Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Koin Cardano (ADA), Cryptocurrency Untuk Investasi Jangka Panjang

llustrasi Koin Cardano (ADA) Menggeser Dominasi Bitcoin
llustrasi Koin Cardano (ADA) Menggeser Dominasi Bitcoin


Cryptocurrency saat ini sudah dilirik sebagai salah satu opsi bagi seseorang untuk berinvestasi. Kebanyakan orang-orang pada umumnya hanya mengenal koin-koin yang sudah memiliki nama saja. Contohnya ialah seperti Bitcoin, Ether, Doge, Binance Coin dan sebagainya. Akan tetapi koin-koin tersebut sudah memiliki harga yang tinggi, jika dibelipun keuntungannya tidak terlalu besar dan koin yang anda dapatkan sedikit.

Memilih koin-koin dengan nilai valuasi yang masih rendah dengan prospek cerah dan fundamental yang bagus bisa menjadi langkah yang tepat yang bisa anda coba tentunya. Koin Cardano atau ADA bisa jadi pilih yang tepat buat anda, dikarenakan koin ini sangat populer dan digadang-gadang menjadi saingan Bitcoin dan Ether. cryptocurrency dinilai masih dibilang murah dan mengusung teknologi terbaru dengan tingkat kemanan yang baik dan didukung kemudahan dalam proses transaksi hingga mining.

Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia akan membahas cryptocurrency Cardano (ADA) yang bisa menjadi referensi buat kamu dalam berinvestasi atau trading koin kripto.


Mengenal Koin Cardano (ADA), Cryptocurrency Untuk Investasi Jangka Panjang Saingan Bitcoin dan Ethereum


Apa Itu Koin Cardano?

Foto Charles Hoskinson Pencipta Koin Cardano (ADA)
Charles Hoskinson Pencipta Koin Cardano (ADA)

Koin Cardano atau ADA adalah cryptocurrency yang diciptakan oleh Charles Hoskinson pada tahun 2015 silam. Hoskinson sendiri ialah seorang pegiat di bidang ilmu matematika dan sekaligus juga seorang entrepreneur berkebangsaan Amerika. Menariknya Hoskinson juga dulunya ikut ambil bagian dalam menciptakan koin Ethereum (ETH), sehingga untuk pengalamannya dalam dunia cryptocurrency tidak perlu diragukan lagi.

Koin Cardano adalah blockchain pertama di dunia yang bersifat peer-reviewed. Selain itu Cardano merupakan mata uang kripto generasi ketiga dan dianggap sebagai salah satu koin yang menggunakan teknologi paling terbaru saat ini. Teknologi gernerasi ketiga ini dianggap sebagai solusi bagi banyak permasalahan yang dialami ooleh para penambang Bitcoin dan Ethereum yang sejatinya metupakan koin generasi pertama dan kedua mata uang kripto. 

Cardano juga merupakan cryptocurrency mengusung mekanisme Proof of Stake (PoS) yang dinilai lebih cepat dan efisien dari generasi sebelumnya, yaitu Proof of Work (PoW). Sehingga bisa disimpulkan bahwa koin Cardano kedepannya bisa lebih sukses dibandingkan Bitcoin dan Ethereum.


Bagaimana Cara Kerja Cardano?

Cara Kerja Dan Teknologi Cardano(ADA)
Cara Kerja Dan Teknologi Cardano(ADA)

Platform Cardano sendiri terdiri dari dua lapisan atau biasa disebut layer, yaitu Cardano Settlement Layer (CSL) dan Control Layer.(CL). CSL sendiri ialah lapisan didalam sistem Cardano yang berfungsi untuk mengatur transaksi dari koin kripto ADA. Sementara Control Layer adalah lapisan yang digunakan Cardano dalam mengatur kontrak sehingga setiap transaksi ADA yang dilakukan menjadi lebih aman dengan adanya lapisan ini.

Cardano juga memiliki Ouroboros di pusat sistem operasinya. Ouroboros sendiri ialah alogaritma yang berfungsi untuk menjalankan Proof of Stake (PoS) atau protokol yang memungkinkan para penambangan untuk melakukan mining berdasarkan jumlah koin yang ia miliki.

Apakah Cardano Layak Di Beli?

Cardano (ADA) Chart Bullish, Sumber Indodax(14/05/2021)
Cardano (ADA) Chart Bullish, Sumber Indodax(14/05/2021)

Seperti yang kita tahu dari cuitan Twitter Elon Musk yang menghentikan Bitcoin untuk pembelian produk mobil listrik Tesla Motors, dimana dia menilai bahwa Bitcoin yang merupakan koin generasi pertama sudah tidak efisien dan meningkatkan penggunaan energi serta pemanasan global dalam proses miningnya. Ia menilai bahwa hal itu tidak sejalan dengan visi dan misi Tesla Motors yang ingin mengurangi penggunaan energi fossil, terutama listrik yang dihasilkan dari batu bara.

Cardano (ADA) yang merupakan koin kripto generasi ketiga dengan prosesn mining yang lebih efisien serta didukung protokol Proof of Stake, bisa jadi koin yang sangat menjanjikan dan mungkin saja CEO Tesla Motors tertarik dan melirik koin ADA.

Selain itu perusahaan Induk Cardao, Input Output juga memiliki rencana besar proyek dengan berkerja sama dengan World Mobile Group yang sedang memiliki proyek di beberapa negara yang ada di benua Afrika, seperti Tanzania dan Ethiopia.

Selain itu awal perjalanan ADA juga sangat berjalan mulus dengan trend kenaikan bullish yang akan terus berlanjut dan bisa saja menembus 10 dollar Amerika di akhir tahun 2021 ini dan akan terus berlanjut untuk menggeser dominasi koin-koin generasi lama, seperti Bitcoin, Ethereum, Doge dan koin-koin laiinya.


Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kal ini yang membahas tentang koin kripto Cardano (ADA). Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan wawasan anda tentang dunia trading cryptocurrency atau mata uang kripto. Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar jika merasa suka dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.


Posting Komentar untuk "Mengenal Koin Cardano (ADA), Cryptocurrency Untuk Investasi Jangka Panjang"