Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu 0x (ZRX) Cryptocurrency : Protokol Pertukaran Terdesentralisasi (DEX)


Apa Itu 0x (ZRX) Cryptocurrency
Ilustrasi Logo 0x (ZRX) Cryptocurrency

Apa Itu 0x (ZRX) Cryptocurrency?

0x adalah protokol open source yang dibangun di atas blockchain ethereum yang memungkinkan pertukaran token berbasis ethereum secara peer-to-peer. 0x bisa juga disebut sebagai pertukaran terdesentralisasi (DEX).

Platform 0x menyediakan sarana untuk bertukar berbagai aset tokenized seperti saham, emas, real estat, item video game, dll. Merepa berusaha untuk mempromosikan interoperabilitas antara aplikasi terdesentralisasi ( Dapps ) yang mencakup komponen pertukaran.

Will Warren dan Amir Bandeali mendirikan 0x pada tahun 2016 dengan tujuan menyediakan protokol standar pada blockchain ethereum yang memungkinkan token ethereum untuk diperdagangkan bagi siapa saja untuk melakukan pertukaran terdesentralisasi (DEX). Pihak yang mengoperasikan bursa akan membangun platformnya di atas 0x disebut sebagai relayer, dan mereka akan menghosting buku pesanan off-chain dan dapat memilih untuk membebankan biaya untuk pekerjaan yang mereka lakukan, meskipun 0x sendiri tidak mengharuskan pengguna membayar biaya untuk menggunakan platformnya .

Token ethereum (ZRX) dari 0x sendiri memiliki dua kasus penggunaan utama dalam protokol. Yang pertama adalah membayar biaya perdagangan ke Relayers untuk layanan mereka. Penggunaan kedua dan terpenting adalah memungkinkan pemilik token ZRX untuk memengaruhi tata kelola blockchain. Ini berarti bahwa pemilik memiliki wewenang, sebanding dengan kepemilikan mereka, untuk memberikan masukan tentang bagaimana protokol harus dikembangkan dari waktu ke waktu .


Bagaimana Cara Kerja 0x?

Cara Kerja 0x (ZRX) Cryptocurrency
Ilustrasi Gambar Cara Kerja 0x (ZRX) Cryptocurrency


a) Penglihatan

0x adalah pertukaran terdesentralisasi (DEX) berbasis ethereum yang dimaksudkan untuk memperdagangkan aset dan mata uang kripto menggunakan kontrak pintar pada platform 0x. Platform 0x didirikan pada tahun 2016 oleh Will Warren dan Amir Bandeali dengan tujuan menyediakan protokol standar pada blockchain ethereum yang memfasilitasi pertukaran token ethereum apa pun. 

Token asli protokol 0x (ZRX) digunakan karena dua alasan utama. Yang pertama adalah membayar biaya kepada Relayer – mereka yang membuat pertukaran mata uang kripto terdesentralisasi menggunakan protokol 0x. Kasus penggunaan kedua adalah untuk tata kelola protokol yang terdesentralisasi. Ini berarti bahwa mereka yang memegang token ZRX diberikan kontrol penuh tentang bagaimana protokol 0x berubah dari waktu ke waktu.

b) Peluncuran & penerbitan

0x menyelesaikan penawaran koin awal (ICO) pada 16 Juli 2017 dan mengumpulkan $24 juta dalam eter – mata uang kripto dari jaringan ethereum – dari sekelompok 12.000 pendukung.

Mayoritas dukungan untuk proyek ini berasal dari perusahaan pemodal ventura, termasuk Polychain Capital, Blockchain Capital dan Pantera Capital, bersama dengan perusahaan investasi China Jen Advisors dan FBG Capital .

c) Desain Jaringan & Model Keamanan

0x dibangun di atas protokol ethereum. Masalah utama yang ingin diatasi oleh 0x adalah mahalnya biaya, kelambatan, dan tidak likuidnya bursa desentralisasi lainnya . Daripada mencatat setiap transaksi (pesanan dan penyesuaian baru) di blockchain, protokol 0x menunggu semua transaksi diselesaikan dari blockchain sebelum mengirim pesanan di rantai untuk diselesaikan. 

d) Kebijakan Moneter & Kebijakan Token

0x telah membatasi pasokan ZRX pada 1 miliar token. 500 juta token ZRX dijual ke publik melalui penawaran koin awal dengan total ETH senilai $24 juta dolar. 

e) Pemrosesan Transaksi

Menurut buku putih 0x, pasokan tetap token ZRX dikeluarkan untuk mitra dapps dan pengguna akhir di masa mendatang. Agar relayer mendapatkan bayaran dalam token ZRX, mereka harus meng-host dan memelihara dan memesan buku off-chain dengan imbalan biaya transaksi. Biaya ini dipindahkan dari pembuat dan/atau pengambil kontrak pintar ke relai setelah penyelesaian perdagangan.

e) Pengkodean 

0x diimplementasikan melalui kontrak cerdas ethereum yang gratis dan dapat diakses oleh publik. Protokol ditulis dalam bahasa pemrograman Solidity.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu 0x (ZRX) Cryptocurrency : Protokol Pertukaran Terdesentralisasi (DEX)"