Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Trading Cryptocurrency Untuk Trader Pemula

Strategi Trading Cryptocurrency Untuk Trader Pemula
Strategi Trading Cryptocurrency Untuk Trader Pemula


Beberapa waktu belakangan ini cryptocurrency telah menjadi salah satu bahan perbincangan media diseluruh dunia. Banyak orang-orang yang mulai tertarik untuk melakukan trading cryptocurrency diberbagai platfrom dan aplikasi dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Bagi seorang trader pemula yang masih minim pengalaman tentunya harus memiliki kesaran dan disiplin yang tinggi ketika melakukan aktivitas trading cryptocurrency. Perencanaan dan konsistendi dalam merencanakan investasi keuangan juga sangat diperlukan.

Adapun kali ini Budak Duit Indonesia akan memberikan beberapa strategi yang bisa kamu gunakan ketika melakukan trading cryptocurrency.


1. Trading Dengan Dana Menganggur

Jika anda sedang dalam tahap belajar dan masih belum memiliki pengalaman yang banyak dalam aktivitas trading, alangkah baiknya untuk tidak menggunakan dana darurat ataupun uang tabungan sebagai modal trading cryptocurrency. Bepikirlah secara realistis bahwa anda tidak mungkin akan langsung sukses dan kaya ketika anda baru saja beberapa kali melakukan trading.

Sangat disarankan bagi anda yang baru saja belajar trading cryptocurrency untuk menggunakan fasilitas gratis ataupun jika itu diharuskan mengeluarkan modal, baiknya anda menggunakan uang yang mengganggur atau sedikit menyisihkan beberapa persen pendapatan anda untuk memulai trading sambil belajar.

Fokuslah untuk mengembangkan pengetahuan, pengalaman dan kematangan dalam melakukan trading dengan sejumlah kecil uang yang bisa kamu gunakan sebagai modal. Ketika anda sudah mulai percaya diri dengan kemampuan anda dan keuntungan yang meningkat, maka jumlah modal atau uang yang kamu gunakan sebagai modal bisa ditambahkan secara bertahap seiring keuntungan yang kamu dapatkan dari aktivitas trading cryptocurrency.

2. Fokus Kepada Satu atau Dua Jenis Cryptocurrency

Seperti yang kita tahu banyak sekali jenis-jenis mata uang kripto atau cryptocurrency yang diperdagangkan pada platform dan aplikasi digital saat ini. Akan tetapi jika kamu seorang trader pemula, pilihlah dan fokus saja kepada salah satu mata uang kripto yang ingin kamu pelajar dan kuasai terlebih dahulu.

Penting sekali bagi seorang investor pemula untuk mempelajari dinamika pergerakan harga dari satu aset kripto terlebih dahulu. Jadikanlah satu aset kripto tersebut sebagai pembuat keuntungan utama anda saat ini. Jika satu aset kripto tersebut sudah anda kuasai dan bisa menghasilkan keuntungan yang konsisten bagi anda, maka saat itulah anda sudah bisa mencoba untuk mempelajari aset cryptocurrency lainnya.

3. Hindari Sifat Serakah

Sifat serakah untuk mendapatkan keuntungan lebih merupakah salah satu hal yang sulit dihindari oleh seorang investor ataupun trader. Terkadang saat kondisi pasar sedang baik dan memberikan keuntungan kepada kita, seringkali kita berpikir untuk menahannya lebih lama dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. 

Perlu diketahui pasar cryptocurrency merupakan pasar yang dinamis dan bersiko tinggi. Setiap pergerakan harga naik-turunnya sangat sulit diperdiksi bahkan oleh seorang trader profesional sekalipun. Saat sudah mencapat target keuntungan yang sudah kamu tentukan, jualah aset yang kamu miliki dan ambil hadiah yang layak kamu dapatkan dan beristirahatlah. Akan tetapi jika kamu mengalami kekalahan beruntun yang panjang, mulailah stop aktivitas tradingmu dan evaluasi serta revisi kembali strategi yang kamu gunakan untuk mencegah kerugian yang lebih dalam.

4. Jangan 'Beli Kucing Dalam Karung'

Sebelum memutuskan untuk membeli aset kripto dan menyuntikkan dana kesana, pastikan kamu sudah melakukan pengecekan latar belakang dari aset kripto tersebut. Hal tersebut dikarenakan beberapa jenis altcoin digunakan sebagai alat penipuan dan scan serta hanya bertahan sekitar dua tahun saja.

Melakukan pengekan latar belakang dan sejarah dari aset kripto yang ingin kamu beli tentunya dapat membantu kamu terhindar dari kerugian yang disebabkan oleh penipuan ataupun scam dari altcoin yang memiliki kinerja buruk. Ingkatlah bahwa tujuan anda bukan untuk mendapatkan keuntungan singkat dari keburuntungan semata, akan tetapi keuntungan jangka panjang yang berkelanjutan dan konsisten.

5. Jaga Kerahasiaan Akun dan Keamanan Aset Kripto Anda

Mulailah untuk mencari referensi bagaimana akun dan aset kripto yang anda miliki bisa terjaga dan terhindar dari serangan para hacker yang bisa saja menguras semua aset yang anda miliki saat ini. Selain itu percayakan transaksi jual-beli aset kripto anda pada broker yang sudah berpengalaman dan mempunyai reputasi yang baik.

Seperti yang kita tahu aset kripto sendiri sangat rentan untuk mengalami serangan hacher dan penipuan. Oleh karena itu berhati-hatilah setiap kali anda melakukan aktivitas trading aset kripto agar kamu tidak mengalami kerugian dan kehilangan aset.


Sekian dulu artikel kali ini dari Budak Duit Indonesia yang membahas tentang strategi trading cryptocurrency untuk pemula.

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan menambah pengetahuan anda sebagai trader pemula di pasar cryptocurrency. Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar jika merasa suka dan terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.



Posting Komentar untuk "Strategi Trading Cryptocurrency Untuk Trader Pemula"