Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu MonaCoin (MONA) Cryptocurrency : Mata Uang Digital Pertama Di Jepang

MonaCoin (MONA) Cryptocurrency Mata Uang Digital Pertama Di Jepang
MonaCoin (MONA) Cryptocurrency Mata Uang Digital Pertama Di Jepang


Cryptocurrency atau mata uang digital adalah yang dirancang sebagai media pembayaran digital yang terdesentralisasi dengan menggunakan teknologi blockchain. Kepopuleran mata uang digital pertama yaitu Bitcoin telah menarik banyak orang untuk mengenal dan berkecimpung di dunia trading mata uang digital. Hal tersebut tentunya membuat para pengembang baik itu individu atau perusahaan untuk menciptakan mata uang digital lainnya dengan tujuan dan jenis yang berbeda-beda. 

Salah satu yang menarik di tahun 2021 ini ialah makin banyaknya orang yang tertarik untuk berinvestasi dan membeli "Koin Meme" setelah terjadinya fenomena Dogecoin yang menjadi populer beberapa waktu silam. Kepopuleran dan kenaikan harga dari koin DOGE membuat para pengembang berlomba-lomba untuk menciptakan koin meme baru dengan harapan bisa mengikuti jejak koin DOGE. 

Perlu diketahui bahwa sebelum populernya koin meme dari Dogecoin, ternyata ada koin meme yang lebih dulu diciptakan dan populer di negaranya, bahkan pemerintah negara tersebut sudah menyetujuinya sebagai komoditas resmi yang diperdagangkan. Koin tersebut tidak lain adalah MonaCoin (MONA).


Apa Itu MonaCoin ?

Screenshot Halaman Wesite MonaCoin (MONA) Cryptocurrency
Screenshot Halaman Wesite MonaCoin (MONA) Cryptocurrency


MonaCoin cryptocurrency adalah jaringan pembayaran mata uang digital dengan sistem peer-to-peer open source. MonaCoin adalah mata uang digital pertama di Jepang. MonaCoin diciptakan pada tahun 2013 dan sudah  digunakan di Jepang sebagai alat pembayaran oleh beberapa toko online maupun fisik dan juga sudah resmi diperdagangkan di beberapa bursa mata uang digital. 

MonaCoin diluncurkan pada tahun 2013 yang berasal dari gagasan seorang anonim dengan nickname "Mr Watanabe" dan menjadi bagian dari pengembangan MonaCoin Project. Nama "Mona" sendiri berasal dari sosok kucing yang dijadikan sebuah meme yang dibuat menggunakan karakter ASCII dan dipopulerkan oleh sebuah komunitas online 2Channel (atau 2chan). 2Channel adalah sebuah komunitas untuk para penggemar dunia teknologi dan informasi.

MonaCoin Project selaku pencipta dan pengembang MonaCoin tidak terlibat dalam penerbitan, pendistribusian dan pengelolaan koin. Seluruh kegiatan tersebut dilakukan oleh MonaCoin Network yang dibuat sebagai program untuk client.

Hubungan MonaCoin Dan Negara Jepang

MonaCoin bisa dibilang sebuah cryptocurrency atau mata uang digital yang dibuat sejalan dengan pemikiran negara Jepang yang cenderung menciptakan suatu produk yang bersifat nasional. Hal tersebut tercermin dari keinginan oran-orang Jepang yang menginginkan produk dan layanan sesuai dengan sifat dan budaya yang melekat di negara tersebut. Seluruh dokumentasi dan konten lainnya yang berhubungan dengan MonaCoin itu sendiri, ditulis dalam bahasa Jepang. Terlepas dari hubungannya yang kuat dengan negara Jepang, MonaCoin sepenuhnya tidak dirancang untuk menjadi mata uang kripto nasional, seperti AuroraCoin (AOD) dari negara Islandia.

Untuk adopsi dan penggunaan cryptocurrency dalam kegiatan sehari-hari jauh lebih mudah diaplikasikan di negara Jepang. Hal tersebut dikarenakan dari sudut pandang serta peraturan yang berlaku di negara Jepang, cryptocurrency sudah dianggap sebagai metode pembayaran yang sah. Jepang sendiri sudah memiliki jumlah mesin teller otomatis (ATM) “pintar” yang relatif tinggi dan  mampu menangani dan mendukung perdagangan mata uang kripto.

Cara Kerja MonaCoin

MonaCoin cryptocurrency didukung oleh algoritma yang bernama yra2RE(v2). MonaCoin bisa dibilang mata uang percabangan dari Litecoin (LTC). Hampir sama dengan sistem penambangan Bitcoin, MONA yang merupakan koin asli dari platform MonaCoin didapatkan dari setiap aktivitas pertambangan yang dilakukan oleh para penambangnya sebagai hadiah atau reward. Reward berupa koin MONA akan dicatat ke dalam blockchain MonaCoin. 

MonaCoin memiliki waktu pembuatan blok rata-rata 1,5 menit, dimana waktu pembuatan blok tersebut yang jauh lebih cepat daripada waktu pembuatan blok pada blockchain Bitcoin yang memakan waktu sekitar 10 menit untuk setiap bloknya. Setiap pemrosesan satu blok transaksi akan menghasilkan reward atau penghargaan berupa koin MONA, dengan jumlah koin yang diberikan untuk aktivitas penambangan ditetapkan menjadi setengahnya sekitar 1 juta blok (dengan waktu perkiraan tiga tahun).

 

Apa Itu Koin MONA?

Gambar Koin MONA
Gambar Koin MONA


Koin MONA adalah token asli yang digunakan sebagai mata uang utama pada ekosistem MonaCoin. Koin ini merupakan tanda kepemilikan suatu aset kripto pada platform MonaCoin dan bisa ditransaksikan antara penggunanya sebagai alat pembayaran. Koin MONA juga dijadikan reward kepada para penambangnya, dimana pada penambang akan mendapatkan 25 koin MODA untuk setiap blok yang dipecahkan. MonaCoin Network membatasi jumlah suplai koinnya, yaitu maksimal pasokan dibatasi sebanyak 105.120.000 koin MONA.

Saat artikel ini dibuat Harga MonaCoin (MONA) adalah $1,34 USD dengan total suplai koin yang beredar sebanyak 65.729.675 koin MONA. Koin MONA berada di peringkat ke-273 berdasarkan jumlah nilai kapitalisasi pasar di CoinMarketCap dan memiliki jumlah nilai kapitalisasi pasar sebesar $88.013.651 USD (27/6/2021).

Dimana Bisa Membeli Koin MONA?

Jika anda tertarik untuk membeli MonaCoin (MONA), anda bisa membelinya langsung di beberapa bursa kripto terkenal dan terpopuler seperti : Binance, Bittrex, Bitbank, Zaif, Finexbox, Bitfly, CoinEx dan bursa kripto lainnya.


Kesimpulan

MonaCoin (COIN) bisa dibilang sebuah mata uang digital yang sukses diterapkan menjadi salah satu alternatif metode pembayaran yang resmi di suatu negara, apalagi negara tersebut merupakan salah satu negara maju. Jepang sendiri cukup terbuka dengan hal-hal baru yang memudahkan atau membuat simple kegiatan mereka sehari-hari, contohnya dalam hal alat transaksi dan metode pembayarannya tanpa mengurangi identitas dan budaya mereka. Tentunya adopsi mata uang kripto yang dilakukan negara ini bisa jadi contoh konkrit yang bisa dilakukan negara-negara lainnya dalam kemajuan teknologi dan informasi, khususnya dalam pembayaran dan keuangan digital.

Sekian dulu pembahasan pada artikel kali ini yang membahas tentang “MonaCoin (MONA) Cryptocurrency”. Segala konten ataupun artikel yang ada pada website ini dibuat dengan tujuan berbagi informasi seputar dunia mata uang digital atau cryptocurrency dan bukan merupakan nasihat keuangan ataupun investasi. Investasi pada aset kripto merupakan investasi yang memiliki resiko tinggi untuk mengalami kerugian ataupun kehilangan aset yang anda investasikan pada instrumen kripto. Segala bentuk kerugian ataupun keuntungan dari investasi yang anda lakukan merupakan tanggung jawab penuh dari diri anda sendiri dan bukan orang lain. Terima kasih sudah membaca!.


Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu MonaCoin (MONA) Cryptocurrency : Mata Uang Digital Pertama Di Jepang"