Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 5 NFT Termahal Yang Pernah Terjual

Non-Fungible Token atau NFT
Ilustrasi Non-Fungible Token atau NFT

Komunitas crypto sangat ingin berinvestasi pada aset kripto jenis NFT art seperti aset digital unik, lagu, gambar, koleksi, GIF, ataupun Meme. Banyak dari mereka yang membeli berbagai aset Non-Fungible Tokens atau NFT coins untuk dijadikan sebagai aset investasi dan menciptakan bentuk baru industri aset digital dari beberapa bulan terakhir.

Contohnya di bulan Februari 2021, Sudah lebih dari $300 juta transaksi penjualan yang terjadi di pasar NFT atau NFT market dan yang pasti telah menghasilkan keuntungan besar kepada orang-orang atau perusahaan pencipta aset NFT. Bahkan ke beberapa platform baru terjun pun langsung mendapatkan daya tarik besar dan memperoleh keuntungan yang lumayan dari penjualan NFT.

Dari segala transaksi penjualan dan pembelian aset NFT, tentunya muncul pertanyaan tersendiri tentang "Aset NFT Mana Yang Terjual Paling Mahal Di Pasaran?". Karena pertanyaan tersebutlah pada artikel ini akan dibahas daftar 5 NFT termahal yang pernah terjual di bursa kripto.

Sebelum menuju ke daftar 5 NFT termahal yang pernah terjual, ada baiknya anda mengetahui sedikit tentang apa itu NFT atau Non-Fungible Tokens.


Apa Itu  NFT atau Non-Fungible Tokens?

Non-Fungible Token atau NFT adalah bentuk token digital yang sifatnya unik. Token tersebut bisa menggambarkan apa saja baik itu sebuah aset di dunia nyata ataupun aset digital yang memiliki nilainya tersendiri. Contoh dari aset yang dikonversikan ke dalam sebuah token NFT bisa berupa lagu, video clip, lukisan, design, video game dan masih banyak aset-aset lainnya yang didukung oleh NFT. Yang menarik dari NFT adalah anda tidak dapat menduplikasikan sebuah koin NFT, dikarenakan satu token NFT mewakili satu aset unik saja. Selain itu anda tidak bisa menukarkannya dengan token lain seperti halnya kripto lain pada umumnya.

Misalnya, lukisan Mona Lisa adalah lukisan satu-satunya di dunia, dan hanya ada satu karya otentik. Jadi, seperti yang Anda lihat mengapa lukisan ini akan memiliki nilai. Oleh karena itu, bahkan jika Anda mengambil foto atau membeli replika, itu tidak akan menjadi lukisan yang asli dan asli.

Jenis sifat unik dari token ini memberinya nilai. Namun juga perlu dikaitkan dengan media, artinya tidak sembarang orang bisa menjual NFT dengan harga tinggi. Anda harus memiliki basis penggemar atau pengagum karya anda agar terkenal untuk membeli dan menjual NFT . Jadi, ketika Anda membeli token yang tidak dapat dipertukarkan, Anda akan mendapatkan kepemilikan atas aset itu dan dapat menjualnya nanti.

Jika sudah mengerti apa itu NFT atau Non-Fungible Tokens, langsung saja kita cek "Daftar 5 NFT Termahal Yang Pernah Terjual".


5 NFT Termahal Yang Pernah Terjual

1. Everydays: 5000 Hari Pertama – $69,3 Juta Dollar Amerika

Bahkan sebelum tahun lalu, artis yang dikenal sebagai Beeple tidak sepopuler kelihatannya seperti saat sekarang ini. Namun, pada tahun 2021, ia menjual salah satu karya seni NFT termahal di pasaran. Karya seni tersebut diberi nama “Everydays: the First 5000 Days.” Yang lebih menarik adalah lelang ini berlangsung di sebuah rumah lelang bernama Christie's.

Everydays: the First 5000 Days From Beeple
Aset NFT Everydays: the First 5000 Days From Beeple

Penawaran awal sebenarnya dimulai pada harga $100 USD, tetapi segera mulai naik lebih tinggi dan lebih tinggi, dan akhirnya dijual dengan harga $69,3 juta dollar Amerika. ! Anda hanya berpikir itu banyak uang untuk beberapa karya seni digital. Nah, dengan adanya revolusi teknologi, bukankah sudah jelas kita akan segera menuju ke arah lukisan digital ketimbang lukisan fisik.

Bagaimanapun, karya seni ini adalah kompilasi dari 5000 seni digital pertama yang diciptakan oleh Beeple. Kenyataannya, ketika Beeple mulai membuat seni digital, ia tidak melewatkan satu hari pun mulai Mei 2007 untuk membuat satu karya seni setiap harinya. Oleh karena itu, kompilasi memiliki banyak gaya, konten, dan media yang bervariasi. Beberapa dari yang pertama pasti tidak sesuai sasaran; tetap saja, nilainya meningkat pesat sebagai sebuah kolektif. Dan itulah mengapa ini adalah salah satu NFT termahal yang pernah dijual sejauh ini. Ini pasti salah satu token non-sepadan yang berharga di tahun 2021 .

2. CryptoPunk #3100 – $7,58 Juta Dollar Amerika

CryptoPunk #3100 telah menjadi aset NTF termahal kedua dalam daftar kali ini. CryptoPunks sendiri adalah jenis baru dari dunia NFT. Faktanya CryptoPunks adalah NFT pertama yang dibuat di pasar dan baru booming setelah NFT diluncurkan, sekarang banyak para pemilik koleksi aset CryptoPunks yang menjual koleksi mereka dengan harga jutaan dollar Amerika! Dan itulah mengapa CryptoPunk #3100 juga ada dalam daftar kali ini, dikarenakan NFT ini menjadi yang termahal kedua yang pernah dijual di dunia nyata.
CryptoPunks 3100
Aset NFT CryptoPunks 3100

Pada kenyataannya, CryptoPunk 3100 ini adalah salah satu aset koleksi yang langka, dan termasuk dalam kelompok 9 Alien. Anda lihat, CryptoPunks hanya memiliki 10.000 punk di toko. Diantara 10.000 punk hanya ada 9 yang merupakan kelompok Alien. Token ini juga merupakan token ERC-20 sehingga mengikuti standar ERC.

Karakter CryptoPunk 3100 memiliki kulit biru kehijauan, dan juga dilengkapi dengan aksesoris headband. dan hanya 406 punk yang memiliki aksesori ini. Terlebih lagi, karena hanya hadir dengan satu aksesori, yang juga langka, dan hanya 333 anak punk yang memiliki satu aksesori. Jadi, berdasarkan jenis, aksesori, dan jumlah aksesori, punk ini sangat langka. Itu sebabnya dijual dengan harga $7,58 juta.


3. CryptoPunk #7804 – $7,57 Juta Dollar Amerika

CryptoPunk lainnya ada di daftar 10 NFT termahal kami dengan $7,57 juta. Punk #7804 adalah Alien lainnya, dan kali ini hadir dengan tiga aksesoris. Lebih dari itu, aksesorisnya termasuk Cap Forward, Small Shades, dan Pipe. Ternyata, hanya 254 punk datang dengan Cap Forward, 378 punk datang dengan Pipe, dan 317 punk datang dengan nuansa kecil. Tetapi pada dasarnya, penetapan harga ini disebabkan oleh fakta bahwa Alien punk sangat langka.

NFT CryptoPunk 7804
Aset NFT CryptoPunk 7804

Dylan Field adalah orang yang pertama kali mendapatkan punk ini setelah perusahaan pencipta punk pertama kali mulai merilis 10.000 CryptoPunks lainnya untuk diperjualbelikan. Pada kenyataannya, ia memiliki startup Figma, yang didasarkan pada desain teknologi. Tapi kenapa dia membeli bajingan itu? Yah, dia melihat potensi NFT berbasis Ethereum ini , yang membuatnya melakukan pembelian kembali pada tahun 2018.


4. Crossroads – $6,6 Juta Dollar Amerika

Crossroads adalah NFT termahal ke empat dalam daftar kali ini. Crossroads sendiri adalah sebuah karya seni lainnya yang populer dari Beeple, dan penjualan NFT ini terjadi hanya beberapa hari sebelum terjadinya penjualan besar-besaran NFT Everydays. Terlebih lagi, sang seniman menjual karya ini di Nifty Gateway. Crossroads bukan karya seni kompilasi seperti Everydays, tapi ini adalah satu karya seni individual. Oleh karena itu membuat NFT ini lebih mahal.

NFT Crossroads
Aset NFT Crossroads

Karya seni Crossroads bisa dibilang suatu karya seni pertaruhan politik dan tanggapan terhadap pemilihan presiden Amerika yang terjadi pada tahun 2020. Fakta yang menyenangkan adalah bahwa Beeple sang seniman membuat dua versi, yaitu versi pertama untuk jika Trump menang dan versi kedua adalah jika Trump akan kalah. Dan karya seni ini akan berubah berdasarkan hasil pemilu.


5. Tweet Pertama – $2,9 Juta Dollar Amerika

Selanjutnya, dalam daftar NFT termahal  di tahun 2021 kali ini adalah Tweet  atau cuitan pertama di dunia setelah Twitter rilis sebagai media sosial. Kenyataannya, CEO dan pendiri Twitter, yaitu Jack Dorsey yang men-tweet pertama kali setelah membuat Twitter pada tahun 2006. Tweet tersebut berbunyi, “hanya menyiapkan twttr saya.” Dan kemudian, dia menjual tweet ini sebagai NFT dengan jumlah uang sebesar $2,9 juta dollar Amerika. Akan tetapi jika dilihat dari popularitas besar platform media sosial Twitter, tidak mengherankan bahwa tweet pertama akan mendapatkan banyak perhatian. Ini jelas merupakan hal baru dari tokenisasi aset NFT.

NFT Tweet Pertama Di Dunia
Aset NFT Tweet Pertama Di Dunia

Bagaimanapun, sang pendiri menjual tweet ini kepada CEO Oracle Sina Estav, yang percaya bahwa itu sama pentingnya dengan membeli Mona Lisa. Terlebih lagi, CEO menjual tweet ini di Valuables, yang merupakan platform lelang online. Menurut aturan platform, mereka akan mengambil potongan 5% dari harga jual. Meskipun postingan tersebut akan tetap ada di Twitter, pemilik postingan tersebut sekarang adalah Sina.


Dari daftar 5 aset NFT termahal diatas, apakah sudah membuat anda tertarik dan membeli sebuah aset NFT untuk dijadikan sebuah koleksi dan bahkan aset investasi yang menjanjikan di masa depan. Selain itu hal ini juga membuka pengetahuan baru bahwa aset token kripto bukan hanya tentang sekedar jual dan beli token saja, akan tetapi bisa lebih dari itu.

Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia. Tinggalkan komentar dan pesan jika anda suka dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "Daftar 5 NFT Termahal Yang Pernah Terjual"