Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top 5 Koin Meme Terbaik Yang Wajib Kamu Tahu

Dogecoin Koin Meme Terbaik Tahun 2021
Dogecoin Coin Koin Meme Terbaik Tahun 2021

Bagi para pegiat kripto anda pasti tidak asing lagi dengan fenomena Dogecoin yang sempat populer beberapa waktu lalu dan sempat menembus harga $1. Dogecoin sendiri termasuk kedalam jenis koin meme, dimana koin meme merupakan koin yang dibuat hanya untuk bahan candaan ataupun koin untuk mengidentitaskan suatu komunitas tertentu. Akan tetapi sejak fenomena Dogecoin akhirnya banyak sekali koin meme yang bermunculan beberapa waktu belakangan ini dan berharap bisa mengulangi kesuksesan dari Dogecoin.

Banyak para pegiat kripto yang mencoba untuk mencari keuntungan dengan cara membeli koin meme yang baru rilis dengan harga yang cenderung murah dan menyimpannya sampai harga koin tersebut naik secara drastis. Akan tetapi koin meme juga bisa menjadi boomerang yang mengakibatkan kerugian, jika koin tersebut menjadi tidak bernilai, seperti yang kita tahu koin meme tidak memiliki fundamental yang jelas serta jarang sekali dikelola secara profesional.

Para artikel kali ini Budak Duit Indonesia akan membahas 5 koin meme terbaik dengan nilai kapitalisasi pasar yang besar di bursa kripto global. Adapun daftarnya adalah sebagai berikut ini :


1. Dogecoin (DOGE)

Dogecoin (DOGE) Image
Gambar Logo Dogecoin (DOGE)

Dogecoin (DOGE) adalah cryptocurrency yang dibuat oleh insinyur perangkat lunak Billy Markus dan Jackson Palmer pada tahun 2013, Dogecoin dirancang untuk mengolok-olok koin alternatif lain atau altcoin yang bersaing untuk mengalahkan dominasi Bitcoin. Aset digital Dogecoin menggunakan mekanisme bukti kerja untuk mencapai konsensus dalam jaringan. Namun, algoritma PoW ini tidak sama dengan yang ada di SHA-256 Bitcoin karena mengandalkan teknologi scrypt.

Saat ini, DOGE adalah token asli yang digunakan oleh Dogecoin dan tidak memiliki hard cap. Koin ini awalnya berjumlah 100 Miliar koin pada tahun 2015 dikarenakan waktu bloknya hanya 1 menit, yang memungkinkan penambang untuk mencetak lebih dari 10.000 koin DOGE baru dalam satu menit. Akan tetapi pengelola komunitas Dogecoin memutuskan untuk membatasi koin yang ditambang sebanyak 5 miliar koin setiap tahunnya.

Pada saat perilisan pertamanya Dogecoin diperdagangkan hanya senilai $0,50 meskipun memiliki suplai sirkulasi lebih dari 130 miliar koin. DOGE mengalami kenaikan harga secara konsisten akibat didukung oleh Elon Musk, awalnya melalui Memes, dan kemudian dengan penerimaan DOGE sebagai metode pembayaran di SpaceX. Hal tersebut tentunya membuat orang-orang tertarik untuk membeli koin ini.


2. Shiba Inu (SHIB)

Shiba Inu (SHIB) Image
Gambar Logo Shiba Inu (SHIB)

Shiba Inu (SHIB) secara luas dianggap sebagai cryptocurrency dengan julukan "Dogecoin Killer". Shiba Inu adalah cryptocurrency yang ditujukan untuk membangun suatu komunitas spontan yang terdesentralisasi.” Tim di belakang Shiba Inu juga mencoba membuat rangkaian produk yang komprehensif, termasuk pertukaran terdesentralisasi melalui ShibaSwal, ekosistem  penukaran ke beberapa token, dan komunitas yang solid.

SHIB adalah token asli Shiba Inu. SHIB merupakan jenis token ERC-20 yang menggunakan anjing khas negara Jepang yaitu Shiba Inu sebagai meme stikernya. Koin SHIB sendiri baru-baru ini terlihat mengikuti peningkatan yang signifikan dan diprediksi akan mengikuti keberhasilan dari Dogecoin. Token SHIB memiliki persediaan terbatas 1 kuadriliun. 50% dari ini tetap dikunci sebagai likuiditas ke Uniswap, sementara 50% lainnya dikantongi oleh salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin. Selain SHIB, ekosistem Shiba Inu juga terdiri dari token LEASH dan BONE.

3. SafeMoon (SAFEMOON)

Gambar Logo SafeMoon (SAFEMOON)
Gambar Logo SafeMoon (SAFEMOON)

SafeMoon Diluncurkan pada Maret 2021 oleh John Karony. SafeMoon adalah cryptocurrency jenis DeFi yang digunakan di Binance Smart Chain. Proyek ini sepenuhnya didorong oleh komunitasnya dan berfokus pada fungsi hadiah statis dan likuiditas yang terkunci. Fitur unik yang dimasukkan SafeMoon dalam protokolnya adalah bahwa ia menurunkan penjualan token asli SAFEMOON.

Total pasokan SAFEMOON adalah 1000 triliun, dengan hampir semua pasokan koinnya sudah beredar. Namun, proyek ini menyerupai skema Ponzi karena pedagang harus membayar biaya 10% ketika mereka menjual token mereka, di mana 5% diberikan kembali kepada pemegang token. 

Sementara dilain pihak Benzinga dan Lark Davis menyatakan jika SaferMoon di bawah kategori skema Ponzi, WarOnRugs memperingatkan investor tentang potensi penipuan penarikan karpet oleh penciptanya. Di sisi lain, platform ini telah menarik lebih dari 2 juta pengguna meskipun baru berusia dua bulan dan memberikan pengembalian investasi yang potensial.

4. Hoge Finance (HOGE)

Hoge Finance (HOGE) Image
Gambar Hoge Finance (HOGE)

Hoge Finance seperti namanya ini adalah cryptocurrency jenis DeFI ini merupakan saudara dari Dogecoin yang menggabungkan pertanian hasil panen dengan dunia meme. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan infrastruktur DeFi Ethereum.

HOGE adalah meme token dari Hoge Finance yang memiliki supply maksimal 1 triliun. Token memiliki mekanisme pasokan deflasi, yang berarti pasokan total akan berkurang seiring waktu.

5. MonaCoin (MONA)

Gambar Logo MonaCoin (MONA)
Gambar Logo MonaCoin (MONA)

Diciptakan pada tahun 2013, MonaCoin adalah meme internet berdasarkan sosok seperti kucing yang diluncurkan oleh pengembang anonim Mr. Watanabe yang tetap tidak dapat diidentifikasi hingga saat ini.

MONA, token, menyebut dirinya sebagai aset digital Jepang pertama yang juga digunakan di beberapa toko fisik dan online di Jepang. Token memiliki persediaan maksimum 105 juta, yang sepenuhnya membedakannya dari token meme lain yang kami diskusikan. Selain itu, koin tersebut disetujui oleh Badan Layanan Keuangan Jepang.

Kesimpulan :

Perlu disadari bahwa koin meme terlihat bagus dan menguntungkan untuk jangka waktu pendek saja. Koin meme hampir sama sekali tidak memiliki fundamental yang jelas. Sampai saat ini belum ada koin meme yang bertahan dan bisa menghasilkan keuntungan untuk jangka waktu panjang. Hal tersebut dapat dilihat dari fenomena Dogecoin yang sempat mencapai dikisaran harga $1 USD dan sekarang perlahan-lahan turun hingga 90% dari harga tertingginya.

Sekian dulu artikel kali ini dari Budak Duit Indonesia yang membahas koin-koin meme terbaik dengan nilai kapitalisasi pasar yang besar diantara koin-koin meme lainnya. Perlu diingat bahwa artikel ini hanya ditujukan sebagai media untuk berbagi informasi dan bukan sebagai nasihat keuangan ataupun investasi. Segala keuntungan dan kerugian yang diakibatkan oleh aktivitas investasi pada aset kripto merupakan tanggung jawab anda sepenuhnya. Terima kasih sudah membaca.

Posting Komentar untuk "Top 5 Koin Meme Terbaik Yang Wajib Kamu Tahu"