Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Koin Cryptocurrency Yang Menguntungkan Untuk Ditambang Tahun 2021

Gambar Ilustrasi Menambang Aset Cryptocurrency
Gambar Ilustrasi Menambang Aset Cryptocurrency

Menambang atau mining adalah salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan suatu aset cryptocurrency tenpa perlu mengeluarkan atau menginvestasikan uang kita untuk membeli aset kripto tersebut. 

Bitcoin adalah Cryptocurrency terkuat dan tertua di dunia saat ini. Namun, bukan berarti Bitcoin merupakan Cryptocurrency terbaik untuk ditambang. Cryptocurrency terbaik untuk ditambang ialah koin-koin yang dinilai memiliki presentase potensial kenaikan harga yang cukup signifikan. Setiap tahunnya selalu muncul koin-koin terbaru dengan beragam fitur, kegunaan, fungsi dan teknologi baru yang diusungnya, sehingga setiap tahun selalu ada koin yang mengalami kenaikan cukup besar dan ada juga yang naiknya biasa saja dan bahkan juga ada yang harga koinnya turun dan bahkan tidak bernilai dan menjadi shi*coin.

Tentunya anda mungkin berpikir, koin mana yang terbaik untuk ditambang? Atau apa cryptocurrency teratas untuk penambangan yang dapat menghasilkan pengembalian luar biasa?. Hal -hal tersebut tentunya bisa menjadi pertanyaan dan referensi anda untuk menambang dan berinvestasi di koin-koin yang tepat untuk menghindari kerugian dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Oleh karena hal tersebut, pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkum hal-hal tentang penambangan cryptocurrency dan rekomendasi 5 koin cryptocurrency terbaik yang bisa anda tambang atau berinvestasi di koin tersebut.


Tentang Penambangan Cryptocurrency

Penambangan cryptocurrency pada awalnya dilakukan menggunakan CPU (Central Processing Unit) , bukan GPU (Graphics Processing Unit). Hingga beberapa tahun kemudian GPU hadir dan menggantikan proses penambangan dengan CPU. GPU memiliki kecepatan pemrosesan yang terbatas sehingga membuat proses penambangan menjadi lebih efisien dan tidak mengkonsumsi daya yang tinggi dibandingkan dengan CPU, sehingga hasil penambangan koin kripto jauh lebih maksimal.

GPU sangat penting dalam penambangan blockchain cryptocurrency karena meningkatkan kecepatan dan akurasi penambangan dengan potensi daya yang sangat besar. Dengan demikian, para penambang saat ini lebih suka menggunakan GPU untuk proses menambang koin kripto.


A. Bagaimana Menambang Cryptocurrency dengan GPU ?

Untuk memulai melakukan proses penambanga suatu aset cryptocurrency, anda tentunya harus melalui dan menyiapkan beberapa hal-hal yang diperlukan, diantaranya seperti :

  • Paket software mining cryptocurrency
  • Dompet digital atau E-wallet sebagai alat untuk menyimpan dan database untuk memantau seluruh hasil penambangan anda.
  • Menjadi member dan bergaung ke dalam suatu komunitas penambang cryptocurrency sebagai media untuk belajar dan mendapatkan informasi terbaru tentang dunia penambangan cryptocurrency.
  • Memiliki akun dan member di pasar online mata uang digital 
  • Perangkat PC yang dirancang khusus untuk melakukan proses penambangan aset kripto atau Cryptocurrency
  • Perangkat pemrosesan khusus atau ATI Graphic Processing Unit (GPU)
  • Penelitian dan pengembangan yang ekstensif.

B. Jenis Penambangan Kripto

Saat ini ada dua cara untuk melihat jenis penambangan kripto, yaitu melihat penambangan kripto dari prosesnya dan melihatnya metode yang digunakan. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

1. Penambangan Kripto sebagai Proses 

a) CPU Mining

Penambangan CPU adalah penambangan berbasis prosesor. Bagian terbaik tentang penambangan CPU adalah Anda dapat mengupgradenya dengan mendapatkan CPU dan melakukan proses penambangan secara langsung. Jadi sebelum berinvestasi lebih menggunakan GPU atau ASIC, anda bisa mencoba menambang menggunakan CPU terlebih dahulu. Penambangan dengan ini sudah ketinggalan zaman, tidak efisien dan boros daya, sehingga banyak penambang atau miner yang tidak lagi menggunakan CPU saat ini.

b)  GPU Mining

Ini adalah penambangan berbasis kartu grafik video. Pada dasarnya, ini adalah kartu grafik video komputer digunakan untuk pengalaman dan performa bermain game yang jauh lebih bagus.

Penambangan dengan GPU menjadi lebih fleksibel dan anda memiliki kesempatan untuk menambang cryptocurrency yang berbeda-beda. Hal tersebut tentunya membuat anda memiliki banyak pilihan untuk menambang koin kripto berdasarkan kondiri trend market, apakah sedang bullish ataupun bearish. Selain itu GPU juga menawarkan berbagai keunggulan lainnya di bidang gaming, video editing, dan video streaming.

Kelemahan utama dari penambangan menggunakan GPU adalah konsumsi daya yang lebih besar dibandingkan dengan  ASIC. Selain itu, ini melibatkan perhitungan yang rumit. Selain itu anda juga perlu karena mungkin diperlukan waktu lebih untuk dapat balik modal.

c) ASIC Mining

Penambangan ASIC bekerja dengan menggunakan algoritma tertentu. Dengan arti jika anda memutuskan  menambang aset cryptocurrency menggunakan proses ini, anda perlu menyiapkan peralatan khusus dengan praktik yang berbeda juga.

Anda harus menyiapkan beberapa hal dari mulai komponen pc yang khusus dibangun untuk menjalankan aplikasi yang khusus digunakan untuk melakukan penambangan dengan proses ASIC. Proses ASIC memiliki kelebihan dibandingkan proses CPU dan GPU dalam hal kinerja, karena dapat berjalan lebih cepat daripada keduanya, dengan tingkat hash hingga 14 TH/s. Akibatnya, secara keseluruhan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Selain itu konsumsi daya yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar dibandingkan kedua proses penambangan sebelumnya.


2. Penambangan Kripto sebagai Metode

Melihat penambangan kripto sebagai metode adalah pilihan ideal bagi para penambang yang tidak paham betul tentang dunia teknologi dan hanya ingin menikmati proses penambangan itu sendiri tanpa memiliki pengetahuan teknis. Penambang tersebut memiliki pendekatan yang berbeda dan melakukan penambangan kripto dengan 3 metode berbeda,diantaranya seperti :

a) Solo Mining

Sesuai dengan namanya, Solo mining atau penambang solo adalah metode penambangan dimana anda membeli peralatan pernambangan anda sendiri. Solo mining tidak bergantung pada penambang lainnya dan menikmati hasilnya sendiri.

Meskipun hasil yang didapatkan menjanjikan dan menarik, akan tetapi persaingan antara sesama penambang solo sangat kompetitif dan tentunya anda perlu menyiapkan dana yang cukup besar untuk membeli peralatan sendiri jika  ingin menjadi yang orang yang pertama kali memvalidasi transaksi dengan tujuan mendapatkan reward yang maksimal.

Solo mining sangat direkomendasikan bagi anda yang memiliki jumlah modal yang besar untuk diinvestasikan ke dunia penambangan kripto.

b) Pool Mining

Tidak semua orang memiliki dan menginvestasikan banyak uang untuk menambang koin cryptocurrency. Pengembang dapat menemukan solusi untuk masalah modal investasi, yaitu dengan metode penambangan kolam atau pool mining.

Metode proses pool mining memudahkan proses penambangan kripto dan mendapatkan penghasilan yang lumayan. Untuk bergabung penambangan cryptocurrency, para penambang memerlukan server besar dan mengatasi masalah tersebut menggabungkan kekuatan komputasi dari semua penambang lain dengan bergabung menjadi suatu kumpulan. Dengan demikian metode ini meningkatkan kemungkinan mendapatkan hadiah besar dengan membuka penambangan koin baru.

c) Cloud Mining

Setelah melihat dan mengetahui peralatan penambangan yang berharga dan mahal dan membutuhka modal yang besar untuk menambang. Cloud mining adalah opso proses penambangan dimana para penambang bisa meminimalkan risiko kerugian dan opsi investasi yang lebih menghasilkan saat menambang suatu koin kripto.

Manfaat utama Cloud Mining adalah membantu memperluas kegunaan kripto. Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan pengguna crypto untuk mulai menyewa suatu daya komputer dan layanan industri pertambangan aset Cryptocurrency.

C. Ketentuan Penambangan Cryptocurrency

Adapun ketentuan-ketentuan penambangan cryptocurrency atau mata uang kripto yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menambang koin-koin terbaik, ialah sebagai berikut ini :
  • Hash Rate: adalah ketentuan dimana seorang penambang diberikan kesempatan untuk membuat sejumlah tebakan pada hash untuk setiap blok yang tersedia.
  • GPU: GPU dirancang untuk membuat desain 3D. GPU mampu menciptakan lebih banyak tebakan daripada CPU.
  • CPU: CPU adalah otak dari informasi pemrosesan komputer untuk perintah yang diberikan kepadanya. Selain itu, ini adalah cara termurah untuk menambang Cryptocurrency.
  • ASIC : Sirkuit Terpadu Khusus Aplikasi adalah chip yang dirancang khusus untuk menambang Cryptocurrency. Namun, mereka mengkonsumsi daya yang besar tetapi bertindak sebagai salah satu sumber terbaik untuk penambangan.
  • Pertambangan Rig : Tujuan utama dari rig pertambangan adalah untuk meningkatkan tingkat hash kecil ini karena merupakan kombinasi dari CPU, GPU, dan chip ASIC berjalan bersama-sama.
  • Proof of Work: Proof of work adalah ketentuan sangat penting dalam hal keamanan cryptocurrency apa pun. Ini karena membuatnya sangat mahal dan hampir tidak mungkin untuk menipu jaringan crypto. Bukti kerja adalah proses menebak hash dan merupakan fitur keamanan penting untuk sebagian besar jaringan blockchain.

D. Bagaimana cara memilih koin terbaik untuk ditambang pada tahun 2021?

1. Jumlah Pasar Kripto

Sangat penting untuk memeriksa dan mengetahui seberapa banyak pasar yang mendukung koin kripto tersebut untuk ditransaksikan. Percuma saja anda menghabiskan banyak modal dan sumber daya untuk menambang suatu koin kripto tapi kesulitan untuk menjualnya atau tidak ada pasar yang mendukung aset koin kripto tersebut. Jadi pastikan koin yang ingin anda tambang memiliki pasar untuk ditransaksikan.

2. Pastikan Legitimasinya

Beberapa negara belum melegalkan, membiarkan dan melarang penambangan dan transaksi cryptocurrency. Lebih baik untuk menghindari risiko jika negara anda memang tidak mendukung atau bahkan tidak mengizinkan aktivitas perdagangan atau penambangan cryptocurrency secara ilegal. Namun, di beberapa negara, pihak berwenang mengizinkan perdagangan kripto dengan tingkat anonimitas yang tinggi karena cryptocurrency terkadang berfungsi juga sebagai alat pencucian uang yang sempurna. Jika Anda merasa sulit untuk menambang koin di tempat atau negara yang anda tinggal saat ini, lebih baik memilih opsi perdagangan saja dibandingkan menambang cryptocurrency..

3. Mengevaluasi Masa Depan Koin Cryptocurrency 

Menentukan koin terbaik untuk ditambang tentunya kita juga harus melihat dan mengevaluasi masa depan penggunaan dan prediksi harga koin cryptocurrency tersebut kedepannya. Koin-koin yang memiliki fungsi dan fitur serta fundamental yang bagus disertai dengan perusahaan yang real dan kerja sama mitra yang valid tentunya membuat koin tersebut sangat legit dan tentunya banyak orang yang memburunya.

4. Kemungkinan Penarikan Ke Uang Flat

Ingatlah bahwa biaya pertukaran di setiap platform pasar kripto memungkinkan anda untuk mengonversi koin yang baru ditambang menjadi uang fiat. Atau Anda juga memiliki opsi untuk membeli atau menukarkannya dengan koin-koin terkenal, seperti Bitcoin, Ethereum, atau Ripple.

5 Koin Cryptocurrency Terbaik Dan Menguntungkan Untuk Ditambang Tahun 2021 Bagi Kamu Yang Tertarik Menjadi Penambang Koin Kripto

5 Koin Cryptocurrency Terbaik Dan Menguntungkan Untuk Ditambang Tahun 2021
Gambar Ilsutrasi 5 Koin Cryptocurrency Terbaik Dan Menguntungkan Untuk Ditambang Tahun 2021

1. RavenCoin (RVN)

Logo RavenCoin (RVN)
Cryptocurrency RavenCoin (RVN)

RavenCoin bisa dibilang koin kripto yang paling menguntungkan untuk ditambah saat ini. Nama RavenCoin sendiri diambil dana nama burung gagak hitam di dnua fiksi Westeros milik George RR Martin. RavenCoin ada peer-to-peer blockchain yang berfungsi untuk membuat proses pembuatan dan transfer aset dari satu pihak ke pihak lainnya dengan lebih efisien.

Cryptocurrency ini diluncurkan pada 3 Januari 2018 (di ulang tahun kesembilan dari Bitcoin). Koin itu dirancang untuk memberikan pengalaman pembayaran instan dan mulus. Pada 2019, pengembang menampilkan koin ini dengan fitur luar biasa seperti pengiriman pesan yang diaktifkan, dompet seluler dengan frase benih, kompatibilitas yang lebih baik, pemungutan suara dengan RVN, dll.

Tujuan utama dari RavenCoin adalah untuk membuat blockchain yang dioptimalkan untuk transfer aset dari satu orang ke orang lain. Alasan utama mengapa ini direkomendasikan untuk penambang adalah karena ia menggunakan algoritma X16R dan protokol KawPoW.

Total pasokan koin RavenCoin adalah 21 miliar dan kapitalisasi pasar lebih dari $135 Juta. Saat RavenCoin memiliki ROI sebesar 39% sejak pertama kali diluncurkan dan saat ini harga koin RVN di kisaran USD 0.1634 (Mei 2021). RavenCoin (RVN) menggunakan alogaritma Proof-of-Work dengan Fungsi Hassing X16R. Untuk reward mining koin RVN dibatasi hingga 5.000 RVN.


2. Monero (XMR)

Cryptocurrency Monero (XMR)
Cryptocurrency Monero (XMR)

Monero adalah cryptocurrency yang menggunakan fungsi hash RandomX. Hai ini didasarkan pada protokol CryptoNote yang memegang kepentingan paling penting dari ekuitas dalam menambang suatu crypto. 

XMR adalah nama token tadi Monero dengan peer-to-peer yang terdesentralisasi. Monero masuk kedalam jajaran cryptocurrency teratas yang direkomendasikan untuk ditaambang, dengan kapitalisasi pasar lebih dari $3 miliar monero menempati peringkat ke-14 dalam daftar pasar cryptocurrency, yang memiliki julukan ASIC-resistant dan hampir serupa to Verticoin.

Bagian terbaiknya adalah mudah untuk menyiapkan rig penambangan untuk crypto ini. Anda hanya perlu menyiapkan perangkat keras untuk melakukan penambangan dan dompet digital untuk menyimpan hasil koin XMR yang didapatkan dari penambangan tersebut.

XMR memiliki waktu pemblokiran crypto selama 2 menit untuk melakukan penambangan berikutnya, sedangkan pasokan maksimum tidak disebutkan limitasinya. Hadiah penambangan koin ialah 2,XMR untuk tiap blok nya. Monero (XMR ) menggunakan alogaritma Proof-Of-Work dengan fungsi has CryptoNightR dimana tingkat jaringan hash mencapai1,86 GH/dtk dengan jumlah block sebesar 2,272,762. Harga koin Monero (XMR saat ini selnilai USD 308.15 (3/6/2021)


3. Litecoin (LTC)

Cryptocurrency Litecoin (LTC)
Cryptocurrency Litecoin (LTC)


Litecoin adalah proyek software open souerce yang dirilis dan berada dibawah lisensi MIT / X11. Litecoin  adalah cryptocurrency peer-to-peer yang didirikan pada Oktober 2011oleh seorang lulusan Universitas Massachusetts Institute of Technology (MIT), yaitu Charlie Lee . Secara teknis Litecoin bisa dibilang identik dengan Bitcoin hal tersebut didasari karena LiteCoin merupakan hasil modefikasi dari Bitcoin . LiteCoin memiliki tokennya sendiri yaitu LTC.

Menambang Litecoin bisa dibilang sangat menguntungkan, karena cryptocurrency ini sangat kuat dan telah  digunakan oleh berbagai pengguna yang komprehensif disegala penjuru dunia. Selain itu Litecoin menggunakan protokol SCRYPT yang berarti anda tidak perlu repotr-repot untuk membeli chip ASIC dan dapat dengan mudah ditambang dengan GPU.

Litecoin memiliki harga yang stabil dibandingkan harga altcoin lainnya sehingga membuat token LTC lebih mudah untuk ditukar atau ditransaksikan di berbagai platform marketplace kripto. Selain itu LTC adalah koin berkecepatan tinggi dengan biaya transaksi yang lebih rendah. 

Litecoin (LTC) sejak pertama diluncurkan memiliki Return Of Investment sebesar 743,42%. Cryptocurrency Litecoin (LTC) menggunakan alogaritma Proof Of Work atau PoW dengan fungsi hashing Scrypt. Reward mining dari Litecoin (LTC) adalah sebesar 12,5 LTC untuk tiap blok nya. Untuk harga Litecoin (LTC) saat ini ialah senilai USD 194.04.


4. Ethereum Classic (ETC)

Cryptocurrency Ethereum Classic (ETC)
Cryptocurrency Ethereum Classic (ETC)

Ethereum Classic adalah cryptocurrency yang dibuat dengan tujuan untuk mempertahankan blockchain Ethereum asli. Platform kripto Ethereum Classic diluncurkan pada Juli 2016. Saat ini Ethereum Classic  memiliki kapitalisasi pasar lebih dari $ 13 miliar. Dan baru-baru ini cryptocurrency Ethereum Classic menerapkan batasan pasokan koin hingga 210 juta. Hal tersebut tentunya membuat koin dari Ethereum Classic  yang dinamai ETC mengalami peningkata harga karena pasokan koinnya yang dibatasi.

Saat ini Ethereum Classic (ETC) menduduki urutan ke-16 dalam daftar cryptocurrency teratas di dunia. Ethereum Classic (ETC) adalah versi modifikasi dari algoritma penambangan Ethash Ethereum yang disebut EtcHash, mendukung DApps dan Smarts Contract.

Untuk menambang token Ethereum Classic (ETC) bisa dibilang sangat mudah. Hal tersebut dikarenakan, anda hanya membutuhkan dompet digital dan kartu grafis yang mendukung untuk melakukan penambangan Cryptocurrency Ethereum Classic (ETC). Waktu untuk penambangan blok Ethereum Classic (ETC) bisa dibilang sangat cepat dibandingkan cryptocurrency lainnya, yaitu hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 13 detik saja.

Ethereum Classic (ETC) memiliki ROI sebesar 525,52% sejak pertama kali diluncurkan. Ethereum Classic (ETC) menggunakan alogaritma Proof Of Work dengan fungsi hashing Ethash. Penambangan koin Ethereum Classic (ETC) dibatasi sampai dengan 3.2 ETC koin saja. Koin Ethereum Classic (ETC) saat ini memiliki harga USD 68.72.


5. Zcash (ZEC)

Logo Zcash (ZEC)
Cryptocurrency Zcash (ZEC)

Zcash adalah cryptocurrency ini dirancang dengan ASIC resistance, membuat para penambang harus mengeluarkan effort lebih untuk mendapatkan koin Zcash dari menambang atau mining. Zcash didirikan pada tahun 2016. Zcash memiliki token kripto sendiri yang disebut dengan ZEC di pasar kripto.

Zcash (ZEC) memiliki fitur privasi yang sangat baik dibandingkan koin kripto lainnya yang saat ini beredar di pasar kripto. Selain itu para pedagang koin ini menyukai Zcash (ZEC) karena sangat mudah untuk ditambang dan tidak sulit untuk dijual, selain iti komisi yang ditawarkan cukup menarik. 

Zcash (ZEC) dikategorikan dalam kategorio koin kripto yang mudah untuk ditambang karena algoritmanya sendiri memungkinkannya untuk ditambang hanya dengan menggunakan GPU dan dompet digital untuk menyimpain koin-koin yang sudah didapatkan dari hasil penambangan.

Zcash (ZEC) sampai saat ini telah memiliki ROI  99,29% sejak pertama kali diluncurkan. Cryptocurrency ini menggunakan alogaritma Proof Of Work dengan fungsi hash yaitu Equihash. Zcash (ZEC meliki blokir penambangan sebesar 10 ZEC koin. Zcash (ZEC) memiliki harga saat ini senilai USD 171.36 (3/6/2021).


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini dengan artikel yang berjudul "5 Koin Cryptocurrency Yang Menguntungkan Untuk Ditambang Tahun 2021". Semoga artikel ini bisa menjadi ilmu dan aset investasi pengetahuan anda tentang dunia cryptocurrency. Terima kasih sudah membaca

Posting Komentar untuk "5 Koin Cryptocurrency Yang Menguntungkan Untuk Ditambang Tahun 2021"