Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Hara Token (HART) Cryptocurrency : Blockchain Asli Indonesia Untuk Sektor Pertanian

Hara Token (HART) Cryptocurrency
Hara Token (HART) Cryptocurrency: Blockchain Asli Indonesia Untuk Sektor Pertanian


Setiap cryptocurrency pastinya diciptakan dengan tujuan yang beragam. Akan tetapi kebanyakan orang menganggap cryptocurrency hanya sekedar mata uang digital dan komoditas aset yang diperdagangkan layaknya saham ataupun reksadana. Dibalik cryptocurrency ada teknologi blockchain yang bisa dikembangkan dan diimplementasikan ke berbagai bidang, contohnya seperti bidang kesehatan, keuangan, transportasi, pemerintahan hingga pertanian.

Hara Token bisa menjadi salah satu contoh cryptocurrency yang bisa diciptakan untuk mendukung  industri agrikultur di Indonesia, khususnya untuk sektor pangan dan pertanian. Menariknya lagi HARA Token adalah salah satu proyek blockchain yang diciptakan dan dikembangkan oleh anak negeri yang kantornya saat ini berbasis di Singapura.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa itu Hara Token (HART), pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia akan membahasnya untuk anda. Selamat membaca!.


Apa itu Hara Token?

Screenshot Halaman Website Hara Token (HART)
Screenshot Halaman Website Hara Token (HART)


Menurut situs resminya, Hara Token adalah HARA adalah cryptocurrency yang diciptakan untuk mendukung pertukaran data berbasis blockchain dikhususkan untuk sektor pangan dan pertanian. Hara akan berupaya untuk mengumpulkan data-data pertanian yang didapatkan di lapangan. Dimana tersebut akan disimpan di dalam sebuah buku besar database dan akan dienkripsi melalui sistem blockchain agar data tersebut dapat ditinjau dan diakses oleh para penggunanya.

Adapun lima kategori data yang dihimpun oleh Hara dan dapat digunakan oleh para penggunanya, diantaranya adalah :

  1. Data umum berupa identitas dan latar belakang petani di seluruh Indonesia,
  2. Data Geo Tagging seperti luas dan lokasi lahan
  3. Aktivitas sektor pertanian seperti jenis produk yang ditanam, kualitas dan kuantitas panen
  4. Data terkait ekologi seperti cuaca dan karakteristik tanah 
  5. Data terkait pasar, harga dan transaksi hasil panen

Dengan platform ini para petani dapat saling berbagi informasi dan data  dengan para petani lainnya tentang hal-hal yang berkaitan dengan pertanian. Dimana informasi tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah referensi dalam mengambil keputusan dalam bercocok tanam ataupun menjual hasil panen.

Salin data untuk para pelaku industri pertanian, Hara juga mengklaim bahwa data yang sudah mereka kumpulkan dapat digunakan juga oleh sektor industri lainnya untuk berbagai macam tujuan, contohnya untuk perusahaan keuangan dapat menggunakan data tersebut sebagai referensi dalam memberikan pinjaman usaha kepada para petani, perusahaan asuransi dapat menyediakan paket asuransi untuk sektor pertanian yang lebih efektif.


Apa Itu Ekosistem Hara Dan Siapa Saja Penggunanya?

Gambar Ilustrasi Para Pengguna Di Ekosistem Hara
Gambar Ilustrasi Para Pengguna Di Ekosistem Hara

Ekosistem Hara adalah platform terdesentralisasi yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Di ekosistem ini Hara bertugas untuk menghubungkan dan mengatur antara penyedia data dan pengguna data dengan aman dan transparan. Para penyedia dan pemakai data bisa saling terhubung dengan adanya aplikasi mobile dan web. Dengan adanya aplikasi tersebut tentunya memungkinkan para penggunanya untuk melakukan transaksi data satu sama lain.

Ada empat kelompok pengguna di dalam ekosistem HARA, diantaranya adalah : 

Data Provider

Data provider adalah seseorang atau lembaga seperti perusahaan, koperasi, LSM ataupun pemerintah yang menjadi kontributor atau pemasok data di ekosistem Hara. Data tersebut dikumpulkan dan diberikan untuk ditukarkan dengan Token HART.

Data Qualifier

Data qualifier adalah mereka yang bertindak sebagai validator yang melakukan validasi berdasarkan bukti kerja atau proof of work. Data qualifier akan menerima token berdasarkan upaya mereka dalam melakukan memverifikasi data di yang ada bursa. Data qualifier akan mendapatkan reward berupa token HART.

Data Buyer

Data Buyer adalah individu ataupun perusahaan seperti bank, perusahaan asuransi, pemasok hasil pertanian, LSM, dan pemerintah dan sebagainya yang membeli dan menggunakan informasi akhir di ekosistem Hara.

Value-added Services

Perusahaan atau lembaga yang bisa mengakses dan memproses data-data mentah yang sudah diterima oleh ekosistem Hara dan memproses data tersebut untuk dikirimkan kembali sebagai Enriched Data atau data yang sudah diproses. Dimana data yang sudah diproses akan menjadi suatu informasi yang berguna bagi para peserta di ekosistem Hara.

Support

Support adalah lembaga diluar atau tidak terkait langsung ekosistem Hara yang memberikan dukungannya kepada kelangsungan hidup di ekosistem ini.


Apa Itu Koin HART?

Gambar Koin HART
Gambar Koin HART

Koin HART adalah mata uang digital yang digunakan di ekosistem Hara Token. Token atau koin HART dibuat menggunakan token jenis ERC-20 yang berjalan di atas platform Ethereum dan dimaksudkan untuk digunakan untuk transaksi di bursa kripto. Koin ini dapat disimpan di dompet digital apa pun yang mendukung atau kompatibel untuk menyimpan token ERC-20. Koin HART sendiri mempunyai suplai yang terbatas, yaitu sebanyak 1.200.000.000 koin HART.

Koin HART dijadikan sebagai point loyalitas yang bisa didapatkan petani ketika mereka berpartisipasi untuk memberikan data terkait dengan sektor pertanian. Koin HART yang sudah mereka dapatkan bisa ditukarkan kembali untuk membeli beberapa produk dan layanan yang ditawarkan oleh Hara, diantaranya seperti seperti pulsa, diskon perlengkapan dan peralatan pertanian, dan perlengkapan untuk pendidikan dan sebagainya.


Dimana bisa membeli Koin HART?

Bagi anda yang tertarik untuk membeli koin HART untuk dijadikan sebagai aset investasi ataupun ingin berkontribusi ke sektor pertanian, maka anda bisa membelinya di platform marketplace terbesar di Indonesia saat ini, yaitu Indodax. Koin HART sudah bisa anda beli di Indodax mulai dari tanggal 23 Juni 2021. 

Adapun cara untuk membeli koin Hara Token (HART) di aplikasi Indodax adalah :
  1. Login dengan akun Indodax yang sudah kamu miliki, jika belum lakukan pendaftaran member baru Indodax.
  2. Lakukan deposit awal, yaitu menyetorkan modal yang kamu miliki ke aplikasi Indodax. Modal tersebut nantinya dapat kamu gunakan untuk membeli koin HART.
  3. Jika deposit sudah masuk, maka kamu bisa ke menu Market pada aplikasi Indodax .
  4. Search atau lakukan pencarian dengan memasukkan kode 'HART'.
  5. Pilih Buy untuk membeli koin HART sesuai dengan harga penawaran anda.
  6. Tunggu sampai harga penawaran cocok dengan harga permintaan dari penjual, jika cocok maka koin HART akan menjadi milik anda.
  7. Koin HART yang anda miliki dapat di cek di Menu Funds 

Sekian dulu artikel Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas "Mengenal Apa Itu Hara Token (HART) Cryptocurrency". Artikel ini dibuat dengan tujuan berbagi informasi tentang dunia mata uang digital atau cryptocurrency dan bukan merupakan nasihat keuangan ataupun investasi. Segala bentuk kerugian ataupun keuntungan merupakan tanggung jawab anda sendiri sepenuhnya.  


Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Hara Token (HART) Cryptocurrency : Blockchain Asli Indonesia Untuk Sektor Pertanian"