Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Koin DeFi Terbaik Berdasarkan Jumlah Kapitalisasi Pasar

Gambar Ilustrasi Decentralized Finance atau DeFi
Gambar Ilustrasi Decentralized Finance atau DeFi


Decentralized Finance atau Pasar keuangan terdesentralisasi (DeFi) telah menerima respon yang positif dari para penggemar penggemar mata uang digital atau cryptocurrency dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut tentunya menarik para trader dan investor di seluruh dunia untuk menginvestasikan uangnya ke pasar kripto dengan membeli koin DeFi terbaik. 

DeFi adalah istilah yang digunakan untuk aplikasi keuangan yang dibangun di atas teknologi blockchain yang bertujuan untuk mendemokratisasikan lanskap ekonomi dengan Mengganti institusi terpusat.

Saat ini platform DeFi sudah berkembang pesart dan dapat memberikan para penggunanya spektrum penuh layanan keuangan terdesentralisasi mulai dari perdagangan aset, pimjam-meminjam aset,  pertukaran terdesentralisasi, manajemen aset, dan banyak lagi dalam satu platform blockchain.

Platform DeFi paling populer telah merancang token asli mereka sendiri, sebagai sarana untuk memfasilitasi operasi mereka serta memberi insentif kepada pengguna. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan bagian dari pasar inovatif ini lebih awal, berinvestasi pada koin DeFi adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Pada artikel kali ini Budak Duit akan membahas 5 koin DeFi terbaik berdasarkan jumlah kapitalisasi pasar di marketplace kripto global berdasarkan data yang didapatkan dari CoinMarketCap (17/6/2021)


1. Uniswap

Gambar Logo Uniswap Cryptocurrency
Gambar Logo Uniswap Cryptocurrency

Uniswap adalah platform pertukaran mata uang digital atau cryptocurrency terdesentralisasi yang beroperasi di blockchain Ethereum. Uniswap berfokus secara eksklusif pada perdagangan aset kripto berbasis Ether (ETH) dan Ethereum. Pada saat penulisan, ukuran pasar ini lebih dari $100 miliar .Uniswap adalah salah satu proyek landasan dari Ethereum dan ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Adapun beberapa hal yang membuat Uniswap menarik dan berbeda dengan cryptocurrency terdesentralisasi lainnya, diantaranya :
  • Tidak ada perantara atau pihak ketiga untuk melakukan transaksi antar pengguna. Hal tersebut memungkinkan anda untuk berdagang langsung melalui dompet digital anda sendiri. Hal tersebutlah yang menjadikan Uniswap sebagai pertukaran terdesentralisasi (DEX)
  • Tidak ada order book dimana segala transaksi pembelian atau penjualan langsung ditangani oleh pasar secara otomatis yang di support oleh smart contract yang berjalan di platform blockchain Ethereum
  • Anda dapat menyimpan koin Ethereum yang anda miliki langsung ke dompet digital yang sudah anda siapkan , tanpa perlu ada perantara atau pihak ketiga
  • Kerahasiaan identitas, dimana anda tidak perlu melakukan registrasi untuk dapat menggunakan platform Uniswap atau Ethereum secara langsung

Harga dan Total Kapitalisasi Pasar Uniswap :

  • Harga : $21.96 USD
  • Nilai Kapitalisasi Pasar : $12,647,170,323

2. Chainlink

Gambar Logo Chainlink Cryptocurrency
Gambar Logo Chainlink Cryptocurrency


Chainlink adalah jaringan node terdesentralisasi yang menyediakan data dan informasi dari sumber off-blockchain ke kontrak pintar on-blockchain melalui oracle yang dibangun di atas blockchain Ethereum dengan tujuan memasok data ke blockchain yang terdesentralisasi.

Chainlink menjadi populer di kalangan pegiat IT dan komunitas mata uang digital atau kripto. Hal tersebut dikarenakan kemampuan dari Chainlink yang mampu mengatasi masalah pada Oracle dimana smart contract tidak mampu untuk melakukan verifikasi data yang ada dengan data eksternal yang tersedia.

Adapun beberapa hal lainnya yang membuat Chainlink menarik. diantaranya :
  • Fitur reputasi dimana fitur ini bisa memberikan penilaian terhada aspek-aspek tertentu seperti rentang waktu dan jumlah pekerjaan yang bisa dilakukan dalam satu kali proses verifikasi
  • Tingkat keamanan fleksibel yang bisa disesuaikan dengan jumlah node yang digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Semakin banyak jumlah node, maka tingkat keamanannya semakin tinggi.
  • Chainlink akan membuat agreement dalam program ketika terjadi out-of-lines-oracles

Harga dan Total Kapitalisasi Pasar Chainlink :

  • Harga : $23.15 USD
  • Nilai Kapitalisasi Pasar : $10,073,441,858 USD

3. Dai

Gambar Logo DAI Cryptocurrency
Gambar Logo DAI Cryptocurrency


Dai adalah cryptocurrency terdesentralisasi yang dibangun di atas blockchain Ethereum yang distabilkan dengan nilai dolar AS. Aset DAI dipatok 1: 1 ke dalam mata uang dolar mengunakan Sistem Dai Stablecoin Maker (MKR). 

Kontribusi revolusioner MKR untuk DeFi adalah revolusi penciptaan penyimpanan terdesentralisasi dengan nilai yang stabil untuk bertransaksi. Ada banyak sekali stablecoin yang tersedia untuk pengguna DeFi, termasuk Bitfinex's Tether (USDT), Gemini's Gemini Dollar (GUSD), dan Coinbase's USD Coin (USDC). Namun, stablecoin ini dikeluarkan dan dikendalikan oleh otoritas terpusat yang bertanggung jawab atas cadangan dan penerbitan aset.

Fungsionalitas Dai di DeFi beragam, contohnya Dai bisa digunakan untuk menawarkan layanan seperti pinjaman konsumen peer-to-peer. Dai juga berguna untuk pertukaran terdesentralisasi (DEX) seperti Uniswap

Nilai DAI yang stabil berarti baik bagi investor atau trader yang yakin pasar akan turun. Karena DAI stabil, DAI juga merupakan salah satu aset kripto paling ideal untuk dikoleksi. Kartu Coinbase memungkinkan pengguna untuk membelanjakan DAI dan aset kripto lainnya dengan mengubah kripto menjadi fiat pada kartu Visa.

Harga dan Total Kapitalisasi Pasar DAI :

  • Harga : $1.00 USC
  • Nilai Kapitalisasi Pasar : $5,359,387,435 USD

4. cDai 

Gambar Logo cDai Atau Compound Dai Cryptocurrency

Compound Dai atau cDai adalah protokol pada blockchain Ethereum yang membentuk pasar uang, yaitu kumpulan aset dengan suku bunga yang diturunkan secara algoritmik, berdasarkan penawaran dan permintaan untuk suatu aset. Pemilik dana dan peminjam aset bisa berinteraksi langsung dengan protokol cDai tanpa ada pihak ketiga. 

Compound Dai berperan sebagai pasar uang unik untuk aset Ethereum ( Ether, stablecoin ERC-20, Dai, atau token utilitas ERC-20 seperti Augur), dan berisi token transparan lainnya dan dapat dilihat oleh publik buku besar, dengan catatan semua transaksi dan tingkat suku bunga historis.

Compound Dai adalah bagian dari Indeks Harga Crypto.com yang menampilkan riwayat harga, ticker harga, kapitalisasi pasar, dan grafik langsung untuk cryptocurrency teratas.

Harga dan Total Kapitalisasi Pasar cDai :

  • Harga : $0.02149 USD
  • Nilai Kapitalisasi Pasar : No Data

5. Aave

Gambar Logo Aave Cryptocurrency
Gambar Logo Aave Cryptocurrency

Aave adalah protokol likuiditas sumber terbuka yang terdesentralisasi. Dalam protokol ini memungkinkan para pengguna untuk mendapatkan bunga deposito dan aset pinjaman. Pada pengguna bisa menjadi peminjam atau pendana. Pada pendana akan  menyediakan likuiditas pasar sambil mendapatkan penghasilan pasif, sementara peminjam dapat meminjam aset.

Protokol ini juga menawarkan fitur menarik seperti pinjaman cepat. Hal ini memungkinkan entitas untuk meminjam aset, tanpa memberikan jaminan apapun. Namun, likuiditas yang dipinjam harus dikembalikan dalam satu blok transaksi.

Protokol akan menyimpan dana pada non-custodial smart contract  yang ada di blockchain Ethereum (ETH). Token asli adalah AAVE, yang digunakan untuk memilih protokol peningkatan.

Harga dan Total Kapitalisasi Pasar Aave :

  • Harga : $293.49 USD
  • Nilai Kapitalisasi Pasar : $3,753,230,480 USD



Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas tentang "5 Koin DeFi Terbaik Berdasarkan Jumlah Kapitalisasi Pasar". Investasi aset kripto merupakan investasi dengan resiko kerugian yang tinggi. Segala keputusan investasi yang menyebabkan kerugian atau keuntungan, sepenuhnya merupakan tanggung jawab anda sendiri. Terima kasih sudah membaca

Posting Komentar untuk "5 Koin DeFi Terbaik Berdasarkan Jumlah Kapitalisasi Pasar"