Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu The Sandbox (SAND) Cryptocurrency

Logo The Sandbox (SAND) Cryptocurrency
Logo The Sandbox (SAND) Cryptocurrency


The Sandbox terkenal karena dua hits mobile-nya, The Sandbox (2011) dan The Sandbox Evolution (2016), yang jika digabungkan kedua game tersebut sudah menghasilkan 40 juta unduhan di perangkat mobile iOS dan Android. Pada tahun 2018, pengembang atau penerbit Pixowl memutuskan untuk membawa User Generated Content gaming IP yang sukses tersebut dan komunitas pembuat konten mobile ke ekosistem blockchain, yaitu The Sandbox.

The Sandbox diciptakan untuk mengganggu dominasi dari pengembang game yang sudah ada seperti Minecraft dan Roblox dan yang menjadi pembeda ialah The Sandbox memberikan hak atas kepemilikan atas ciptaan-ciptaan para penggunanya di game yang mereka kembangkan dengan token yang tidak dapat dipertukarkan atau Non-Fungible Token (NFT).

Untuk mengenal lebih jauh apa itu Sandbox (SAND) . Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkumnya untuk anda para pembaca.


Apa Itu Sandbox (SAND) Cryptocurrency?

Screenshot Halaman Website The Sandbox
Screenshot Halaman Website The Sandbox

The Sandbox adalah dunia virtual berbasis komunitas yang terdesentralisasi tempat para pembuat konten dapat merancang, berbagi, memonetisasi dan menjual aset yang sudah mereka ciptakan ke dunia nyata. Metaverse Sandbox adalah salah satu dari beberapa dunia virtual berbasis blockchain yang mencoba mengubah dinamika pasar game dengan cara memberi penghargaan kepada pencipta untuk nilai yang mereka hasilkan melalui konten yang dibuat.

Ekosistem Sandbox

Ekosistem permainan Sandbox terdiri dari tiga produk utama yang terintegrasi, diantaranya adalah :
  1. VoxEdit memungkinkan para pengguna untuk membuat dan menganimasikan objek 3D di metaverse. Contohnya seperti orang, hewan, dan alat di antara item lainnya. Objek-objek ini disebut sebagai ASET dan menggunakan standar token ERC-1155, hal tersebut memungkinkan token yang dapat dipertukarkan dan tidak dapat dipertukarkan  atau NFT yang dicetak dengan satu kontrak pintar.
  2. Sandbox Marketplace adalah tempat di mana pengguna dapat mempublikasikan dan menjual ASET mereka setelah terlebih dahulu mengunggahnya ke InterPlanetary File System (IPFS).
  3. Sandbox Game Maker memungkinkan para pengguna membuat game 3D ciptaan mereka sendiri secara gratis tanpa perlu memiliki keahlian untuk coding atau programming sama sekali.
Menariknya para pengguna yang ingin berpartisipasi di ekosistem Sandbox tidak perlu memiliki pengetahuan akan coding atau pemrograman sama sekali. Hal tersebut dikarenakan Sandbox sudah memiliki tools yang memungkinkan para pengguna untuk membuat dan menggabungkan ASET yang mereka miliki ke dalam dunia game dan dunia online.

Blockchain Gaming dengan NFT

Market NFT Di The Sandbox
Market NFT Di The Sandbox

Dunia virtual Sandbox menggunakan teknologi blockchain dan NFT untuk memberdayakan para pemain dan pencipta NFT. Melalui penggunaan NFT para pengguna dan pencipta konten di ekosistem  Sandbox akan dapat memperoleh manfaat dan reward dari 4 sumber berikut :
  1. Kepemilikan aset digital 
  2. Keamanan dan ketidambungan
  3. Perdagangan di marketplace
  4. Interoperabilitas lintas aplikasi
Metaverse Sandbox menggunakan beberapa token untuk menciptakan ekonomi melingkar di antara semua profil pengguna yang akan berinteraksi dengan platformnya yaitu para pemain, kreator, kurator dan pemilik LAND. LANDS, ASSETS Dan SAND adalah token berdasarkan protokol ERC20 yang akan bertindak sebagai mata uang resmi di ekosistem untuk membeli barang dan jasa di dalam pasar game.

Apa Itu Koin SAND Dan Kegunaannya?

Gambar Ilustrasi SAND Token
Gambar Ilustrasi SAND Token

SAND adalah token utilitas yang digunakan di seluruh ekosistem The Sandbox sebagai mata uang digital yang digunakan untuk transaksi dan interaksi. SAND adalah token dengan jenis ERC-20 yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Koin SAND sendiri memiliki totak maksimal persediaan koin yang dibatasi sebanyak 3.000.000.000 koin SAND.

Adapun beberapa kegunaan dan fungsi koin SAND di ekosistem Sandbox adalah sebagai berikut :

a). Akses platform Sandbox

Para pemain dapat menggunakan koin SAND untuk bermain game, membeli equipment ataupun membeli avatar. Untuk para kreator koin SAND bisa digunakan untuk membeli ASETS, LAND dan pertaruhan koin. Sedangkan untuk para artis mereka bisa menggunakan koin SAND untuk membeli beberapa ASET dan GEMS langka di marketplace.

b). Koin Tata Kelola

Koin SAND adalah token tata kelola yang memungkinkan pemegangnya untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan di platform Sandbox menggunakan struktur DAO. Semangkin banyak koin SAND yang anda miliki, maka semakin besar pengaruh anda dalam pengambilan keputusan.

c). Staking

Para pemegang koin SAND bisa mendapatkan pendapatan tambahan berupa passive income atau pendapatan pasif dengan cara melakukan stacking di LANDS.

d). Model Pengambilan Biaya 

Setiap terjadinya transaksi yang dilakukan dalam ekosistem Sandbox akan dikenakan biaya transaksi sebesar 5%. Dimana biaya transaksi tersebut sebanyak 50% akan dipertarukah ke Staking Pool sebagai hadiah untuk pemegang token yang mempertaruhkan token SAND dan 50% sisanya untuk 'foundation atau yayasan.

e). Sumbangan Untuk Foundation

Seperti yang dijelaskan pada point sebelumnya dimana 50% biaya transaksi akan diberikan untuk foundation atau yayasan yang mengelola dan mendukung ekosistem Sandbox.

Berapa Harga Koin SAND?

Menurut data yang didapatkan dari situs CoinMarketCap harga koin Sandbox(SAND) saat ini adalah Rp 7,753.56 IDR. Koin SAND berapa di posisi ke-112 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebanyak Rp 5,450,692,934,802 IDR. Saat ini sudah 702,992,326 koin SAND yang beredar dengan maksimal suplai koin SAND sebanyak  3,000,000,000 (10/7/2021).

Jika kamu tertarik untuk membeli koin SAND, Bursa teratas untuk diperdagangkan di The Sandbox saat ini adalah Binance, OKEx, CoinTiger, Huobi Global.


Sekian dulu artikel kali ini yang berjudul "Mengenal Apa Itu The Sandbox (SAND) Cryptocurrency". Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu The Sandbox (SAND) Cryptocurrency"