Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Cek! 5 Tips Finansial Investasi Kripto

Ilustrasi Berinvestasi Aset Kripto
Ilustrasi Berinvestasi Aset Kripto


Hampir semua orang saat ini sudah mengenal koin kripto Bitcoin. Beberapa tahun belakangan ini investasi pada aset kripto naik secara signifikan, dikarenakan banyak orang yang sangat tertarik akan return yang ditawarkan pada instrumen investasi tersebut. Akan tetapi return yang menarik tersebut tentunya dibarengi dengan tingkat resiko kerugian yang tinggi, bahkan lebih tinggi resiko kerugiannya dibandingkan instrumen investasi pada pasar modal baik itu reksadana ataupun saham.

Sebelum anda benar-benar mantap memutuskan untuk berinvestasi pada aset kripto, baik itu membeli Bitcoin ataupun Altcoins. Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia akan memberikan beberapa tips trading kripto yang perlu anda ketahui agar kondisi finansial keuangan anda tetap sehat. Sebelum membahasnya, mari kita lihat bagaimana berinvestasi pada cryptocurrency atau mata uang digital berbeda dari metode investasi tradisional (saham maupun reksadana).


Cryptocurrency vs Investasi Tradisional Saham

Ilustrasi Gambar Aset Kripto Vs Saham
Ilustrasi Gambar Aset Kripto Vs Saham

Cryptocurrency adalah teknologi yang relatif baru, alur proses berinvestasinya tidak berbeda jauh dengan berinvestasi saham. Seperti layaknya investasi manapun, anda mengharapkan return keuntungan dari dana yang anda investasikan dengan menerima sejumlah risiko tertentu. 

Cryptocurrency tetap menjadi investasi dengan risiko yang lebih besar secara keseluruhan dibandingkan saham. Inti dari cryptocurrency adalah tidak ada instansi atau lembaga manapun, bahkan pemerintah sekalipun yang mengatur perdagangan transaksi jual ataupun beli aset kripto sehingga harga dan nilai volatilitas nya bisa bergerak liar. Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal lain seperti keamanan siber dan media penyimpanan aset kripto anda.

Investasi mata uang kripto saat ini tidak tersedia melalui pialang, broker ataupun pihak ketiga lainnya, jadi anda perlu menggunakan suatu platform perdagangan kripto untuk mengaksesnya. Demikian juga, Anda tidak dapat berinvestasi di akun yang diuntungkan pajak seperti TFSA atau RRSP , yang berarti Anda juga harus bertanggung jawab atas pajak penghasilan Anda sendiri atas keuntungan investasi Anda.


5 Tips Trading Cryptocurrency untuk Membantu Anda Memulai Investasi

Tips Trading Cryptocurrency
Ilsutrasi Tips Trading Cryptocurrency


Jika anda sudah mengetahui perbedaan antara investasi kripto dan investasi tradisional seperti saham. Saat ini anda mengetahui beberapa tips yang dapat anda terapkan ketika anda ingin atau sedang memulai untuk berinvestasi pada aset kripto dengan tujuan agar kondisi finansial anda terjaga dan mengurangi resiko untuk mengalami kerugian. 

Adapun beberapa tips trading cryptocurrency yang sudah Budak Duit Indonesia rangkum adalah sebagai berikut :

1. Gunakan Uang Dingin Atau Siap Untuk Hangus

Untuk instrumen investasi dengan volatilitas tinggi seperti kripto baik nya gunakan uang dingin atau menganggur. Maksudnya adalah anda menggunakan dana lebih yang tidak terpakai dalam waktu dengat atau dalam jangka waktu 1-2 tahun. Jika tidak ada dana menganggur sebaiknya jangan dipaksakan untuk tetap berinvestasi pada aset kripto. Karena bisa saja dana anda akan tertahan dalam waktu karena penurunan nilai koin kripto ataupun tidak menutup kemungkinan koin yang anda beli tidak bernilai dan mengakibatkan uang anda hangus.

2. Pilih Platform Resmi Dan Terdaftar

Biarpun pemerintah belum melegalkan penggunaan kripto sebagai alat transaksi, akan tetapi pemerintah indonesia melegalkan aset kripto sebagai komoditas aset investasi yang diperdagangkan. Perdagangan tersebut diatur dan diawasi langsung oleh Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPETI) dan Kementrian Keuangan melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Oleh karena itu pastikan bahwa platform perdangan kripto yang anda gunakan sudah terdaftar dan diawasi oleh BAPPETI dan OJK demi keamanan dan kenyamanan aset yang kamu investasikan untuk berinvestasi kripto.

3. Lakukan Riset Sebelum Membeli

Investasi apapun yang dilakukan tentunya sangat dianjurkan untuk mengetahui dan melakukan riset terlebih dahulu terhadap produk investasi yang ingin anda beli. Hal tersebut tentunya sangat dianjurkan ketika anda memutuskan untuk memulai investasi kripto. Hal sederhana yang dapat anda lakukan ialah cari tahu tujuan koin itu dibuat, perusahaan ataupun tim dibelakangnya, kegunaan aset kripto tersebut, mekanisme blockchain dan feature apa saja yang ditawarkan, kapitalisasi pasar dan sebagainya. 

Semakin banyak data atau informasi yang anda dapatkan, tentunya semakin banyak referensi yang dapat kamu gunakan sebelum memutuskan untuk membeli aset kripto tersebut atau tidak. Perlu diketahui sudah ribuan aset kripto yang beredar saat ini, akan tetapi kurang dari 10% aset kripto yang benar-benar berharga dan memiliki fundamental yang baik.

4. Beli Saat Harga Kripto Sedang Turun

Tips untuk menghindari kerugian yang dalam dan memperoleh keuntungan yang maksimal adalah membeli aset kripto saat harganya sedang turun atau murah. Jangan pernah tergiur untuk membeli aset kripto saat harganya sedang tinggi, kecuali anda sudah tahu cara yang tepat untuk keluar dan mengambil keuntungan saat koin kripto tersebut sedang bullish. Membeli aset kripto saat sedang turun tentunya anda akan mendapatkan keuntungan yang maksimal saat aset kripto tersebut melakukan rebound ke atas atau harganya naik kembali.

5. Berinvestasi Dengan Memahami Resiko

Tips Terakhir sebelum anda memastikan benar-benar untuk berinvestasi pada aset kripto adalah pastikan segala resiko sudah anda ketahui dan siap untuk menanggungnya. Dikarena saat ini belum ada instansi resmi yang mengatur perdagangan ataupun transaksi aset kripti baik di Indonesia ataupun di seluruh dunia. Anda bisa saja mengalami kerugian yang cukup banyak dan tidak menutup untuk kehilangan uang anda sepenuhnya.


Kesimpulan

Cryptocurrency layak  untuk dipertimbangkan sebagai bagian dari portofolio investasi anda. Akan tetapi anda harus berhati-hati dan waspada untuk segala kemungkinan yang terjadi. Sama seperti berinvestasi pada pasar modal atau saham, tentunya sangat penting bagi anda untuk melindungi aset yang anda investasikan. Pastikan Anda memperhatikan keamanan, biaya, dan pajak, sebelum anda membayangkan akan menikmati keuntungannya!.


Posting Komentar untuk "Wajib Cek! 5 Tips Finansial Investasi Kripto "