Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cryptocurrency Zilliqa (ZIL) : Platform Blockchain Publik Dengan Protokol "Sharding"

Cryptocurrency Zilliqa (ZIL)
Ilsutrasi Gambar Cryptocurrency Zilliqa (ZIL)


Setiap tahunnya selalu muncul koin-koin baru atau Altcoins yang wajib untuk anda ketahui sebagai pengetahuan baru bagi anda yang saat ini sedang tertarik menjadi pegiat kripto ataupun anda seorang trader di pasar kripto. 

Zilliqa (ZIL) merupakan koin pendatang baru yang dibuat pada tahun 2017 dan aktif diperjualbelikan secarag lobal pada tahun 2019. Di Indonesia sendiri Zilliqa (ZIL) masuk pada awal tahun 2020. Kehadiran Zilliqa (ZIL) sendiri menarik para perhatian para pegiat kripto dan investor dari seluruh dunia karena konsep "Sharding" yang ditawarkan oleh blockchain cryptocurrency generasi kedua, yang bisa dibilang teknologi yang diusung jauh lebih baik dari platform Ehtereum dari segi kecepatan prosesan node-noda dalam suatu block transaksasi.

Bagi anda yang ingin lebih tahu tentang apa itu cryptocurrency Zilliqa (ZIL), pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkum nya untuk anda, dari berbagai sumber yang didapatkan.


Apa Itu Cryptocurrency Zilliqa (ZIL)?

Screenshot Halaman Website Cryptocurrency Zilliqa (ZIL)
Screenshot Halaman Website Cryptocurrency Zilliqa (ZIL)

Zilliqa adalah platform blockchain publik yang terkenal karena platform ini lah yang pertama kali melakukan implementasi sharding, solusi penskalaan yang memecahkan node validasi dari suatu transaksi di  dalam jaringan blockchain menjadi komponen-komponen yang lebih kecil atau bisa disebut sebagai “shards” atau dalam bahasa indonesia bisa di sebut sebagai pecahan. Satu pecahan akan memvalidasi satu "microblocks" secara bersamaan dengan pecahan lain. Microblocks yang sudah divalidasi akan digabungkan untuk membuat satu block utuh di blockchain. Pemecahan tersebut dilakukan untuk  meningkatkan kecepatan pemrosesan transaksi di jaringan blockchain.

Melalui sharding, Zilliqa mengklaim throughput transaksi dari blockchainnya sesuai dengan, dan meningkat, dengan jumlah node dalam jaringan. Misalnya, proyek mengklaim pengguna akan melihat sekitar 1.218 transaksi per detik ketika 1.800 node beroperasi, jumlah yang akan melonjak menjadi 2.488 transaksi per detik ketika jumlah node berlipat ganda. Ia mengklaim telah mencapai lebih dari 2.828 transaksi per detik di testnet-nya. 

Zilliqa juga didukung oleh teknologi smart contract pintar pertama yang didukung langsung oleh SciliaMenggunakan prinsip-prinsip desain pemrograman fungsional (seperti dalam OCaml) memungkinkannya lebih ramah terhadap pemeriksaan statis dan verifikasi formal.

Zilliqa diciptakan di Universitas Nasional Singapura dan secara resmi diluncurkan pada Juni 2017. Proyek ini didirikan oleh Amrit Kumar yang menjabat sebagai president dan chief scientific officer; Yaoqi Jia yang menjabat sebagai chief technology officer, Xinshu Dong yang menjabat sebagai member dan project’s former chief executive officer lalu ada Max Kantelia,  yang menjadi sebagai adviser and board member. Beberapa orang tersebut memiliki backround akademisi, pengusaha, dan insinyur. 

Saat ini sudah lebih dari 60 tim proyek dari lebih dari 20 negara telah berkontribusi pada perkembangan Zilliqa's ekosistem . Ini termasuk individu dan tim yang membantu untuk mengembangkan dompet digital, penjelajah, perangkat pengembang, kerangka kerja pengujian kontrak cerdas, dapps, dan masih banyak lagi. 

Apa itu Token atau Koin ZIL?

Ilsutrasi Token Cryptocurrency Zilliqa (ZIL)
Ilsutrasi Token Cryptocurrency Zilliqa (ZIL)

ZIL adalah token yang menggerakkan blockchain Zilliqa. Token dapat digunakan untuk pelaksanaan smart contract, untuk memberi penghargaan kepada penambang, untuk menutupi biaya transaksi, dan banyak lagi. ZIl diluncurkan di jaringan Ethereum sebagai token ERC-20. Hal tersebut memungkinkan token ZIL untuk dapat ditukarkan dengan token-token lainnya yang ada di jaringan Ethereum juga. Zilliqa mengumpulkan eter senilai $22 juta melalui initial coin offering (ICO) yang berakhir pada Januari 2018. Total pasokan Token ZIL yang merupakan cryptocurrency asli platform Zilliqa, adalah sebanyak 22 miliar token.

Token ZIL bisa didapatkan dengan Mining atau menambang. Berkat mekanisme konsensus Zilliqa, jejak ekologis yang diakibatkan oleh penambangan koin bisa sangat berkurang dibandingkan dengan token-token generasi pertama seperti Bitcoin. Token ZIL sendiri hanya membutuhkan waktu 1 menit dari setiap 2-3 jam waktu yang dibutuhkan untuk menambang ZIL, hal tersebut tentunya memungkinkan seseorang miner untuk menambang secara ganda dan pararel dalam waktu yang sama.            
Selain dengan proses menambang, untuk mendapatkan token ZIL anda bisa membelinya dengan uang flat di Transak ataupun di Binance yang merupakan pasar kripto tersebesar di didunia saat ini.

Token ZIL yang kamu miliki dapat ditukarkan dengan token lainnya ataupun uang flat di platform pasar kripto. Selain itu anda juga bisa menggunakan token ZIL untuk membeli barang-barang yang ditawarkan di lebih dari 400 oulet Ziliqa Merchandise, baik itu berupa T-shirts, Hoodies, Mugs, Mouspads dan masih banyak barang-barang menarik lainnya yang bisa anda beli di oulet tersebut dengan menggunakan token ZIL.

Dimana Tempat Untuk Membeli Token ZIL ?

Untuk membeli token ZIL selain di platform matketplace global seperti Binance, untuk membeli token ZIL di platform marketplace lokal, kamu dapat membelinya di Indodax ataupun TokoCrypto yang sudah melakukan listing token ZIL sehingga dapat diperjual-belikan di kedua platform tersebut. Di Indodax sendiri token ZIL sudah hadir pada bulan 18 Agustus 2020, sedangkan di TokoCrypto ZIL sudah hadir lebih dulu pada 16 Januari 2020.

Di Mana Tempat Untuk Menyimpan Token ZIL?

Dompet Digital Untuk Menyimpan Koin ZIL
Ilustrasi Dompet Digital Untuk Menyimpan Koin ZIL

Dompet kripto atau digital wallet pada dasarnya adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan kunci publik atau pribadi dan terlibat dengan platform blockchain tertentu dan  memungkinkan para penggunanya untuk mengirim, menerima, dan memperdagangkan mata uang kripto yang mereka miliki, dan juga untuk mengecek saldo aset kripto yang dimiliki.

Adapun rekomendasi dompet digital yang bisa anda gunakan di di berbagai platform seperti IOS, Android, browser web, PC dan perangkat hardware lainnya yang mendukung untuk menyimpan token ZIL oleh pihak Zilliqa sendiri berdasarkan informasi yang didapatkan dari website resminya, diantaranya adalah :  
  • Ledger
  • Moonlet
  • Trust Wallet
  • Zillet
  • ZilPay Wallet
  • Atomix Wallet
  • Infinito Wallet
  • Math Wallet
  • ZILCLI
  • ZHIP
  • EQUAL
  • GUARDA
  • ZEEVES
  • Crypto.com
  • Ownbit

Sekian dulu artikel kali ini dari Budak Duit Indonesia dengan judul "Cryptocurrency Zilliqa (ZIL) : Platform Blockchain Publik Yang Terkenal". Semogar artikel kali ini bisa menambah wawasan anda tentang dunia cryptocurrency. Pasar cryptocurrency merupakan investasi dengan resiko tinggi. Segala keputusan dan kebijakan yang mengakibatkan keuntungan ataupun kerugian merupakan mutlak tanggung jawab anda sendiri. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "Cryptocurrency Zilliqa (ZIL) : Platform Blockchain Publik Dengan Protokol "Sharding""