Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa itu Ravencoin (RVN) Cryptocurrency

Logo Ravencoin (RVN) Cryptocurrency
Logo Ravencoin (RVN) Cryptocurrency


Di dalam dunia fiksi Westeros, burung gagak adalah hewan yang digunakan sebagai pembawa pesan yang membawa pernyataan kebenaran maupun berita. Hal tersebut tentunya menginspirasi terciptanya blockchain Ravencoin sebagai blockchain yang dirancang dan berfokus untuk membawa pernyataan kebenaran tentang siapa yang memiliki dan aset apa yang ia miliki.


Apa itu Ravencoin (RVN) Cryptocurrency?

Screenshot Halaman Website Ravencoin (RVN) Cryptocurrency
Screenshot Halaman Website Ravencoin (RVN) Cryptocurrency

Ravencoin adalah perangkat lunak yang berusaha memberi insentif kepada jaringan komputer untuk mengoperasikan platform yang memungkinkan pengguna membuat kelas baru aset kripto. Protokol ini dirancang untuk memfasilitasi pembuatan dan transfer token yang mewakili aset dunia nyata seperti sekuritas, barang koleksi, emas, tiket acara, dan sebagainya. Hal tersebut berarti anda dapat membuat token keamanan Anda sendiri dalam hitungan menit dan memperdagangkannya di seluruh dunia.

Ravencoin diluncurkan sebagai garpu open-source dari basis kode Bitcoin, yang berarti timnya menyalin dan memodifikasi kode Bitcoin lalu menambahkan beberapa fitur tambahan yang dirancang untuk tujuan yang berbeda. 

Adapun beberapa hal yang membuat Ravencoin (RVN) berbeda dari Bitcoin (BTC), diantaranya adalah :

  • Blokir hadiah 5.000 RVN, bukan 50 BTC.
  • Blok waktu 1 menit, bukan 10.
  • Total pasokan koin 21 miliar, bukan 21 juta.
  • Algoritma penambangan baru, KAWPOW yang memungkinkan penambangan lebih terdesentralisasi.
  • Penambahan penerbitan Aset & Sub-aset, transfer, aset unik, dan penghargaan.
  • Penambahan pesan dan pemungutan suara di masa mendatang.

Untuk mengamankan jaringannya, Ravencoin menggunakan mekanisme konsensus yang mirip dengan Proof of Work (PoW) Bitcoin. Namun, daripada menambang melalui perangkat keras khusus, setiap pengguna yang ingin menjadi penambang dapat melakukannya dengan CPU mereka sendiri.

Karakteristik Unik Ravencoin

Adapun Karakteristik unik dari Ravencoin :

  • Tahan ASIC – Menggunakan algoritma hashing KAWPOW untuk mencegah pengembangan perangkat keras ASIC
  • Peluncuran yang adil - Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menambang atau membeli RVN sejak hari pertama.
  • Tidak ada pra-tambang, tidak ada ICO, dan tidak ada koin yang disimpan untuk hadiah pengembang atau pendiri.
  • Berbasis Komunitas, dan Sumber Terbuka Sejati

Siapa yang Menciptakan Ravencoin?

Ravencoin diluncurkan pada 2018 melalui percabangan kode Bitcoin oleh pengusaha Bruce Fenton dan pengembang Tron Black. 

Tim Ravencoin, menahan diri dari penjualan token publik atau pribadi kepada investor, berusaha untuk meniru peluncuran Bitcoin, yang berarti tidak ada pasokan token yang disisihkan untuk orang lain terlebih dahulu. Pada saat peluncuran, tim inti didanai oleh anak perusahaan Overstock.com Medici Ventures. 


Bagaimana Ravencoin Bekerja?

Kode Ravencoin disalin dari Bitcoin tetapi menetapkan jaringan, aset, dan aturan protokolnya sendiri yang unik. Parameter lain dimodifikasi untuk mendorong penerbitan aset dan komunikasi antara pengguna token tertentu di jaringannya.

Untuk menjaga agar jaringannya tetap sinkron, Ravencoin menggunakan variasi mekanisme konsensus Proof-of-Work (PoW), yang disebut KAWPOW, yang bertujuan untuk menurunkan hambatan masuk ke penambangan di jaringannya. 

Mirip dengan PoW di Bitcoin, KAWPOW digunakan oleh jaringan komputer yang menjalankan perangkat lunak Ravencoin untuk mengamankan jaringan, memvalidasi transaksi, dan mendistribusikan RVN yang baru dicetak.

Penerbitan Token

Untuk membuat aset kripto baru, pengguna harus membakar (atau menghancurkan) sejumlah koin RVN dan memberikan nama unik untuk token mereka.

Setelah dibuat, penerbit juga dapat menentukan karakteristik khusus untuk token mereka seperti jumlah token yang diterbitkan, jumlah tempat desimal di mana token tersebut dapat difraksinasi dan kelayakannya . 

Sebagai catatan, penerbit token mana pun dapat mendistribusikan hadiah RVN kepada pemegang token mereka, menyediakan cara untuk mengeluarkan dividen dalam organisasi atau menciptakan insentif dalam komunitas, misalnya.

Perpesanan

Ravencoin juga menyediakan kemampuan bagi pembuat token untuk mengirim pesan kepada siapa saja yang memegang token mereka, memungkinkan pemegang tertentu untuk diberi tahu ketika mereka mungkin perlu memberikan suara pada proposal baru. 

Karena semua token RVN dapat dipindahtangankan, pemegang token tidak hanya dapat mendelegasikan suara mereka kepada pengguna jaringan lainnya, tetapi mereka juga dapat memutuskan untuk menjual saham mereka di komunitas saat mereka mau. 


Apa Itu Koin RVN?

Gambar Ravencoin (RVN) Cryptocurrency Token
Gambar Ravencoin (RVN) Cryptocurrency Token

Koin RVN adalah token dirancang sebagai mata uang internal dalam jaringan Ravencoin dan harus dibakar untuk mengeluarkan aset token di Ravenchain. Aset koin RVC dapat mewakili apa saja: objek kustodian dunia nyata seperti emas atau euro fisik, barang dan objek virtual, bagian dari proyek seperti saham dan sekuritas, mil maskapai penerbangan atau satu jam dari upah seseorang dan sebagainya

Versi protokol Ravencoin masa depan yang direncanakan akan mendukung sistem pesan dan pemungutan suara terintegrasi.

Apa Yang Membuat Koin RVN Bernilai?

Koin RVN sangat penting untuk memelihara dan mengoperasikan jaringan Ravencoin, karena cryptocurrency -nya harus digunakan untuk membuat aset baru. 

Dengan memiliki dan membakar RVN, pengguna mendapatkan kemampuan untuk mengeluarkan token khusus dengan fitur yang telah ditentukan dan kebijakan moneter. 

Lebih lanjut, seperti mekanisme PoW lainnya, Ravencoin memberi penghargaan kepada penambang yang menambahkan data baru ke blockchain , setelah dianggap valid dan diterima oleh jaringan.

Berapa Harga Ravencoin (RVN)?

Harga dari Ravencoin (RVN) saat ini (18/7/2021) menurut situs kripto populer CoinMarketCap adalah senilai $0.059109 USD. Saat ini koin RVN berada di peringkat ke-95 di website CoinMarketCap dengan total nilai kapitalisasi pasar sebesar $545,650,640 USD. Jumlah koin RVN yang beredar saat ini adalah sebanyak 9,231,315,000 koin RVN dengan total maksimal suplai yang dibatasi sebanyak 21,000,000,000 koin RVN.

Jika anda tertarik untuk membeli koin ini sebagai tambahan portofolio kripto anda, adapun beberapa bursa teratas yang memperdagangkan Ravencoin saat ini adalah Binance , OKEx , Huobi Global , ZG.com dan Upbit.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa itu Ravencoin (RVN) Cryptocurrency"