Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Nexo (NEXO) Cryptocurrency : Platform Pinjaman Berbasis Cryptocurrency

Gambar Logo Nexo (NEXO) Cryptocurrency
Gambar Logo Nexo (NEXO) Cryptocurrency 


Nexo adalah platform unik yang memungkinkan anda memperoleh bunga atas investasi cryptocurrency yang ada setorkan di platform ini. Suku bunga bervariasi menurut metode distribusi dan koin, tetapi Anda dapat mengharapkan untuk memperoleh antara 6% dan 12% APR dari investasi Anda. 

Nexo juga memungkinkan Anda untuk mengambil pinjaman berdasarkan jumlah cryptocurrency di akun Anda tanpa menjual koin Anda dan membelinya kembali. Suku bunga pinjaman mulai dari 5,90% April. Meskipun saat ini Anda tidak dapat membeli atau menjual cryptocurrency melalui platform Nexo, penyedia rekening tabungan crypto menawarkan metode hasil tinggi bagi investor untuk mendapatkan uang dari koin dan fiat yang tidak digunakan. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Nexo (NEXO) Cryptocurrency. Cek di artikel berikut ini. Selamat membaca!.

Baca juga artikel untuk prediksi harga Nexo (NEXO).


Apa Itu Nexo (NEXO) Cryptocurrency?

Nexo (NEXO) Cryptocurrency
Ilustrasi Gambar Apa Itu Nexo (NEXO) Cryptocurrency


Nexo adalah platform pinjaman berbasis blockchain yang menawarkan pinjaman instan yang didukung cryptocurrency dimana para penggunananya bisa mendapatkan dana pinjaman dengan cepat dalam bentuk mata uang flat dan mendukung untuk mempertahankan kepemilikan aset digital seseorang.

Diluncurkan pada April 2018, platform ini berupaya untuk mempromosikan model di mana akuisisi pinjaman dalam bentuk kripto menjadi lebih mudah dari pada sebelumnya, para pengguna bisa mendapatkan pinjaman dalam bentuk uang flat tanpa perlu bergantung pada pemeriksaan skor kredit yang biasanya dilakukan oleh pihak ketiga.  

Para pengguna hanya diminta untuk menyetorkan token yang ia miliki, seperti Bitcoin (BTC), Ethererum (ETH), Litecoin (LTC) atau Ripple (XRP) dan cryptocurreny lainnya yang didukung ke dompet Nexo. Cryptocurreny tersebut akan disimpan dan digunakan sebagai jaminan untuk menerima pinjaman dalam bentuk mata uang fiat atau stablecoin. Setelah proses penyimpanan selesai makan dana pinjaman akan langsung dicairkan dalam bentuk mata uang flat yang tersedia lebih dari 40 jenis mata uang dari berbagai negara.

Sistem ini dirancang sebagai sarana untuk mengamankan likuiditas secara otomatis dan fleksibel, dengan bonus tambahan menyediakan dukungan untuk likuiditas klien melalui aset digital mereka. . Selain itu Nexo juga mendukung lebih dari 20 cryptocurrency, termasuk opsi populer seperti Bitcoin, Ethereum, XRP, Cardano, Monero, dll. Pembayaran didukung untuk token USD, EUR, BTC, ETH, dan NEXO. 

Teknologi Blockchain menyediakan tulang punggung sistem yang berfokus pada transparansi di jantung Nexo, yang komponen Nexo Oracle-nya bertugas memproses kontrak pintar berbasis Ethereum, serta menyimpan data yang relevan dengan pinjaman tertentu. 

Siapa Pendiri Nexo?

Nexo didirikan oleh tim profesional keuangan dan penggemar crypto, yang beralih ke blockchain untuk menciptakan crypto yang setara dengan layanan yang mapan dalam keuangan tradisional, tetapi sampai sekarang tidak ada dalam keuangan digital— meminjam terhadap nilai aset Anda sambil mempertahankan kepemilikan . Pada tahun 2018, tim meluncurkan platform Nexo, menawarkan jalur kredit crypto pertama di dunia yang memungkinkan pemegang aset digital untuk mendapatkan pinjaman fiat dan stablecoin terhadap cryptocurrency mereka, dan dengan demikian menetapkan fondasi ceruk pinjaman crypto.

Kolektif di belakang Nexo memiliki pengalaman gabungan lebih dari 30 tahun dalam layanan keuangan, termasuk pinjaman non-crypto, perbankan investasi, merger dan akuisisi, dan dana lindung nilai, dengan Co-founder dan Managing Partner Antoni Trenchev sebagai tambahan berkontribusi dengan pengalaman dalam Hukum Keuangan dan dalam solusi KYC dan AML.

Trenchev, yang telah bertindak sebagai wajah publik dari kepemimpinan Nexo, memiliki rekam jejak dalam mengadvokasi adopsi blockchain dan kripto yang lebih luas, terutama menjabat sebagai anggota parlemen di Majelis Nasional Bulgaria dari 2015 hingga 2017, di mana ia mempromosikan implementasi solusi blockchain untuk layanan e-government, serta sering mengomentari peristiwa terkini terkait kripto dan keuangan digital ke media arus utama, termasuk Bloomberg , The Independent , dan CNBC .

Nexo saat ini melayani lebih dari satu juta pengguna di 200+ yurisdiksi, mengelola aset lebih dari $4 miliar. Perusahaan saat ini memiliki 150 karyawan, dengan manajemen yang berbasis di London.

Apakah Nexo Proyek yang Sah?

Untuk kreditnya, proyek Nexo mendapat dukungan kuat dalam bentuk Credissimo, Grup fintech dengan jutaan pelanggan dan satu dekade pengalaman di belakangnya. Kegiatan intinya berkisar pada penyediaan pinjaman konsumen online instan, pembiayaan e-commerce dan layanan pembayaran. Tim Credissimo berusaha menghadirkan fungsionalitas serupa ke dunia aset digital, yang didukung oleh teknologi kripto modern, sehingga melahirkan proyek Nexo. Mempertimbangkan bahwa proyek-proyek terkait kripto sering kali berada di bawah pengawasan badan pengatur dan memperingatkan publik, situasi dengan Nexo setidaknya harus agak lebih santai, mengingat Credissimo beroperasi di bawah pengawasan beberapa otoritas perbankan dan jasa keuangan Eropa.

Apa yang Ingin Dicapai Nexo?

Proyek Nexo lahir dari ambisi untuk menyelesaikan beberapa masalah yang oleh pengembangnya diidentifikasi sebagai yang paling mendesak di industri teknologi keuangan.

Nexo ingin mencegah aset digital duduk diam, terutama di zaman semakin populernya kripto crypto. Sementara proses pengarusutamaan cryptocurrency masih berlangsung, pengadopsi awal teknologi ini telah menciptakan kekayaan yang signifikan. Pengembang Nexo ingin investor, pengusaha, penambang, dan pengguna non-profesional untuk memanfaatkan kekayaan ini dengan menghindari memegang aset digital yang nilainya dapat tumbuh menganggur pada waktunya, baik karena kurangnya peraturan atau tidak adanya infrastruktur teknologi yang memadai. . Model pinjaman kripto instan Nexo mencoba memecahkan masalah penahanan berkepanjangan pada dua tingkat: pengguna masih dapat mempertahankan aset kripto mereka, sambil mengamankan akses ke uang tunai "langsung" yang dapat didenominasi dalam mata uang fiat, seperti USD, JPY atau EUR. Selain itu, pinjaman yang didukung crypto mereka akan menikmati manfaat yang dijamin oleh nilai pasar aset digital yang ditautkan dengan akun Nexo mereka.

Likuidasi aset digital dapat menjadi proses yang melelahkan dan berlarut-larut, yang diharapkan Nexo dapat dikurangi dengan akses tunai yang tersedia dengan cepat. Aset digital saat ini diperdagangkan di bursa kripto yang persyaratannya dapat bervariasi secara drastis dari satu platform ke platform lainnya. Prosedur mereka yang sering berjalan lambat dan batasan penarikan terkadang dianggap tidak sesuai dengan tuntutan ekonomi digital modern. Hal ini semakin diperburuk oleh kebutuhan untuk bekerja dengan bank reguler yang mengubah aset ini menjadi mata uang fiat dan membebani pelanggan dengan biaya tambahan dan hambatan prosedural. Tim Nexo berharap untuk mengurangi praktik-praktik ini dan menawarkan akses global ke uang tunai, memungkinkan penggunanya menjadi lebih gesit dalam memanfaatkan peluang investasi dan memenuhi kebutuhan likuiditas mereka pada waktunya. Pada saat yang sama, pemilik aset digital tidak diharuskan membayar biaya transaksi, penarikan, atau platform tambahan

Retensi kepemilikan atas aset digital, sebagaimana diizinkan oleh Nexo, seharusnya memberikan fleksibilitas lebih kepada pemiliknya saat menghadapi apresiasi/penyusutan nilainya . Dibebaskan dari tekanan untuk menjual aset digital mereka untuk mata uang fiat, pemilik aset digital memiliki opsi untuk mendapat untung dari perubahan harga di masa mendatang yang mungkin diberikan aset ini tepat waktu. Pinjaman Crypto yang disediakan oleh Nexo sebagai alternatif penjualan harus memungkinkan mereka untuk mempertahankan keuntungan modal mereka dan berbuat lebih banyak dengan potensi aset mereka yang menciptakan kekayaan. Selain itu, fakta bahwa tidak ada penjualan aset digital yang sebenarnya terjadi, pengguna Nexo tidak akan terkena pajak yang biasanya dipicu dalam keadaan ini.

Karena pemeriksaan kredit dihilangkan dengan Nexo, potensi masalah devaluasi peringkat kredit dengan pelanggan dikeluarkan dari persamaan . Mempertimbangkan bahwa apa yang disebut pemeriksaan kredit keras dapat meninggalkan penyok pada peringkat kredit pemohon dan menyebabkan tingkat bunga yang lebih tinggi dengan lembaga keuangan, tim Nexo memutuskan untuk menghapusnya sama sekali dan hanya mengandalkan mengamankan pinjaman berbasis kripto berdasarkan nilai aset digital yang tersimpan di akun Nexo pelanggan. Ini juga harus mengurangi lamanya proses persetujuan pinjaman yang sering ditemukan pada lembaga standar.

Terakhir, arsitektur berbasis blockchain yang ditampilkan dalam platform Nexo harus mendorong transparansi dan kekekalan semua pengaturan terkait pinjaman . Platform Nexo menggunakan kontrak pinjaman yang disimpan di blockchain. Dana pelanggan disimpan di dompet penyimpanan dingin multi-tanda tangan dengan standar penyimpanan yang diverifikasi oleh BitGo, sebuah perusahaan keamanan aset digital yang terkenal secara global. Di masa lalu, transaksi yang melibatkan pinjaman yang didukung oleh aset kripto dikelola pada platform P2P, dengan ketergantungan pada berbagai perjanjian dengan nilai yang dipertanyakan secara hukum. Hal ini menimbulkan kekhawatiran tentang kurangnya keamanan dan transparansi mereka, yang sering meningkat menjadi penipuan dan praktik rentenir. Dengan Nexo, status hukum pinjaman yang diberikan dijamin baik oleh teknologi blockchain, sementara dukungan mereka dijamin oleh tim Credissimo.


Bagaimana Cara Kerja Nexo?

Pinjaman yang diambil dengan Nexo diterima pada hari yang sama atau keesokan harinya melalui transfer bank yang melibatkan SWIFT, SEPA atau ACH. Akun penerima dapat berupa akun pribadi atau bisnis. Pinjaman kripto instan bekerja berpasangan dengan opsi untuk menggunakan kartu Nexo gratis. Dengan itu, batas pinjaman dihitung berdasarkan nilai aset kripto yang disimpan di akun Nexo pelanggan, dengan kredit tambahan tersedia segera setelah apresiasi aset.

Nexo Oracle adalah jantung platform, yang bertanggung jawab untuk mengelola sebagian besar aspek operasionalnya:

  • Tata kelola jaringan
  • Melakukan pemantauan aset secara real time
  • Menangani data analytics untuk mengatur penyaluran pinjaman dan rencana pembayaran kembali

Berdasarkan hal ini, Oracle Nexo pada dasarnya menentukan jumlah akhir yang akan diterima oleh klien, biaya pinjaman terhadap agunan, dan periode pembayaran.

Untuk perhitungannya, Oracle Nexo akan menggunakan rasio Loan-to-Value (LTV) untuk menetapkan kelayakan kredit klien tanpa perlu menggunakan rekening bank atau data peringkat kreditnya. Misalnya, klien yang memegang USD 1000 dalam BTC dapat dinilai oleh algoritma Oracle dan diberi rasio LTV 50 persen, yang berarti bahwa orang tersebut berhak untuk meminjam USD 1000 sebagai jumlah pinjaman minimum dalam mata uang fiat.


Apa yang Membuat Nexo Unik?

Nexo (NEXO) Cryptocurrency Card
Gambar Nexo (NEXO) Cryptocurrency Card


Menurutnya whitepaper , Nexo adalah pertama kalinya penyedia pinjaman cryptocurrency didukung instan dan berniat untuk menyelesaikan inefisiensi di pasar kredit. Proses pinjaman otomatisnya menggunakan kontrak pintar dan oracle di blockchain Ethereum untuk mengelola pinjaman. Setelah pengguna mentransfer cryptocurrency ke dompet yang dikendalikan Nexo, oracle menetapkan pinjaman dan pengguna langsung mengalokasikan dana. Ketika pengguna melakukan deposit untuk membayar pinjaman, oracle mengembalikan cryptocurrency dan mencatat transaksi di blockchain. Kontrak pintar digunakan untuk memberi daya pada NEXO dan untuk mencatat saldo pengguna.

Nexo dipasarkan ke investor individu dan institusi, perusahaan cryptocurrency, bursa, penambang, dan lainnya yang menginginkan likuiditas dari aset mereka. Perusahaan mendapat untung dari akumulasi bunga pinjaman, dan juga menawarkan pinjaman institusional dan layanan konsultasi.

Nexo berusaha membangun basis pengguna klien yang terus menggunakan platform dan tetap berinvestasi di NEXO. Karena itu, perusahaan mengumumkan program loyalitas yang memberi penghargaan kepada mereka yang menyimpan NEXO di akun mereka, memberi mereka suku bunga preferensial untuk pinjaman dan hasil tabungan yang lebih tinggi . Nexo juga mendistribusikan 30% dari keuntungannya kepada pemegang token NEXO dalam bentuk dividen.


Bagaimana Cara Mengambil Pinjaman dari Nexo?

Untuk dengambil pinjaman dari Nexo adapun beberapa langkah-langkah yang perlu dilakukan, diantaranya adalah :

  1. Pertama, klien perlu mentransfer aset kripto mereka ke akun Nexo mereka. Setelah ini, sistem Nexo meluncurkan serangkaian validasi berbasis blockchain untuk aset kripto tertentu. Berdasarkan validasi yang diterima, Oracle Nexo segera mulai menghitung jumlah batas pinjaman dan mempersiapkan penyediaannya.
  2. Klien menerima pinjaman instan dalam mata uang fiat melalui transfer bank atau kartu Nexo. Berdasarkan preferensi mereka, klien dapat memilih mata uang yang paling nyaman di mana dana mereka akan didenominasi. Jika mata uang kripto terapresiasi nilainya, Oracle Nexo akan segera meningkatkan batas pinjaman.
  3. Klien dapat membayar kembali pinjaman mereka dalam beberapa cara, termasuk transfer bank dan pembayaran dengan fiat atau kripto. Diskon tersedia bagi mereka yang memilih untuk menggunakan token NEXO platform. Ada juga opsi untuk membayar kembali pinjaman seseorang dengan menjual sebagian aset kripto yang ditemukan di akun Nexo.

Kripto dari akun Nexo dapat ditarik seluruhnya atau sebagian kapan saja, asalkan memenuhi batas wajib yang berkaitan dengan saldo terutang.


 Apa Itu Token NEXO

Gambar Token Nexo
Gambar Token Nexo (NEXO) Cryptocurrency


Token NEXO adalah token asli dan digunakan pada platform blockchain Nexo dengan tujuan untuk memberikan banyak manfaat kepada pemegang token di platform Nexo. Token ini digunakan sebagai sumber diskon dan manfaat lainnya bagi pengguna platform.

Pemegang Token NEXO menerima bunga hingga 12% per tahun, dibayarkan setiap hari, pada Token NEXO yang disimpan di dompet Tabungan dan Jalur Kredit di akun Nexo para pengguna. Selain itu para  memegang Token NEXO secara otomatis menjadikan Anda bagian dari Program Loyalitas Nexo yang memberi Anda:

Token NEXO diperdagangkan sebagai sekuritas terbatas . Mereka digunakan untuk melakukan pembayaran ke Nexo, dengan diskon 50% pada tingkat bunga jika pengguna memutuskan untuk menggunakannya. Pada saat yang sama, memegang NEXO saja memberi klien hak untuk menikmati batas pinjaman yang lebih tinggi dan pembayaran bagi hasil Nexo 30 persen,

Total pasokan token ditetapkan pada 1.000.000.000 NEXO. Pada Juli 2019, kapitalisasi pasar mata uang bernilai USD 61 juta, turun dari USD 219 juta pada Mei 2018. Token tersedia untuk diperdagangkan di bursa cryptocurrency seperti HitBTC dan lainnya .


Berapa Harga Koin NEXO dan Bagaimana Cara membelinya

Koin NEXO saat ini menurut situr CoinMarketCap adalah senilai $1.27 USD. Nexo (NEXO) saat ini berada di urutan ke-76 dengan jumlah total nilai kapitalisasi pasar sebesar $710,265,299 USD. Selain itu sebanyak 560,000,011 koin NEXO sudah beredar dengan total suplai maksimum koin yang dibatasi hanya sampai sebanyak 1,000,000,000 koin NEXO

Untuk memperoleh Token NEXO, ada tiga cara yang dapat anda lakukan untuk mendapatkannya, yaitu melalui Nexo Exchange (disarankan), melalui integrasi Changelly di Nexo Wallet Anda, ataupun melalui pertukaran pihak ketiga.

Membeli Token NEXO melalui Nexo Exchange:

Ini adalah cara termudah dan tercepat untuk membeli Token NEXO tanpa harus meninggalkan Dompet Nexo Anda terutama jika Anda sudah memiliki crypto stablecoin di akun Anda. Berikut langkah-langkahnya yang bisa anda lakukan:
  1. Masuk ke akun Nexo Anda dan tambahkan aset ke akun Anda.
  2. Buka tab "Pertukaran".
  3. Pilih Token NEXO sebagai mata uang yang ingin Anda beli.
  4. Pilih mata uang cryptocurrency, stablecoin, atau fiat yang ingin Anda tukarkan dengan Token NEXO.
  5. Ketuk "Pertukaran".
  6. Catatan: Anda sekarang juga dapat menambah USD, GBP atau EUR dan menukarnya langsung dengan NEXO dengan pasangan NEXO/fiat kami.

Membeli Token NEXO melalui Changelly:

Jika Anda belum memiliki aset di akun Nexo Anda, Anda masih dapat membeli token tanpa meninggalkan Nexo Wallet melalui integrasi Changelly kami. Cukup ikuti langkah-langkah seperti di bawah ini:
  1. Buka platform Nexo atau Aplikasi Nexo Wallet dan klik “Beli Token NEXO”
  2. Klik tombol “Beli/Jual”
  3. Berikan jumlah dan jenis cryptocurrency yang ingin Anda tukarkan dengan Token NEXO
  4. Klik tombol "Tukar Sekarang"
  5. Berikan alamat email yang ingin Anda gunakan dan masukkan kata sandi Changelly Anda . (Jika Anda tidak memiliki akun di Changelly, maka akun akan dibuat atas nama Anda, menggunakan alamat email yang Anda berikan. Anda akan menerima email konfirmasi.)
  6. Anda akan diarahkan ke layar “Pembayaran” di mana Anda akan melihat ID Transaksi, jumlah penukaran, dan alamat Anda.
  7. Klik tombol "Salin" lalu tempel di bidang alamat "tarik ke" saat membuat transaksi menggunakan kunci pribadi atau Nexo Wallet Anda.
  8. Anda akan menerima email konfirmasi transaksi dari Changelly ke alamat email yang Anda berikan beberapa langkah di atas. Setelah proses penukaran selesai, Token NEXO akan otomatis ditambahkan ke Dompet Nexo Anda.

Membeli Token NEXO melalui Exchange

Huobi Global,  TOKENCAN , HitBTC , Bitfinex , dan BKEX saat ini merupakan bursa kripto global terbesar saat ini yang banyak memperdagangkan koin NEXO. Sedang kan untuk marketplace lokal di Indonesia saat ini, NEXO sendiri sudah hadir dan sudah bisa ditransaksikan di Indodax mulai tanggal 22 Juli 2021.





Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Nexo (NEXO) Cryptocurrency : Platform Pinjaman Berbasis Cryptocurrency"