Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Art Blocks NFT: Platform Konten Generatif Di Blockchain Ethereum

Art Blocks NFT
Art Blocks NFT: Platform Konten Generatif Di Blockchain Ethereum

Pada hari minggu tepatnya di tanggal 25 Juli 2021, Art Blocks yang merupakan platform penyedia konten-konten seni generatif berada di urutan pertama dalam kategori Non-Fungible Token (NFT) teratas di situs CoinMarketCap. Art Blocks berada dalam urutan pertama dengan penjualan volume terbesar aset Non-Fungible Token (NFT) dalam 7 hari belakangan ini dengan total volume penjualan sebanyak $9,819,156.03 USD.

Mungkin anda bertanya-tanya tentang apa itu Art Blocks dan aset NFT apa yang diperjualbelikan pada situs mereka. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkum artikelnya untuk anda para pembaca.


Apa itu Art Blocks?

Art Blocks adalah platform seni generatif yang memungkinkan pada kolektor mencetak token NFT tanpa mengetahui konten apa yang akan mereka dapatkan sebelumnya. Platform akan menyimpan token NFY yang sudah dibuat sesua permintaan dari kolektor dan akan disimpan secara permanen di Ethereum Blockchain. Disini para kolektor bisa memilih gaya konten yang mereka suka, budget yang mereka sediakan dan selebihnya konten akan dibuat secara acak oleh algoritma dan akan di kirim ke akun Ethereum kolektor tersebut.

Screenshot Website Art Blocks
Screenshot Website Art Blocks

Potongan seni yang dihasilkan mungkin berupa gambar statis, model 3D, atau pengalaman interaktif. Setiap keluaran berbeda dan ada kemungkinan tak terbatas untuk jenis konten yang dapat dibuat di platform. Platform ini memungkinkan para kolektor untuk memiliki karya seni yang unik dan beragam karena setiap konten karya seni yang dicetak tidak akan pernah ada yang sama. 

Tujuan Art Block Diciptakan

Platform Art Blocks diciptakan dengan tujuan untuk mengganggu dunia seni interaktif dan generatif yang menciptakan sumber pendapatan baru yang transparan tidak hanya untuk para kolektor, seniman ataupun investors saja, tetapi juga entitas yang menjadi tuan rumah dan memelihara proyek seni itu sendiri.

Instalasi yang beroperasi di platform akan secara otomatis menyumbangkan sebagian dari semua hasil yang diterima ke dana pusat yang akan dikendalikan oleh peserta platform Art Blocks untuk menugaskan karya seni generatif interaktif skala besar melalui sistem pemungutan suara tokenized yang dibangun ke dalam proyek.

Keunikan Art Block

Seni digital tidak pernah semudah ini dibuat selain dengan alat-alat saat ini; ada ribuan seniman digital dan karya seni digital yang ada atau sedang digarap saat ini. Mengapa alat lain perlu dibuat? Mengapa seniman tertarik untuk menggunakan hash blok blockchain untuk mengisi konten karya mereka? Jawabannya terletak pada peluang interaktivitas yang dibangun oleh proyek Art Blocks.

Pertama, perlu dicatat bahwa artis mana pun saat ini dapat menggunakan output hash dari ribuan proyek blockchain di luar sana sebagai input untuk pekerjaan mereka. Blockchain Ethereum benar-benar tidak berbeda dari yang lain dalam hal mekanisme sederhana dari teknologi blockchain. Setiap kali blok baru dibuat, hash baru dibuat dari informasi yang terkandung dalam blok itu. Di blockchain Ethereum ini terjadi kira-kira setiap 15 detik.

Apa yang membuat platform Art Blocks unik adalah bahwa ia menggabungkan teknologi Kontrak Cerdas Ethereum yang memungkinkan seniman atau galeri seni untuk secara langsung menerima dana dari keinginan pelindung untuk berinteraksi dengan karya seni dan melihat representasi hashnya sendiri yang ditafsirkan oleh yang terhubung. proyek seni. Ini akan terjadi dalam bentuk apa yang disebut Art Node.

Platform Art Blocks akan menggabungkan berbagai Kontrak Cerdas untuk secara efektif menciptakan ekosistem instalasi seni interaktif yang transparan.

Kontrak Pintar 

Ada tiga kontrak pintar utama yang beroperasi di platform Art Blocks, diantaranya adalah :

  • Kontrak Pintar Interface Token [TOKN] yang hanya mencetak dan mendistribusikan token utilitas agar publik dapat berinteraksi dengan proyek yang diaktifkan Art Blocks. 
  • Kontak Pintar Art Node yang akan diterapkan secara individual sesuai permintaan seniman yang tertarik untuk menghubungkan karya mereka ke blockchain Ethereum. T
  • Kontrak Pintar Art Fund akan mengumpulkan dana untuk komisi seni tahunan yang dipilih oleh pemegang token TOKN.

Kesimpulan

Art Blocks bertujuan untuk menciptakan kasus penggunaan dunia nyata untuk teknologi blockchain dengan memanfaatkan mekanisme yang melekat pada blockchain untuk digunakan oleh siapa saja yang tertarik dengan input acak untuk pekerjaan mereka. Menggunakan Art Nodes sebagai saklar input otomatis dan cryptocurrency ETH sebagai mekanisme transfer nilai, platform Art Blocks akan memungkinkan seniman untuk mendapatkan manfaat secara langsung dan abadi dari interaksi pelindung dengan karya seni digital.

Mempertahankan kepemilikan dan kontrol atas seni digital memerlukan kepatuhan yang longgar dan sulit untuk memantau perjanjian lisensi atau tanda air. Melalui evanescence dari komponen visual (atau suara) yang terus berubah, platform Art Blocks mengurangi penekanan pada setiap iterasi spesifik yang dihasilkan oleh instalasi seni dan sebagai gantinya berfokus pada kemampuan seniman untuk menafsirkan keacakan dengan cara yang menarik. Ini cocok untuk cara revolusioner dalam memberikan nilai pada seni digital dan membuka jalan menuju media ekspresi dan kompensasi yang sama sekali baru bagi seniman digital.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Art Blocks NFT: Platform Konten Generatif Di Blockchain Ethereum"