Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Internet Computer (ICP) Cryptocurrency : Blockchain Layanan Berbasis Website Pertama Di Dunia

Logo Internet Computer (ICP)
 Gambar Logo Internet Computer (ICP) 

International Network atau Internet adalah suatu jaringan luas yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer satu dengan perangkat lainnya yang memungkinkan untuk terhubung dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Adapun beberapa fungsi internet dalam kehidupan sehari-hari diantaranya untuk mengakses dan berbagi informasi, memudahkan proses komunikasi dan membantu dalam pekerjaan sehari-hari.

Perkembangan teknologi internet dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan dan invoice, salah satunya ialah hadirnya blockchain pertama di dunia yang memprovide kecepatan website dengan kapasitas yang tak terbatas, yaitu Internet Computer (ICP). Internet Computer (ICP) blockchain jenis baru yang diharapkan dapat mengubah cara orang berinteraksi dengan world wide web alias internet.

Jika anda tertarik untuk mengetahui dan mengenal lebih lanjut tentang Internet Computer (ICP) sebagai referensi anda dalam melakukan investasi kripto. Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkum artikel nya untuk anda. 

Apa itu Internet Computer (ICP) ?

Screenshot Website Dfinity Perusahaan Pengelola  Internet Computer (ICP) Cryptocurrency
Screenshot Website Dfinity Perusahaan Pengelola  Internet Computer (ICP) Cryptocurrency

Internet Computer (ICP) adalah cryptocurrency atau token digital yang memungkinkan para pengguna untuk membuat aplikasi, situs web, dan layanan berbasis web lainnya. Cryptocurrency dibuat oleh Dfinity Foundation, dan didukung oleh perusahaan modal ventura terkenal Andreesen Horowitz dan Polychain Capital.

Internet Computer (ICP) cryptocurrency dapat digunakan sebagai cara untuk membuat ulang suatu web tetapi dalam bentuk yang lebih terdesentralisasi. Anggap saja sebagai jaringan komputer terdesentralisasi yang dapat menjalankan versi aplikasi baru atau berbeda di web. Untuk alasan ini, pendiri proyek ini mengatakan memiliki bahwa Internet Computer (ICP) memiliki kapasitas untuk menantang raksasa internet saat ini seperti Google, Facebook dan Amazon Web Services.

Peluang lain termasuk aplikasi untuk keuangan terdesentralisasi – disebut DeFi. Aplikasi sejenis DeFi dapat menggunakan cryptocurrency untuk mereplikasi (atau mengganti) proses keuangan biasa. Dan mengingat jaringannya yang sangat terdesentralisasi, Internet Computer (ICP) dapat meningkatkan kapasitasnya dengan meningkatnya permintaan, kata Dfinity.Jadi mungkin lebih berguna untuk menganggap Internet Computer (ICP) bukan sebagai cryptocurrency  akan tetapi lebih sebagai jaringan yang menggunakan teknologi blockchain untuk menjalankan aplikasi.

Sejarah Dan Pendiri Internet Computer (ICP)

Internet Computer (ICP) Cryptocurrency
Gambar Ilustrasi Sejarah Dan Pendiri Internet Computer (ICP) Cryptocurrency

Internet Computer (ICP) ialah platform blockchain yang didirikan oleh Dominic Williams pada tahun 2014, 2015, atau 2016. Dominic adalah seorang ilmuwan komputer dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dan telah aktif di bidang kripto sejak 2014.

Internet Computer (ICP) dikelola dan dikembangkan oleh Dfinity Foundation, sebuah lembaga nirlaba Swiss yang didirikan pada Oktober 2016. Saat ini Dfinity Foundation terdiri dari hampir 200 pengembang dan peneliti paling berbakat di dunia, yang secara kolektif membangun protokol Komputer Internet sejak 2016.

Dfinity hadir dan berusaha untuk membawa ide internet Ethereum ke tingkat berikutnya dengan menjadi Internet Computer (ICP) yang baik. Hal yang menarik tentang Internet Computer (ICP) adalah tidak seperti cryptocurrency smart contract lainnya. Internet Computer (ICP) sendiri bertujuan untuk menggantikan seluruh tumpukan internet dan bukan hanya pada lapisan aplikasi saja.

Dfinity berharap untuk menawarkan blockchain pertama yang berjalan pada kecepatan web dan dapat ditingkatkan untuk mendukung volume komputasi dan data yang tak terbatas. Fokus yang lebih luas adalah untuk membangun Internet akses terbuka; tempat pengembang membangun mega-aplikasi generasi berikutnya.


Apa Yang Membuat Internet Computer (ICP) Menjadi Populer Dengan Cepat

Setidaknya ada empat hal yang membuat Internet Computer (ICP) menjadi dikenal para pegiat kripto dalam waktu yang cukup relatif singkat, adapun empat hal tersebut diantaranya :

1) Memiliki Potensi Yang Besar

Pendiri Internet Computer (ICP) meyakini potensi besar dari cryptocurrency untuk dapat bersaing dan bahkan menggantikan raksasa internet saat ini seperti Google, Facebook dan Amazon Web Services. Klaim tersebut juga termasuk  dengan kecepatan cryptocurrency, kemampuannya untuk menskalakan dengan cepat dan kemampuannya untuk secara drastis mengurangi biaya komputasi.

2) Mendapat Dukungan Dari Investor Terkenal

Dikarenakan potensi besar Andreesen Horowitz yang merupakan perusahaan modal ventura terkenal dan Polychain Capital yang berspesialisasi dalam modal ventura untuk kripto memberikan dukungan kepada proyek Internet Computer (ICP) dan berniat membawanya untuk berkembang lebih jauh lagi

3) Promosi

Beberapa analis dan pegiat kripto pastinya telah menargetkan harga untuk Internet Computer (ICP). Tentunya prediksi harga tersebut membantu menaikkan harga dan kepopuleran dari dan proyek Internet Computer (ICP) itu sendiri dan menarik beberapa investor untuk bergabung.

4) Iklim Bullish

Tentu saja, sebagian dari kenaikan harga Internet Computer (ICP) dan Altcoins lainnya dipengaruhi dengan iklim bullish dari koin utama, yaitu Bitcoin (BTC). Hal tersebut tentunya waktu yang tepat untuk meningkatkan kepopuleran dan mengumpulkan dana segar baru untuk melanjutkan proyek cryptocurrency.

Bagaimana Cara Cerja Internet Computer (ICP)?

Gambar Ilustrasi Cara Kerja Internet Computer (ICP) Cryptocurrency
Gambar Ilustrasi Cara Kerja Internet Computer (ICP) Cryptocurrency

Proses verifikasi transaksi yang bergantung pada penambangan merupakan sebuah protokol yang masih terjadi pada sebagian besar proyek blockchain saat ini. Proses tersebut biasanya menggunakan sumber daya yang relatif besar dan memakan waktu yang cukup lama.

Dfinity menggunakan variasi dari algoritma proof of stake (disebut Threshold Relay) untuk mencapai konsensus. Dalam versi Dfinity, node menghasilkan nomor acak, yang disebut "random beacon". Hal tersebut digunakan untuk memilih grup node berikutnya dan untuk menjalankan protokol platform. Mekanisme ini disebut model Threshold Relay Consensus dan merupakan salah satu bagian penting dalam gudang senjata Dfinity.


Apa Itu Koin ICP?

Ilustrasi Gambar Token Internet Computer (ICP) Cryptocurrency
Ilustrasi Gambar Token Internet Computer (ICP) Cryptocurrency

ICP ialah sebuah token yang merupakan bahan bakar utama yang bertujuan sebagai penggerak dan kelangsungan hidup dari blockchain  Internet Computer dan memungkinkan para pemegangnya untuk memilih proposal yang akan membentuk masa depan Internet Computer. Pengguna bisa melakukan "Voting Neurons", yang memungkinkan mereka untuk memilih secara manual atau secara otomatis dengan mengonfigurasi neuron mereka untuk mengikuti neuron lain.

Koin ICP sendiri sudah tersedia dan sudah bisa diperjualbelikan di sejumlah bursa kripto utama dan populer seperti Coinbase Pro, Binance, OKEx, Huobi Global dan bursa besar lainnya.


Masa Depan Dari Internet Computer (ICP)

Industri komputasi awan atau cloud diproyeksikan akan mencapai $1 triliun pada tahun 2026. Dfinity telah menerima hampir $101 juta dana segar untuk pendanaan proyek yang mereka kerjakan, sehingga dana tersebut dapat mendukung tim pihak ketiga atau para pengembang yang ingin membangun aplikasi, alat, dan protokol  di platform tersebut.

Dfinity memiliki roadmap selama 20 tahun yang ambisius dimana pada Mei 2020, Dfinity Foundation mengumumkan telah berhasil mendapatkan dana sebesar $200 juta dollar Amerika untuk menarik para pengembang untuk bergabung dalam membangun proyek-proyek mereka.

Beberapa dApps sudah aktif dan berjalan di platform Internet Computer (ICP). Diantaranya termasuk Enso, pertukaran terdesentralisasi (DEX), dan DSCVR, jejaring sosial yang menyerupai versi Reddit yang terdesentralisasi.

Jika pengembang percaya bahwa ini adalah tempat yang tepat untuk membangun dan pengguna menggunakan sistem terdesentralisasi, sebagai pemangku kepentingan, mereka akan memiliki insentif untuk memastikan sistem tetap sederhana dan hemat biaya.




Sekian dulu artikel kali ini yang berjudul "Mengenal Internet Computer (ICP) Cryptocurrency : Blockchain Website Pertama Di Dunia". Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru anda tentang dunia kripto. Terima kasih sudah membaca

Posting Komentar untuk "Internet Computer (ICP) Cryptocurrency : Blockchain Layanan Berbasis Website Pertama Di Dunia"