Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Decentraland (MANA) Cryptocurrency

Logo Decentraland (MANA) Cryptocurrency
Logo Decentraland (MANA) Cryptocurrency


Decentraland juga merupakan salah satu dari sekian banyak proyek yang bertumbuh menggunakan struktur organisasi otonom terdesentralisasi (DAO). Decentraland dibangun untuk kreator konten, bisnis, dan individu yang mencari media artistik baru, peluang bisnis, atau sumber hiburan. Di dunia virtual ini, pengguna membeli sebidang tanah yang nantinya dapat mereka navigasi, bangun, dan monetisasi.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang apa itu Decentraland (MANA) cryptocurrency. Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkumnya untuk anda


Apa Itu Decentraland?

Screenshot Halaman Website Decentraland
Screenshot Halaman Website Decentraland


Decentraland
adalah platform dunia virtual yang didukung oleh blockchain Ethereum. Anda dapat bermain, menjelajahi, dan berinteraksi dengan permainan dan aktivitas. Anda juga dapat membeli sebidang tanah untuk membangun lingkungan, pasar, dan aplikasi Anda sendiri. Tiga token asli Decentraland — MANA, LAND, dan Estate dimana ketiga token tersebut memiliki kegunaannya masing-masing dalam melengkapi ekonomi Decentraland. Platform ini diatur oleh penggunanya melalui Decentraland DAO, sebuah organisasi otonom yang terdesentralisasi.

Decentraland adalah dunia virtual tempat para pengguna dapat membeli, mengembangkan, dan menjual LAND yang merupakan Non Fungible Token (NFT) yang mewakili kepemilikan lahan virtual di Decentraland. Pengguna dapat membeli LAND serta semua barang dan jasa lainnya di Decentraland dengan menggunakan token MANA, token ERC-20.

Decentraland ICO sendiri telah berhasil mengumpulkan lebih dari $26 juta dollar Amerika hanya dalam beberapa jam saja. ICO atau penawaran koin awal tersebut dilakukan pada tahun 2017. Dunia virtual ini meluncurkan beta tertutup pada 2019 dan dibuka untuk umum pada Februari 2020.

Pendiri Decentraland

Decentraland didirikan bersama oleh Ariel Meilich dan Esteban Ordano, akan tetapi saat ini kedua-duanya telah mengundurkan diri dari posisi utama di proyek tersebut, tetapi masih bekerja bersama Decentraland sebagai penasihat.

Di sisi lain, Esteban Ordano adalah mantan pemimpin teknologi Decentraland dan memiliki sejarah panjang dan beragam dalam alam cryptocurrency bekerja sebagai insinyur perangkat lunak di BitPay, Inc., penasihat Matic Network serta secara singkat mengoperasikan perusahaan pengembangan smart contract-nya sendiri yang dikenal sebagai Smart Contract Solutions.

Esteban juga diakui sebagai salah satu pendiri Zeppelin Solutions, sebuah perusahaan infrastruktur teknologi blockchain yang mapan.


Cara Kerja Decentraland

Aplikasi Decentraland dibangun untuk melacak paket real estate yang ditentukan oleh token LAND.

Perangkat lunak ini memanfaatkan blockchain Ethereum untuk melacak kepemilikan tanah digital ini, dan mengharuskan pengguna untuk memegang token MANA untuk menyimpannya di dalam dompet Ethereum sebagai syarat untuk terlibat dengan ekosistem Decentraland.

Selanjutnya, pengembang bebas berinovasi dalam platform Decentraland dengan merancang animasi dan interaksi yang dialami di real estate virtual mereka.

Decentraland memiliki banyak komponen berlapis yang dibangun menggunakan kontrak pintar Ethereum.

Arsitektur

Decentraland memiliki banyak komponen berlapis yang dibangun menggunakan kontrak pintar Ethereum.

Lapisan konsensus memelihara buku besar yang melacak kepemilikan bidang tanah. Setiap persil TANAH memiliki koordinat unik di dunia maya, pemilik dan referensi ke file deskripsi yang mewakili konten di dalam persil.

Lapisan konten mengontrol apa yang terjadi dalam setiap paket, dan menyertakan berbagai file yang diperlukan untuk merendernya :

  • Content Files– mereferensikan semua audio dan visual statis
  • Script Files – menentukan penempatan dan perilaku konten yang direferensikan
  • Interaction Definition – interaksi peer-to-peer seperti isyarat, obrolan suara, dan pesan.
Terakhir, lapisan waktu nyata memfasilitasi interaksi sosial dalam Decentraland melalui avatar pengguna, termasuk obrolan suara dan pesan.

Marketplace and Builder

Di luar dari lingkungan game, tim Decentraland telah merilis marketplace bersama dengan editor drag-and-drop yang dapat diakses pengguna untuk membangun adegan atau properti di dalam game tersebut.

Pasar memungkinkan peserta untuk mengelola dan menukar token LAND, dengan harga MANA. Pemilik dapat menggunakan pasar untuk bertransaksi atau mentransfer paket dan item dalam game lainnya seperti perangkat yang dapat dikenakan dan nama unik.

Sedangkan Builder Decentraland memberi wewenang kepada pemilik untuk membuat pengalaman unik di dalam bidang TANAH mereka. Adegan interaktif dirancang melalui alat pengeditannya, di mana pengembang dapat mengakses perpustakaan penyesuaian dan implementasi pembayaran.

Apa Itu Token MANA?

Ilustrasi Gambar Mana Token
Ilustrasi Gambar Mana Token

MANA adalah mata uang digital atau cryptocurrency yang dapat digunakan untuk melakukan pembelian token LAND, serta barang dan layanan virtual yang digunakan di Decentraland. Mana dibangun di atas Ethereum sesuai dengan standar token ERC20. MANA dapat dibeli dan dijual untuk mata uang fiat atau mata uang digital lainnya. Token ini dapat disimpan di dompet digital yang support untuk menyimpan jenis token ERC-20. Di dalam dunia Decentraland 1000 koin MANA sama dengan 1 koin LAND.

Suplai

Total pasokan token MANA ditetapkan pada 2,6 miliar koin MANA, jadi total koin yang beredar tidak akan lebih dari itu. Pada Januari 2021, tepat di atas 1,49 miliar koin MANA sudah beredar atau setara dengan sekitar 68% dari total suplai maksimal koin saat ini

Harga

Saat artikel ini dibuat harga dari Decentraland MANA adalah senilai Rp 9,402.08 IDR. Saat ini MANA berada di urutan ke-67 dengan total nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp 15,847,397,197,268 IDR berdasarkan data yang didapatkan dari situs CoinMarketCap (14/07/2021).

Token MANA saat ini mendapat manfaat dari likuiditas yang sangat baik dan dapat dibeli, diperdagangkan, atau dijual di sekitar 100 platform bursa yang berbeda. Pada Januari 2021, Binance, OKEx, dan Coinbase Pro adalah salah satu bursa yang paling likuid untuk token MANA.


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini dengan judul "Mengenal Apa Itu Decentraland (MANA) Cryptocurrency". Semoga artikel kali ini bisa menambah referensi anda tentang dunia kripto atau mata uang digital. Terima kasih!.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Decentraland (MANA) Cryptocurrency"