Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Dompet Digital Terbaik Untuk Bitcoin

Dompet Digital Bitcoin Terbaik Saat Ini
Ilustrasi Dompet Digital Bitcoin Terbaik


Sejak kemunculan Bitcoin pada tahun 2009 sampai saat ini telah mata uang digital pertama yang terlintas dalam pikiran seseorang saat membicarakan tentang cryptocurrency. Banyak orang yang tertarik untuk memilikinya dan menyimpannya dalam jangka waktu yang panjang sebagai salah satu aset kripto yang menjanjikan dalam beberapa dekade ini. Jika anda tertarik untuk memilikinya penting juga untuk memikirkan dan memahami cara yang tepat dan aman untuk menyimpan aset Bitcoin yang anda miliki.

Adapun beberapa rekomendasi dompet digital yang dapat anda gunakan untuk menyimpan aset kripto berupa koin Bitcoin atau koin-koin lainnya yang sudah Budak Duit Indonesia rangkum dalam satu artikel yang bersumber dari Investopedia.


1. EXODUS

Logo Exodus Bitcoin & Crypto Wallet
Logo Dari Exodus Bitcoin And Crypto Wallet
  • Jenis Dompet Digital : Hot Wallet
  • Biaya Penggunaan: Gratis
  • Kompatibel Dompet Hardware : Trezor
  • Mendukung Pertukaran Multi Cryptocurrency: Iya

Exodus Wallet merupakan dompet digital yang direkomendasikan bagi anda yang baru saja memulai berinvestasi pada aset kripto dan sedang mencari tempat penyimpanan aset kripto yang mudah digunakan untuk para pemula. Exodus adalah dompet digital yang bisa digunakan di perangkat desktop seperti personal computer (PC) dan perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Dompet ini memiliki tampilan UI yang sangat sederhana dan mudah dimengerti untuk digunakan oleh orang-orang yang baru mengenal investasi kripto.

Kelebihan utama dari dompet digital Exodus adalah exodus saat ini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan pertukaran antara koin kripto satu dengan yang lainnya dengan 100 jenis cryptocurrency yang berbeda. Selain itu Exodus juga terkenal dengan tingkat keamanannya yang hampir tidak ada celah. Pelayanan support yang baik juga merupakan nilai tambah dompet digital ini.


2. Electrum

Electrum Digital Wallet For Bitcoin
Electrum Dompet Digital Khusus Bitcoin

  • Jenis Dompet Digital : Hot Wallet dengan opsi Cold Storage
  • Biaya Penggunaan: Gratis
  • Kompatibel Dompet Hardware : Trezor, Ledge dan dompet lainnya
  • Mendukung Pertukaran Multi Cryptocurrency: No
Electrum adalah dompet digital yang khusus diperuntukan untuk menyimpan Bitcoin. Dompet ini bisa dibilang sangat cocok bagi anda yang memang berfokus pada mata uang digital Bitcoin. Electrum sudah ada sejak tahun 2011 atau berbeda 2 tahun sejak Bitcoin pertama kali diciptakan. Dari segi user interface bisa dibilang dompet digital ini memiliki tampilan yang sederhana dan bahkan tidak berubah banyak saat pertama kali dompet ini diciptakan, hal tersebut karena memang dompet digital ini dikhususkan untuk menyimpan aset kripto Bitcoin saja. Electrum juga lebih cocok untuk pengguna tingkat lanjut karena opsi fiturnya yang kompleks.

Electrum adalah dompet digital yang bersifat open source, yang berarti dompet digital ini memungkinkan para penggunanya untuk menetapkan biaya transaksi sesuai dengan keinginan mereka serta memiliki opsi untuk memilih Bitcoin lama atau Segwit. Selain itu Electrum juga menawarkan tingkat keamanan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Misalnya, anda dapat membuat dompet standar, dompet dengan otentikasi 2 faktor, atau dompet multi-tanda tangan. Anda juga dapat memanjangkan frase seed anda dengan kata-kata khusus. Electrum sangat cocok untuk pemegang Bitcoin yang lebih maju yang menginginkan fitur keamanan yang hebat dan kemampuan penyesuaian, dengan tampilan tata letak yang sederhana.

3. Mycelium

Mycelium Dompet Digital Bitcoin
Logo Mycelium Dompet Digital Bitcoin 

  • Jenis Dompet Digital : Hot Wallet dengan opsi Cold Storage
  • Biaya Penggunaan: Gratis
  • Kompatibel Dompet Hardware : Trezor, Ledge dan Keepkey
  • Mendukung Pertukaran Multi Cryptocurrency: Ya
Mycelium adalah dompet digital untuk Bitcoin yang bersifat  open source dan sangat cocok untuk perangkat mobile. Mycelium saat ini hanya mendukung beberapa aset mata uang digital seperti Bitcoin, ETH, ERC-20, dan token FIO. Mycelium bisa dibilang sangat mirip dengan dompet digital Electrum dengan beberapa perbedaan seperti jumlah mata uang digital yang disimpan, berbasis mobile, tampilan user interface yang lebih terlihat baru dan memiliki fitur pertukaran mata uang digital.

Mycelium, bersifat open source sama seperti Electrum, anda dapat mengatur biaya transaksi yang khusus bisa anda tentukan sendiri serta berapa lama anda bersedia menunggu untuk proses transaksi dapat diselesaikan. Mycelium juga memiliki beberapa fitur yang lebih menarik seperti dukungan dompet perangkat keras, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan Bitcoin mereka di perangkat penyimpanan offline sambil tetap menggunakan antarmuka pengguna Mycelium untuk melihat jumlah aset koin kripto kepemilikan mereka.


4. Ledger

Logo Ledger Hardware Wallet
Logo Ledger Hardware Wallet
  • Jenis Dompet Digital : Cold Wallet
  • Biaya Penggunaan: $119 USD
  • Mendukung Pertukaran Multi Cryptocurrency: Ya
Ledger Nano X adalah keras generasi kedua dari Ledger, sebuah perusahaan Prancis yang diluncurkan pada tahun 2014. Produk cryptocurrency pertama Ledger adalah Ledger Nano S yang merupakan dompet perangkat keras pertama di pasar dan berhasil mendominasi pasar dompet perangkat keras selama beberapa tahun.

Ledger Nano X menyerupai drive USB dan dapat terhubung ke perangkat yang anda melalui USB atau Bluetooth. Hal Ini berarti memungkinkan anda untuk menghubungkan dompet ke perangkat mobile iOS atau Android. Ledger juga mendukung lebih dari 1.500 cryptocurrency. Jumlah mata uang yang disupport juga akan terus bertambah setiap tahunnya karena adanya permintaan dari komunitas Bitcoin agar bisa ditukarkan dengan koin kripto favorit mereka.

Ledger sejatinya merupakan dompet Cold Wallet, akan tetapi tim Ledger telah membuat perangkat lunak Ledger Live yang menyediakan semua aset yang dimiliki. Hal ini memungkinkan anda untuk menambahkan dompet lainnya dengan tujuan menambahkan berbagai cryptocurrency lainnya dan mengelola portofolio di dalam satu perangkat saja. Ledger juga sudah dilengkapi dengan kabel USB Type-C sehingga dapat dihubungkan ke komputer desktop atau smartphone jika anda lebih suka cara tersebut dibandingkan Bluetooth. 


5. Trezor

Trezor Hardware Wallet
Logo Trezor Hardware Wallet
  • Jenis Dompet Digital : Cold Wallet
  • Biaya Penggunaan: $181 USD
  • Mendukung Pertukaran Multi Cryptocurrency: Ya

Trezor adalah dompet perangkat keras dengan jenis Cold Wallet.  Model T-nya adalah dompet perangkat keras generasi kedua yang mereka buat.  Model T bisa dibilang hampir mirip dengan Ledger, yang membedakan hanya Model T memberikan akses untuk melakukan pertukaran aset pihak ketiga seperti Changelly dan CoinSwitch secara langsung di antarmuka situs webnya.

Model T menggunakan layar sentuh, yang lebih mudah digunakan untuk pemula daripada tombol yang digunakan model sebelumnya. Trezor juga memiliki slot kartu MicroSD, memungkinkan Anda menggunakan kartu MicroSD untuk mengenkripsi PIN dan lebih melindungi perangkat Anda dari serangan hacker.

Seperti Ledger Nano X, Trezor Model T juga dilengkapi dengan kabel USB Type-C sehingga Anda dapat terhubung ke smartphone atau komputer desktop. Saat ini, Trezor Model T mendukung lebih dari 1.600 cryptocurrency yang berbeda. Beberapa menganggap Model T sedikit lebih aman daripada Ledger Nano X karena konektivitas Bluetooth X (walaupun Bluetooth Ledger adalah pilihan opsional).


Sekian dulu artikel Budak Duit Indonesia kali ini dengan judul "5 Dompet Digital Terbaik Untuk Bitcoin". Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang apa itu cryptocurrency dan dompet digital atau dompet hardware terbaik untuk mengamankan aset kripto anda. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "5 Dompet Digital Terbaik Untuk Bitcoin"