Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Cara Cara Top Up Saldo Gopay Di Aplikasi Gojek. Ada Yang Free Admin!

Ilustrasi Gambar Logo Gopay dari Gojek App
Ilustrasi Gambar Logo Gopay dari Gojek App


Jika anda suka berbelanja online maupun offline, mengorder GoRide, GoFood ataupun GoCar pasti sudah tidak asing dengan metode pembayaran yang bernama Gopay. Gopay adalah uang elektronik digital yang bisa dipakai untuk mendukung berbagai macam transaksi pembayaran dan keuangan melalui aplikasi Gojek maupun aplikasi lainnya yang sudah bekerja sama dan terintegrasi dengan Gojek itu sendiri. Selain itu Gopay juga bisa digunakan untuk membayar transaksi di merchant-merchant offline maupun online yang sudah bermitra dengan Gojek.

Untuk melakukan segala transaksi apapun yang anda lakukan, tentunya anda harus memiliki saldo Gopay yang cukup. Saldo Gopay bisa dibilang nominal uang yang tersimpan di aplikasi Gojek itu sendiri. Jika saldo Gopay anda kurang atau kosong, anda bisa mencoba melakukan top up saldo Gopay dengan mengikuti cara-cara berikut yang bisa anda coba nantinya dan diantara beberapa cara top up saldo Gopay ada yang free admin atau bebas biaya admin saat melakukan pengisian saldo Gopay.


Bagaimana Cara Top Up Saldo Gopay Di Aplikasi Gojek?

Adapun beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan top up atau pengisian saldo Gopay di Aplikasi Gojek adalah :

Top Up Saldo Gopay Melalui Driver Gojek

Top Up Gopay Via Driver Gojek
Ilustrasi Top Up Gopay Via Driver Gojek

Top up saldo Gopay melalui driver Gojek langsung bisa jadi salah satu cara mudah yang dapat anda lakukan, selain dengan menggunakan cara ini anda tidak akan dikenakan biaya tambahan atau free biaya admin saat melakukan pengisian saldo. Adapun beberapa langkah yang perlu anda lakukan ialah :

  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan order pesanan seperti GoRide, GoCar, GoFood, GoShop, atau GoMart di Gojek App yang sudah terinstall di perangkat smartphone anda. 
  2. Tunggu sampai pesanan atau order tersebut diterima oleh sang driver Gojek.
  3. Kirim pesan kepada driver Gojek bahwa anda ingin melakukan pengisian saldo Gopay ke akun Gojek yang kamu miliki dan jangan lupa sebutkan nominal saldo yang ingin kamu isi.
  4. Jika sang driver memenuhi permintaan tunggu saja proses pengisian saldo.
  5. Tunggu pesanan diproses dan diantar serta jangan lupa untuk mengecek saldo Gopay yang kamu miliki sudah bertambah atau tidak.
  6. Saat driver Gojek datang membawa pesanan yang anda pesan, jangan lupa untuk memberikan uang cash ke driver sesuai dengan nominal top up yang kamu minta untuk mengisi saldo Gopay anda. Selain itu ucapkan terima kasih.
  7. Pastikan kembali order yang kamu pesanan sudah sesuai dan saldo Gopay yang kamu minta sudah terisi. Anda bisa melakukan pengecekan di menu menu 'More' pada halaman Dashboard aplikasi Gojek, lalu klik 'History'.

Top Up Saldo Gopay Di Minimarket Atau Pegadaian

Top Up Gopay Di Minimarket
Ilustrasi Top Up Gopay Di Minimarket


Sedang ingin mengisi saldo Gopay tapi tidak sedang mengorder sesuatu ataupun tidak menemui Mesin ATM di sekitarmu, mungkin anda bisa mencoba untuk mencari minimarket terdekat ataupun pegadaian yang dapat anda jangkau atau temui untuk melakukan pengisian saldo Gopay. Jika sudah menemukan minimarket atau pegadaian, langsung saja menuju ke tempat kasirnya dan ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Menuju ke tempat kasir dan sampaikan bahwa anda ingin melakukan pengisian atau top up saldo Gopay.
  2. Jika si kasir mengiyakan, sebutkan nomor handphone yang sudah anda daftarkan di aplikasi Gojek.
  3. Pilih nominal saldo Gopay yang ingin anda isi (Rp20.000, Rp50.000, Rp100.000, Rp200.000, Rp300.000, Rp400.000, Rp500.000).
  4. Bayar jumlah nominal pengisian saldo Gopay yang kamu pilih disertai biaya admin sebesar Rp.2.000. Jika anda memilih top up sebesar Rp.50.000, maka anda harus membayar ke kasir sebesar Rp.52.000.
  5. Jika sudah melakukan pembayaran, maka kasir akan langsung memproses pengisian saldo Gopay.
  6. Jika sudah diproses kasir akan melakukan konfirmasi dengan meminta anda untuk mengecek saldo Gopay untuk memastikan dana sudah masuk atau tidak. Jika dana sudah masuk dan sesuai maka lakukan konfirmasi kembali ke staff kasir dan ucapkan terima kasih. 
  7. Kasir akan memberikan struk bukti pengisian saldo dan anda bisa menyimpannya sebagai bukti pembayaran.
  8. Anda bisa mengecek riwayat pengisian saldo Gopay di menu 'History'

Top Up Saldo Gopay Melalui BCA OneKlik

Gopay Melalui BCA OneKlik
Ilustrasi Top Up Gopay Melalui BCA OneKlik

Menurut website BCA, OneKlik adalah fasilitas layanan yang disediakan oleh Bank BCA untuk memfasilitasi  transaksi pembayaran secara langsung pada situs atau aplikasi yang disediakan oleh merchant tersebut dengan menggunakan akun atau id yang disediakan oleh merchant tersebut. Fasilitas ini dapat anda gunakan jika anda terdaftar sebagai nasabah di Bank BCA dan sudah mengaktifkan layanan m-BCA atau Mobile Banking BCA.

Adapun langkah-langkah untuk melakukan top up saldo Gopay melalui BCA OneKlik adalah sebagi berikut ini :

  1. Masuk ke aplikasi Gojek yang sudah terinstal di perangkat smartphone yang kamu miliki.
  2. Klik menu 'Top Up' lalu klik tab 'Instant'.
  3. Pilih atau masukkan nominal saldo Gopay yang ingin kamu isi lalu klik tombol 'Continue'.
  4. Cek kembali jumlah nominal yang kamu isi lalu pilih metode pembayaran instant yang akan anda gunakan, yaitu BCA OneKlik.
  5. Klik tombol 'Confirm & Pay' untuk memproses pengisian saldo Gopay menggunakan BCA OneKlik.
  6. Masukkan Pin Gopay yang kamu miliki untuk melakukan verifikasi keamanan.
  7. Jika pengisian saldo Gopay berhasil, nominal saldo yang anda pilih akan menambah saldo yang kamu miliki sebelumnya. Untuk mengecek riwayat penambahan dan pengisian saldo, anda bisa menuju menu 'History' pada aplikasi Gojek.
Perlu diingat anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp.1.000 setiap kali melakukan transaksi pengisian saldo Gopay menggunakan metode pembayaran BCA OneKlik.

Top Up Saldo Gopay Via Mobile Banking Atau M-Banking

Top Up Gopay Melalui Mobile Banking Atau M-Banking
Ilustrasi Top Up GopayVia Mobile Banking Atau M-Banking

M-Banking atau Mobile Banking adalah layanan perbankan yang ditawarkan untuk para nasabahnya dalam membantu mempermudah mereka untuk melakukan aktivitas perbankan melalui perangkat mobile atau smartphone yang mereka miliki melalui aplikasi mobile yang sudah disediakan oleh pihak bank.Proses top up saldo Gopay menggunakan M-Banking bisa dibilang prosesnya hampir sama antara bank satu dengan bank lainnya. Akan tetapi pada langkah-langkah kali ini akan dijelaskan proses top up saldo Gopay melalui aplikasi m-BCA atau Mobile Banking BCA dengan kondisi anda telah mengaktifkan layanan tersebut dan sudah verifikasi aktivasi finansial BCA. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi m-BCA yang sudah terinstal di perangkat smartphone yang kamu miliki dan klik lakukan login ke m-BCA dengan memasukkan 6 digit kode akses untuk login.
  2. Setelah login anda akan masuk ke halaman menu utama m-BCA. Klik 'M-Transfer' lalu pilih 'Transfer BCA Virtual Account'.
  3. Masukkan kode rekening Virtual Account atau VA dengan ketentuan 5 digit pertama merupakan kode VA perusahaan Gojek (70001) dan digit lainnya adalah nomor handphone yang anda daftarkan di aplikasi Gojek (0813123423453456). Contoh VA : 700010813123423453456.
  4. Jika sudah cek kembali bahwa itu Nomor Virtual Account yang tertera dengan nama anda.
  5. Masukkan nominal saldo yang ingin anda top up sebagai saldo Gopay lalu proses transaksi.
  6. Masukkan pin m-BCA anda untuk verifikasi keamanan.
  7. Ikuti intruksi pembayaran transaksi m-BCA sampai selesai dan pengisian saldo Gopay berhasil dan saldo sudah bertambah atau masuk di aplikasi Gopay.
Untuk top up menggunakan metode ini, anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp.1.000 setiap melakukan pengisian saldo Gopay.

Top Up Saldo Gopay Melalui Internet Banking

Saldo Gopay Melalui Internet Banking
Ilustrasi Top Up Saldo Gopay Melalui Internet Banking


Internet Banking adalah layanan transaksi perbankan secara digital yang ditawarkan oleh layanan penyedia jasa keuangan atau bank kepada para nasabahnya untuk melakukan segala transaksi perbankan secara digital melalui browser yang terinstal di perangkat PC, laptop, tablet ataupun smartphone dimanapun dan  kapanpun secara realtime dengan bantuan koneksi jaringan internet.

Pengisian saldo Gopay melalui Internet Banking bisa dibilang hampir sama dengan cara pengisian saldo Gopay melalui m-BCA. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini :

  1. Menuju ke halaman website KlikBCA Individual lalu Login dengan menginput Username dan Kode Pin yang dimiliki.
  2. Klik Menu 'Fund Transfer' lalu pilih 'Transfer To BCA Virtual Account'.
  3. Masukkan kode rekening Virtual Account atau VA dengan ketentuan 5 digit pertama merupakan kode VA perusahaan Gojek (70001) dan digit lainnya adalah nomor handphone yang anda daftarkan di aplikasi Gojek (0813123423453456). Contoh VA : 700010813123423453456.
  4. Masukkan jumlah nominal saldo Gopay yang ingin anda top up lalu proses transaksi.
  5. Ikuti instruksi yang diberikan sampai proses pengisian saldo Gopay selesai.
  6. Cek kembali jumlah nominal saldo Gopay anda.
Sama seperti Mobile banking anda akan dikenakan biaya admin Rp.1000 setiap kali melakukan top up saldo dengan menggunakan Internet Banking.

Top Up Saldo Gopay Melalui Mesin ATM atau Automatic Teller Machine

Ilustrasi Top Up Saldo Gopay Melalui Mesin ATM BCA
Ilustrasi Top Up Saldo Gopay Melalui Mesin ATM BCA


Anda bisa melakukan top up saldo Gopay secara langsung di mesin ATM terdekat yang ada di sekitar anda jika saat ini memang anda belum mengaktifkan layanan Mobile Banking, Internet Banking ataupun SMS Banking.  Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan top up saldo Gopay melalui mesin ATM secara langsung . Secara umum top up saldo Gopay di mesin ATM bank manapun semuanya hampir sama, akan tetapi pada contoh kali ini akan dijelaskan melakukan pengisian saldo Gopay di ATM Bank BCA terdekat.

  1. Menuju Ke Mesin ATM Bank BCA terdekat yang ada di sekitar anda.
  2. Masukkan Kartu ATM Bank BCA yang anda miliki dan input 6 digit PIN ATM BCA.
  3. Klik Menu Transaksi Lainnya.
  4. Klik Menu Transfer lalu pilih Transfer ke rekening BCA Virtual Account.
  5. Masukkan kode rekening Virtual Account atau VA dengan ketentuan 5 digit pertama merupakan kode VA perusahaan Gojek (70001) dan digit lainnya adalah nomor handphone yang anda daftarkan di aplikasi Gojek (0813123423453456). Contoh VA : 700010813123423453456.
  6. Cek kembali apakah informasi nama dan nomor VA yang tertera sudah benar, jika sudah benar maka masukkan jumlah nominal saldo Gopay yang akan anda isi ke aplikasi Gojek.
  7. Ikuti Instruksi selanjutnya sampai proses top up atau pengisian saldo berhasil.
  8. Ambil kartu ATM anda dan jangan lupa untuk menyimpan bukti struk pengisian saldo.

Sama seperti Mobile Banking dan Internet Banking, anda akan dikenakan biaya admin tambahan sebesar Rp.1.000 setiap kali melakukan pengisian saldo Gopay melalui mesin ATM.


Top Up Saldo Gopay Melalui SMS Banking

Ilustrasi Top Up Saldo Gopay Melalui SMS Banking
Ilustrasi Top Up Saldo Gopay Melalui SMS Banking


Sms Banking adalah salah satu layanan mobile banking yang disediakan oleh pihak perbankan untuk mengakomodir kebutuhan transaksi perbankan para nasabah melalui fitur SMS atau Short Message Service. Aplikasi Gojek juga mengakomodir jika anda ingin melakukan top up saldo Gopay melalui layanan SMS Banking. Adapun langkah-langkahnya melakukan top saldo Gopay menggunakan SMS Banking (BANK BRI) adalah sebagai berikut ini :

  1. Pastikan kamu sudah mengaktifkan layanan SMS Banking Bank BRI.
  2. Klik menu pesan atau message di perangkat smartphone yang anda gunakan lalu buat pesan baru atau new message.
  3. Buat pesan baru dengan format sebagai berikut : BELI(spasi)GOPAY(spasi)301341(spasi)Nomor Telepon(space)Nominal Top UP(space)Mobile Banking PIN.
  4. Kirim pesan tersebut ke nomor 3300
  5. Cek instruksi pesan yang masuk sampai transaksi berhasil dan saldo Gopay telah terisi di aplikasi Gojek.
  6. Untuk mengecek riwayat pengisian saldo, anda bisa menuju ke menu History pada aplikasi Gojek.

Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp.1.000 setiap kali melakukan pengisian saldo Gopay menggunakan SMS Banking dan belum termasuk dengan biaya yang dikenakan setiap kali mengirim pesan atau SMS. Selain itu top up dengan SMS banking hanya bisa dilakukan oleh nasabah Bank BRI, Bank BNI, Maybank Indonesia, CIMB Niaga, BRI Syariah dan Bank BJB.


Metode Top Up Saldo Gopay Lainnya

Jika anda tidak menemukan metode top up saldo Gopay yang anda inginkan, anda bisa mencoba beberapa alternatif pengisian saldo berikut, diantaranya seperti :

  • Bukopin PPOB
  • OCBC NISP - PPOB
  • Bank Sinarmas - Teller
  • BCA - SIM Toolkit
  • ATM Bersama - Cash Deposit


Kesimpulan

Metode atau apapun cara yang anda pilih untuk melakukan top up saldo Gopay di aplikasi Gojek selalu pastikan anda menggunakan cara yang legal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan merugikan anda nantinya, baik itu kerugian materiil ataupun berurusan dengan hukum. 

Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini, semoga artikel kali ini bisa membantu anda nantinya. Terima kasih 


Posting Komentar untuk "Berbagai Cara Cara Top Up Saldo Gopay Di Aplikasi Gojek. Ada Yang Free Admin!"