Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Fantom (FTM) Cryptocurrency

Fantom (FTM) Cryptocurrency Image
Ilustrasi Gambar Logo Fantom (FTM) Cryptocurrency

Pada tanggal 24 Juni lalu Indodax sudah resmi melakukan listing koin FTM yang merupakan koin asli dari platform Fantom untuk mulai ditransaksikan di platform mereka. 

Fantom (FTM) Cryptocurrency merupakan sebuah platform smart contract yang bersifat open source. Jadi para pengembang dibebaskan untuk menggunakan source code mereka untuk menciptakan DApps mereka sendiri pada platform ini. 

Jika anda tertarik untuk membeli koin FTM dan ingin mengetahui lebih lanjut apa itu Fantom. Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkumnya untuk anda para pembaca. 

Apa Itu Fantom Cryptocurrency?

Halaman Website Fantom (FTM) Cryptocurrency
Screenshot Halaman Website Fantom (FTM) Cryptocurrency

Fantom (FTM) Cryptocurrency adalah platform smart contract terdesentralisasi yang bersifat open source. Blockchain ini dirancang untuk mengatasi keterbatasan pada platform blockchain generasi sebelumnya. Fantom diciptakan dengan tujuan untuk menambahkan dimensi baru ke kontrak pintar dengan menggunakan protokol Lachesis dengan sistem utamanya yang disebut DAG. Lachesis sendiri merupakan mekanisme konsensus aBFT dengan terobosan revolusionernya, yang memungkinkan Fantom memiliki kinerja yang jauh lebih cepat dan lebih murah daripada teknologi lama tanpa mengorbankan sisi keamanan dan desentralisasi demi skalabilitas.

Fantom blockchain menyediakan kompatibilitas antara semua transaksi dan alat transaksi di dunia menggunakan teknologi DAG. Jaringan Fantom bertujuan untuk mengembangkan kompiler dan mesin virtual berbasis catatan yang dapat secara otomatis memeriksa keakuratan transaksi, menghasilkan bukti kontrak dan perilaku cerdas, dan menjalankan instruksi secara efisien.

Fantom merupakan platform konsensus aBFT pertama yang memungkinkan untuk melakukan stacking DeFi. Di platform ini anda dapat menggunakan koin FTM Anda untuk mencetak fUSD dan mengakses  DeFi tools. Anda dapat menggunakan fUSD untuk memperdagangkan aset sintetis, atau meminjamkannya untuk mendapatkan keuntungan berupa bunga dan meminjam token sintetis lainnya.

Apa Itu Koin atau Token FTM Dan Fungsinya Di Ekosistem Fantom?

Token FTM
llustrasi Gambar Koin FTM 

Koin FTM adalah koin asli dari blockchain Fantom. Koin FTM  adalah token mainnet asli dengan jenis token ERC-20 dan BEP-2 yang berjalan di platform Ethereum. Koin ini dapat ditransaksikan dan ditukarkan dengan jenis koin ERC-20 lainnya dan dapat disimpan di dompet digital yang kompatibel dengan token jenis ERC-20. 

Adapun beberapa fungsi dari koin FTM di ekosistem Fantom adalah sebagai berikut :

1. Mengamankan Jaringan 

Utilitas atau utama dari koin FTM di ekosistem Fantom adalah untuk mengamankan jaringan yang menggunakan sistem Proof-of-Stake. Untuk berpartisipasi dalam ekosistem ini node validator diwajibkan untuk mengunci minimal 3.175.000 koin FTM.  Mereka akan mendapatkan imbalan dari proses tersebut berupa hadiah berupa epoch reward dan biaya yang dibebankan kepada para penggunanya.

2. Sebagai Alat Pembayaran Di Ekosistem Fantom

Koin FTM dapat digunakan sebagai alat transaksi untuk mengirim dan menerima pembayaran dalam waktu yang relatif cepat dengan biaya yang rendah. Anda dapat melakukan transfer uang dengan memakan waktu satu detik saja dan dibebankan biaya hanya sekitar  $0,0000001 per tiap transaksi.

3. Tata Kelola On-Chain

FTM diperlukan dalam melakukan tata kelola on-chain. Karena Fantom adalah ekosistem terdesentralisasi sepenuhnya tanpa pihak ketiga. Jadi setiap keputusan terkait jaringan dilakukan oleh tata kelola on-chain itu sendiri. FTM adalah sebuah token tata kelola yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam proses pemungutan suara. Dimana suara tersebut dapat memberikan usulan akan perubahan kebijakan ataupun perbaikan kedepannya untuk ekosistem Fantom

4. Biaya Yang Dibebankan Untuk Setiap Transaksi Di Jaringan Fantom

FTM digunakan untuk biaya jaringan yang dibebankan kepada para penggunanya setiap kali melakukan transaksi di platform Fantom. Seperti yang dijelaskan di point pertama, biaya tersebut nantinya akan dikumpulkan dan dijadikan sebagai hadiah kepada para node validator.


Total Suplai Koin FTM

Fantom sendiri membatasi suplai koin FTM yang beredar di platformnya, yaitu sebanyak 3.175.000.000 koin FTM. Saat ini sebanyak 2.100.000.000 koin FTM sudah beredar dan diperjualbelikan di berbagai bursa kripto dan sisanya dicadangkan dan disimpan untuk dipertaruhkan sebagai hadiah untuk para staker.

Diperkirakan akan memakan waktu lebih dari dua tahun untuk mendistribusikan semua koin yang disimpan dan mencapai sirkulasi penuh dari total pasokan koin. Total pasokan koin akan didistribusikan melalui standar token yang berbeda untuk memastikan perdagangan yang lebih mudah dan harga tetap stabil. Semua token yang beredar dipastikan tidak akan pernah melebihi batas tota suplai yang sudah ditetapkan, yaitu tidak lebih dari  3.175.000.00 koin FTM.

Dimana Tempat Untuk Membeli Koin FTM?

Jika anda tertarik untuk membeli koin FMT dan menjadikannya sebagai salah satu aset investasi kripto, koin tersebut adapat anda beli di bursa kripto populer, diantaranya seperti Binance Exchange dimana  anda dapat membeli koin FTM menggunakan BTC, ETH, USDT, atau BNB. Selain di Binance Exchange, anda juga dapat membeli ataupun menurkrkan koin ERC-20 lainnya dengan koin FTM di bursa kripto lainnya seperti UniSwap, SushiSwap, FTX, 1Inch, Bitmax, Kucoin, Bibox, OKEx, Beaxy, Delta Change, CoinOne, CoinSpot dan Bitcoin Meester. Jika sudah memiliki koinnya, anda dapat menyimpannya di dompet digital Fantom Wallet.

Koin Fantom (FTM) Investasi Yang Menguntungkan?

Token FTM Good Invesment
Ilustrasi Gambar Token FTM Investasi Yang Menguntungkan

Harga koin Fantom (FTM) melonjak dalam perdagangan bursa kripto menyusul pengumuman investasi sebesar $15 juta oleh HyperChain Capital yang merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di Singapura . 

Investasi $15 juta oleh HyperChain adalah investasi lanjutan yang dilakukan pada tahun 2018 silam sebesar $2,5 juta. Selain itu, anak perusahaan mereka Hyperblocks menjalankan validator yang membantu untuk mengamankan blockchain Fantom. Investasi tersebut tentunya mencerminkan kepercayaan HyperChain pada kedua teknologi inti Fantom dan adopsi Fantom yang cepat oleh pengguna akhir dan pengembang.

Fantom adalah alternatif dari blockchain Ethereum (CCC: ETH-USD ) yang menggunakan model konsensus Byzantine Fault Tolerant (aBFT) asinkron untuk memvalidasi transaksi. Hal ini memungkinkan jaringan terdesentralisasi, terukur dan aman, bukan hanya dua dari tiga. Dalam praktiknya, ini berarti biaya minimal dan transaksi hampir seketika.

Fantom juga meluncurkan terobosan terbarunya untuk meningkatkan kecepatannya dalam jaringan besar, teronosan tersebut bernama Go Opera. Dengan adanya Go Opera membuat transaksi lebih jauh cepat dan meningkatkan efisiensi jaringan lainnya. Hal Ini menjadikan Fantom salah satu blockchain tercepat di dunia .

Fantom juga mengumumkan kemitraan dengan pembalap Formula 1 Pierre Gasly dan juga mendapat dukungan dari investor terkenal, yaitu Mark Cuban . Selain itu Fantom juga menjadi kerjasama kemitraan dengan Clover Finance (CCC: CLV-USD ) dalam hal keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan SuperFarm dalam token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT).

Bisa disimpulkan Fantom memiliki banyak sekali hal-hal yang ditawarkan kepada para peminatnya. Untuk keputusan bagus atau tidaknya, hal tersebut merupakan keputusan anda sendiri sebagai orang yang bertanggung jawab dengan investasi anda dan resiko kerugian ataupun keuntungan yang bisa anda terima.


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini. Perlu diingat kegiatan investasi pada aset kripto merupakan kegiatan investasi yang beresiko tinggi untuk mengalami kerugian ataupun kehilangan aset anda. Segala keputusan investasi yang mengakibatkan kerugian ataupun keuntungan merupakan tanggung jawab penuh dari anda sendiri dan bukan orang lain. Artikel ini dibuat hanya untuk berbagi informasi terbaru terkait dunia mata uang digital dan bukan merupakan nasihat keuangan ataupun investasi. Segala isi konten yang ada di website Budak Duit Indonesia, dikembalikan lagi kepada para pembaca. Terima kasih!.

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Fantom (FTM) Cryptocurrency"