosistem VeChain (VET)
Ilustrasi Gambar Ekosistem VeChain (VET)

Menurut data yang didapatkan dari Vechain website, VeChain adalah perusahaan blockchain yang berfokus pada produk dan informasi berbasis perangkat lunak terdesentralisasi. VeChain berupaya memberi insentif kepada jaringan komputer untuk mengoperasikan platform yang memungkinkan bisnis membangun dan menjalankan aplikasi terdesentralisasi (dApps). VeChain bertujuan terciptanya kolaborasi digital yang lebih baik antara bisnis dengan memberi mereka alat baru untuk transfer data yang efisien dan manajemen rantai pasokan.

VeChain membantu para perusahaan untuk memastikan bahwa produk yang mereka produksi dan didistribusikan sampai dengan diterima oleh customer adalah produk yang benar-benar asli dan sah. Cara kerjanya adalah aplikasi perangkat lunak VeChain memberikan masing-masing produk sebuah identitas unik, lalu menggunakan sensor untuk melacak apa yang terjadi di setiap tahap rantai pasokan.

Perusahaan VeChain dapat memastikan produk ditangani dengan benar, dan konsumen dapat memverifikasi bahwa pembelian mereka sah dari identitas unik tersebut. Tentunya hal ini akan mencegah terjadinya penipuan kepada customer dan mengurangi terjadinya peredaran barang-barang palsu.

Awalnya solusi untuk manajemen rantai pasokan saja, protokol VeChain berganti nama menjadi VeChain Thor dengan peluncuran protokol mainnet pada tahun 2018, meningkatkan cakupan dapps untuk memasukkan solusi data yang lebih umum. 

Adapun beberapa Perusahaan yang sudah mulai menggunakan blockchain VeChain meliputi:

  • BMW , yang menggunakan VeChain untuk mencegah penipuan odometer dalam penjualan mobil 
  • LVMH , yang menggunakan VeChain untuk melacak barang-barang kulit mewah pada tahun 2015
  • Walmart , yang menggunakan VeChain untuk melacak asal makanan.
  • Renault, yang menggunakan VeChain untuk mencatat dan mengecek sejarah kendaraan pada tahun 2016

Pencipta Blockchain VeChain

VeChain didirikan pada tahun 2015 oleh oleh Sunny Lu, mantan chief information officer Louis Vuitton China, dan rekannya Jay Zhang. Di perusahaan ini, dia berusahaa menggabungkan keahliannya dalam barang-barang mewah dengan teknologi blockchain untuk membuat aplikasi IoT (Internet of Things) untuk manajemen rantai pasokan. Dia tetap menjadi CEO VeChain melalui organisasi nirlaba bernama VeChain Foundation.

Tim VeChain awalnya mendistribusikan cryptocurrency-nya, VEN, di blockchain Ethereum pada tahun 2017 sebagai bagian dari crowdsale yang menjual 1 miliar token dan mengumpulkan $20 juta. Token ini kemudian digantikan oleh token VET (kadang-kadang disebut sebagai koin VET) ketika blockchain VeChainThor diluncurkan. Token VEN ditukar dengan token VET dengan rasio 1:100. 


Cara Kerja VeChain

VeChain bertujuan untuk memberi perusahaan mana pun kemampuan untuk meluncurkan jenis dapps baru. Untuk memfasilitasi pembuatan dapps, tim VeChain membangun komponen yang disebut VeChain ToolChain, yang merupakan tools kit pengembangan perangkat lunak. 

Bukti Otoritas

Untuk mengatur proses di mana transaksi antar pengguna diverifikasi dan ditambahkan ke buku besar publik VeChain, VeChain Thor menggunakan mekanisme konsensus yang dikenal sebagai Proof of Authority (PoA). 

Pengguna yang memverifikasi dan menambahkan transaksi ke blockchain dikenal sebagai Authority Masternodes, dan, untuk menjadi satu, pengguna harus mempertaruhkan minimal 25 juta VET dan menyerahkan informasi pengenal ke VeChain Foundation.

Meskipun menggunakan mekanisme PoA membantu memproses volume transaksi yang besar dengan cepat, kelemahan dari pendekatannya adalah bergantung pada otoritas pusat untuk memeriksa dan mengotorisasi pengguna yang dapat mengambil bagian dalam memproses transaksi. 

Sebagai catatan, VeChain sedang berupaya meningkatkan PoA-nya untuk memastikan mekanisme pembuatan blok yang lebih acak dan terdistribusi.

Desain Dua Token 

Agar perangkat lunaknya berfungsi, VeChain menggunakan dua token asli, VET, yang digunakan untuk menyimpan dan mentransfer nilai, dan VTHO, digunakan untuk transaksi di blockchain-nya.

Desain ini dimaksudkan untuk mengisolasi volatilitas harga koin VET dari biaya komputasi di jaringan, memungkinkan aplikasi di VeChain untuk membebankan biaya yang stabil (karena pasokan VTHOR dapat disesuaikan untuk mempertahankan harga transaksi yang stabil). 

Mirip dengan bagaimana blockchain Ethereum menggunakan ETH dan gas, penambang mendapatkan biaya VTHO untuk perhitungan yang diproses oleh jaringan. Semakin kompleks komputasinya, semakin banyak VTHO yang dibutuhkan oleh program tertentu.

Terakhir,Vechain node yang mempertaruhkan koin VET mendapatkan kemampuan untuk memberikan suara pada peningkatan jaringan, dan dihargai dengan VTHO setiap blok. 


Apa itu VeChain coin atau VET?

Ilustrasi Gambar Koin VeChain (VET)
Ilustrasi Gambar Koin VeChain (VET)

VET adalah cryptocurrency utama yang menggerakkan VeChain dan dapat digunakan untuk menahan, membelanjakan, mengirim, atau mempertaruhkan. Awalnya token yang utama VeChain adalah VEN yang berjalan dan didistribusikan di blockchain Ethereum. VeChain bertransisi ke blockchainnya sendiri dan mengganti namanya sendiri pada tahun 2018. Sebagai bagian dari rebranding, blockchain VEN menjadi blockchain VeChainThor (VET).

Seiring berjalannya waktu, permintaan akan aplikasi VeChainThor atau VTHOR meningkat yang menyebabkan peningkatan permintaan koin VET, sehingga meningkatkan nilai dari koin tersebut.

Berapa Harga Koin VET dan Dimana Membelinya?

Saat ini harga koin VET adalah senilai $0.066066 USD dan berada di urutan ke-23 di situs CoinMarketCap dengan total kapitalisasi pasar sebesar of $4,249,062,464 USD. Koin ini telah beredar sebanyak 64.315.576.989 koin VET dengan total maksimal 86.712.634.466 koin VET.

Jika Anda ingin tahu di mana membeli VeChain, bursa teratas untuk berdagang di VeChain saat ini adalah Binance, FTX, Huobi Global, Upbit, dan HitBTC.

Apakah Koin VET Bagus Untuk Investasi?

VeChain (VET) sangat menarik untuk dibeli berdasarkan kemampuannya bagi sektor bisnis untuk membangun suatu aplikasi untuk manajemen rantai pasokan dan untuk membangun tindakan anti-pemalsuan dalam suatu produk. 

Bisnis juga harus menggunakan VeChain untuk mendapatkan keuntungan dari biaya transaksi yang stabil berkat desain token duelnya. Investor dapat berusaha untuk menambahkan koin VET ke portofolio mereka jika mereka yakin pasar suatu hari akan mendukung blockchain perusahaan.



Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu VeChain (VET)"