Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Anda Ingin Mencoba Trading Cryptocurrency

Trading Cryptocurrency
Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Anda Ingin Mencoba Trading Cryptocurrency


Saat ini banyak sekali media yang membahas ketertarikan para generasi milenial dalam melakukan investasi dalam mata uang digital cryptocureency. Akses yang mudah dan adanya aplikasi yang membantu tentunya membuat trading aset kripto lebih banyak disukai saat ini oleh generasi yang bisa dibilang akrab dengan teknologi dan smartphone.

Ada banyak sekali pro dan kontra tentang investasi kripto itu sendiri dari berbagai ahli. Akan tetapi jika anda saat ini sudah memutuskan untuk mantap melakukan trading kripto. Baik nya ada memperhatikan beberapa hal-hal dibawah ini.

1. Memilih Broker Kripto Terpercaya

Keberadaan broker disini ialah sebagai perantara antara sang pembeli aset kripto dan penjual aset kripto tersebut. Pilihlah broker kripto yang terbaik dan sudah terbukti keamanan serta jaminan dana yang anda setorkan untuk melakukan trading nantinya. Saat ini sudah banyak pilihan broker kripto yang bisa anda pilih untuk melakukan trading, diantaranya seperti Indodax, TokoCrypto, Pintu, Rekeningku, Luno, RoboForex dan sebagainya. Baiknya anda melakukan riset sendiri terhadap broker-broker yang anda pilih nantinya dan cari tahu terlebih dahulu plus dan minusnya.

2. Lakukan Trading Dengan 'Uang Dingin'

Berinvestasi di aset mata uang kripto bisa dibilang sebagai salah satu invetasi yang berisiko tinggi. Anda bisa saja mengalami keuntungan yang besar dan sebanding dengan tinggkat kerugian yang besar juga. Untuk menghindari kerugian biasanya para trader melakukan Hold jika aset kripto tersebut sedang mengalami penurunan. Untuk hold sendiri bisa berbulan-bulan hingga mungkin bertahun-tahun hingga harga aset kembali normal. Oleh karena itu baiknya anda menggunakan 'uang dingin' atau aset yang tidak anda pakai dalam jangka waktu dekat ataupun mendesak.

3. Ingat Uang Anda Bisa Saja Hilang

Perlu diingat bahwa uang anda bisa saja hilang dan tidak ada jaminan bahwa uang anda bisa kembali jika terjadi scam pada koin yang anda beli, akun terkena hack, ataupun dana anda dicuri oleh broker seperti yang terjadi pada salah satu platform di negara Turki yang mencuri dana nasabahnya. Seperti yang kita tahu belum ada negara atau lembaga yang mengatur tentang mata uang digital atau cryptocurrency saat ini.

4. Jangan Serakah atau 'Greed'

Pasa kripto bisa dibilang sebuah pasar yang dinamis dan tidak bisa diprediksi pergerakannya. Pasar bisa saja turun tanpa hal yang jelas, contohnya yang baru-baru ini harga Bitcoin dan Doge yang bergeran naik atau turun seiring dengan cuitan Elon Musk di Twitter. Jadi ambilah keuntungan secukupnya dan mulai membeli kembali saat harga aset kripto tersebut sudah turun. Jangan terbiasa untuk menahan-nahan mengambil keuntungan karena pasar bisa saja berubah dalam hitungan jam ataupun menit.

5. Fokus Pada Koin-Koin Kripto Tertentu

Ada beberapa ahli yang menyarankan untuk membeli beberapa aset kripto tetapi ada juga beberapa yang menyarankan untuk fokus kepada satu aset kripto saja. Hal tersebut tentunya tergantu bagaimana anda menyikapinya dan menyesuaikan dengan gaya trading anda dan resiko investasi yang bisa anda tanggung nantinya. Akan tetapi cobalah untuk mempelajari dinamika satu aset kripto terlebih dahulu dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan anda lalu mencoba aset kripto yang lainnya.

6. Jangan Melakukan Investasi Buta

Bagi masyarakat maupun para pemilik modal yang ingin berinvestasi pada aset cryptocurenncy baiknya lebih selektif untuk memilih token kripto yang ingin anda beli. Perlu anda tahu bahwa 90% cryptocurrency di Dunia berakhir menjadi sampah atau tidak bernilai. Luangkan waktu anda untuk melakukan pengecekan dan analisa terhada mata uang kripto yang ingin anda beli untuk mengindari terjadinya scam atau penipuan. Cari tahu proyek-proyek dan kemitraan yang dijalankan oleh perusahaan yang merilis token kripto tersebut untuk terhindar dari aset kripto yang berkinerja buruk.

7. Sabar Dan Disiplin

Tidak segala hal dalam dunia investasi dapat kita prediksi atau dapat ditentukan. Kesabaran dan disiplin dalam berinvestasi merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan aktivitas trading di aset kripto. Konsisten dalam merencanakan investasi keuangn sangat diperlukan untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.


Sekian dulu artkel kali ini yang membahas beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memulai trading aset mata uang kripto atau cryptocurrency. Semoga artikel ini bisa menambah referensi dan wawasan anda dalam melakukan trading aset kripto. Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar jika merasa suka dan terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.

Posting Komentar untuk "Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Anda Ingin Mencoba Trading Cryptocurrency"