Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Setup MetaMask Di Browser Google Chrome?

Screenshot Halaman Website Dompet Digital MetaMask
Screenshot Halaman Website Dompet Digital MetaMask

MetaMask adalah salah satu dompet digital Ethereum yang paling populer saat ini untuk menyimpan token dan menggunakan aplikasi terdesentralisasi. Anda dapat menggunakan MetaMask untuk menyimpan aset kripto Ethereum, token ERC-20, token ERC-721 dan mengakses dapps. Dompet digital Ethereum ini sangat mudah digunakan untuk orang awam sekalipun dan dengan fitur sangat fungsional. 

MetaMask sangat direkomendasikan untuk anda gunakan jika saat ini anda adalah seorang trader di bursa kripto terdesentralisasi atau menggunakan aplikasi DeFi.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan tutorial atau langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk melakukan setup awal setelah menginstal di browser google chrome.

Bagaimana Cara Setup MetaMask Di Browser Chrome?

MetaMask sebenarnya tersedia dan bisa digunakan di berbagai platform seperti browser web atau mobile, iOS dan Android. 

Anda dapat menginstal ekstensi MetaMask berbagai browser seperti Google Chrome, Firefox, Brave, dan Edge.Jika Anda ingin menggunakan pertukaran terdesentralisasi dan dapps lainnya, Anda harus menginstal ekstensi MetaMask di browser tersebut.

Selain MetaMask, ada juga berbagai mobile wallet seperti Trust Wallet dan Coinbase Wallet  yang bisa Anda gunakan untuk mengakses dapps di ponsel atau perangkat smartphone yang anda miliki.

Tetapi menggunakan dapps di ponsel seperti agak sulit dan anda tidak mengharapkan 100% pengalaman transaksi anda akan berjalan mulus melalui aplikasi yang terinstal di ponsel. Jadi mengakses MetaMask atau dompet digital lainnya melalui ekstensi browser adalah pilihan terbaik saat ini

Pada artikel kali ini akan ditunjukkan cara menginstal MetaMask di browser Google Chrome di PC atau laptop anda. Anda juga dapat mengikuti langkah yang sama untuk menginstalnya di browser lain yang mendukung penggunaan ekstensi MetaMask. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Langkah 1: Tambahkan ekstensi MetaMask ke Chrome

Kunjungi Chrome Web Store dan cari MetaMask atau bisa langsung klik link berikut MetaMask Google Chrome. Jika sudah menemukan ekstensi MetaMask di Chrome Webstore, lalu klik tombol "Add to Chrome" untuk mendownload dan menambahkan ekstensi ke browser Google Chrome anda.

Klik Tombol "Add to Chrome"
Klik Tombol "Add to Chrome"

Lalu klik Tombol "Add Extension"

Klik Tombol "Add Extension"
Klik Tombol "Add Extension"

Setelah anda berhasil menambahkan ekstensi MetaMask ke browser Chrome, klik tombol "Get Started" untuk mulai menyiapkan dompet anda.

Klik Tobol "Get Started MetaMask"
Klik Tobol "Get Started MetaMask"

Langkah 2: Klik tombol "Create a Wallet"

Untuk membuat dompet MetaMask pertama anda, klik tombol "Create a Wallet". Jika Anda memiliki dompet lain, Anda juga dapat mengimpornya ke MetaMask langsung.

Klik tombol "Create a Wallet"
Klik tombol "Create a Wallet"

Langkah 3: Setuju atau Tidak Setuju Dengan Pengumpulan Data Anonim

MetaMask ingin mengumpulkan beberapa data anonim untuk meningkatkan dompet. Anda dapat menyetujuinya atau mengklik tombol "No Thanks" tergantung pada preferensi Anda.

Setuju atau Tidak Setuju Dengan Pengumpulan Data Anonim
Setuju atau Tidak Setuju Dengan Pengumpulan Data Anonim

Langkah 4: Setup Password MetaMask

Pada langkah ini, Anda harus membuat password atau kata sandi yang aman yang nantinya digunakan untuk mengakses akun MetaMask anda. Ini bukan kunci pribadi atau frase benih anda.

Anda hanya akan menggunakan kata sandi ini untuk masuk ke dompet MetaMask anda. Jika anda lupa kata sandinya, anda dapat mengimpor dompet Anda menggunakan frase awal yang akan ditampilkan di langkah berikutnya.

Input new password dan confirm password (minimal 8 karakter), lalu centang "I have read and agree to the Terms of Use" dan tekan tombol "Create" untuk submit. 

Setup Password MetaMask
Setup password MetaMask, klik tombol "Create"

Langkah 5: Cadangkan Frasa Benih

Ungkapkan kata-kata rahasia Anda (frasa cadangan) dan tulis di selembar kertas. Anda juga dapat menyimpan frase cadangan Anda di USB flash drive, sebaiknya setelah mengenkripsinya. Frasa benih ini dapat anda gunakan untuk mereset password akses ke MetaMask jika sewaktu-waktu ada lupa atau kehilangan akses.

Keamanan frase cadangan menjadi point yang paling penting. Siapa pun orang yang memiliki akses ke frasa cadangan anda dipastikan dapat mentransfer koin yang anda miliki di dompet ke dompet mereka. Jadi pastikan selalu jaga kerahasiaan data frasa benih cadangan anda.

Setelah anda memasukkan frasa bening, klik tombol "Next" untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Cadangkan Frasa Benih
Cadangkan Frasa Benih

Langkah 6: Konfirmasikan Frase Benih

Setelah mengungkapkan dan menyimpan frasa benih cadangan, Anda harus memasukkannya kembali untuk mengonfirmasi frasa cadangan Anda. Klik tombol "Confirm" untuk melanjutkan.

Konfirmasikan Frase Benih
Konfirmasikan Frase Benih



Setelah mengkonfirmasi frase cadangan Anda, Maka setup MetaMask yang anda lakukan telah berhasil. Disarankan anda membaca terlebih dahulu beberapa tips tentang keamanan dan anda bisa klik tombol "All Done" jika sudah selesai dan mulai menggunakan dompet MetaMask Anda.

Setup Dompet MetaMask Di Browser Google Chrome Berhasil
Setup Dompet MetaMask Di Browser Google Chrome Berhasil


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini tentang cara melakukan setup dompet digital MetaMask di browser Chrome. Untuk penggunaan dompet MetaMask, anda bisa cek di tautan link artikel yang berjudul "Tutorial MetaMask 2021: Bagaimana Cara Penggunanya Di Browser Google Chrome?".

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Setup MetaMask Di Browser Google Chrome?"