Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendaftar Dan Trading Cryptocurrency Di Indodax

Indodax Marketplace Trading Bitcoin Indonesia
Indodax Marketplace Trading Bitcoin Indonesia

Selain kita mengenal trading saham, reksa dana dan forex, belakangan ini anda tentu sering mendengar tentang trading cryptocurrency atau mata uang kripto. Trading cryptocurrency sendiri sudah banyak membuat orang-orang penasaran untuk mencobanya termasuk diri saya sendiri. Saya direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi Indodax oleh teman saya untuk memulai trading mata uang kripto.

Apa itu Indodax? Indodax adalah aplikasi yang disediakan sebagai tempat bertemunya para pembeli dan penjual mata uang kripto. Bisa dibilang saat ini Indodax merupakan martketplace pasar kripto terbesar di Indonesia saat ini. Selain itu Indodax sendiri sudah berdiri sejak tahun 2014 dan sudah memiliki lebih dari 2 juta member. Selain itu Indoda serta terdaftar oleh bappebti dan coinmarketcap.com. Selain itu Indodax juga sudah lolos sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 27001:2013 serta terdaftar di kominfo.

Jika anda sudah paham dan mengetahui apa itu Indodax, pada artikel kali ini akan dijelaskan secara ringkas bagaimana cara untuk memulai trading cryptocurrency menggunakan aplikasi tersebut.


Cara Daftar Dan Trading Cryptocurrency Di Indodax Berdasarkan Pengalaman Sendiri


1. Melakukan Registrasi

Tampilan Halaman Form Login Indodax Dari Web Browser
Tampilan Halaman Form Login Indodax Dari Web Browser

melakukan registrasi awal merupakan langkah awal yang perlu kamu lakukan untuk memulai trading mata uang kripto di Indodax. Untuk melakukan pendaftaran sendiri kamu bisa melakukannya Inodax. yang dapat kamu akses dari browser PC/Laptop ataupun juga bisa melalui aplikasi Indodax yang bisa kamu download di Google Playstore ataupun Appstore.

Tampilan Halaman Awal Aplikasi Indodax Dari Perangkat Mobile
Tampilan Halaman Awal Aplikasi Indodax Dari Perangkat Mobile


Klik daftar akun atau registrasi untuk memulai proses pendaftaran akun baru di Indodax lalu ikuti instruksi yang perlu dilakukan. Isilah data yang diperlukan dengan sebenar-benarnya. Agar proses lebih cepat anda sebaiknya sudah menyiapkan Kartu Identitas (KTP, SIM, Passport), nomor telepon aktif dan alamat email aktif untuk proses verivikasi data.

2. Top Up Saldo

Jika kamu sudah berhasil memiliki akun Indodaxt, langkah selanjutnya ialah login ke website Indodax ataupun aplikasi Indodax menggunakan username dan password yang kamu milik, jika berhasil maka kamu akan masuk ke halaman dashboard ataupun home. Untuk melakukan trading pertamamu, tentunya kamu harus memiliki modal awal yang diinput kedalam Indodax. 

Karena saya lebih sering menggunakan aplikasi Indodax dari perangkat smartphone yang saya miliki, maka saya akan jelaskan cara top up dari aplikasi tersebut. Kamu bisa menuju ke menu 'Funds' lalu ke 'Wallet IDR'.
Tampilan Menu Funds Pada Aplikasi Indodax
Tampilan Menu Funds Pada Aplikasi Indodax

Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman deposit, masukkan nominal saldo yang akan kamu top up sebagai modal trading di indodax lalu pilih metode pembayaran yang akan kamu gunakan. Saat ini ada lima metode pembayaran yang bisa kamu gunakan untuk proses top up, diantaranya seperti bank transfer, bayar menggunakan cash dari counter, pembayaran dengan e-money atau QRIS, pembayaran via Alfamart dan juga dengan cara redeem voucher. Untuk minimum top up di Indodax ialah 10rb rupiah.

Jika top up berhasil, kamu bisa mengecek dana yang masuk di halaman 'Funds'. Jumlah dana yang kamu miliki akan berarti di 'Your Account Balance'. Jika sudah ada berarti kamu siap untuk memulai trading pertamamu di aplikasi Indodax.

3. Memulai Trading

Untuk memulai trading di aplikasi Indodax, kamu bisa lansung menuju ke menu 'Market'. Di menu tersebut akan menampilkan list dari koin kripto yang aktif diperjual-belikan. Kamu bisa klik langsung salah satu kode koin yang ada di list tersebut ataupun bisa menggunakan fitur search.

Tampilan Menu Market Di Aplikasi Indodax
Tampilan Menu Market Di Aplikasi Indodax

Setelah kamu klik salah satu kode koin maka akan muncul data grafik beserta data-data dari koin tersebut yang dapat memberikan informasi kepada kamu sebagai bahan analisis sebelum membeli. Jika sudah memutuskan maka kamu bisa menekan tombol 'Buy' untuk melakukan pembelian koin ataupun tombol 'Sell' untuk melakukan penjualan koin.

Tampilan Order Book Di Aplikasi Indodax
Tampilan Order Book Di Aplikasi Indodax

Setelah menekan tombol 'Buy' atau 'Sell', langkah selanjutnya ialah kamu perlu untuk memasukkan harga penawaran dari koin tersebut serta berapa jumlah nominal koin yang ingin anda beli. Jika sudah maka penawaran yang sudah kamu buat akan masuk kedalam antrian atau order list dan hanya tinggal menunggu harga koin tersebut cocok dengan harga saat ini yang ditawarkan oleh para penjual. Jika transaksi berhasil maka koin tersebut sudah menjadi milik anda.


Kesimpulan

Pada artikel kali ini saya tidak membahas sampai dengan tahap withdraw atau penarikan saldo di Indodax. Hal tersebut dikarenakan saat ini saya belum pernah melakukannya dan mungkin akan saya bahas jika saya sudah berhasil melakukan penarikan saldo Indodax. 

Dari segi pemakaian aplikasi bisa dibilang tergolong mudah dan memiliki user experience yang mudah dipahami oleh orang awam sekalipun. Bisa dibilang aplikasinya sebenarnya hampir sama dengan aplikasi trading saham, jadi jika anda sudah pernah menggunakan aplikasi untuk trading saham, tentunya akan lebih mudah bagi anda untuk menggunakan aplikasi Indodax untuk trading mata uang kripto atau cryptocurrency.


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini, semoga bermanfaat bagi anda para pembaca yang ingin mencoba untuk melakukan trading mata uang kripto dan sedang mencari platform yang cocok untuk anda. Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar positif jika merasa suka dan terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.





Posting Komentar untuk "Cara Mendaftar Dan Trading Cryptocurrency Di Indodax"